cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 139 Documents
PEMANFAATAN PROGRAM PEMBELAJARAN LOVAAS (ABA) DENGAN PENDEKATAN ICARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERAL LIFE SKILL ANAK AUTIS Kuntum Annisa Imania; Siti Husnul Bariyah
JURNAL PETIK Vol 4, No 1 (2018): Vol.4 No.1 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i1.7

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaiamana penerapan metode Lovaas dengan pendekatan ICARE terhadap General Life Skill Anak Autis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Referensi teori yang diperoleh dengan jalan penelitian studi literatur dijadikan sebagai fondasi dasar dan alat utama bagi praktek penelitian ditengah lapangan. Untuk memperoleh informasi yang tepat dalam kegiatan pemanfaatan dilakukan melalui kegiatan pemanfaatan/penggunaan metode Lovaas dengan pendekatan ICARE. Secara umum, tujuan programnya adalah sebagai berikut: (1) Usaha Tim Pengajar - siswa, (2) Compliance (kepatuhan, (3) Mengurangi self-stimulatory, (4) Mengajarkan kemampuan menirukan, (5) Perkenalkan anak yang lain sebagai model, (6) berkomunikasi: (a) Berbicara, (b) Gambar, (c) Bahasa isyarat. (7) Bermain secara mandiri, (8) Kemampuan pra-sekolah, (9) Ajarkan kemampuan bantu diri, (10) Ajarkan kemampuan bersosialisasi (11) Ajarkan kemampuan motorik kasar dan halus, (12) Ajarkan bahasa reseptif/ekspresif. Kemampuan yang telah diajarkan kemudian digeneralisasikan ke orang-orang lain dan situasi lainnya.
PENINGKATAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN INFRASTRUKTUR JARINGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DI SINERGI FOUNDATION Andri Suryadi
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.64

Abstract

Infrastruktur jaringan sangat mempengaruhikeberlangsungan operasional di Sinergi Foundation oleh karenaitu layanan infrastruktur jaringan sangat penting untukdiperhatikan. Idealnya layanan infrastruktur jaringan di SinergiFoundation dapat memenuhi kebutuhan setiap aktivitas yang ada,namun masih jauh dari harapan sehingga banyak masalah munculakibat belum sesuainya layanan infrastruktur jaringan tersebut.Sesuai dengan adanya masalah tersebut maka harus ada tatakelola untuk dapat mengukur dan meningkatkan layananinfrastruktur jaringan di Sinergi Foundation. Oleh karena itupenelitian ini akan mengukur dan meningkatkan layananinfrastrktur jaringan di Sinergi Foundation menggunakanFramework Cobit 4.1 dan dan maturity level sebagai alat ukurnya.Hasil yang diharapkan dari penelitian yang telah dilakukan iniadalah adanya rekomendasi untuk dapat meningkatkan layananinfrastruktur jaringan yang telah berjalan. Dengan adanyapeningkatan tersebut maka diharapkan masalah – masalah yangterjadi dapat teratasi dan layanan infrastruktur jaringan dapatberjalan sesuai dengan yang diharapkan
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ARTICULATE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA Yuniar Purwanti; Mega Achdisty Noordina
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.356

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kreativitasmahasiswa melalui pembelajaran berbasis multimediaarticulate, menganalisis efektivitas pembelajaran berbasismultimedia articulate dalam meningkatkan kreativitasmahasiswa, mengidentifikasi sikap mahasiswa terhadappembelajaran berbasis multimedia articulate. Digunakanmetode kuantitatif dengan kuasi eksperimen, instrumentberbentuk tes, non tes, dan program pembelajaran berbasismultimedia dengan software articulate, subyek penelitianadalah mahasiswa tingkat dua STKIP Garut. Prosedurpenelitian meliputi tahap: pertama pendahuluan,diidentifikasi program dalam penyusunan program/softwarepembelajaran, kedua pelaksanaa, meliputi tes awal ,treatment, dan ketiga analisis data, pembahasan danpenyimpulan. Kesimpulan penelitian : kreativitas mahasiswayang mendapatkan pembelajaran berbasis multimediaArticulate lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yangmendapatkan pembelajaran dengan pembelajarankonvensional, pembelajaran berbasis multimedia articulateefektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dengankriteria sedang, sikap mahasiswa bersifat positif terhadappembelajaran berbasis multimedia articulate.
Pengembangan Aplikasi Timbangan Berat Produk Fery Setiawan; Otto fajarianto; Ali Firdaus
JURNAL PETIK Vol 4, No 1 (2018): Vol.4 No.1 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i1.2

Abstract

Dalam dunia industri pemanfaatan timbangan sangatlah penting untuk mengukur suatu kebutuhan produksi. Keakuratan data timbangan sangat mempengaruhi berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan dalam menghasilkan suatu produk. Pencatatan hasil timbangan yang masih manual menggunakan alat tulis sering mengakibatkan operator timbangan salah memasukkan nilai bruto dan netto. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari timbangan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat merekam setiap bahan yang akan di timbang secara real time. Perekaman data timbangan secara real time dapat mengurangi kesalahan pencatatan operator dalam memasukan nilai bruto dan neto. Metode Prototype digunakan untuk membuat tahapan dalam pengerjaan sistem tersebut. Proses yang dilakukan dimulai dari pengumpulan data melalui pengecekan ke lapangan melihat hasil pencatatan timbangan dan melakukan interview atau memberikan beberapa pertanyaan kepada bagian operator terhadap kendala yang sering terjadi. Dari data tersebut diolah sebagai dasar kebutuhan user terhadap sistem. Tahap terakhir pembuatan aplikasi dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat membantu operator agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan hasil timbangan bruto dan neto. Pengambilan data timbangan tersebut akan terekam secara otomatis dan disimpan ke dalam database. Riwayat hasil dari timbangan tersebut dapat diakses oleh user dan dibuat dalam bentuk laporan
ERANCANGAN APLIKASI TES BERBASIS KOMPUTER (CBT) MENGGUNAKAN PENDEKATAN TERSTRUKTUR UNTUK PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI Andri Suryadi
JURNAL PETIK Vol 1, No 1 (2015): PETIK Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v1i1.59

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini dirasakan sangat pesat, dimana manusia telahmemamfaatkan teknologi informasi dalam segala aktifitasnya. Salah satu manfaat dengan adanyateknologi informasi menjadikan suatu hal menjadi efektif dan efisien. Namun, efektif dan efisientersebut belum dirasakan oleh beberapa perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta. Salahsatu contohnya pada saat penerimaan mahasiswa baru sebagian besar perguruan tinggi masihmenggunakan sistem manual. Sistem manual tersebut menjadi kendala dalam beberapa halseperti pengadaan soal, waktu pemeriksaan dan waktu pengumuman. Kendala- kendala tersebutseharusnya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi karena salah satu tujuandengan adanya teknologi informasi adalah untuk menjadikan hal menjadi efektif dan efisien.Dengan adanya perkembangan teknologi informasi haruslah ada solusi terhadap masalahpenerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Salah satu solusi yang dapat ditawarkanadalah dengan membuat sistem tes berbasis komputer (CBT). Sistem tes berbasis komputer inidapat menjadikan solusi bagi masalah-masalah yang selama ini terjadi pada penerimaanmahasiswa baru di perguruan tinggi.
MONITORING MANAJEMEN KAPASITAS LAYANAN DALAM PERENCANAAN PENYUSUNAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK IT-IL PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT Endang Tasli Susandi; Ani Amaliyah
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.351

Abstract

Monitoring manajemen kapasitas layananteknologi informasi (TI) adalah kegiatan memonitor yangdilakukan pada proses manajemen kapasitas danketersediaan layanan TI yang dimulai dengan pembuatantata cara monitoring yang bertujuan untuk menentukantugas, fungsi dan tanggunjawab serta standar prosedurkerja, pembuatan metode penghitungan tingkat ketersediaanlayanan TI yang bertujuan untuk menghitung ketersediaan(Availability) suatu Komponen yang sederhana dan totalketersediaan (Availability) untuk sistem/layanan yangkompleks, pembuatan matriks parameter teknis monitoringyang bertujuan untuk menentukan parameter, perangkatdan tools yang digunakan pada teknik monitoring kinerja,serta pembuatan format laporan monitoring yang bertujuanuntuk mendapatkan data hasil monitoring kapasitas danketersediaan layanan TI.Framework IT-IL adalah sebuah kerangka best practiceuntuk memanage layanan-layanan TI yang terintegrasi danberbasiskan proses, juga merupakan suatu rangkaiankonsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI).Monitoring manajemen kapasitas dengan Framework IT-ILpada penyusunan infrastruktur TI pada Perguruan TinggiSwasta di Jawa Barat dan Banten perlu dilakukan untukmemastikan tercapainya hasil dari perencanaan danpelaksanaan implementasi layanan TI
ANALISIS APLIKASI KEPEGAWAIAN PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA (SIMKARI) DI KEJAKSAAN NEGERI BALE BANDUNG Rosmalina Rosmalina
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.364

Abstract

Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakkan hak asasi manusia, serta pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Penggunaan sistem informasi manajemen di KEJARI Bale Bandung serta pengembangkan perangkat lunak merupakan sebuah sistem untuk mempermudah pekerja dalam mengelola dan menghasilkan informasi. Untuk menginput dan meyimpan data tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang dinamakan SIMKARI yang dapat mendukung untuk membantu pegawai dalam mengerjakan pekerjaan yang lebih baik dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa sebuah sistem informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Kejaksaan Republik Indonesia (SIMKARI), sistem ini merupakan sebuah alat bantu dalam mengelola, merekam dan meng-entry data/informasi terkait administrasi kepegawaian di Kejaksaan Republik Indonesia. Fitur yang ada dalam sitem tersebut antara lain Peremajaan Data, Entry Riwayat pegawai, menampilkan Biodata Pegawai, Pengendalian, Pengankatan PNS dan Info Kepegawaian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Effisienci, dan services). Selama proses analisis berlangsung penulis tidak melakukan analisis berdasarkan metodologi analisis, namun penulis melakukan proses interview, observasi dan studi pustaka sebagai metode pengumpulan data
PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Alifia Nurilmi Diansyah
JURNAL PETIK Vol 1, No 1 (2015): PETIK Vol 1 No. 1 Tahun 2015
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v1i1.54

Abstract

Proses pembelajaran yang kini banyak dilakukan, umumnya kurang mendorongkemampuan berfikir siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir yang mereka milikiuntuk meningkatkan dan mempercepat proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh padatingkat pemahaman yang dimiliki setiap siswa. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuahmedia pembelajaran yang dapat menggiring siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalamkegiatan belajar. Salah satu cara meningkatkan kemampuan pemahaman siswa adalahdengan menerapkan multimedia interaktif model tutorial dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan multimedia interaktif modeltutorial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran TIK.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental dengan sampelpenelitian siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dengan desainControl Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberupa test (pre-test dan post-test), lembar observasi aktivitas guru dan siswa danmultimedia interaktif. Dari hasil penelitian terdapat perbandingan-perbandingan yangmenunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dibandingkandengan peningkatan pemahaman kelas kontrol dengan perbandingan rerata dari kelaseksperimen dan kelas kontrol adalah 0,63> 0,32. Berdasarkan analisis pada keseluruhantahapan penelitian diperoleh bahwa penerapan multimedia interaktif model tutorial terbuktiefektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, selain itu peningkatan hasil belajar siswadalam ranah kognitif di kelas eksperimen berada pada kriteria sedang dan lebih besar darikelas kontrol dan terdapat perbedaan rerata nilai siswa yang cukup jauh antarapembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dengan pembelajaranyang menggunakan metode konvensional
PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SOSIAL SISWA DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN IPS DALAM KONTEKS PERPSPEKTIF GLOBAL Dr Tetep
JURNAL PETIK Vol 2, No 2 (2016): PETIK Vol 2 No. 2 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i2.72

Abstract

The 21st century is a major challenge for thedevelopment of general education in preparing youngpeople in the nation and the wider life without limits.Education became the center of the adjustment ofeach individual role as the public face of the worldtoday. Global perspective becomes an importanteducation is taught by any educational institution inorder to give birth to a generation that is able tocompete in the global life without losing its localcharacteristics. Social character student that growsnaturally in the local life will become a symbol ofstrength and intelligence implementation of localvalues developed in the global life through educationsystem. Civic and social studies education as subjectwhich cannot be relased to the developing andchanges of society. Civic and social studieseducatioan has a major role in bridging of socialcharacter education for the student to be humanize.
Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan nurlaela nurlaela
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.362

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa Sekolah Dasar masih kurang.Siswa masih banyak melakukan kesalahan (penulisan huruf dalam kata atau kalimat masih ada kekurangan) dan siswa kurang bisa menyusun dan menulis kata menjadi kalimat.Hal ini terjadi karena guru kurang maksimal dalam menggunakan metode atau media pembelajaran.Dengan menggunakan media kartu huruf, diharapkan proses pembelajaran menulis dapat menarik siswa untuk belajar dan mempermudah siswa dalam menghafal dan meniru huruf atau kata. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelasISDNegeriLenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa JakartaSelatantahunajaran2016/2017,yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  diperolehmenunjukkan  bahwa kemampuan  menulis  permulaan  siswa  mengalami  peningkatan.  Hal  ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu (1) pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 69,50, (2) pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 74,41, dan (3) pada siklus III, nilai rata-rata siswa adalah 83,06. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menulispermulaan siswa kelas I SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan

Page 1 of 14 | Total Record : 139