Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
Vol 5 No 1 (2016): Lisanul Arab

ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS VII MTs NU UNGARAN

Anggraeni, Dita Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Salah  satu komponen utama dalam kurikulum yaitu penilaian atau evaluasi.  Tes merupakan instrumen   dari  evaluasi.   Untuk   mencerminkan  baik   tidaknya  tes  sebagai  alat  evaluasi  yang digunakan   dapat   dilakukan   dengan   menganalisis   dari   hasil  ujian  terlebih  dahulu  dari  siswa selanjutnya   untuk   dilakukan   analisis   kualitas   butir   soal. Tujuan   penelitian   ini  adalah   untuk   mengetahui  kualitas   soal  Ulangan   Akhir  Semester bahasa  Arab  di MTs  NU Ungaran. Jenis  penelitian   ini   adalah   penelitian   deskriptif   kualitatif   kuantitatif   dan   menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa soal Ulangan  Akhir Semester bahasa Arab kelas VII MTs NU Ungaran tahun 2014 memiliki  validitas  dengan kategori baik. Karena terdapat 47% indeks validitasnya  yang memenuhi  standar. Reliabilitas  masuk dalam kategori kuat. Dengan perolehan angka 0,638 untuk  butir soal essay dan 0,712 untuk butir soal pilihan  ganda, dan terdapat 9 nilai karakter yang terintegrasi  dalam 50 butir soal yaitu Bersahabat/ komunikatif terdapat pada 23 butir soal, Religius  terdapat pada 1 butir soal, Cinta damai terdapat pada 5 butir soal, Toleransi terdapat pada 6 butir soal, Rasa ingin  tahu terdapat pada 36 butir soal, Menghargai prestasi terdapat pada 1 butir soal, Gemar membaca terdapat pada 19 butir soal, Kerja keras terdapat pada 2 butir soal dan Mandiri terdapat pada 2 butir soal..Abstract___________________________________________________________________One of the main components in the curriculum that assessment or evaluation. The test is an instrument of evaluation. To reflect whether or not the test as an evaluation tool used can be carried out by analyzing the results of the test in advance of the next person to do the analysis of quality items. The purpose of this study is to investigate the matter of Deuteronomy Final Arabic at MTs NU Ungaran. This research is a quantitative and qualitative descriptive study using documentation techniques. The results showed that about Deuteronomy Final Arabic class VII MTs NU Ungaran 2014 has validity in both categories. Because there is a 47% validity indices that meet the standards. Reliability included in the strong category. By scoring 0.638 for items essay and 0.712 for item multiple choice questions, and there is a 9-character value that is integrated in the 50 items that Bersahabat / communicative found on 23 items, Religious contained at 1 items, Love peace found in 5 eggs matter, Tolerance contained in 6 items, Curiosity found on 36 items, Rewarding achievements are at 1 items, Fond of reading found on 19 items, hard work are the two items and Self contained on two items.

Copyrights © 2016