Abstrak___________________________________________________________________Minat belajar bahasa Arab yang rendah dan kesulitan berbicara bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MTs. Secara umum kesulitan ini terjadi karena adanya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, salah satunya yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan variatif. Peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bahasa Arab bertema (Arabic Thematic Video) untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Prototipe media pembelajaran Arabic Thematic Video disajikan secara interaktif dan dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 yang terdiri dari menu kompetensi, kosakata, video (percakapan), pembahasan, evaluasi, dan profil. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru menunjukkan bahwa media ini secara umum sudah baik dan sangat sesuai baik dilihat dari aspek materi maupun tampilan.Abstract___________________________________________________________________Interest in learning Arabic is low and difficulty speaking Arabic experienced by many students at the junior level. In general, this difficulty is due to several factors, both internal and external factors, one of which is the lack of appropriate use of instructional media and varied. Researchers offer solutions to these problems by developing a learning media such as video-themed learning Arabic (Arabic Thematic Video) to encourage and increase student motivation. This study design is the design of Research and Development (R & D). Data obtained from interviews, observation, documentation, and questionnaire. Thematic learning Arabic media Prototype Video is presented in an interactive and applications developed using Adobe Flash CS6 menu consists of competence, vocabulary, video (conversation), discussion, evaluation, and profiles. Assessment experts, lecturers, and teachers indicated that these media are generally good and very appropriate both from the aspect of material and appearance.
Copyrights © 2016