cover
Contact Name
Bima Agus Setyawan
Contact Email
lppm@umn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ultimart@umn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
ISSN : 19790716     EISSN : 26158124     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Theories, methods, and implementations of new media technology. Topics include, but not limited to: 1. Digital technology for a creative industry 2. Development of Art and Design in Industry 3. Innovation and Creative Visual Experiment for Art and Design 4. Fine arts and performing arts
Arjuna Subject : -
Articles 174 Documents
Penggunaan Software “Native Instrument Kontakt” Pada Scoring Film Adhitya Indrayuana
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 1 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1584.144 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i1.363

Abstract

Native Instrument Kontakt adalah software simulasi instrument atau sound effect yang biasa digunakan dalam menciptakan bunyi-bunyian , music dan scoring film . Suara pada software ini relative real seperti suara aslinya karena proses capturing-nya menggunakan instrument asli (analog) yang sudah ada . Target penggunanya adalah Composer & Sound Designer yang ingin bekerja cepat dan mendapat- kan hasil yang maksimal. Selain itu software ini sangat membantu ketika film yang akan di garap musiknya merupakan film low budget. Key words : simulasi , capturing instrument , software , composing , real audio , sequencer , midi.
Kajian Elemen-Elemen Visual Dalam Penceritaan Kisah Penciptaan Dunia Menurut Agama Katolik Yang Menarik Untuk Anak Usia 6-11 Tahun Agatha Maisie Tjandra
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 1 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.062 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i1.364

Abstract

In Catholic Religion, Bible is the most important element to convey people about Jesus teachings. But, there problem is, Bible can’t be easily read by children. This problem happens because Bible is presented by words only. In the other hand, most of kids love to see picture than words because it is more inter-esting. The purpose of this paper is to know what kind of book elements that at-tract kids, so they feel interested to read Bible. The metodology used on this re-search is descriptive quantitative research. Key words : Element, Bible, Pop-Up
Posisi Karya Rupa Pada Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas Dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia Fransisca Retno Setyowati Rahardjo
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 1 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1679.224 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i1.365

Abstract

Sejak tahun 2003 surat kabar KOMPAS telah berinisiatif untuk merangsang dunia kreatif melalui karya-karya rupa yang menyertai dan tampil bersama dengan cerita pendek di setiap edisi mingguannya. Karya-karya rupa tersebut diberi label “Ilustrasi Cerpen KOMPAS” walaupun terdapat karya yang justru tidak mengilustrasikan atau memberi gambaran yang sesuai dengan cerpen yang didampinginya. Sudah ratusan perupa dari berbagai daerah diundang supaya turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak dari perupa perupa tersebut adalah seniman kontemporer Indonesia, oleh karena itu tak dinyana lagi bila karya yang muncul bukannya menjangkarkan makna si cerita pendek, justru sang seniman sepertinya sengaja membenturkan konsep ide cerita tersebut menjadi karya rupa yang benar-benar berbeda intepretasinya. Namun tak hanya „membenturkan, adapula yang „memadukan, „mendialogkan, „me-intepretasikan ulang, dan semua hal itu sah-sah saja dilakukan dalam parade perayaan karya seni rupa ini. Para seniman kontemporer yang diundang oleh sebagian adalah seniman kenamaan yang cukup dikenal oleh medan seni rupa lokal bahkan dunia. Sebut saja pada karya ilustrasi cerpen Kompas tahun 2011, muncul nama-nama seperti Ade Darmawan, Bob „Sick Yudhita Agung, Eko Nugroho, Hanafi, Indra ameng, Jeihan Sukmantoro, dan masih banyak lagi. Mereka semua umumnya adalah seniman muda yang identik dengan sebutan seniman kontemporer sampai seniman senior yang berangkat dan mulai di kenal pada masa perkembangan seni rupa modern Indonesia. Sehingga jelas dan tidak diragukan lagi mengenai kedalaman pemahaman, konsistensi dan perhatian mereka pada dunia seni rupa Indonesia dan medan seninya. Key words : ilustrasi, intepretasi, kontemporer
Kajian Visual Karakter Dalam Buku Cerita Rakyat Joni Nur Budi Kawulur
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 1 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.721 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i1.366

Abstract

Visual Karakter merupakan cerminan awal dari pengenalan suatu karakter yang meliputi komponen warna, gaya visual, dan meliputi penampilan fisik dari suatu karakter secara keseluruhan. Dewasa ini karakter menjadi salah satu komponen yang penting dalam menceritakan sebuah cerita rakyat, karena dorongan ketertarikan inilah penulis untuk mengkaji visual karakter dalam buku cerita rakyat Timun Emas. Key words : Visual Karakter, Cerita Rakyat, Timun Emas, Warna, Gaya Visual
Perancangan Tokoh Pada Film 3D Animasi Pendek Storiette D’UN Diamant Yohanes Merci Widiastomo
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 6 No 1 (2013): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.316 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v6i1.369

Abstract

Dalam sebuah film animasi, desain tokoh merupakan salah satu yang penting.Desain tokoh dapat menjembatani antara imajinasi penonton dengan keinginan seorang pembuat film. Pada Tugas Akhir yang berjudul “Perancangan Tokoh pada Film Animasi 3D Storiette d’un Diamant” akan menjabarkan proses bagaimana menemukan tokoh yang sesuai untuk sebuah film animasi 3D. Desain tokoh yang akan dibahas pada laporan ini adalah mengenai tahapan dalam mendesain sebuah tokoh dari awal hingga menjadi sebuah model 3D serta kendala yang dihadapi dan solusinya. Key words :3D, Animasi, tokoh, penokohan,
Penggunaan Unsur Aksara Nusantara Pada Huruf Modern Erwin Alfian
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 1 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.975 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i1.370

Abstract

Huruf modern lahir karena kebutuhan akan gaya hidup dan perkembangan teknologi media. Penggunaan unsur budaya seperti Aksara Nusantara telah banyak menjadi inspirasi berbagai karya desain, termasuk Tipografi. Diperlukan beberapa adaptasi bentuk untuk dapat diselaraskan dengan tampilan huruf modern agar tetap menarik. Penggunaan prinsip Readibility, Clarity dan Legibility dibutuhkan sebagai dasar perancangan agar huruf yang dirancang dapat berfungsi sebagai penyampai pesan. Key words : Aksara Nusantara, Huruf, Modern.
Fethisism Pada Psiko Behavioral Cosplayer Di Indonesia Gideon Kamang Frederick
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 1 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.519 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i1.372

Abstract

Dalam fenomena cosplaying, ditemukan fenomena psikobehavioral yang aneh. Dimana pengguna kostum memperlihatkan perubahan perilaku yang signifikan. Perubahan perilaku ini terkadang derajatnya bisa sangat kecil dan meya- kinkan, hingga yang besar dan terbawa ke kehidupan sehari-hari di luar aktifitas cosplaying. Perubahan ini disinyalir hanya sementara, sebagai bagian dari stage act. Namun, ternyata, perubahan psikobehavioral temporal ini dapat bermanfaat secara positif bagi cosplayer, yang sifatnya rehabilitatif, dan kuratif. Hal ini merupakan salah satu efek yang kebanyakan tidak disadari oleh cosplayer yang pada umumnya memiliki stigma sosial negatif di masyarakat, hingga fakta bahwa banyak cosplayer yang memiliki disfungsi sosial. Key words : Cosplaying, perubahan perilaku, fetishism.
Pendidikan Pembuatan Film Pada Remaja Yang Berusia 16-18 Tahun Kus Sudarsono
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 1 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1316.007 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i1.373

Abstract

Perkembangan teknologi membuat pembuatan film menjadi lebih murah dan mudah diakses oleh semua kalangan, bukan lagi terbatas pada para profesional saja. Industri film menawarkan kesempatan kerja yang luas, dari kritikus sampai dengan produser. Pendidikan film formal bagi remaja berusia 16-18 tahun yang sedang menjalani Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan, masih terbatas pada sekolah kejuruan broadcasting, selebihnya merupakan kegiatan ekstrakurikuler dan metode otodidak. Melalui metode kualitatif wawancara, penulis akan melakukan analisis efek dari penerapan pendidikan film pada remaja pada umumnya. Key words : Pendidikan Film, Karir, Remaja, Industri Film.
Psikologi Kognitif Dalam Proses Kreatif Maria Elena Puspasari
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 1 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.718 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i1.374

Abstract

Psikologi kognitif merupakan salah satu kajian dalam psikologi yang mempelajari tentang persepsi, pemahaman, alur pikiran dan proses pemecahan masalah. Psikologi kognitif sering digunakan hanya dalam pembentukan persepsi karya desain tanpa menggunakannya dalam proses pembuatan karya. Dalam Desain Komunikasi Visual (DKV), proses kreatif lekat dengan proses pemaknaan dan penyampaian pesan kepada audience. Perlunya pemahaman desainer mengenai peranan psikologi kognitif dan proses kreatif dalam pembuatan karya. Dengan demikian tujuan dari perancangan desain bukan hanya penyampaian pesan dan pemaknaan karya semata, melainkan adanya perubahan perilaku audience sebagai wujud keberhasilan suatu proses kreatif. Keywords : psikologi, kognitif, desain
Strategi Komunikasi Visual Dalam Kegiatan Berbagi Kenangan Pada Masyarakat Digital Mega Iranti Kusumawardhani
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 1 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.872 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i1.375

Abstract

Platform digital sosial media memungkinkan manusia untuk dapat me- rekam dan menyimpan bit kenangan yang hampir tak terbatas di dalamnya. Tidak hanya itu, bit kenangan dalam platform digital dapat terkoneksi dengan sesama pengguna, sehingga memudahkan manusia untuk melakukan kegiatan berbagi kenangan. Kemudahankemudahan ini menyebabkan perlakuan manusia terhadap kenangan menjadi sangat berbeda. Apabila sebelumnya manusia sibuk mengembangkan strategi mengabadikan kenangan karena keterbatasan memorinya, kini manusia sibuk mengembangkan strategi untuk dapat mencerna sesingkat mungkin bit kenangan dalam jumlah besar dan terkoneksi satu sama lain. Penggunaan komunikasi visual menjadi salah satu strategi manusia untuk dapat memaksimalkan aksesnya ke bit kenangan yang terkoneksi pada dunia digital. Facebook, Snapchat dan Path merupakan salah satu media sosial yang cukup populer, di mana masyarakat bisa melakukan kegiatan berbagi kenangan; menyimpan dan mengkoneksikan bit kenangan miliknya dengan bit kenangan pengguna lain. Tulisan ini bertujuan untuk menelusuri jejak-jejak komunikasi visual dari kenangan yang terkoneksi pada platform digital populer yang digunakan masyarakat digital. Kata kunci: kenangan, memori, platform digital, sosial media

Page 1 of 18 | Total Record : 174