Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)

Penggunaan Pendekatan Multi Strategi Belajar IPA Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Perlunya Merawat Tanaman Pada Siswa Kelas I Di SDN Tanjungsari 2 Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018

Sriwi Agustiningsih (SD Negeri Tanjungsari 2 Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep terhadap lingkungan hidup, maka kemampuan pemahaman terhadap perlunya merawat tanaman. Ketrampilan pemahaman ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memudahkan siswa berfikir kritis, kreatif, aktif dan menyenangkan dengan memanfaatkan alam sekitar yang ada pada kehidupan sehari-hari, sehingga kegiatan belajar IPA menjadi menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah : perencanan, prosedural, pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrument penelitian, teknik analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan tiga siklus. Hasil penelitian dari siklus I sampai dengan penelitian siklus III , dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang positif yaitu hasil pada siklus I ,II dan III ketuntatasan belajar mencapai (63,33%) ,(76,67%), (90%) sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan multi Strategi Belajar dapat meningkatkan pemahaman tentang perlunya merawat tanaman pada mata pelajaran IPA Kelas I SDN Tanjungsari 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...