Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Lambuya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Lambuya. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the nonequivalent posstest-only control group design. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 50 yang terbagi atas 25 sampel untuk kelas eksperimen dan 25 sampel untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen sebesar 72,16 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas kontrol sebesar 63,80 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional
Copyrights © 2023