Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis di kelas XI MAN 2 Rembang dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menulis menggunakan media gambar realitas untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3, XI IPS 1 dan XI IIK 1 yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif namun demikian metode kuantitatif digunakan untuk menghitung data angket dan test yang selanjutnya diolah menjadi kualitatif untuk mendeskripsikan data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas XI Man 2 Rembang tergolong masih rendah. Keaktifan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab masih kurang hal ini terlihat saat kegiatan belajar mengajar siswa tidak fokus terhadap materi dan cenderung bermain sendiri. Adapun pembelajaran yang menggunakan media yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media supaya ada motivasi dalam belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media gambar realitas untuk mendukung siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Dengan adanya media gambar realitas bisa membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar realitas lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab.
Copyrights © 2019