Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 5 No 2 (2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA KELAS IV BERBASIS NATURE OF SCIENCE DENGAN MODEL DICK AND CAREY

Yosefina Uge Lawe (STKIP Citra Bakti)
Maria Infiolata Karmelia Meo (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) validitas perangkat pembelajaran IPA SD Kelas IV berbasis Nature of Science (NOS) yang dikembangkan. 2) kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis NOS setelah diimplementasikan dalam pembelajaran dikelas. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan Model Dick and Carey (1999) yang telah dimodifikasi menjadi empat tahap yaitu. 1) Penetapan materi pelajaran dan standar kompetensi yang dicapai siswa. 2) Analisis kebutuhan. 3) Pengembangan perangkat pembelajaran. 4) Uji coba perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Subjek penelitian adalah ahli yang terdiri dari ahli isi dan ahli konstruk dari kalangan dosen dan praktisi terdiri dari guru-guru IPA SD yang berpengalaman serta siswa kelas IV SD. Objek penelitian adalah buku ajar IPA SD yang berbasis NOS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang semuanya berbentuk data kuantitatif dan kualitatif yang diukur meliputi validitas yaitu dengan menggunakan lembar validasi dari dosen dan praktisi atau guru mata pelajaran, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi serta angket respon guru dan angket respon siswa. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif Kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan hasil analisis validitas yaitu nilai rata-rata validasi buku siswa sebesar 4,36; nilai rata-rata LKS sebesar 4,36; nilai rata-rata RPP sebesar 4,38 dan memenuhi syarat validitas dengan dan buku pegangan guru dengan nilai rata-rata 4,38 semuanya termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan. 2) Perangkat pembelajaran IPA SD Kelas IV berbasis NOS yang dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata respon guru sebesar 4,22 dan respon siswa sebesar 4,55 dengan kategori antara praktis dan sangat praktis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...