cover
Contact Name
Antoni Pardede
Contact Email
antonipardedekun@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
publikasidanpengelolaanjurnal@uniska-bjm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
ISSN : 26213060     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu pendidikan mencakup media pembelajaran kimia, strategi pembelajaran kimia dan evaluasi pembelajaran kimia. Sedangkan pada Ilmu kimia meliputi bidang kimia analitik, kimia anorganik, kimia fisik, kimia organik, biokimia dan kimia komputasi.
Arjuna Subject : -
Articles 104 Documents
PENGARUH MEDIA KARTU ISOMER BERGAMBAR PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK Hernita Karolina; Mohan Taufiq Mashuri; Fitrah Yuridka
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.844 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan 2 cara berbeda. kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media kartu isomer, sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen berupa pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar yang terdiri atas 19 soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media kartu isomer lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media kartu isomer.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN Marlinasari Marlinasari; Mohan Taufiq Mashuri; Gusti Hadiatus Solehah
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.773 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1499

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Dari hasil analisis data dengan uji Independent Sample Test dapat diketahui Zhitung = 2.807 terletak diluar daerah penerimaan H0(-1.96 < Z < 1.96). Karena Zhitung> 1.96 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran komik terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid, dengan 21.43% siswa kelas eksperimen tergolong memiliki minat belajar kimia yang tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 10.71%. Untuk meningkatkan minat belajar kimia siswa, pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru-guru kimia sebagai variasi dalam melaksanakan pembelajaran kimia.
ANALISIS KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK Siti Aisyah Nur Sari; Okviyoandra Akhyar; Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardani
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.195 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran true or false dan take and give terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam-basa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan “Non-equivalen Control Design” yang terdiri dari 2 kelas: kelas ekperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran aktif strategi true or false, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran aktif strategi take and give. Tes dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (postest). Teknik analasis yang digunakan adalahOne sample t-test.Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Berdasarkan analisis nilai posttest denganOne sample t-test untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05 hal ini berarti H0 ditolak artinya strategi true or false efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035<0,05 berarti H0 ditolak artinya strategi take and give efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa,(2) efektivitas kelas ditinjau dari selisih hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan pembelajaran menggunakan strategi true or false dengan presentase 30,59% lebih efektif daripada menggunakan take and give dengan presentase 21,33%.
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BUKU KIMIA BERBASIS POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN Siska Dwi Rosalina; Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani; Okviyoandra Akhyar
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.637 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1500

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar buku Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Brog and Gall. Produk hasil pengembangan dinilai oleh tiga orang ahli untuk validasi buku dan satu orang guru kimia untuk menentukan kualitas kelayakan buku Pop up yang mencakup lima aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek kesesuaian dengan komponen Pop Up. Analisis data yang digunakan adalah data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan buku kimia berbasis Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin adalah sebesar 24,00% aspekKelayakan Isi, 24,00% aspek Bahasa dan Gambar, 85,00% aspek penyajian, 35,00% aspek Kegrafisan, dan 52,00% aspek Kesesuain Dengan Pop Up. Dari kelima aspek penilaian, buku pop up ini termasuk dalam kualitas baik (B).Oleh karena itu, bahan ajar buku kimia berbasis pop up pada materi kimia minyak bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin.
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN Ayu Dita Subroto; Mohan Taufiq Mashuri; Okviyoandra Akhyar
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.187 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1496

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kemandirian belajar siswa sebelum dilakukan eksperimen (2) Mengetahui hasil dari implementasi permainan tradisional berbasis budaya lokal apakah dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian semu (Quasy Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini dua kelas yang diambil yakni kelas kontrol (XI IPA 1) sebanyak 33 orang siswa dan kelas eksperimen (XI IPA 2) sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dari hasil analisis data melalui perhitungan manual dengan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung 4,710 > ttabel 2,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin pada materi pokok koloid.
PENGEMBANGAN KARTU REMI KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA KORPRI BANJARMASIN Ni Kadek Ayu Sukarsih; Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani; Mohan Taufiq Mashuri
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 1 (2018): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.611 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i1.1497

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian R&D (Research & Development) dengan menggunakan desain Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA KORPRI Banjarmasin denganjumlah siswa 32 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Uji kelayakan produk di lakukan dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus product moment, uji reabilitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha, dan hasil belajar siswa diukur menggunakan persentasi skor. Dari hasil penelitian produk pengembangan kartu remi kimia menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji kelayakan produk yang dilakukan didapatkan nilai untuk setiap aspeknya yaitu aspek kebahasaan dan kegrafisan mendapat kriteria sangatbaik. Sedangkan untuk kelayakan isi, TGT dan kegrafisan mendapat kriteria B yaitu Baik. Untuk uji validitas instrumen hasil belajar dengan taraf signifikan 5% r tabel 0,444 didapatkan 13 butir instrumen hasil belajar valid dari 30 butir instrumen hasil belajar. Untuk uji reabilitas instrumen hasil belajar mendapatkan nilai 1,032 dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan 57,01%.
PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOTAK KATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK Karina Karina; Novi Rahmawanti; Mohan Taufiq Mashuri
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.337 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i2.1577

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Alalak dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 87 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi menyangkut foto-foto kegiatan saat pembelajaran berlangsung, sedangkan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data post-test yang diperoleh diuji menggunakan Independent sample t-test. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks.
PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) KIMIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 12 BANJARMASIN Lulu Ul Ginayah; Mohan Taufiq Mashuri; Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.931 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i2.1578

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D merupakan pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan berpikir kreatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D mampu mengembangkan kemampuan kreatif siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang (TTS) kimia 3D terhadap kemampuan kreatif siswa. Penelitian yang digunakan adalah kuasieksperimen. Instrumen penelitian berupa pretest, posttest dan angket berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin dan diambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dan kelas kontrol menggunakan lembar kerja soal. Analisis data yang digunakan meliputi analisis instrumen dan analisis akhir berupa uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kreatif kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil uji gain menunjukkan terjadinya perkembangan pada kelas eksperimen yaitu meningkat dengan kategori tinggi. Hasil angket menunjukkan kemampuan kreatif siswa pada akhir yaitu meningkat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 ALALAK Munawarah Munawarah; Gusti Hadiatus Solehah; Okviyoandra Akhyar
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.845 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i2.1579

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pada penelitian ini, kelas sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik porpusive sample. Jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IA2 (eksperimen) dan XI IA3 (kontrol). Peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Pretest adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan awal siswa sebelum penerapan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Posttest adalah tes hasil belajar sesudah menggunakan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,179 dan ttabel = 2,013 yang berarti thitung > ttabel. H0 ditolak menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 13,10%.
PENGARUH MEDIA DART BOARD TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN Novianti Novianti; Okviyoandra Akhyar; Mohan Taufiq Mashuri
Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia Vol 1, No 2 (2018): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.901 KB) | DOI: 10.31602/dl.v1i2.1580

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data uji mann whitney u dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai sig sebesar 0,039 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media dart board terhadap minat belajar kimia siswa pada materi koloid.

Page 1 of 11 | Total Record : 104