JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 5, No 6 (2021): Desember

PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI V-RECORDER BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Juni Agus Simaremare (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Ease Arent (Program Studi PAK, Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Natalina Purba (Program Studi PGSD, Fakultas FKIP, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Emelda Thesalonika (Program Studi PGSD, Fakultas FKIP, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 091316 Pematang Raya dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan peembuatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi V-Recorder. Metode pelaksanaan kegiatan ini secara garis besar terdiri atas 5 metode yaitu (1) Identifisi urgensi pemanfaatan aplikasi pembelajaran daring (2) Melakukan penginstalan aplikasi di smartphone para guru. (3) Memaparkan langkah/tutorial melakukan record/merekam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi V-recorder. (4) Memaparkan langkah-lanhkah menshare video yang telah direkam dengan aplikasi V-recorder (5) Evaluasi. Mitra dalam pelatihan ini adalah para guru SD Negeri 091316 Pematang Raya dengan jumlah responden 12 orang. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan tersebut adalah rata-rata 90% para guru SD Negeri 091316 Pematang Raya mengatakan bahwa aplikasi V-recorder mudah dipelajari, mudah dipahami, sesuai dengan kebetuhan pembelajaran, serta mudah diimplementasikan.Abstract: This training aims to improve the competence of teachers of SD Negeri 091316 Pematang Raya in using online learning applications. This activity is carried out in the form of training in making learning videos using the V-Recorder application. The method of implementing this activity broadly consists of 5 methods, namely (1) Identifying the urgency of using online learning applications (2) Installing applications on teachers' smartphones. (3) Describe the steps/tutorials for recording/recording learning using the V-recorder application. (4) Describe the steps to share videos that have been recorded with the V-recorder application (5) Evaluation. Partners in this training are the teachers of SD Negeri 091316 Pematang Raya with a total of 12 respondents. The results of the evaluation of the training activities were that on average 90% of the teachers of SD Negeri 091316 Pematang Raya said that the V-recorder application was easy to learn, easy to understand, in accordance with learning needs, and easy to implement.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...