cover
Contact Name
M. Fadhly Farhy Abbas
Contact Email
fadhly@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fadhly@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Lectura : Jurnal Pendidikan
ISSN : 20864876     EISSN : 2549063X     DOI : -
Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan" : 9 Documents clear
Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok Kuncahyono Kuncahyono; Beti Istanti Suwandayani; Abdurrohman Muzakki
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4687

Abstract

Internet of things merupakan bagian dari pemanfaatan E-learning yang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi virtual. Bentuk pemanfaatan teknologi tersebut salah satunya dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran tematik dan penilaian berbasis online. Berdasarkan hasil analisis situasi di Sekolah Indonesia (SIB) KBRI Bangkok didapatkan hasil dalam kegiatan tersebut berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa masih ditemukan adanya beberapa guru yang masih memerlukan pembaharuan tentang pembelajaran berbasis teknologi informasi, sekitar 45% peserta didik kurang aktif, penilaian pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum diintegrasikan dalam teknologi internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi media kuis interaktif that quiz sebagai inovasi penilaian berbasis online menggunakan internet of things. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan pemberian angket. Penelitian ini menghasilkan pembelajaran sekaligus penilaian berbasis kuis online menggunakan aplikasi that quiz. Pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan internet of things. Guru-guru menghasilkan produk akun quiz online dengan aplikasi open source that quiz. Hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan aplikasi that quiz bahwa guru lebih mudah mengakses materi secara ringkas dan cepat. Guru lebih mudah melaksanakan penilaian dan kontrol siswa secara langsung. Akses pembelajaran dan penilaian dapat dikontrol secara terbuka oleh orang tua. Peningkatan kompetensi digital skill karena guru terlibat langsung dalam proses perencanaan, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Guru hendaknya menambah materi dalam kuis online. Guru dapat meningkatkan varian jenis soal-soal penilaian pada ranah lain.
Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Inkuiri berdasarkan Hasil Penelitian Diabetes Mellitus Tipe 2 Dita Purwinda Anggrella; Sri Endah Indriwati; Sri Rahayu Lestari
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4703

Abstract

Upaya dalam perkembangan IPTEK dalam pendidikan dapat dilakukan salah satunya dengan memfasilitasi mahasiswa dengan bahan ajar berbasis penelitian. Berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar pada materi sistem peredaran darah, dibutuhkan bahan ajar berupa modul. Pengembangan modul dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul sistem peredaran darah berbasis inkuiri berdasarkan hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 yang telah teruji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode dalam pengembangan modul ini menggunakan Research and Development (R&D) yaitu model pengembangan Branch yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Ilmplementation and Evaluation. Pengumpulan data penelitian berdasarkan penilaian dari valiadator ahli melalui instrumen validasi, dan subjek uji coba penelitian yaitu mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang yang terdiri dari 9 mahasiswa dalam uji coba kelompok kecil dan 23 mahasiswa dalam uji coba kelompok besar melalui instrumen angket. Instrument hasil dari penelitian kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas materi diperoleh persentase sebesar 90,2%, hasil validasi pengembangan bahan ajar untuk mahasiswa diperoleh persentase 94,75%, dan 94% untuk modul pegangan dosen, persentase untuk praktisi pembelajaran sebesar 96,6%. Persentase uji coba kelompok kecil yang digunakan di lapangan sebesar 87,04% dan 98,67% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, pengembangan bahan ajar, dan praktisi lapangan maka dapat disimpulkan modul yang dikembangkan sebagai sumber belajar mahasiswa sangat valid dan sangat layak digunakan.
Pendekatan Ekperiensial untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Ajar Nasionalisme Agus Sediadi Tamtanus
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4716

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan eksperiensial melalui metode wawancara ini dapat meningkatkan pemahaman para peserta Latsar CPNS Golongan III secara signifikan. Semua aspek pembelajaran eksperiensial (experiential learning), yaitu: Aspek Rasa (Feeling), Aspek Pengamatan (Watching), Aspek Pemikiran (Thinking), dan Aspek Kegiatan (Doing) dapat terintegrasi dalam kegiatan wawancara. Metode kualitatatif menggunakan wawancara sudah menjadi trend suatu penelitian di masa sekarang ini, sebagai upaya mencari data primer untuk penelitian interpretif dan kritis. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan pola pikir (mindset) para peserta dalam memahami nasionalisme. Hasil analisa 2 (dua) angkatan yang melakukan wawancara, yaitu Angkatan III dan Angkatan IX, dimana pemahaman akan Nasionalis sangat erat kaitannya dengan Nilai-Nilai Panca sila (40%), Cinta Tanah Air (26-35%), dan lainnya hanya (25%). Penilaian akan tingkat dan pemahaman seseorang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan sangat amat subyektif. Ini dikarenakan menyangkut rasa, hati dan pemikiran (sense, hart dan mindset). Diharapakan untuk para peserta yang telah mendapatkan pengalaman ini, yaitu pembelajaran eksperiensial pada saat mengikuti Latsar CPNS Golongan III, khsus mata ajar Nasionalisme, dapat mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam kesehariannya baik di kampus dan masyarakat dengan konsisten dan berkesinambungan.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar Alvina Damayanti; Ika Ari Pratiwi; Erik Aditia Ismaya
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4719

Abstract

Dilakukannya penelitian ini meliputi latar belakang berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Pair Share berbantuan permainan tradisional Engklek pada tema 6 kelas V SD 2 Getas Pejaten. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 2 Getas Pejaten yang beralamat di Jl. Sentot Prawirodirjo, Getas Pejaten, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD 2 Getas Pejaten semester I tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 9 perempuan dan 11 laki-laki. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas V SD 2 Getas Pejaten. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu Expert Judgement dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa siklus I muatan IPS memperoleh rata-rata 76 dengan ketuntasan klasikal 55%. Muatan PPKn dengan rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal 75%. Siklus II muatan IPS memperoleh rata-rata 86 dengan ketuntasan klasikal 75% dan muatan PPKn dengan rata-rata 88 dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan permainan tradisional Engklek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Siti Khoenun Nisa; Ika Ari Pratiwi; Erik Aditia Ismaya
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4722

Abstract

Dilakukannya penelitian ini meliputi latar belakang berdasarkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 5 Bae menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dengan berbantuan media puzzle pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya muatan PPKn dan IPS tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 5 Bae yang beralamat di desa Krajan Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD 5 Bae semester II tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 5 perempuan dan 16 laki-laki. Sumber data penelitian yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu Expert Judgement dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I memperoleh rata-rata nilai klasikal 71 dengan keterangan siswa belum tuntas 10 siswa persentase 48% dan belum tuntas 11 siswa dengan persentase 52%. Pada siklus I memperoleh nilai teringgi 87 dan nilai terendah 40, meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata nilai klasikal 75 dengan keterangan siswa yang tuntas 16 siswa persentase 76% dan belum tuntas 5 siswa dengan persentase 24%. Pada siklus II memperoleh nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 50. Berdasarkan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Group Investigation berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 5 Bae.
Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar Desti Mulyani; Syamsul Ghufron; Akhwani Akhwani; Suharmono Kasiyun
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4724

Abstract

Gotong royong merupakan suatu bentuk kerja sama baik itu individu, individu dengan kelompok untuk melakukan kerja sama dalam menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama. sesuai dengan tujuan permendikbud gotong royong merupakan salah satu upaya peningkatan pendidikan karakter di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku gotong royong yang masih bertahan, mendeskripsikan strategi guru dalam penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa, mendeskripsikan tema/topik pembelajaran yang menjadi sarana penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa di SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 3a, 3b, 4b, 5b, 6a, 6b. Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program pendidikan berbasis gotong royong masih bertahan hingga sekarang, namun ada beberapa siswa saja yang sulit dalam melakukan sikap gotong royong dan masih dikategorikan baik. Adapun strategi guru dalam menanamkan sikap karakter gotong royong seperti memberi contoh langsung kepada siswa, memberikan reward berupa pujian-pujian sehingga semangat gotong royong siswa sejalan dengan tujuan pendidikan di sekolah. Dalam penerapan sikap gotong royong guru menggunakan beberapa substansi dalam pembelajaran seperti pembelajaran PKn, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP.
Trainer Kit Sebagai Media Praktik Mikrokontroller Bagi Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Elektro UNTIRTA Irwanto Irwanto
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4736

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif, menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai unsur antara lain dosen yang memahami secara utuh hakekat, sifat, dan karakteristik mahasiswa, metode pembelajaran yang berpusat pada kegiatan mahasiswa, sarana belajar mahasiswa yang memadai, tersedianya berbagai sumber belajar dan media yang menarik yang mampu mendorong mahasiswa untuk belajar, terutama pada pembelajaran praktik. Adapun tujuan penelitian dilakukan adalah mengetahui unjuk kerja serta uji kelayakan media trainerkit mikrokontroller, sebagai suatu trainer kit praktik mikrokontroller di PVTE UNTIRTA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development. Adapun tahapannya meliputi analisis kebutuhan, mendesain, mengimplementasikan, menguji, memvalidasi serta uji coba. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) pengujian dan pengamatan unjuk kerja mahasiswa, dan (2) angket penelitian. Kelayakan media trainer kit pembelajaran mikrokontroller melibatkan dua ahli materi dan dua ahlimedia pembelajaran.Kemudian trainerkit diuji coba pemakaian oleh mahasiswa dan di analisis dengan statistik deskriptif. Untuk mengetahui kelayakan trainer kit digunakan skala pengukuran skala likert. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui unjuk kerja dari trainer kit mikrokontroller secara keseluruhan. Skor uji kelayakan isi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh tingkat kelayakan dengan persentase 90,53% dengan kategori sangat layak. Uji konstrak oleh ahli media pembelajaran vokasional dengan tingkat kelayakan persentase 91,03% dengan kategori sangat layak. Dalam uji pemakaian mahasiswa di PVTE UNTIRTA mendapatkan skor kelayakan sebesar 90,02 dengan kategori sangat layak. Dalam upaya mengefektifkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan media bantu mengajar yang nyata diharapkan akan mempengaruhi proses belajar mengajar. Penggunaan media bantu mengajar yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses pembelajaran praktik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapai
Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja Rahayu Putri Prasanti; Ade Irma Nurmala Dewi
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4752

Abstract

Budaya korea atau yang biasa disebut sebagai Hallyu telah menghasilkan banyak produk seperti film, music, makanan, drama seri, fashion, serta gaya hidup. Produk-produk Hallyu tersebut telah tersebar ke seluruh penjuru dunia seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Drama korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan Drakor menjadi salah satu produk hallyu yang paling digemari oleh remaja Indonesia saat ini lebih lagi dengan adanya pandemic saat ini penonton drakor sangat meningkat tajam dari kalangan remaja . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak drama korea dalam pendidikan khusunya remaja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2020 dan merupakan penelelitian kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara online melalui pengisian kuisioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan etnografi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan aplikasi Nvivo 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa drama korea memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap pendidikan remaja. Dampak positif dari kegemaran mereka menonton drama korea adalah memberi motivasi belajar, mendapat pengetahuan baru, mengenal budaya pendidikan Korea Selatan, adanya semangat untuk mengikuti program beasiswa ke Korea Selatan, belajar bahasa baru. Sedangkan dampak negatifnya adalah malas belajar, menunda pekerjaan, berkurangnya waktu belajar dan istirahat, tidak fokus dalam belajar, kesehatan berkurang dalam menunjang aktivitas sebagai peserta didik. Berdasarkan data ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak yang ditimbulkan dari drama korea ini terhadap pendidikan remaja.
Permainan Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Siswa Kelas 1 SDN 002 Belakang Padang Kota Batam Dayarni Dayarni
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v11i2.4753

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalalah kemampuan membaca awal siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 di Kecamatan Belakang Padang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas 1 dengan menerapkan permainan Scrabble di dalam kelas seta untuk mengetahu faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca awal siswa kelas 1 menggunakan permainan Scrabble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 002 Belakang Padang Kota Batam yang berjumlah 25 orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil kemampuan membaca awal siswa yang rendah. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus dan September 2019 yang terdiri atas dua siklus. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan Scrabble dapat meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas 1 SDN 002 Belakang Padang Kota Batam. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata- rata hasil belajar siklus 1 adalah 6,4%, pada siklus 2 naik menjadi 8.8%. Sementara faktor yang mempegaruhi peningkatan hasil belajar membaca siswa adalah strategi permainan Scrabble yang diggunakan guru dan motivasi serta pujian yang diberikan guru kepada siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan Scrabble dapat meningkatkan kemampuan membaca awal dan hasil belajar siswa pada materi membaca lancar di kelas I SDN 002 Belakang Padang Kota Batam.

Page 1 of 1 | Total Record : 9