cover
Contact Name
Joy Elly Tulung
Contact Email
Joy Elly Tulung
Phone
-
Journal Mail Official
joy.tulung@unsrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
ISSN : 23563966     EISSN : 26212331     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 394 Documents
SUATU TINJAUAN ATAS PROSEDUR PENERIMAAN BARANG IMPOR DARI PELABUHAN MUAT DENGAN STATUS PETI KEMAS FULL CONTAINER LOAD (FCL) Ahmad, Nafis Hafiyyan; Firmansyah, Egi Arvian
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 5, No 1 (2018): JMBI VOL 5 NO 1
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v5i1.19148

Abstract

Abstrak :  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prosedur penerimaan barang impor dari pelabuhan muat dengan status peti kemas Full Container Load (FCL) Terms CIF Pada PPJK PT Glorious Interbuana. Penelitian ini juga bertujuan menggali permasalahan yang terdapat di perusahaan untuk perbaikan di masa mendatang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan data primer hasil wawancara dengan manajemen dan observasi di lapangan. Kami kemudian membandingkan hasil di lapangan dengan penelitian sebelumnya untuk kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prosedur namun tidak terlalu signifikan. Beberapa permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam melakukan impor di antaranya adalah peraturan Bea dan Cukai yang berubah-ubah dan lemahnya hubungan antara instansi kementrian pemerintah dengan bea cukai. Sehingga, diperlukan perbaikan terus menerus (continues improvement) pada Bea dan Cukai agar dapat mendukung kegiatan impor di masa mendatang. Kata Kunci : Bea Cukai, CIF, FCL, Freight Forwarding, Impor, Incoterms
EKSPLORASI RESPON PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA (Kasus IbM Kelompok PKK di Lingkungan X Kelurahan Malalayang Satu) Saerang, Ivonne S.; Maramis, Joubert B
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 2 (2017): JMBI VOL 4 NO 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i2.17982

Abstract

Peserta memahami mengapa perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga menjadi hal yang penting. Mereka menyadari bahwa tanpa perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga (apalagi pemisahan antara keuangan bisnis keluarga dan non bisnis keluarga) menjadi hal penting dalam keberlanjutan ekonomi keluarga mereka..Peserta memahami dan ingin mengaplikasikan siklus keuangan keluarga ini dimasa depan. Peserta mereka merasa sulit untuk menabung dan berinvestasi karena sebagian besar merasa pendapatan mereka tidak cukup atau mampu untuk menabung dan investasi. Namun pematari meyakinkan bahwa untuk pengeluaran konsumsi harus yang dibutuhkan saja, jangan yang diinginkan. Peserta mulai memahami ternyata selama ini mereka membeli yang diinginkan bukan dibutuhkan. Kata Kunci: pengelolaan, perencanaan, keuangan keluarga, PKK
PUBLIC FINANCIAL MANAGEMENT KOTA MANADO, KOTA BITUNG, DAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN Lengkong, Victor P.K; Nelwan, Olivia S.; Lumanauw, Bode .
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 1 (2017): JMBI VOL 4 NO 1
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i1.17404

Abstract

Berdasarkan hasil analisis public financial management Kota Manado mengenai pengelolaan keuangan daerah terdapat beberapa faktor atau aspek kunci yang telah berjalan secara optimal, yaitu: tersedianya kerangka peraturan perundangan daerah, akuntansi dan pelaporan, pengelolaan hutang dan investasi publik, pengelolaan aset, serta pelaksanaan audit dan pengawasan eksternal. Sementara untuk faktor aspek kunci yang sudah baik namun perlu dioptimalkan lagi, seperti pengelolaan kas, pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan audit dan pengawasan eksternal, perencanaan dan penanggaran, serta pengawasan internal.Hasil analisis public financial management Kota Bitung mengenai pengelolaan keuangan daerah menunjukkan terdapat beberapa faktor atau aspek kunci yang telah berjalan secara optimal, yaitu: mekanisme perencanaan dan penganggaran telah berjalan dengan baik, aspek pengadaan barang dan jasa, akuntansi dan pelaporan, pengelolaan hutang dan investasi publik, aset, dan pelaksanaan audit dan pengawasan ekternal. Sementara untuk faktor aspek kunci yang sudah baik namun perlu dioptimalkan lagi, seperti tersedianya kerangka peraturan perundangan daerah, pengelolaan kas, pengadaan barang dan jasa, serta pelaksanaan pengawasan intern.Hasil analisis public financial management Kabupaten Minahasa Selatan mengenai pengelolaan keuangan daerah menunjukkan bahwa secara keseluruhan faktor atau aspek kunci telah berjalan dengan baik, namun perlu diperbaiki, seperti: aspek kerangka peraturan perundangan daerah, perencanaan dan penganggaran, pengelolaan kas, pengadaan, akuntansi dan pelaporan, pengawasan intern, hutang dan investasi publik, pengelolaan aset, serta audit dan pengawasan eksternal. Kata Kunci :Pengelolaan Keuangan Daerah
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERTARIKAN PADA ORGANISASI DAN INTENSI UNTUK MENDAPATKAN PEKERJAAN: JENIS KELAMIN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Andhika, Nayunda Andhika
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 5, No 1 (2018): JMBI VOL 5 NO 1
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v5i1.19150

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh upah, kesempatan promosi, kebijakan PHK, dan kebijakan lingkungan terhadap ketertarikan pada organisasi dan intensi untuk mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa kondisi dimana calon karyawan potensial merasa tertarik pada organisasi dan kondisi dimana calon karyawan potensial memiliki keinginan untuk bekerja di suatu organisasi merupakan dua hal yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, faktor yang mempengaruhi ketertarikan pada organisasi berbeda dengan faktor yang mempengaruhi intensi untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan responden mahasiswa tingkat akhir dan metode pengumpulan data policy-capturing, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan lingkungan yang dimiliki organisasi merupakan faktor terkuat yang dapat memprediksi ketertarikan calon karyawan potensial terhadap organisasi tersebut, sedangkan tingkat upah yang ditawarkan organisasi menjadi faktor yang paling kuat dalam mempengaruhi keinginan untuk mendapatkan pekerjaan di suatu organisasi.Kata Kunci :  :    ketertarikan pada organisasi, intensi untuk mendapatkan pekerjaan, upah, kesempatan promosi, kebijakan PHK, kebijakan lingkungan.
THE EFFECT OF THIN CAPITALIZATION RULE TO CORPORATE CAPITAL STRUCTURE IN INDONESIA Ramadhan, Muhammad Rheza; Riandoko, Riko .
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 3 (2017): JMBI VOL 4 NO 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i3.17992

Abstract

This research finds the effect of thin capitalization rule implementation to corporate capital structure (debt and equity) in Indonesia. This study used leverage data in 2015 (before the implementation) and 2016 (after the implementation). The data was seperated with the leverage above 4:1 and below 4:1. The data was processed using paired sample t-test. Based on hand-collected sample of 76 publicity- listed indonesian firms for the 2015 and 2016 year, we found that the thin capitalization rule significantly affected corporate capital in both the sample with Debt to Equity Ratio above 4:1 and Debt to Equity Ratio below 4:1 and doesn’t significantly affected corporate debt in both the sample with Debt to Equity Ratio above 4:1 and Debt to Equity Ratio below 4:1. 
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IN EUROPEAN AND ASIAN COUNTRIES Alas, Ruth .; Ãœbius, Ãœlle .; Lorents, Peeter .; Matsak, Erika .
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 1 (2017): JMBI VOL 4 NO 1
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i1.17401

Abstract

Abstract : The purpose is to study the two facets of corporate social responsibility (CSR) and their similarities and differences between European and Asian countries in different industries. A survey was conducted in Estonian, Chinese, Finnish, Slovakian and Japanese enterprises. Data about two facets of corporate social responsibility, three different branches and five different countries were compared by applying Lorents’s metrics. The ordered pairs were created for each branch and country priorities separately. The distances between priorities were calculated. The total number of respondents was 4187. CSR is influenced by social and cultural environment and industry where the organisation operates. From two facets of CSR the firm respect the interests of agents is more connected with cultural backround than with economic development. The second facet of CSR - firm performance concerning social issue – is more connected with industry than culture. There could also be other factors like ethics, leadership, innovation influencing corporate social responsibility and its similarities and differences in different countries.Keywords :corporate social responsibility, China, Estonia, Finland, Slovakia and Japan
EVALUASI PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN INSTRUMEN DIMENSI PENGUKURAN PENGELOLAAN DANA DESA (DP2D2) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 Lengkong, Victor P.K; Tasik, Hizkia H. D.
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 5, No 1 (2018): JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulan
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merancang dan menilai 4 dimensi dana desa yaitu Pengelolaan Keuangan, Pembangunan Sarana Prasarana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Penyelewengan dengant total nilai tertinggi adalah 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi pertama Kabupaten Minahasa memiliki skor tertinggi dengan nilai 2,75, diikuti Kabupaten Minahasa Utara dan Minahasa Selatan dengan skor masing-masing 2,54 dan 2,53. Pada dimensi Pembangunan Sarana Prasarana (Sarpras) Desa, terlihat bahwa Dana Desa cenderung difokuskan untuk pendanaan pembangunan Sarpras Transportasi. Pada dimensi Pemberdayaan Masyarakat, desa-desa yang diteliti kurang mendanai program pemberdayaan masyarakat. Desa-desa di Kabupaten Minahasa Utara hanya mencatatkan skor 1,76, Minahasa Selatan 1,75, dan Minahasa 2,03. Pada Dimensi Penyelewengan tercatat ada 8 desa yang memakai Dana Desa untuk mendanai program yang tidak menjadi prioritas ataupun yang masuk dalam ketentuan yang ada.Kata Kunci :Dana Desa; Dimensi Pengukuran; Pengelolaan dan Penggunaan; Penyelewengan
MOTIVATION AND SATISFACTION TOWARDS EMPLOYEES’ LOYALTY TO ACHIEVE COMPANY’S ADVANTAGE Sari, Evi Thelia
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 1 (2017): JMBI VOL 4 NO 1
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i1.17406

Abstract

The study aims to examine if employees’ motivation and satisfaction mediated by loyalty can result in company’s advantage. Using 100 young staffs and supervisors in either local or foreign companies in Surabaya, Indonesia as respondents and being tested using regression and path analysis. The simple regressions analysis in the study found that employee’s loyalty is not significant to influence company’s advantage and employee’s satisfaction is not significant to influence employee’s loyalty as well. Employee’s motivation significantly influences loyalty and company’s advantage. Employee’s satisfaction has significant influence to company’s advantage. Multiple regression tests shows that employee’s motivation has positive influence but employee’s satisfaction has negative influence to employee’s loyalty. Both employee’s motivation and employee’s satisfaction have positive influence to company’s advantage. Path analysis has the results that employee’s loyalty is not moderating variables between Employee’s motivation, employee’s satisfaction and company’s advantage.Keywords: motivation, satisfaction, loyalty, company’s advantage Indomaret and Alfamart are the example of a retail business in Indonesia, which is the market leader in their field. Both companies are mini network that provides basic needs and daily necessities. But the problems faced Indomaret and Alfamart are the position of those who are always nearby.These problems is not a barrier for both. This is caused by them are in the same market share, selling products that uniform and is in the center crowds. The purpose of this study was to determine differences in the level of service to consumers and alfamart Indomaret Karombasan.Keywords :motivation, satisfaction, loyalty, company’s advantage
KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KOPI BOX WANEA MANADO Walangitan, Mac Donald
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 3 (2017): JMBI VOL 4 NO 3
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i3.17993

Abstract

Kopi Box Wanea, merupakan jenis usaha yang menyajikan berbagai jenis kopi bagi pelangganya. Untuk meningkatkan kepuasan dari Pelanggan Kopi Box tentunya diperlukan produk yang berkualitas. Kepuasan konsumen merupakan suatu tanggapan perilaku konsumen berupa evaluasi purna beli terhadap suatu barang atau jasa yang dirasakannya (kinerja produk) dibandingkan dengan harapan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Box Wanea Manado. Jenis penelitian yang dalam penelitian ini adalah jenis penelitian assosiatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kopi Box Wanea Manado.
IMPACT MICROFINANCE CREDIT ACCESS TO IMPROVE HOUSEHOLD WELFARE : EVIDENCE LONGITUDINAL DATA Prihantono, Gigih .
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). Vol 4, No 2 (2017): JMBI VOL 4 NO 2
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jmbi.v4i2.17979

Abstract

Evidence on microfinance services these days ironically shows a great preference for savings products rather than credit products by households. For some authors, this phenomenon is explained by the fact that microfinance products, and especially loans, from formal microfinance institutions do not fit the households demand. This paper first presents evidence on the observed phenomenon in Indonesia microfinance sector. Second, it analyses the Indonesia credit market so as to understand the determinants of the choice for credits from formal sources versus informal sources. The results reveal the size of the loan, agricultural purpose, the geographical area where households live and ethnicity as factors influencing the choice for formal sources. Keywords : microfinance Credit access,household

Page 1 of 40 | Total Record : 394


Filter by Year

2017 2023