Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika
Vol 6 No 3 (2016): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika

KAJIAN LITERATUR: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF? TRADITIONAL WORD OF MOUTH ATAU ELECTRONIC WORD OF MOUTH

Putu Adriani Prayustika (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2017

Abstract

Word of Mouth telah diakui sebagai salah satu strategi komunikasi yang paling efektif dalam transisi informasi perusahaan kepada konsumen. Perusahaan memanfaatkan komunikasi word of mouth untuk kepentingan pemasaran produk dan layanan. Namun, komunikasi WOM konvensional hanya efektif dalam batasan kontak sosial terbatas. Kemajuan teknologi informasi dan munculnya situs jaringan sosial online telah mengubah cara informasi ditransmisikan dan telah melampaui keterbatasan tradisional WOM. Komunikasi word of mouth dengan memanfaatkan teknologi ini sering disebut electronic word of mouth (eWOM), dimana komunikasi ini memanfaatkan media baru, seperti misalnya media sosial. Makalah ini akan membahas kajian literatur dari beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dalam membandingkan efektivitas traditional word of mouth dan electronic word of mouth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, eWOM jauh lebih efektif daripada traditional WOM.

Copyrights © 2016