cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi
ISSN : 16935950     EISSN : 2579647X     DOI : -
Core Subject : Economy,
urnal Analisis Bisnis Ekonomi is a journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Magelang, published twice a year in April and October. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange and scientific work between faculty, alumni, students and the public. The article in this journal contains many articles of research both in business and economics.
Arjuna Subject : -
Articles 535 Documents
PEMODELAN STRES KERJA DALAM MENDORONG INTENSITAS KELUAR Muhdiyanto, Muhdiyanto; Hidayati, Lukluk Atul
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 15 No 1 (2017): Volume 15, Nomor 1, April 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.069 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji model stress kerja dalam mendorong intensitaskeluar pada perusahaan asuransi di wilayah kedu. Survei dilakukan meggunakan kuesioner dari penelitianterdahulu. Kuesioner dikirim terhadap 14 perusahaan ansuransi diwilayah Kedu. Sampel terdiri dari202 respoden. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji konten kuesioner. Penelitianmenggunakan structural equation modeling (SEM) untuk menganalisa hipotesis. Hasil mendukunghipotesis.
STRATEGI PEMASARAN YANG MENDORONG KEBERHASILAN USAHA BARU (STUDI KASUS PADA USAHA-USAHA DISEKITAR UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN) Rahayu, Heffi Christya
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.488 KB)

Abstract

Keberhasilan usaha ditunjukkan dalam lima hal: jumlah peningkatan penjualan, peningkatan produksi, laba atau keuntungan meningkat, pengembangan dan pertumbuhan bisnis yang berkembang cepat dan memuaskan. Ukuran keberhasilan bisnis dalam menerapkan strategi pemasaran adalah mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Lokasi penelitian adalah di sekitar Kampus Universitas Pasir Pengaraian, menggunakan data primer dan sekunder, dan penerapan teknis pengumpulan data adalah wawancara dengan pengusaha di sekitar kampus Universitas Pasir Pengaraian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dimana data yang dikumpulkan pada awalnya diatur, diklasifi kasikan, dan dianalisa sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai perusahaan dan masalah yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian bahwa di lingkungan kampus kewirausahaan UPP telah melakukan perencanaan pemasaran tetapi belum cukup optimal yang dapat dilihat dari hasil yang telah dicapai pada awal usaha ini. Ini harus pengusaha yang lebih bertarget strategi pemasaran dan fokus sehingga hasil bisa lebih baik. Dalam strategi pemasaran harus mudah memenuhi kebutuhan konsumen dan juga kebutuhan untuk lebih promosi dalam rangka mengoptimalkan lanjut saing yang lebih tinggi dari perusahaan. strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha yang merupakan bagian dari bauran pemasaran (marketing mix), yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan lokasi penataan yang cukup baik yang dibuat oleh pengusaha. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah aset yang terus berkembang dari tiga tahun terakhir peningkatan jumlah aset yang signifi kan pada tahun 2013.
KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA, NILAI PEMEGANG SAHAM DAN COST OF EQUITY CAPITAL Al, Muhammad
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.253 KB)

Abstract

Penelitian ini menguji secara empiris pengaruh konsentrasi kepemilikan institusional dan leverage terhadap manajemen laba, nilai pemegang saham dan cost of equity capital. Dengan menggunakan sampel penelitian selama 4 tahun dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2010 sebanyak 135 perusahaan. Uji hipotesis dilakukan dengan path analysis. hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: 6 hipotesis diterima dan 2 hipotesis tidak didukung secara statistika. Konsentrasi kepemilikan institusional berpengaruh terhadap manajemen laba dan cost of capital, namun tidak berpengaruh terhadap Nilai pemegang saham. Leverage berpengaruh terhadap nilai pemegang saham namun tidak mempengaruhi manajemen laba. Manajemen laba mempengaruhi Nilai pemegang saham dan Cost of Capital. Dan Nilai pemegang saham berpengaruh terhadap cost of capital.
PENGARUH KEMATANGAN KARYAWAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL PENGUSAHA PEREMPUAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KINERJA KARYAWAN Ediningsih, Sri Isworo; Wisnalmawati, Wisnalmawati
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.681 KB)

Abstract

The purpose of this study to analyze the influence of employees maturity on employees performance and that to investigate the influence employees maturity which is moderated by situational leadership style on employees performance. In this study using sample of several members of IWAPI DIY. Data collected by questioner and the analysis technique by moderating regression analysis. The result of this study is employees maturity has significant influence on employees performance and situational leadership style didnt moderated correlation between employees maturity with employees performance.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH SURAT KABAR JAWA POS DI WILAYAH KOTA MAGELANG Kurnia, Marlina Kurnia; Aprilliani, Carolina Aprilliani
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The economy situation are getting growth rapidly, everyone have opportunity to create any goods with various types and patterns also they free to use their money to purchase any goods they want, so it can influence the companies to take the market compartment on very tight competition. This research aim to get some information about is there any relationship between news quality, news actulization, print equity, sistributon and good taste and consument behaviour either through partial and simultant, and also to know what factors that dominantly influences againts consument behaviour. Population is the subject of research entirely. The population of this research amount to 310 consument which subcriber to Jawa Pos newspaper in Magelang. The methods which used in this reseach was purposive quota sampling. The samples which used in this research amount to 100 respondent from some respondent who qualified with criteria above. The method analysis which used in this research is double regression linear method. The result of this research shows either through simultant and partial between news quality, news actuality, print out quality, distribution and readers taste againts consument behaviour. It shown that the variable of news quality have dominant influence againts consumer behaviour. There is suggested The Jawa Pos newspaper to improve and keep the quality, news actualization, print out quality, distribution and readers taste betterly to influence consument.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik Dewayani, Mega Arista; Chasanah, Chuswatun
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.836 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji gender, penghargaan fi nansial, pelatihan profesional,pengakuan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja dan personalitasterhadap minat maahsiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Melalui metodeteknik quota sampiling yaitu sejumlah 100 mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Magelangyang mengisi kuesioner penelitian. Penelitian ini menggunakan pengolahan dta SPSS 21, dengan mengujiregresi, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji R square dimana disimpulkan H2, H3, H5,dan H7 diterima , sedangkan H1,H4, H6 dan H8 tidak diterima. Hasil uji F adalah bahwa penelitian initelah fi t yang menunjukkan nilai lebih dari F tabel yaitu 2,04 . Hasil pengujian menunjukkan bahwavariabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 63,5% sedangkan sisanya 36,5 %dijelaskan oleh vaiabel lain di luar model penelitian ini.
LOYALITAS WISATAWAN TERHADAP PEMILIHAN OBYEK WISATA GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH Nugroho, Wawan Sadtyo; Muhdiyanto, Muhdiyanto; Zuhriyah, Eny
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.594 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji loyalitas wisatawan terhadap pemilihan Obyek Wisata guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Metode pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli melalui kuesioner dan metode wawancara. Lokasi penelitian ini dilakukan di obyek wisata Museum Sudiman, Museum Diponegoro, Museum Oei Hong Dijen dan Taman Kyai Langgeng. Hasil penelitian ini bahwa kepuasan wisatawan berpengaruh psoitif dan signifi kan terhadap keinginan wisatawan Asing dan Wisawatan Domestik untuk merekomendasikan Obyek wisata di Kota Magelang. Tidak terdapat perbedaan persepsi wisatawan tentang lingkungan, infrastruktur dan aksesibilitas, social dan budaya, hiburan, makanan lokal, dan loyalitas pada Obyek wisata di Kota Magelang. Sedangkan terdapat perbedaan persepsi wisatawan asing dan domestic tentang kepuasan.
PERINGKAT SCORE GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN HUBUNGANNYA DENGAN RETURN SAHAM Widarwati, Estu; Mulyawati, Selvi
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.824 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rating score good corporate governance dari perusahaan terhadap return sahamnya yang salah satu faktornya menyebabkan perusahaan memiliki return yang besar untuk menarik lebih banyak investor dengan posisinya terhadap prinsip-prinsip dasar good governance perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan data dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa skor kategori peringkat good corporate governance dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011. Hasil pengujian menunjukkan bahwa GCG memiliki nilai R2 0,269 berarti menunjukkan bahwa 26,9% dari variasi yang terjadi dalam variabel return saham dijelaskan oleh angka score good corporate governance sedangkan 73,1% sisanya telah dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini . Secara parsial, variabel peringkat GCG pada nilai signifi kansi (α = 5%) , yang berarti variabel independent positif berpengaruh terhadap variabel dependen. Akhirnya, penelitian ini menemukan bahwa peringkat penerapan GCG di perusahaan memiliki dampak positif terhadap kepercayaan investor untuk berinvestasi yang secara otomatis akan meningkatkan return saham mereka.
TANGGUNGJAWAB, DAN FRAMING INFORMASI ANGGARAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN GROUP-SHIFTS SEBAGAI VARIABEL MODERASI Susanto, Barkah
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.088 KB)

Abstract

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa keputusan kelompok yang baik lebih atau kurang berisiko dibandingkan dengan keputusan yang dibuat oleh anggota kelompok masing-masing. Penelitian ini mengusulkan dan menguji dua kondisi yang dapat mempengaruhi apakah keputusan kelompok menjadi lebih atau kurang berisiko: (1) perumusan alternatif keputusan, dan (2) tingkat tanggung jawab untuk keputusan sebelum berhubungan. Penelitian ini menggunakan 2 x 2 dalam desain eksperimental subjek. Peserta adalah 80 mahasiswa. Untuk menguji hipotesis, paired sample t-test digunakan sebagai alat analisis uji beda. Hasil percobaan menunjukkan bahwa keputusan yang dibuat oleh subjek berbeda dalam informasi yang dibingkai secara positif maupun negatif, dan ketika reward diberikan untuk proyek yang sukses.
PENGARUH GAJI, INTENSIF, KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BULOG (SUB DIVRE WILAYAH V) KEDU Suhaeli, Dahli
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1083.038 KB)

Abstract

Performance employees do not get out of appraisal, which employees Performance Appraisal can be improved by using factors able to motivate employees. Research target is to know variable influence Salary, Incentive, Leadership, Motivation and Environment Work to Performance Appraisal Employees. Elementary at amount of Bulog employees (Regional Sub Divre of V) Kedu which is small relative, hence in this research can be expressed that population at the same time as sample, that is counted 30 employees people. Method intake of sample in this research use Saturated Sampling. Method analysis used by Multiple Regressions. Result of analysis which have is to be obtained that, there are influence which ia significant from free variable consisting of Salary variable,  Incentive, Leadership, Motivation and Environment Work to variable tied, Performance Appraisal by simultan and parsial. Dominant  Variable analysis indicate that Leadership variable represent variable owning influence most dominant. Leadership have big enough share to support reaching of company performance.

Page 1 of 54 | Total Record : 535


Filter by Year

2003 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 23 No 1 (2023): January-June Vol 20 No 2 (2022): July-December Vol 20 No 1 (2022): January - June Vol 19 No 1 (2021) Vol 18 No 2 (2020) Vol 18 No 1 (2020) Vol 17 No 2 (2019): Volume 17, Nomor 2, Oktober 2019 Vol 17 No 1 (2019): Volume 17, Nomor 1, April 2019 Vol 16 No 2 (2018): Volume 16, Nomor 2, Oktober 2018 Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018 Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018 Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017 Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017 Vol 15 No 1 (2017): Volume 15, Nomor 1, April 2017 Vol 14 No 2 (2016): Volume 14, Nomor 2, Oktober 2016 Vol 14 No 2 (2016): Volume 14, Nomor 2, Oktober 2016 Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016 Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016 Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015 Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015 Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015 Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015 Vol 12 No 2 (2014): Volume 12, Nomor 2, Oktober 2014 Vol 12 No 2 (2014): Volume 12, Nomor 2, Oktober 2014 Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014 Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014 Vol 11 No 2 (2013): Volume 11, Nomor 2, Oktober 2013 Vol 11 No 2 (2013): Volume 11, Nomor 2, Oktober 2013 Vol 11 No 1 (2013): Volume 11, Nomor 1, April 2013 Vol 11 No 1 (2013): Volume 11, Nomor 1, April 2013 Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012 Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012 Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012 Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012 Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011 Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011 Vol 9 No 1 (2011): Volume 9, Nomor 1, April 2011 Vol 9 No 1 (2011): Volume 9, Nomor 1, April 2011 Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010 Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010 Vol 8 No 1 (2010): Volume 8, Nomor 1, April 2010 Vol 8 No 1 (2010): Volume 8, Nomor 1, April 2010 Vol 7 No 2 (2009): Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009 Vol 7 No 2 (2009): Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009 Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009 Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009 Vol 6 No 2 (2008): Volume 6, Nomor 2, Oktober 2008 Vol 6 No 2 (2008): Volume 6, Nomor 2, Oktober 2008 Vol 6 No 1 (2008): Volume 6, Nomor 1, April 2008 Vol 6 No 1 (2008): Volume 6, Nomor 1, April 2008 Vol 5 No 2 (2007): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2007 Vol 5 No 2 (2007): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2007 Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007 Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007 Vol 4 No 2 (2006): Volume 4, Nomor 2, Oktober 2006 Vol 4 No 2 (2006): Volume 4, Nomor 2, Oktober 2006 Vol 4 No 1 (2006): Volume 4, Nomor 1, April 2006 Vol 4 No 1 (2006): Volume 4, Nomor 1, April 2006 Vol 3 No 2 (2005): Volume 3, Nomor 2, Oktober 2005 Vol 3 No 2 (2005): Volume 3, Nomor 2, Oktober 2005 Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005 Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005 Vol 2 No 2 (2004): Volume 2, Nomor 2, Oktober 2004 Vol 2 No 2 (2004): Volume 2, Nomor 2, Oktober 2004 Vol 2 No 1 (2004): Volume 2, Nomor 1, April 2004 Vol 2 No 1 (2004): Volume 2, Nomor 1, April 2004 Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003 Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003 More Issue