Deiksis
Vol 10, No 03 (2018): Deiksis

Hubungan antara Persepsi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di SMA Tugu Ibu Depok

Nur Irwansyah (UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI)
Munasiah Munasiah (UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif meliputi seluruh siswa di SMA swasta Depok tersebut. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2016/2017, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti, yaitu hubungan antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Analisis inferensi yang digunakan adalah analisi regresi berganda. Hasil penelitian yang dihasilkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan hubungan yang positif antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi.Kata kunci: Keterampilan menulis, karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis, dan persepsi diri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and ...