Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun

Hasti Anastasia Turnip (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana)
Lanny Wijayaningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) penting bagi anak agar dapat melanjutkan belajar ditingkat selanjutnya. Namun, kemampuan ini tidak menjadi ukuran keberhasilan belajar ditingkat pendidikan anak usia dini. Mengenalkan dan menstimulasi kemampuan calistung sejak dini perlu diberikan, akan tetapi aktivitas pengenalannya perlu diperkaya dengan berbagai media yang menyenangkan, karena dengan aktivitas yang menyenangkan dapat memunculkan ketertarikan anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Dadu QR Code yang di dalamnya berisikan media pembelajaran berbentuk gambar dan suara pada slide Microsoft PowerPoint. Menggunakan metode Research and Development (RD) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 16 siswa TK yang ada di Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara tidak terstruktur terhadap guru dan orangtua. Validasi ahli media memberikan penilaian dengan kategori “Baik” dan ahli materi memberikan penilaian dengan kategori “Sangat baik”. Kesimpulannya, media Dadu QR Code untuk alternatif pengenalan calistung anak usia 5 – 6 tahun layak untuk digunakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...