cover
Contact Name
Husni Fuaddi
Contact Email
husni.fuaddi86@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
husni.fuaddi86@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Al-Amwal
Published by STEI Iqra Annisa
ISSN : 2303064X     EISSN : 26230771     DOI : -
Jurnal "AL-AMWAL" terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018" : 7 Documents clear
PELAKSANAAN JUAL BELI SALAM (PESANAN) DALAM PRESPEKTIF IMAM AN-NAWAWI (KAJIAN TERHADAP KITAB RAUDHATUT THALIBIN) DIMSAH, AHMAD; FUADDI, HUSNI
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.626 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriktif dan analitik, yaitu mendeskrifsikan pemikiran Imam Nawawi jual beli salam. Memahami pandangan Imam Nawawi, dan menganalisis gagasannya tentang jual beli salam secara sistematis dan objektif. Lokasi penelitian di wear moslem Abdul Rahman. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui obsrvasi dan wawancara ke wear moslem Adul Rahman dan studi kepustakaan baik berupa buku-buku, dokumen-dokumen dan sebagainya untuk mendukung kesempurnaan dan kelengkapan data atau bahan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pelaksanaan akad salam dalam Wear Moslem Abdul Rahman yang didasarkan dengan pemikiran Imam Nawawi. Akad salam yang dilaksanakan di Wear Moslem Abdul Rahman adalah akad salam dimana barang yang disebut sifatnya didalam tanggungan yang ditempokan dengan harga yang kontan di dalam  majelis akad. Dengan rukun salam Muslam atau pembeli, Muslam ilaih atau penjual, modal atau uang, Muslam fiih atau barang, Sighat atau ucapan.
PENGARUH BRAND DAN PENENTUAN TARGET TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN PRODUK ZOYA FASHION DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM IZZA, HAYATUL; IRWAN, YUDI
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.557 KB)

Abstract

Merek adalah  nama, istilah, tanda, symbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing. Targeting yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Setelah melakukan segmentasi pasar, perusahaan dapat menetapkan sasaran pasar yang akan dilayani (Target market). Perusahaan harus mengevaluasi setiap segmen untuk menentukan daya tarik dan peluan segmen tersebut yang cocok dengan kapabilitas dan sumber daya perusahaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji dan membuktikan apakah Brand dan Penentuan Target mempengaruhi Peningkatan Omset Penjualan Produk Zoya Fashion Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Kecamatan Kuantan Tengah. Jenis penelitian ini memakai metode kuantitatif. Populasi disini adalah Pemilik, karyawan, dan pembeli/konsumen Zoya Fashion Teluk Kuantan dengan jumlah responden 44 responden, penggunaan responden dengan menggunakan teknik total sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisa data dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji regresi berganda, uji signifikan simultan, koefisien determinasi, hipotesis. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 6.273E-15 + 1.000X1 + 1.000X2 + 1000X3, bahwa brand memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan omset penjualan produk Zoya Fashion Teluk Kuantan. Dan Targeting Zoya Fashion yaitu Mahasiswa dengan persentase 40,9%.
ANALISIS MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK TAKAFUL LINK SALAM CENDEKIA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA KANTOR CABANG LANCANG KUNING AGENCY PEKANBARU ROZA, ADHITYA; MUNTHE, MARABONA
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.145 KB)

Abstract

Asuransi Takaful Keluarga sebagai pelopor asuransi syariah Indonesia memiliki perkembangan yang cukup pesat dari para pesaingnya. Market share Asuransi Syariah selalu menjadi motor penggerak dunia perasuransian Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Takaful Link Salam Cendekia pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Cabang Lancang Kuning Agency Pekabaru. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan kuesioner kepada nasabah produk Link Salam Cendekia pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Cabang Lancang Kuning Agency Pekanbaru dengan populasi sebanyak 56 orang dan sampel sebanyak 40 orang /responden. Dalam metode penentuan sampel ini, penulis menggunakan metode purposive sampling. Untuk menganalisis penelitian, selanjutnya penulis menggunakan alat analisis yaitu analisis faktor dengan bantuan analisis program SPSS versi 16 dan program LISREL versi 9.2 for student. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor budaya dan sosial. Hasil penelitian ini adalah faktor yang dominan mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Takaful Link Salam Cendekia pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Cabang Lancang Kuning Agency yaitu faktor sosial yang terdiri dari kelompok acuan, keluarga, peran dan status, pribadi dan psikologi sedangkan faktor budaya tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah.
HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN AGAMA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA IBU RUMAH TANGGA DI PEKANBARU HAYANI, NURRAHMI
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.454 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pemahaman agama Islam dengan  perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 orang. Analisis dan pengolahan data hasil penyebaran kuesioner menggunakan SPSS 17.0 for Windows. Analisis yang dilakukan adalah uji validitas, realibilitas, normalitas dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman agama berhubungan secara negatif  dengan perilaku konsumtif sebesar ? 0,306 (r = -0,306). Hubungan antara tingkat pemahaman agama dan perilaku konsumtif pada ibu rumahtangga di kelurahan simpang baru Panam Pekanbaru tersebut digolongkan cukup (moderat) namun tidak signifikan.
PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT DALAM BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS MAHASISWA STEI IQRA ANNISA) YULIANI, YULIANI; TRIANTO, BUDI; WINARIO, MOHD
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.94 KB)

Abstract

STEI Iqra Annisa Pekanbaru yang memberikan bekal pengetahuan kewirausahaan melalui mata kuliah entrepreneurship, dan Study Kelayakan Bisnis dengan konsep atau teori sesuai dengan syariat islam. Permasalahan yang dikaji daLam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Seberapa besar pengaruh variabel Pengetahuan Kewirausahaan dan Motivasi terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Stei Iqra Annisa Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui variabel yang lebih berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 30 mahasiswa STEI Iqra Annisa Pekanbaru. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan studi pustkaka. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan (X), motivasi (Y) dan minat (Z). Metode analisis data yang digunakan adalah analisa jalur menggunakan SPSS for Windows 21.0. Pengujian prasyarat analisa meliputi uji normalias, linieritas dan distribusi tabelt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Variabel yang paling berpengaruh terhadap minat berwirausaha adalah motivasi dengan sign. 0,000 dan nilai t hitung 4,365>t tabel 2,0484.
INOVASI PRODUK RAHN TASJILY LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (STUDI KASUS PADA KOPERASI BMT ISLAM ABDURRAB DI PEKANBARU) CHANDRA, ADE
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.027 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan inovasi produk Rahn Tasjily Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) fokus pada Koperasi BMT Islam Abdurrab di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Sistem pengumpulan data adalah dari utama dengan wawancara dan diskusi. Sementara, tambahan data adalah dari laporan tahunan, buku, jurnal dan literatur lainnya. Data di analisa dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa inovasi produk Rahn Tasjily dari Koperasi BMT Islam Abdurrab di Pekanbaruberdasarkan kebutuhan anggota, sejalan dengan regulasi Dewan Syariah Nasional (DSN), pengetahuan Dewan Pengawas Syariah (DPS), pemahaman dari manajemen LKMS dan modifikasi dari praktik LKS lain
UPAYA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT HASIL PERDAGANGAN KANALAKUM, BIMA; EDWARD, YURNAL
Al-Amwal Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 2, Desember 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.337 KB)

Abstract

Zakat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Zakat juga harus mempertimbangkan kebutuhan riil penerima zakat, kemampuannya dalam memanfaatkan dana zakat untuk peningkatan kesejahteraan dan pembebasan diri dari kemiskinan. Agar penerimaan zakat di baznas Kabupaten Kuantan Singingi semakin meningkat maka sangatlah diharapkan pengelola dan pengurus baznas Kabupaten Kuantan Singingi berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untukmembayar zakat kepada baznas Kabupaten Kuantan Singingi sehingga tercapai apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bagaimana upaya Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi dalam meningkatkan pengumpulan zakat hasil perdagangan dan untuk mengetahuai apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi dalam upaya meningkatkan pengumpulan zakat hasil perdagangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Jenis dan sumber data adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, Wawancara dan Studi Kepustakaan. Hasil penelitian yaitu Bentuk upaya yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi dalam meningkatkan pengumpulan zakat bersifat himbauan, penyuluhan, serta sosialisasi tata cara pembayaran zakat agar memudahkan muzakki dalam membayarkan zakat dengan mengoptimalkan beberapa media seperti brosur, spanduk dan di medsos yang berisikan tentang informasi zakat dan serta melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam menghimpun dana zakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7