cover
Contact Name
M. Fadhly Farhy Abbas
Contact Email
fadhly@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fadhly@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Lectura : Jurnal Pendidikan
ISSN : 20864876     EISSN : 2549063X     DOI : -
Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan" : 10 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK MITRA BAKTI HUSADA BEKASI Dellia Mila Vernia
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1593

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan seharusnya lebih fokus pada bagaimana lulusan siap berkecimpung di dunia industri, dan juga siap untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Niat kesungguhan untuk berwirausaha harus tertanam di benak siswa.Intensi wirausaha telah terbukti menjadi prediktor baik bagi perilaku kewirausahaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Mitra Bakti Husadadi Kota Bekasi, sebanyak 22 siswa. Metode penelitian ini memakai analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor (1)kebutuhan akan prestasi terhadap intensi berwirausaha siswa SMK (2) akses modal terhadap intensi berwirausaha siswa SMK (3) efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa SMK (4) kreativitas dan inovatif terhadap intensi berwirausaha siswa SMK (5) latar belakang pekerjaan orangtua terhadap intensi berwirausaha (6) pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa SMK.
UPAYA ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK TERHADAP SISWA Dahler Dahler
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1596

Abstract

Keluarga sebagai pendidikan lingkungan adalah wadah pertama anak belajar bersosialisasi, dalam hal ini anak mulai belajar memahami aspek penting, salah satunya adalah menanamkan kebiasaan belajar kepada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan upaya orang tua dalam menanamkan kebiasaan belajar yang baik kepada siswa dalam hal di SMP Negeri 9 Pekanbaru, menyusun rencana belajar bersama anak, mendampingi dan membantu anak dalam belajar untuk tidak duduk sepanjang waktu, memberikan pujian kepada anak-anak, mengenali kekuatan anak-anak dalam belajar, membantu anak-anak untuk mengurangi kecemasan dan kebosanan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, seluruh populasi siswa kelas VII, VIII, dan IX pada siswa di SMP Negeri 9 Pekanbaru dan sebanyak 664 sampel yang diperoleh 87 siswa. Temuan penelitian mengungkapkan upaya orangtua dalam menanamkan kebiasaan belajar yang baik terhadap siswa Pekanbaru sudah baik.
USING READING IN DETAIL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SKILL IN READING RECOUNT TEXT M. Fadhly Farhy Abbas; Masdelima Masdelima
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1601

Abstract

In this research, the researcher found the students’ problem in reading comprehension of recount text. The problem was the students still had difficulties to determine generic structure (Orientation, Event, Re-Orientation), social function and language features when they read recount text and did the random text of recount text. The purpose of this research was to improve students’ reading comprehension of recount text at class VIII of MTs Ummi Fatimah Pekanbaru and what factors influence it. This research was Clasroom Action Research (CAR). The number of participants were 19 students. The researcher used test, observation sheets, field notes, and interview to collect the data. The result of this research showed that the students’ average in based score was 71,05, in cycle I was 82,63. The average in cycle I could achieve the passing grade score is 75. It was found that some factors that influence the students’ improvement in reading comprehension on recount text by using Reading in Detail Technique were Reading in Detail Technique facilitating students to know, understand and determine generic structure, and language features of recount text when they applied it with their discussion group. And also the interesting materials of recount text helped students understand better like experience, event, etc. In conclution the use of Reading in Detail Technique can improve reading comprehension of recount text at class VIII of MTs Ummi Fatimah Pekanbaru.
PENERAPAN SRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL MAHASISWA SEMESTER VI PG-PAUD FKIP UNILAK Sean Marta Efastri; Siti Fadillah; Yesi Novita Sari
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1604

Abstract

Seseorang yang memiliki IQ tinggi tidak menjamin mampu menyelesaikan masalah dalam hidupnya kecuali ia juga memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual serta kecerdasan sosial yang baik. Melalui bermain peran (role playing), para peserta didik mencoba mengeksplorasi hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, daan berbagai strategi pemecahan masalah. Sebagai suatu model pembelajaran, bermain peran berakar pada dimensi pribadi dan sosial. Pemecahan masalah dilakukan secara demokratis. Dengan demikian melalui model ini peserta didik juga dilatih untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis. Melalui bermain peran (role playing), para peserta didik mencoba mengeksplorasi hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, daan berbagai strategi pemecahan masalah. Sebagai suatu model pembelajaran, bermain peran berakar pada dimensi pribadi dan sosial. Pendekatan role playing terhadap prososial mahasiswa berada pada kategori sedang 50 %, baik 30%, dan buruk 20%. Serta Prososial mahasiswa berada pada kategori tinggi 50%.Semua studi yang melibatkan perilaku prososial sebagai hasil atau prediktor menunjukkan pandangan positif terhadap kegiatan diinginkan akademik dan hasil-hasil sosial seperti pemahaman komunikasi, menyelesaikan sekolah, persahabatan, penerimaan orang lain, dan status pekerjaan.
SUBJECTIF WELL-BEING ANAK YANG BERASAL DARI KELUARGA BERSTATUS EKONOMI SOSIAL RENDAH Sri Wahyuni; Reswita Reswita; Heleni Filtri
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1605

Abstract

Faktor yang dapat mempengaruhi anak adalah tingkat kebahagiaan anak dengan kondisi keluarganya. Seperti perhatian orangtua, fasilitas, dan sebagainya yang anak miliki. Kecenderungan yang terjadi adalah anak yang berasal dari keluarga miskin memiliki penilaian yang rendah terhadap kebahagiaan hidupnya. Tingkatan atau kadar kebahagiaan yang dirasakan individu satu akan berbeda dengan individu lain. Hal ini dipengaruhi oleh hal-hal yang menjadikan individu tersebut bahagia seperti keluarga yang harmonis, teman-teman atau lingkungan yang hangat, status sosial ekonomi, dan sebagainya. Namun seringkali kebahagiaan seseorang hanya diukur berdasarkan keterpenuhan kebutuhan dasar saja seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang tingkat Subjective well Being Anak Usia dini yang Berasal dari Keluarga Berstatus ekonomi Sosial yang Rendah di Kota Pekanbaru.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis statistik. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh hasil bahwa tingkat kesejahteraan subjectif well-being anak usia dini tinggi meskipun berasal dari keluarga berstatus ekonomi rendah.
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SEKS Dwi Sri Rahayu; Chaterina Yeni Susilaningsih
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1606

Abstract

Jika kita berbicara mengenai seks, maka yang terbersit dalam benak sebagian besar orang adalah hubungan seks. Padahal, seks itu artinya jenis kelamin yang membedakan pria dan wanita secara biologis. Dengan adanya pemahaman yang salah terkait dengan seks maka orang tua pun enggan untuk membicarakannya dengan alasan tabu dan tidak layak diperbincangkan. Hal ini merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perilaku seks bebas di kalangan remaja. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang seks setelah dilaksanakan layanan bimbingan klasikal, (2) Mengetahui keefektifan penerapan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design, dengan cara membandingkan pengetahuan siswa tentang pendidikan seks sebelum dan sesudah diberi bimbingan klasikal. Penelitian ini menghasilkan rumusan bahwa pelaksanaan penerapan layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seks karena terjadi peningkatan dalam rata-rata pengetahuan siswa tetang seks. Skor mean sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal mencapai 75,03 dan skor mean setelah diberikan layanan bimbingan klasikal mencapai 94,09.
SUMBER BACAAN ONLINE DALAM MEMBANGUN READING HABIT MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM RIAU Estika Satriani
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1607

Abstract

Kebiasaan Membaca (reading habit) merupakan salah satu kegiatan individu yang terkait dengan motivasi dan keingintahuan tentang sesuatu atau informasi yang dibutuhkan dan berguna yang berasal dari masing-masing individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sumber bacaan online yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam hal ini dapat membantu membangun reading habit mahasiswa Universitas Islam Riau. Disamping menyajikan banyak sumber bahan bacaan yang dapat diakses oleh siswa di mana saja, sumber bacaan online juga dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar di mana pun mereka berada. Penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, reading log dan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil analisis data dari ketiga instrument pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sumber bacaan online dalam proses pembelajaran telah mengubah kebiasaan membaca (reading habit) mahasiswa dari budaya membaca konvensional menjadi budaya yang telah mengintegrasikan teknologi baru kedalam proses pembelajaran membaca. Hal ini dibuktikan oleh data yang menyatakan 75% mahasiswa sudah memiliki kebiasaan membaca. Jika dibandingkan dengan kebiasaan membaca mahasiswa sebelum menggunakan sumber bacaan online, terjadi peningkatan yang signifikan, yang mana 87% mahasiswa masih memiliki kebiasaan baca rendah. Disamping itu, sumber bacaan online juga memberikan perubahan positif bagi mahasiswa yang memiliki motivasi rendah dalam membaca menjadi aktivitas membaca yang menyenangkan.
MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU SESUAI TUNTUTAN REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA Arief Rahman Yusuf; Amat Mukhadis
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1613

Abstract

Pengembangan model profesionalitas guru kejuruan harus sejalan dengan peran dan kompetensi guru kejuruan saat ini dan yang akan datang, karena peran dan kompetensi guru kejuruan yang akan datang memiliki peran dengan tantangan yang sangat kompleks, sehingga guru kejuruan harus siap menghadapi tuntutan dan tantangan tersebut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Upaya peningkatan kinerja, kompetensi dan profesionalitas guru kejuruan serta kualitas lulusan merupakan tantangan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memenuhi dan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan permintaan pasar kerja. Oleh karena itu, pengetahuan, keahlian, keterampilan, kompetensi dan profesionalitas guru kejuruan menjadi sangat penting dalam turut andil melahirkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan yang berkualitas. Strategi yang ditawarkan untuk Guru kejuruan dalam menjalani profesionalitasnya hendaknya menerapkan 4 ON dalam tugas yang diembannya. 4 ON ini adalah Visi-ON, Acti-ON, Passi-ON, Collaborati-ON. Program pengembangan profesional guru kejuruan diharapkan dapat diterapkan di seluruh sekolah dengan diujicobakan pada guru SMK. program pengembangan ini bisa dipetakan guru yang layak disebut profesional sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
MODEL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI Rubhan Maskur; Supriyadi Supriyadi; Eka Betty Mutiara
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1627

Abstract

Problem dasar yang sering muncul dalam pembelajaran biologi di sekolah adalah metode belajar yang didominasi ceramah. Metode tersebut tidak keliru, namun jika posisinya terlalu dominan dalam pembelajaran berpotensi mendisfungsikan berbagai keterampilan yang seharusnya bisa dikembangkan pada diri siswa. Di samping itu, pembelajaran yang didominasi ceramah, tentu, beseberangan dengan arah pembelajaran biologi yang menekankan pada pengembangan keaktifan dan keterampilan peserta didik. Berangkat dari maslah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis guided inquiri laboratory pada pembelajaran bologi. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R and D). Prosedur penelitian meliputi 7 langkah dari 10 langkah yang dekembangkan Borg and Gall: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk. Pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan kuisioner. Hasil penelitian berupa LKPD berbasis guided inquiri laboratory pada pembelajaran biologi. Adapun kelayakan LKPD yang dikembangkan mengacu hasil validasi ahli materi sebesar 91,76%; ahli pembelajaran 90,4%; ahli evaluasi 84%; ahli media 91%. Maka dapat disimpulkan LKPD berbasis guided inquiry laboratory yang dikembangkan sangat layak. Berkaitan dengan analisis respon guru dan peserta didik diperoleh persentase tanggapan guru sebesar 100%; respon peserta sebesar 86%. Artinya, LKPD yang dikembangkan sangat layak menurut guru dan peserta didik.
DEVELOPING BARCORIOUS BASED ANDROID APPLICATION TOWARD EYLS’ ENGLISH VOCABULARY MASTERY: FOCUS ON DESIGN Arimuliani Ahmad; Muhammad Ilyas
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i2.1625

Abstract

It is a big challenge for educator especially for elementary level to stimulate young students to learn English joyful. Vocabulary mastery is the basic concern to be enhanced as spoken an also written. But, the phenomenon is most of students have lack of motivation to learn especially English subject. Many factors influence it which comes from students’ side or teachers’ side such as conventional teaching method and media. As teacher and also scientist, we are called to give contribution to education field to develop an appropriate teaching media for millennial era as now. It is Barcorious Android Application (BAA) which provides audio and visual content which facilitated students’ curious and learning by doing method. There were six stages have been passed to develop this BAA such as need analysis stage, design stage, implementation stage, coding stage, testing stage and packaging stage.

Page 1 of 1 | Total Record : 10