cover
Contact Name
Fendi Aji Purnomo
Contact Email
fendi_aji@mipa.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ijai@mipa.uns.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Applied Informatics
ISSN : 25483846     EISSN : 25985981     DOI : -
Core Subject : Science,
Indonesian Journal of Applied Informatics publishes articles that are of significance in their respective fields whilst also contributing to the discipline of informatics as a whole and its application. Every incoming manuscript will first be examined by the Editorial Board in accordance with sub-fields of research and attention to elements of conformity with the format and guidelines for writing Indonesian Journal of Applied Informatics. Each manuscript is declared eligible by the editor will be returned to the author (if there are repairs) or can be directly issued (if there is no revision required).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021)" : 6 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Antrian Terkustomisasi Berbasis Android Nanang Maulana Yoeseph; Berliana Kusuma Riasti; Hartatik Hartatik; Eko Harry Pratisto; Fiddin Yusfida A'la
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.56778

Abstract

Abstrak : Sebagian besar pelayanan publik di era ini masih menggunakan sistem konvensional. Yang mana, klien layanan mendapatkan tiket antrean, menunggu, dan dilayani di tempat yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dan memungkinkan orang untuk mengantre dari jarak jauh. Dengan demikian waktu yang awalnya digunakan untuk dihabiskan menunggu, bisa digunakan untuk dihabiskan melakukan sesuatu yang lain lebih berguna.Berdasarkan kondisi yang dikatakan di atas, aplikasi yang menghubungkan agen layanan dengan klien layanan perlu dibuat. Aplikasi ini memanfaatkan internet dan smartphone yang dapat diakses melalui aplikasi Android atau browser web. Pengembangan aplikasi ini menggunakan kerangka kerja Ionic React. Aplikasi ini dirancang dan dibangun menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari pengamatan dan pengumpulan data, analisis, desain sistem, bangunan dan pengujian, kesimpulan dan saran.Dari desain dan bangunan yang telah dilakukan, dibuat aplikasi yang memiliki ftur dasar untuk antrean online. Aplikasi ini dapat dijalankan di browser web dan perangkat Android dengan sistem operasi minimum Android 4.4 KitKat.Abstract : Most public services in this era still use conventional systems. Which is, service clients get queue tickets, wait, and be served in the same place. This research aims to ease and enable people to queue remotely. Thus the time that is originally used to be spent waiting, could be used to be spent doing something else more useful. Based on the conditions said above, an application that connects service agencies with service clients needs to be made. This application utilizes the internet and smartphone which can be accessed through Android application or web browser. The development of this application uses the Ionic React framework. This app is designed and built using the Waterfall method consisting of observation and data collection, analysis, system design, building and testing, conclusion and suggestion.
Implementation of the Lokananta Records Surakarta Virtual Museum as a Promotional and Educational Media Taufiqurrakhman Nur Hidayat
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.57963

Abstract

Abstract : A museum is a non-profit institution tin the service of society and its development, open to the public, which acquires, conserves, researches, communicates and exhibits both tangible and intangible heritage of humanity and its environment for the purposes of education, study and enjoyment. A virtual museum is a digital entity that refers to the characteristics of a museum, in order to enhance or add to the experience of a museum through interactivity, richness of content and personalization. The creation of a virtual museum from the Lokananta Records Surakarta museum is needed as an effort to improve and add to the experience of the Lokananta Records Surakarta museum. The Lokananta Records Surakarta virtual museum application has been successfully developed as a virtual museum with the feature of being able to explore the virtual museum, interact with 3-dimensional objects in it such as vinyl record, cassette tape, videotape, compact disc and the Lokananta Records Surakarta Production Process Tool Collection.Abstrak : Museum adalah lembaga nirlaba yang melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, yang memperoleh, melestarikan, meneliti, mengkomunikasikan, dan memamerkan warisan manusia dan lingkungannya baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud untuk tujuan pendidikan, studi, pendidikan dan hiburan. Museum virtual adalah entitas digital yang mengacu pada karakteristik museum, untuk meningkatkan atau menambah pengalaman museum melalui interaktivitas, kekayaan konten, dan personalisasi. Pembuatan virtual museum dari museum Lokananta Records Surakarta diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan dan menambah pengalaman museum Lokananta Records Surakarta.Penelitian ini berfokus pada pengembangan museum virtual untuk merepresentasikan Lokananta Records Surakarta. Desain aplikasi mengikuti siklus hidup pengembangan multimedia.Aplikasi museum virtual Lokananta Records Surakarta telah berhasil dikembangkan sebagai museum virtual dengan fitur dapat menjelajahi museum virtual, berinteraksi dengan objek 3 dimensi di dalamnya seperti piringan hitam, kaset, kaset video, compact disc dan Lokananta Mencatat Koleksi Alat Proses Produksi Surakarta.
Klasifikasi Minat Korban Banjir terhadap Pembelian Produk Asuransi Dampak Banjir Menggunakan Software Orange (Studi Kasus: Kota Jakarta Timur) Ira Rosianal Hikmah; Yulial Hikmah
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.55621

Abstract

Hampir semua kota di Indonesia mengalami banjir setiap tahun, termasuk DKI Jakarta. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2020, Kota Jakarta Timur merupakan kota yang rawan banjir. Banjir merupakan bencana yang relatif paling banyak menimbulkan kerugian. Kerugian yang diakibatkan oleh banjir, terutama kerugian tidak langsung, dapat menempati urutan pertama atau kedua setelah gempa bumi atau tsunami. Menurut BNPB, Kota Jakarta Timur terkena dampak banjir terparah saat bencana banjir awal tahun 2020. Oleh karena itu, perlu adanya upaya mitigasi bencana untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya risiko banjir. Salah satu mitigasi risiko akibat bencana banjir adalah dengan membeli produk asuransi dampak banjir sebagai upaya pemidahan risiko yang mungkin akan terjadi. Namun, tidak semua orang membeli produk asuransi dampak banjir karena faktor ekonomi dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan prediksi terhadap minat penduduk Kota Jakarta Timur terutama yang mengalami banjir terhadap pembelian produk asuransi dampak banjir. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan algoritma supervised learning dengan tujuh pilihan model dan diperoleh tiga model yang dapat direkomendasikan adalah model Random Forest, Naive Bayes, dan SVM yang diperoleh berdasarkan kriteria evaluasi yaitu waktu yang dibutuhkan untuk training dan testing, tingkat akurasi, dan presisi, serta kurva ROC. Almost all cities in Indonesia experience flooding every year, including DKI Jakarta. Based on data from the National Disaster Management Agency (BNPB) in 2020, East Jakarta City is a city that is prone to flooding. Flooding is a disaster that relatively causes the most losses. Losses caused by floods, especially indirect losses, can rank first or second after an earthquake or tsunami. According to BNPB, East Jakarta City was worst affected by flooding during the early 2020 flood disaster. Therefore, disaster mitigation efforts are needed to minimize the possibility of flood risk. One of the risk mitigations due to floods is to buy flood impact insurance products to transfer risks that may occur. However, not everyone buys flood impact insurance products due to economic and social factors. This study aims to predict the interest of residents of East Jakarta City, especially those who experience flooding, to purchase flood impact insurance products. Therefore, this study used a supervised learning algorithm with seven model choices and obtained three models that can be recommended, namely the Random Forest, Naive Bayes, and SVM models obtained based on the evaluation criteria, namely the time required for training and testing, the level of accuracy, and precision, as well as the ROC curve.
Designing a Mobile Application for Financial Management using Mudarabah and Murabahah Contracts based on Clustering Method Ovide Decroly Wisnu Ardhi
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.55635

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengelolaan keuangan perusahaan yang menggunakan akad mudharabah dan murabahah yang memerlukan pengelolaan yang baik karena informasi asimetris yang menyebabkan masalah adverse selection. Analisis klaster dapat mengkategorikan perusahaan berdasarkan penyajian data keuangan mereka, dan aplikasi seluler dapat membuat manajemen keuangan lebih mudah diakses dan lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile akad mudarabah dan murabahah berdasarkan metode clustering untuk menjawab tantangan pengelolaan keuangan. Proses perancangan aplikasi mobile akan mengutamakan kebutuhan pengguna dengan menggunakan pendekatan prototyping. Hasil pengujian fungsionalitas berhasil melakukan proses registrasi, aktivasi keanggotaan, dan penyimpanan data member. Selain itu, sistem dapat menyimpan dan memverifikasi data penyerahan Mudarabah yang dimasukkan melalui formulir penyerahan Mudarabah.This research focuses on the financial management of companies that use mudarabah and murabahah contracts which require good management because of asymmetric information, which causes adverse selection problems. Cluster analysis can categorize companies based on the presentation of their financial data, and mobile applications can make financial management more accessible and faster. This study aims to design a mobile application for mudarabah and murabahah contracts based on the clustering method to address financial management challenges. The mobile application design process will prioritize user needs using a prototyping approach. The functionality test results successfully carry out the registration process, activate membership, and save member data. In addition, the system can store and verify Mudarabah submission data entered through the Mudarabah submission form.
Analisis Perancangan Sistem Informasi Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Mardiansyah Mardiansyah
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.55945

Abstract

Abstrak :Artikel ini membahas mengenai permasalahan proses produksi dan pengelolaan persediaan bahan baku yang terjadi pada UMKM Sunny Furniture terjadi karena saat ini UMKM masih melaksanakan pengelolaan usaha dengan menggunakan sistem yang serba manual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah sistem informasi Enterprise Resources Planning (ERP) menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan memakai open source Odoo. Sistem informasi yang dibuat saling terintegrasi antara modul sales, inventory, purchasing dan accounting. Metode RAD harus melalui empat tahap yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengujian dan implementasi. Untuk proses analisis kebutuhan sudah dilakukan dengan menggunakan gap analysis dan analisis kebutuhan fungsional, untuk proses perancangan telah dilaksanakan dengan menggunakan use case diagram sehingga didapatkan hasil perancangan sistem informasi berbasis website yang terintegrasi antara penjualan, inventory, purchasing dan akuntansi. Proses pengujian sistem juga sudah dilakukan dengan menggunakan data real yang diberikan oleh perusahaan, proses pengujian sistem dibagi menjadi dua bagian dimana bagian pertama adalah sistem terintegrasi untuk pembeli dan bagian kedua adalah sistem terintegrasi untuk vendor. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data yang diolah dapat terintegrasi dengan baik dalam sistem.Abstract : This article discusses the problems of the production process and management of raw material inventory that occur in MSME Sunny Furniture because currently MSMEs are still carrying out business management using a completely manual system. To overcome these problems, an Enterprise Resources Planning (ERP) information system was created using the Rapid Application Development (RAD) method and using open source Odoo. The information system created is mutually integrated between sales, inventory, purchasing and accounting modules. The RAD method must go through four stages, namely needs analysis, design, testing and implementation. The needs analysis process has been carried out using gap analysis and functional requirements analysis, for the design process has been carried out using use case diagrams so that the results of the website-based information system design are integrated between sales, inventory, purchasing and accounting. The system testing process has also been carried out using real data provided by the company, the system testing process is divided into two parts where the first part is an integrated system for buyers and the second part is an integrated system for vendors. The test results show that the processed data can be well integrated in the system. 
Rekayasa Kebutuhan Teknologi Informasi Tepat Guna Menggunakan Teknik Elisitasi I*Frame dan Joint Application Design untuk Aplikasi Cosco pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol di Era Industri 4.0 Darmawan lahru riatma
IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics) Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/ijai.v6i1.55948

Abstract

Abstrak : COSCO (cost control), merupakan sebuah aplikasi yang di implementasikan untuk membantu mendigitalisasi semua proses kontrol pekerjaan dan pengendalian keuangan jalan tol secara jarak jauh. Dalam pengembangan aplikasi, analisa kebutuhan merupakan tahap penentu sukses atau tidaknya sebuah aplikasi. Maka dari itu, dalam menganalisa kebutuhan COSCO menggunakan metode pendekatan I*Frame dan Joint Application Design (JAD) agar seluruh kebutuhan dan bisnis proses dari user dapat dipetakan dan terdokumentasi secara spesifik sesuai kebutuhan user. Melalui teknik I*Frame peneliti dapat mengidentifikasi sedini mungkin key stakeholder yang terlibat dan berpengaruh terhadap keputusan-keputusan pengembangan aplikasi COSCO mulai dari pimpinan hingga staff. Serta melalui metode JAD peneliti dapat mengidentifikasi tujuh dokumen hasil analisa kebutuhan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan system. Dokumen tersebut diantaranya adalah Role Peran Pengguna, Flow Diagram, Kebutuhan Fungsional, Kebutuhan Non fungsional, Entity Relationship Diagram, Tampilan Antar Muka Sistem, Kebutuhan Adaptive SistemAbstract : COSCO (cost control), is an application that has been implemented to help digitize all processes of work control and financial control of toll roads remotely. In application development, requirements analysis is a critical step in determining the success or failure of an application. Therefore, in analyzing the needs of COSCO using the I*Frame approach and Joint Application Design (JAD) so that all user needs and business processes can be mapped and specifically documented according to user needs. Researchers can use the I*Frame technique to identify key stakeholders, from leadership to staff, who are involved in and influence COSCO application development decisions as early as possible. And through the JAD method, researchers can identify seven documents resulting from the needs analysis following the system requirements specifications. These documents include Role Users, Flow Diagrams, Functional Requirements, Non-Functional Requirements, Entity Relationship Diagrams, User Interface and Adaptive System Requirements.

Page 1 of 1 | Total Record : 6