cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 372 Documents
INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT SUKU LAUT DI DESA CONCONG LUAR INDRAGIRI HILIR-RIAU Supentri, Haryono,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.984 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v3i1.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan interaksi sesama Suku Laut telah mengalami kelonggaran setelah Suku Laut tinggal dirumah menetap, namun interaksi Suku Laut dengan Suku lainnya terlihat baik dimana setiap ada kegiatan Suku lain seperti menikah. Dengan metode kualitatif agar dapat menggambarkan interaksi sosial Suku laut dengan bentuk studi kasus. Teknik Dan Alat pengumpulan data berupa panduan observasi dan dokumen. Keberhasilan interaksi Suku Laut pada pemukiman menetap juga terlihat ketika datang bulan ramadhan Suku Laut ikut berpuasa bahkan sama-sama membangunkan disaat sahur, namun adanya juga yang tidak berpuasa karena diluar Suku Laut ada juga yang tidak berpuasa, walau terkesan negatif, tetapi informasi penelitian ini menunjukan Suku Laut telah berinteraksi dengan baik dilingkungan barunya mulai dari hal positif sampai kepada hal negative yang didapatnya dari lingkungan baru yaitu di pola pemukiman menetap dan tidak pernah terjadi selama Suku Laut tinggal di perahu. Kata Kunci: Suku Laut, Interaksi Sosial.
PEMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK Fandri Minandar, Sahid Hidayat, Superman, Teguh Agustian,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.076 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v3i2.372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dan pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interraktif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Manajemen atau pengelolaan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dilakukan dengan baik. Program yang dirancang dan dilaksanakan oleh pengurus lab. yang berupa kegiatan mata kuliah praktikum dan diskusi ilmiah sejalan dengan fungsi lab. tersebut yaitu sebagai sarana penunjang untuk memperdalam dan memantapkan pemahaman sejarah. Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa maupun dosen prodi pendidikan sejarah. Dari hasil wawancara dan pengamatan dapat dikatakan bahwa laboratorium ini tidak hanya dimanfaatkan oleh kalangan prodi pendidikan sejarah saja namun juga telah dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah yang ada di Pontianak. Kata Kunci: pemanfaatan, laboratorium.
BACK MATTER (Pedoman Penulisan) BM, BM
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.091 KB)

Abstract

STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH DESA PAL IX KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA Rudiono, Rudiono
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.215 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v2i1.53

Abstract

Pengembangan wilayah desa mengarah pada keberadaan faktor-faktor penunjang yang mempengaruhi taraf perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi umum wilayah Desa Pal IX dan merumuskan strategi pengembangan wilayah Desa Pal IX. Metode penelitian yang diambil yaitu penelitian wilayah yang diungkap secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Data yang dibutuhkan meliputi Citra Satelit Quickbird tahun 2013 dan dokumen statistik daerah. Data sekunder yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan keruangan dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi internal dan eksternal yang dimiliki Desa Pal IX cukup kuat. Strategi pengembangan wilayah yang perlu dikembangkan menurut hasil analisis SWOT kualitatif adalah: 1) Strategi SO: Peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing dalam tataran  lokal hingga nasional hingga membangun sarana dan prasarana pendukung sektor pertanian. 2) Strategi ST: Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan dengan mengurangi pencemaran lingkungan. 3) Strategi WO: Membangun pusat penampungan hasil bumi dari petani sebagai tempat pemasaran. 4) Strategi WT: Memaksimalkan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, dan sumberdaya buatan yang tersedia secara maksimal dan terencana untuk mengurangi berbagai dampak negatif yang sewaktu-waktu dapat muncul. Kata Kunci: Pengembangan Wilayah, Strategi, Analisis SWOT.
SUATU KAJIAN TENTANG MORALITAS PERGAULAN MAHASISWA PENDATANG DI LINGKUNGAN IKIP-PGRI PONTIANAK Octavia, Erna
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.169 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v1i1.145

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran secara aktual dan faktual mengenai bentuk pergeseran moral mahasiswa dilihat dari komponen-komponen utama moralitas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang mengungkap pemecahan masalah yang terjadi saat ini. Dapat disimpulkan bahwa moralitas pergaulan mahasiswa pendatang yang ada di lingkungan kampus dari dilihat dari cara bergaul memilih teman, dalam hal berpakaian, bertutur kata, dan beribadah dapat peneliti simpulkan bahwa sudah terlihat banyaknya perubahan moralitas pergaulan yang terjadi pada mahasiswa pendatang. Manfaat dari pemahaman norma agama, kesopanan dan hukum ini adalah sebagai pengatur aktivitas sosial yang di dalamnya mengandung hukum dan sanksinya. Contoh perilaku yang ditunjukkan oleh mahasiswa pendatang dilingkungan kos, misalnya norma agama melakukan pengajian bersama, melakukan kegiatan kebaktian bersama, dan sebagainya. Norma kesopanan dicontohkan misalnya dengan tata cara berbicara, tingkah laku, norma hukum dicontohkan dengan patuhnya pemuda dalam aturan yang dibuat oleh masing-masing organisasinya maupun aturan yang dibuat oleh masyarakat dan negara. Pendidikan moral dan pendidikan agama merupakan suatu filtrasi dan pondasi untuk menghadapi pengaruh pengaruh globalisasi yang akan membawa pengaruh buruk bagi para mahasiswa itu sendiri. Selain itu perhatian pengawasan dari orang tua, perhatian dari pemilik kosan dan interaksi dengan masyarakat sekitar sanagat penting untuk menjalin silaturahmi dan interaksi yang baik demi menjaga moralitas pergaulan mahasiswa pendatang. Kata Kunci: Moralitas, Pergaulan, dan Mahasiswa
KONSEP KERABAT DI DAERAH RANTAU BAGI MAHASISWA MIGRAN Galuh Bayuardi, Dian Equanti,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.235 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v3i1.263

Abstract

Penelitian ini akan menggambarkan jaringan sosial mahasiswa migran di daerah rantau, bagaimana bentuk interaksi mahasiswa sebagai pendatang dengan lingkungan sosial di daerah rantau, serta makna kerabat di daerah rantau. Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi terpancang. Subjek penelitian adalah 15 orang mahasiswa IKIP PGRI Pontianak semester IV T.A 2014-2015 yang berstatus migran. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam yang selanjutnya dianalisis dengan metode analisis interaktif Huberman yang diperkuat dengan probing question untuk menggali keterangan yang lebih spesifik. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertama jaringan sosial mahasiswa migran terbentuk di lingkungan kampus dan lingkungan tempat tinggal. Sebagian besar mahasiswa migran belum memiliki jaringan sosial yang luas karena pergaulan yang terbatas. Kedua, bentuk interaksi mahasiswa migran  dengan lingkungan sosial berupa kerja sama (cooperation), persaingan (competition), dan akomodasi. Ketiga, konsep kerabat bagi mahasiswa migran di daerah rantau adalah orang-orang yang dituju untuk memperoleh dukungan sosial selama tinggal di daerah rantau.Kata kunci: migran, jaringan sosial, kerabat.
ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS Kamaruzzaman, Kamaruzzaman
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.345 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v3i2.367

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada guru-guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas se-Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kinerja guru Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara, dan daftar cek masalah. Subjek penelitian ini adalah 15 orang perwakilan Guru BK dari 41 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Pontianak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hambatan internal dengan persentase 24,18 % dan hambatan eksternal yang dihadapi oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling di Sekolah memperoleh persentase 15,78 %. Kata Kunci: faktor penghambat,  kinerja  guru Bimbingan dan Konseling.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION Ahmad Jamalong, Indajati,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.308 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.426

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan penggunaan metode Group Investigation. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tajur Halang Bogor tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek sasaran sebanyak 30 siswa pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi, dokumentasi, dan tes. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tindakan hanya 5% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar  34,38%, begitu juga pada hasil pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 54,82% siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Group Investigation efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Kata Kunci: metode Group Investigation, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.
BACK MATTER (Pedoman Penulisan) BM, BM
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.146 KB)

Abstract

PELAJARAN SEJARAH ISLAMISASI MELALUI METODE RESITASI DENGAN OBJEK “KERATON KADRIAH PONTIANAK” Rivasintha, Emusti
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.182 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v2i1.47

Abstract

Pembelajaran Sejarah Islamisasi melalui Metode Resitasi dengan Objek “Keraton Kadriah Pontianak” Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pemahaman guru terhadap Keraton Kadriah kaitannya dengan proses Islamisasi, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran sejarah Islamisasi di Keraton Kadriah. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak dengan bentuk deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah (cuplikan sampling) purposive sampling. Guna memperoleh validitas data digunakan triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa interaktif dengan komponen utama, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:Pertama, Dosen sejarah telah memahami Keraton Kadriah sebagai sumber pembelajaran sejarah di Indonesia dengan mengemukakan alasan pemanfaatan, kriteria dan persyaratan, prosedur dan langkah-langkah pelaksanaan serta administrasi pembelajaran yang disiapkan yang meliputi : silabus, SK, KD, RPP, Indikator, instrumen penugasan, evaluasi dan Analisis Mata Pelajaran (AMP) serta memahami visi dan misi Program studi. Kedua, implementasi metode resitasi dalam pembelajaran sejarah Islamisasi dengan objek Keraton Kadriah dilaksanakan secara bertahap mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, pembelajaran sejarah Islamisasi dengan memanfaatkan Keraton Kadriah sebagai sumber sejarah dapat terwujud sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran sejarah dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Kata Kunci: Pelajaran Sejarah Islami, Metode Resitasi, dan Kraton Kadriah.

Page 1 of 38 | Total Record : 372


Filter by Year

2014 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 10, No 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 7, No 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial More Issue