cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah)
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 25499076     EISSN : 2549905X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah is a scientific journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Physics Education Innovation and Scientific Research in the field of physics.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017" : 9 Documents clear
Rancangan Sederhana Penentuan Modulus Puntir Batang Besi untuk Pembelajaran Peserta Didik Thoha Firdaus
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.068 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.6

Abstract

Modulus puntir merupakan materi yang asing di kalangan pelajar, mereka lebih akrab dengan materi modulus Young. Ini dikarenakan sulitnya seorang guru menjelaskan fenomena dan eksperimen yang pasti tentang materi ini. Percobaan sederhana penentuan modulus puntir batang besi telah dilakukan dengan menggunakan metode pelengkungan. Metode yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier tanpa bobot hubungan antara sudut puntir dengan massa beban tambahan, dan pengambilan data untuk penentuan nilai modulus puntir batang besi dilakukan dengan variasi massa beban. Setiap variasi massa, sudut yang terbentuk diukur menggunakan busur derajad sebanyak 7 kali. Koefisien modulus puntir dapat dihitung dari gradien garis hasil regresi antara sudut puntir dengan massa beban tambahan. Setelah dilakukan regresi dari 7 data eksperimen, diperoleh nilai koefisien modulus puntir batang besi sebesar G=(0,055 ± 0,007) × 1012Pa, nilai ini tidak jauh berbeda dengan perkiraan nilai modulus puntir pada bahan-bahan yang sejenis lainnya.
Pemberian Reward Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Dasar Effendi Effendi
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.678 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.35

Abstract

Reward merupakan salah satu faktor diluar dari pribadi mahasiswa. Dengan pemberian reward dalam proses perkuliahan secara tidak langsung akan membuat mahasiswa lebih bersemangat dan aktif sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemberian reward berpengaruh terhadap aktivitas mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasidalam penelitian adalah seluruh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah fisika dasar. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas adalah pemberian reward, dan variabel terikat adalah aktivitas belajar mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dengan ststistik uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat thitung = 6,20 dan tdaftar = 2,01, hipotesis akan diterima apabila thitung terletak antara –t(1-1/2α) < t < t(1-1/2α). Dari hasil perhitungan dapat diketahui 6,20 tidak terletak antara -2,01 dan +2,01, sehingga kesimpulannya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh pemberian reward terhadap aktivitas belajar mahasiswa.
Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Optik Fatkhur Rohman; Siti Kotimah; Ayu Lusiyana
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.359 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.37

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi optik di MTs Nurul Huda. Penelitian ini dilatar belakangi dari tidak maksimalnya siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena siswa sering kali hanya bermain dan bergurau bersama teman-temannya, tidak begitu mendengarkan penjelasan dari guru di depan kelas. Setelah mengkaji dari beberapa literatur, penulis menemukan bahwa metode pengajaran yang tepat dengan hal tersebut adalah metode quantum teaching.Dengan Memanfaatkan pola perilaku siswa dan mengatur atau mendesain lingkungan serta suasana belajar menjadi menyenangkan bahkan terkesan bermain-main namun sebenarnya serius, diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optik di kelas VIII1 MTs Nurul Huda. Hasil belajar pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peningkatan nilai rata-rata kognitif pada siklus I dari 70,43 menjadi 80,43. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 61% menjadi 87%. Nilai rata-rata afektif siswa dalam hal minat meningkat dari siklus I sebesar 68% menjadi 85% pada siklus II. Nilai rata-rata psikomotorik siklus I sebesar 70% meningkat pada siklus II menjadi 84%.
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA Siti Anisatur Rofiqah; Erwin Erwin; Wahid Gunarto
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.664 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang telah diberi tugas mandiri struktur. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda tahun pembelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen. Data tes hasil belajar diperoleh dengan pemberian tugas mandiri terstruktur. Perhitungan statistik uji Z yang digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan taraf signifikan (α=5%) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pebedaan hasil belajar siswa yang diberi tugas mandiri terstruktur dengan yang tidak diberi tugas mandiri terstruktur dengan hasil perhitungan diperoleh nilai Zhit= 4,01 tidak terletak antara -1,96 dan 1,96 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Skor hasil belajar fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas mandiri terstruktur lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan tugas mandiri terstruktur yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 73,69, varians 122,59 dan standar deviasi 11,07. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 63,90, varians 74,34 dan standar deviasi 8,62.
Sampul JIPFRI Vol 1 No 1 (2017) JIPFRI Editor
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.909 KB)

Abstract

JIPFRI'S Cover Vol 1 No 1 (2017)
Susunan Dewan Redaksi, Kata Pengantar, Daftar Isi JIPFRI Editor
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.218 KB)

Abstract

Susunan Dewan Redaksi, Kata Pengantar, Daftar Isi
Analisis Kandungan CO2 Dengan Sensor dan Berbasis Logger Pro di Daerah Yogyakarta Irnin Agustina Dwi Astuti; Thoha Firdaus
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.539 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan CO2 di daerah Yogyakarta dengan menggunakan sensor CO2 dan logger pro. Kota Yogyakarta setiap tahunnya mengalami kepadatan penduduk yang menyebabkan pesatnya pemakaian kendaraan bermotor juga. Ini yang menyebabkan tingkat polusi udara di kota Yogyakarta juga semakin buruk akibat polusi kendaraan bermotor maupun industri. Kandungan CO2 yang seharusnya di atmosfer bumi sebesar 381 PPM. Dalam penelitian ini menganalisis kandungan CO2 di sepuluh tempat keramaian di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sensor gas CO2 Vernier dan di analisis menggunakan software logger pro. Ketika sensor CO2 bekerja selama 5 menit akan muncul pulsa kandungan CO2 pada logger pro, kemudian dicari rata-rata kandungan CO2. Hasil penelitian ini dapat diperoleh uji kandungan CO2 yang paling tinggi adalah di daerah 0 KM Yogyakarta sebesar 973,2 PPM. Hasil ini melebihi nilai batas ambang rata-rata yang seharusnya di atmosfir bumi yaitu 381 PPM. Oleh karena itu perlu ditanami pepohonan dan mengurangi emisi kendaraan bermotor agar tingkat kandungan CO2 di kota Yogyakarta semakin menurun.
Sejarah dan Filsafat Sains Sebagai Pendekatan dalam Pengajaran Fisika pada Konsep Archimedes Arini Rosa Sinensis
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.574 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.120

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi hubungan antara Sejarah dan Filsafat sains dalam menjelaskan konsep hukum archimedes dalam pengajaran fisika. Melalui pengajaran sejarah fisika seorang pendidik dapat memberikan informasi bagaimana suatu konsep fisika ditemukan, melalui sejarah fisika juga dapat menjadi pembelajaran untuk menjadi ilmuan, karena pengetahuan berdasarkan pengalaman ilmuan fisika. Sejarah fisika dan filsafat sains saling berkaitan yaitu filsafat dapat dipahami dengan sungguh-sungguh jika refleksi tentang sejarah ilmu pengetahuan telah dipahami sebelumya. Tinjauan filsafat sains berdasarkan pada ontologi, epistemologi dan aksiologi sebagai landasan pengembangan ilmu dalam pendidikan fisika dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mengajarkan fisika. Selain itu dengan pemahaman filsafat sains dapat menumbuhkan interaksi sosial peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
Tinjauan Etika Terhadap Penggunaan Freon untuk Mesin Pendingin dalam Filsafat Ilmu Yulianti Yusal
JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) Vol 1 No 1 (2017): JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah) - May 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.065 KB) | DOI: 10.30599/jipfri.v1i1.121

Abstract

Etika adalah salah satu cabang filsafat perwujudan dan pengejawantahan secara kritis dan rasional ajaran moral yang siap pakai sedangkan moral adalah petunjuk konkret yang siap pakai tentang bagaimana kita harus hidup. Disiplin etika lebih bersifat normatif dan perspektif. Kaidah-kaidah etika perlu dipergunakan dalam menentukan objek penelitian dan aplikasi pengetahuan agar terhindar dari kemunculan dampak negatif dari riset sains dan penerapan pengetahuan sains di masyarakat, seperti kerusakan lingkungan dan dehuminasi. Ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya secara etis dimanfaatkan demi kelestarian alam sebagai prasyarat kelangsungan eksistensi manusia. Seperti pada penggunaan freon untuk mesin pendingin yang berkontribusi pada kenyamanan dan pelestarian bahan makanan melalui pendinginan atau pembekuan tapi bisa mengancam lingkungan melalui penipisan ozon dan pemanasan global. Oleh karena itu, penggunaan freon untuk mesin pendingin sebaiknya dihentikan dan menggantinya sebagai bentuk tanggung jawab untuk mewujudkan perubahan yang terbaik dalam teknologi mesin pendingin untuk pembangunan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9