Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana terjadinya interferensi bahasa iklan yang ada pada Tabloid Nova dan untuk mengetahui berapa banyak bahasa iklan pada Tabloid Nova yang telah mengalami interferensi baik bahasa asing dan daerah. Metode Penelitian yang digunakan untuk menganalisis interferensi bahasa iklan pada Tabloid Nova adalah dengan menggunakan Metode Kepustakaan dan Obsertasi. Metode kepustakaan mencari data yang memuat hakikat interferensi, hakikan iklan, hakikat bahasa iklan dan hakikat bahasa. Metode observasi diadakan pengamatan langsung terhadap unsur-unsur yang akan diteliti dan menganalisis unsur interferensi pada Tabloid Nova. Selain itu penulis menggunakan pendekatan deskriptif dalam menyusun langkah kerjanya. Setelah penulis menganalisis unsur interferensi bahasa iklan pada Tabloid Nova, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dari 40 data iklan yang dijadikan sample mengandung unsur interferensi leksikal/kosakata sebanyak 58,49% baik bahasa asing dan daerah, sedangkan unsur interferensi tata bahasa sebanyak 16,04%.Kata Kunci : Interferensi Bahasa Iklan, Tabloid Nova
Copyrights © 2016