UPEJ Unnes Physics Education Journal
Vol 5 No 2 (2016)

ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU

Nuvitalia, Duwi (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Saptaningrum, Ernawati (Unknown)
Khumaedi, Khumaedi (Unknown)
Rusilowati, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan alat peraga sebagai wujud implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA Terpadu SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development. Melalui kegiatan Focus Group Discusion (FGD) didapatkan hasil sebesar 94 % guru menyatakan bahwa keberadaan alat peraga dalam pembelajran IPA di SMP adalah sangat penting. Sedangkan hanya 6 % menyatakan penting. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA, diperlukan alat peraga karena dapat mendukung pembelajaran pada setiap tahapan scientific approach.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...