cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
ISSN : 26154587     EISSN : 26206382     DOI : -
Core Subject : Education,
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah. Jurnal ini diterbitkan dalam bentuk cetak dan online, memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar kota Madiun untuk memenuhi syarat sebagai jurnal tingkat provinsi.Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Materi Cara Tumbuhan Beradaptasi Melalui Penerapan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SDN 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Salamat Salamat
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam yang berjumlah 14. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan tes dianalisis ke dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian membuktikan penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat siswa menunjukkan perolehan pada studi awal 5 siswa (35,71%) pada studi awal menjadi 9 siswa atau 64,29% pada siklus pertama dan 14 siswa atau 100%. Hal tersebut didukung pula oleh hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi 57,14 pada studi awal, menjadi 66,43 pada siklus pertama, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 76,43 sedangkan tingkat ketuntasan belajar baru mencapai angka 4 siswa atau 28,57% pada kondisi awal, meningkat menjadi 6 siswa atau 42,86% dan 13 siswa atau 92,86% pada siklus kedua dan secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 10 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada pelajaran IPA materi cara tumbuhan beradaptasi.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 Fitriyani Fitriyani
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran PAI. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metoda ceramah yang menganggap pelajaran PAI adalah hafalan. Padahal untuk menyampaikan materi PAI dibutuhkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat memahami konsep PAI dan tidak merasa bosan. Selain itu juga dibutuhkan metode yang menunjang keberhasilan pembelajaran. Diantara berbagai metode pembelajaran yang ada terdapat metode bermain peran. Metode ini dpat menenerapkan kemampuan di bidang afektif (sikap) siswa dalam kehidupan sehari-hari. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar PAI Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas untuk mendeskripsikan metode bermain peran pada pembelajaran PAI. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I materinya tentang menghafal bacaan shalat dan siklus II tentang keserasian gerakan dan bacaan shalat. Dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 105 menit. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dengan subjek penelitian adalah kelas III yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi, pencatatan lapangan dan evaluasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif model interatif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman (1992) yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : metode bermain peran adalah teknik simulasi yang seakan-akan benar-benar terjadi pada siswa untuk menerapkan suatu konsep dalam pendidikan. Dari hasil tes yang telah dilakukan teryata tingkat pemahaman siswa terhadap materi meningkat, yang mana hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 6,96, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 8,57.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Semester II 2020/2021 Maryenis Maryenis
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahandalam pembelajaran Matematikadi kelas VISD Negeri 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagaridimanasebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran matematika, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematikaditerapkan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stickpada siswa kelas VISD Negeri 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VISD Negeri 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari dengan jumlah siswa 24 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklusterdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakandengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 70,8 % dengan nilai rata-rata siswa 68,75, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 87,5% dan nilai rata-rata siswa 82.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dikelas VISD Negeri 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari.
Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Dengan Metode Drill Di SDN 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Yelni Ildayenti
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang didominasi oleh guru, pemahaman konsep pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa relatif kurang, ini terlihat dari hasil belajar 60% siswa yang masih berada dibawah KKM dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran.Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV dengan Metode Driil di SDN 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Lufri mengenai metode drill, teori Mulyasa mengenai partisipasi,teori Nana Sudjana mengenai hasil belajar .Tujuan metode Drill adalah untuk meningkatkan partisipasi bertanya, menjawab dan hasil belajar siswa kelas IV SDN15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten AgamJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agamberjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar partisipasi siswa, lembar aktivitas guru dan hasil belajar. Berdasarkan analisispartisipasi siswa, diperoleh rata-rata partisipasi siswa pada masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama 60,45% meningkat menjadi 86,29%pada siklus keduanya.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus pertama 53,56%meningkat menjadi 70% pada siklus keduanya. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agamsetelah menggunakanmotode Drill.
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Melalui Metode Inkuri Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 2 Bondowoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Nur Jamilah
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Bondowoso melalui metode Inkuiri pada materi persamaan garis lurus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Bondowoso sebanyak 31 siswa, terdiri dari 17 laki-laki, dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Data-data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan dari kondisi awal sebanyak 10 siswa atau 32,26%, pada siklus I naik menjadi 21 siswa atau 67,74%, dan pada siklus II menjadi 31 siswa atau 100%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal hanya 55,81, pada siklus I naik menjadi 66,77, dan pada siklus II menjadi 77,74, dengan jumlah siswa yang tuntas pada kondisi awal sebanyak 7 siswa (22,58%) pada siklus I menjadi 19 siswa (61,29%), dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas menjadi 28 siswa (90,32%), walaupun masih ada 3 siswa (9,68%) yang belum tuntas, namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus II, maka proses perbaikan pembelajaran dinyatakan selesai dan berhasil pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus.
Peningkatan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Penggunaan Media Dinding Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 49 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Elmi Warti
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VISD Negeri 49 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 49 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung dengan subjek penelitian adalah kelas VI.Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar permainan tenis meja. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran menggunakan media dinding, dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil pembelajaran siswa kelas VISD Negeri 49 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basungmeningkat yaitu dari rata-rata siklus I yang baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68,2 dan pada siklus II mencapai ketuntasan 83% dengan nilai rata-rata siswa 82,2. Hasil belajar tersebut diperoleh dari aspek penilaian psikomotor, afektif dan kognitif siswa.Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui penggunaan media dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VISD Negeri 49 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung. Oleh karena itu guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi mengandung unsur materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran, sertakreatifdalam modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya yang dapat dilihat atau dipegang langsung oleh siswa, karena dapat memotivasi siswa untuk selalu mencoba dan mengulangi secara terus.
Kinerja Guru PAI Dalam Menanamkan Aqidah Peserta Didik Kelas Rendah Di SDN Gugus VI Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Ratnadayerni Ratnadayerni
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kinerja guru PAI dalam menanamkan aqidah peserta didik kelas rendah di SDN Gugus VI kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas tentang: kinerja guru PAI dalam menanamkan aqidah peserta didik kepada Allah SWT, dan aqidah peserta didik kepada Malaikat serta aqidah peserta didik kepada hari akhir di kelas rendah SDN gugus VI Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di 1) SD Negeri 52 Sago Kecamatan Lubuk Basung, 2) SD Negeri 24 Sungai Jaring Kecamatan Lubuk Basung, 3) SD Negeri 50 Padang Tongga Kecamatan Lubuk Basung, 4) SD Negeri 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kinerja guru PAI dalam menanamkan aqidah kepada Allah SWT dengan menerangkan kepada peserta didik bahwa, a) Mengajarkan kepada peserta didik bahwa Allah SWT yang patut disembah; b) Menjelaskan kepada peserta didik bahwa Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu yang ada dibumi ini tanpa bantuan siapapun; c) dan Mengajarkan kepada peserta didik bahwa semua yang diciptakan Allah SWT dibumi ini untuk kemaslahatan manusia. 2) Kinerja guru PAI dalam menanamkan aqidah kepada malaikat dengan, a) mengajarkan tentang sifat-sifat malaikat Allah SWT, b) meneladani sifat-sifat malaikat Allah SWT, c) Mengajarkan kepada peserta didik tentang tugas-tugas dari malaikat Allah SWT. 3) Kinerja guru PAI dalam menanamkan aqidah peserta didik kepada hari akhir dengan, a) menerangkan nama-nama lain dari hari akhir, b) menerangkan keadaan atau kondisi manusia dan dunia ini pada hari kiamat, dan c) menerangkan bahwa suatu hari ada pembalasan bagi setiap amal perbuatan yang telah diperbuat selama di dunia.
Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik Dengan Kecerdasan Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah Berdasarkan Gender Aditya Fatkhurahman
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya kejadian yang tidak umum secara teori, yaitu terdapat siswa kelas VII SMPN 8 madiun yang memiliki kecerdasan IQ tinggi namun mendapatkan hasil belajar matematika rendah, dan dari kejadian tersebut terjadi pada siswa dengan gender yang berbeda. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik dengan kecerdasan tinggi memperoleh hasil belajar matematika rendah berdasarkan gender pada siswa kelas VII SMPN 8 Kota Madiun tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik laki-laki memiliki nilai rendah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar matematika, kondisi fisik peserta didik yang tidak mendukung, serta adanya pembebanan yang dirasakan peserta didik. Sedangkan, faktor eksternal yaitu proses pembelajaran di dalam kelas yang terlalu ramai, dan kurangnya dukungan dari keluarga. 2) Hasil belajar peserta didik perempuan memiliki nilai tinggi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas I SD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 Mardiati Mardiati
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahandalam pembelajaran IPAdi kelas ISD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basungdimanasebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaranIPA, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAditerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Matchpada siswa kelas ISD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas ISD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklusterdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakandengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Matchmenunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 64,7% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80,1 dan ketuntasan 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Matchberhasil meningkatkan hasil belajar IPApadasiswa kelas ISD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung.
Upaya Mengembangkan Pemahaman Materi Greeting Melalui Aplikasi Pendekatan Praksis-Behavioral Anang Andik Herwanto
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 No.1 Tahun 2022
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh kegiatan Upaya Mengembangkan Pemahaman Materi Greeting dalam Bidang Studi Bahasa Inggris di Kelas IX-C SMP Negeri 1 Ngoro Kabupaten Jombang dengan menggunakan Pendekatan Praksis-Behavioral pada tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) ini tercakup dalam dalam dua siklus. Hasil penelitian menujukkan bahwa rerata skor penilaian afaktif siswa pada angkat 2,732 dengan kriteria mendekati amat baik, penilaian psikomotor mencapai angka 2,862 dengan kriteria mendekati amat baik, sedangkan penilaian kognitif mencapai 2,829 dengan kriteria mendekati amat baik. Rata-rata total dari ketiga penilaian mencapai 2,808 dengan kriteria mendekati amat baik. Peningkatan penguasaan siswa pada kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) ini juga terimplementasikan secara nyata pada hasil yang konkret seperti kamampuan memahami materi pembelajaran Greeting dengan menggunakan Pendekatan Praksis-Behavioral dengan baik dan benar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10