Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 1 April (2013): jp2f

PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM RANGKAIAN LISTRIK SERI-PARALEL BERBASIS MASALAH DAN BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Siswanto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mengembangkan perangkat praktikum rangkaian listrik seri-paralel berbasis masalah dan berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penilitian ini diharapkan memberikan manfaat:  1) dapat dijadikan acuan dalamrangka mengembangkan perangkat praktikum fisika; 2) memberikan pemahaman tentang pentingnya kemmampuan berpikir kritis dan kreatif dalam belajar fisika; dan 3) dapata memberikan acuan dalam pelaksanaan praktikum berbasis masalah yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitianpengembangan. Yang dikembangkan dalam penelitian ini adalahperangkat praktikum yang terdiri desai praktikum, petunjuk praktikum, peralatan praktikum. Berdasarkan ahli menyatakan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memiliki criteria yang baik dengan persentase 73.92 dan 78.27 uji coba menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Namaun berdasarkan uji gain ternormalilsasi tingkat pengruhnya masih dalam kategori rendah yaitu 0.1458 untuk berpikir kritis dan 0.1465 untuk kemampuan berpikir kreatif.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...