cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
hilda.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
jurnal.deiksis@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Deiksis
Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and literature education focused on Language Learning and Indonesian Literature, Class Action Research (CAR) of the teaching of Language and Indonesian Literature, Indonesian Linguistics and Literature, Linguistic and Literary analysis as well as related topics. All articles are peer-reviewed by at least two peer-reviewers. Deiksis is managed to be issued twice in every volume. The scope of Deiksis is Indonesian Language and Literature Learning Model, Assessment and Evaluation of Teaching Indonesian Language and Literature, discourse analysis, pragmatics, anthropolinguistics, language and culture, dialectology, language documentation, cognitive linguistics, language education, translation, language planning, psycholinguistics, sociolinguistics and other scientific fields related to language studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 02 (2020): Deiksis" : 10 Documents clear
Aspek Reduplikasi dalam Novel Rara Mendut Karya Y.B. Mangunwijaya Ila Nafilah; Yulia Agustin; Dorra Farhan
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.24 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.5602

Abstract

Objek morfologi adalah hal-hal yang berhubungan dengan bentuk kata atau struktur kata dalam bahasa. Dalam kajian morfologi, terdapat adanya jenis-jenis proses morfologis, salah satunya berkaitan dengan proses reduplikasi (bentuk ulang). Kata ulang atau reduplikasi adalah proses pengulangan satuan gramatik, baik seluruhnya atau sebagian, baik dengan variasi fonem maupun tidak. Reduplikasi atau perulangan adalah proses pengulangan kata atau unsur kata. Reduplikasi juga merupakan proses penurunan kata dengan perulangan utuh maupun sebagian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif tidak menggunakan perhitungan, maksudnya data yang akan dianalisis tidak berbentuk angka-angka. Berkaitan dengan hal itu, maka sumber data dalam penelitian ini adalah data yang berupa dokumen, yakni novel Rara Mendut Karya Y.B. Mangunwijaya. Data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan berupa kata, frasa, kalimat, atau wacana yang berkaitan dengan aspek reduplikasi seperti reduplikasi utuh atau murni, reduplikasi berubah bunyi, reduplikasi sebagian, dan reduplikasi berimbuhan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai aspek reduplikasi, seperti reduplikasi utuh atau murni, reduplikasi berubah bunyi, reduplikasi sebagian, dan reduplikasi berimbuhan dalam novel Rara Mendut karya Y.B. Mangunwijaya. Kata Kunci: morfologi, reduplikasi, dan aspek reduplikasi.
Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadya Nofa Putri; Silva Kastari; Syahrul Ramadhan
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.235 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.3797

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia. Berdasarkan tujuan tersebut, maka metode yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia. Konflik batin tersebut adalah id, ego, dan super ego. Konflik batin id yang dialami tokoh utama terjadi pada saat Asma membatalkan pernikahannya dengan Dewa karena Dewa telah mengkhianatinya. Konflik batin ego yang dialami tokoh utama terjadi pada saat Asma sakit dan tidak mau lagi melanjutkan hubungannya dengan Zhongwen. Konflik batin super ego yang dialami tokoh utama terjadi pada saat Asma pergi ke Beijing untuk melupakan sakit hatinya kepada Dewa. Kata Kunci: konflik batin, metode deskriptif, tokoh utama.
Resepsi Pembaca terhadap Unsur Pembangun Puisi Afrizal Malna dalam Antologi Puisi Berlin Proposal Deden Fahmi Fadilah; Zuriyati Zuriyati; Herlina Herlina
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.218 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.4686

Abstract

Penelitian ini membahas tentang resepsi atau penerimaan dua puluh orang pembaca dari kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pakuan terhadap unsur pembangun puisi-puisi kontemporer Afrizal Malna dalam antologi puisi Berlin Proposal. Dari antologi puisi tersebut dipilih enam buah puisi yang dianggap mewakili eksplorasi pembangunan puisi yang ada di keseluruhan buku, yaitu Gerbang Para Dewa, Altar Pergamon, Bungkusan Kesunyian, Berlin Proposal, ter1tor1 d1g1tal, dan Paket Kiriman. Penelitian ini fokus terhadap resepsi atau penerimaan para pembaca pada satu kurun waktu terhadap puisi-puisi kontemporer Afrizal Malna dalam antologi puisi Berlin Proposal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh pemahaman tentang penerimaan atau resepsi pembaca terhadap unsur pembangun puisi-puisi kontemporer Afrizal Malna dalam buku antologi puisi Berlin Proposal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori resepsi sinkronik dengan menggunakan metode kualitatif analisis isi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa unsur fisik yang paling banyak diresepsi oleh pembaca dari puisi-puisi tersebut yaitu unsur tipografi sebanyak 68 temuan (49,63%), diksi sebanyak 35 temuan (25,55%), kata konkret sebanyak 19 temuan (13,86%), pengimajian sebanyak 13 temuan (9,5%), dan bahasa figuratif sebanyak 2 temuan (1,46%), sedangkan unsur batin yang paling banyak diresepsi oleh pembaca dari puisi-puisi tersebut yaitu tema sebanyak 50 temuan (44,247%), nada dan suasana sebanyak 26 temuan (23,008%), amanat sebanyak 21 temuan (13,86%), dan perasaan sebanyak 16 temuan (1,46%).Kata Kunci: resepsi pembaca, unsur fisik, unsur batin, puisi kontemporer
Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris Rr. Conny Riana Dewi Murtiningrum; Zainal Rafli; Asti Purbaini
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.486 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.5026

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II  menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan  guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Task-Based Learning, Menulis Surat Bisnis, Bahasa Inggris
Improving Students’ 21st Century Skills Through Creative Writing as A Creative Media Helda Jolanda Pentury; Anastasia Dewi Anggraeni; Dendi Pratama
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.486 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.5184

Abstract

The ability to improve students’ 21st century skills using creative writing is truly one of the most revolutionary developments in modern creative English education. This type of education, however, is not without its challenges, the way of using creative projects as the creative media to improve writing skills experiences showed the students and the teachers as well that to improve ‘21st century skills’ through creative writing is imaginative, and creative way. This study conducted an observation of design students at the University of Indraprasta PGRI Jakarta, especially their projects and literature study. The qualitative method with an integrated creative approach of 4C’s is used to analyze the creative writing elements of students’ creative projects as a creative media. The results of this study are useful to be used as a reference in improving students’ 21st century skills and creative writing skills as well by using those Creative Writing projects as a creative media. Furthermore, the results show most of the students have improved their 4C’s skills which is called 21st century skills, grow their language skills by writing the projects creatively and innovatively. Keywords: 21st century skill, creative writing, media
Penyebab Kesalahan Kohesi Leksikal dan Grmatikal dalam Karangan Eksposisi Siswa Ria Anggari Putri; Miftahulkhairah Anwar; Siti Ansoriyah
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.66 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.4204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan mendeskripsikan penyebab kesalahan berbahasa yang terdapat dalam karangan eksposisi siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan yang dideskripsikan berdasarkan faktor penyebab yang ditemukan dari kesalahan tersebut. Selain itu, beberapa konsep mengenai wacana juga digunakan sebagai landasan teori dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian berupa karangan eksposisi siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa terjadi karena adanya faktor penyebab. Faktor penyebab tersebut meliputi faktor kompetensi dan performansi. Adapun dari segi performansi, faktor yang paling banyak ditemukan yaitu karena kurangnya konsentrasi siswa. Banyak siswa yang merasa sulit berkonsentrasi saat pembelajaran menulis karangan eksposisi dan sulit konsentrasi tersebut sebenarnya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Adapun dari segi faktor kompetensi yaitu kurangnya pengetahuan siswa terhadap kaidah-kaidah di dalam bahasa sehingga siswa menjadi bingung dalam menerapkan kaidah yang benar di dalam karangan eksposisi. Kata Kunci: kesalahan berbahasa, faktor kompetensi, faktor performansi
The Eclectic Approach on One-To-One Teaching Indonesian for Foreigner Hanna Sundari
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.973 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.5917

Abstract

Indonesian has been considerably preferred and extensively taught by many foreigners for various causes and purposes so that its teaching (Indonesian for foreigners or BIPA) has attracted more attention and wide studies in the field of foreign language instruction. One of approaches in language classroom is eclectic approach. This paper tries to describe the implementation of the principles of eclectic approach for one-to-one teaching Indonesian for foreigner. The participants were one Indonesian tutor and one Australian tutee who managed 14 meetings for teaching sessions. Using descriptive qualitative research design, teacher/course notes, worksheets, and learning materials were collected, analyzed, and interpreted. Moreover, open-ended questionnaire was to gather of how the approach was implemented. The findings show that the eclectic practices cover communicative tasks, regular dialogues, using authentic materials, integration of language skills and component as well as deductive grammar and vocabulary building. And it is a combination of three well-known language teaching methods. Keywords: eclectic approach, BIPA, one-to-one teaching
Code Switching Used by Boy William in Breakout Program on Net Tv Dwinesa Anggraeni; Hernalia Citra Dewi
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.164 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.4505

Abstract

This research is carried out to find out (1) the types of code-switching used by Boy William in the “Breakout” program on Net TV, (2) the most dominant type of code-switching used by Boy William in “Breakout’’ program on Net TV? The researchers use the descriptive qualitative method by collecting the data from three episodes of Breakout TV program, the data was taken by focusing on Boy William utterances. It’s found 40 data that is classified into three types of code-switching, there are inter-sentential code-switching, intra-sentential switching, and tag switching. The research result shows that there are 4 inter-sentential code-switching used in Boy’ utterances, 35 intra-sentential, and 1 of tag switching. In brief, from three videos that the researchers observed there is 10% utterances of inter-sentential, 87,5 % using intra-sentential, and 2,5% tag switching used by Boy William in Breakout music program on Net TV. Then, intra-sentential code-switching is the most often used by the speaker. Keywords: sociolinguistics, code-switching, English learning
Readers’ Responses to The Reading of Translations of Children’s Story Engliana Engliana; Adityaratri Indrapratiwi; Raden Mas Ransang
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.426 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.5925

Abstract

The goals of this paper are to seek the readers’ reactions, having gone through the two versions of English-to-Indonesian translations of children’s short story, and to explain the readers’ reactions to the two versions of the translations. The interview questions focus on the loanword or borrowing translation strategies employed by the student translators. Ten parents with children volunteered to read and respond to translation reading. The results show that the readers thought it would be better for the translators not to apply the borrowing procedure in translating children’s stories as it will hinder the meanings resulting in an uneasy feeling of reading the story to their children. Keywords: reader reaction, children story translation, borrowing, equivalence.
Pengaruh Fonem terhadap Morfem pada Ujaran Anak Balita: Suatu Kajian Neuro-Morphology Mhd. Johan; Ika Wijayanti
Deiksis Vol 12, No 02 (2020): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.78 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.4622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gangguan morfem yang dialami oleh responden dalam memproduksi morfem. Serta menjelaskan pada lingkungan apa terjadi produksi morfem itu secara fonologi dan neurolinguistik. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik simak libat cakap. Untuk menganalisis data ini penulis menggunakan metode kontribusi dengan teknik bagi unsur langsung dan teknik itu didukung oleh teknik a.  Delesi, teknik substitusi, teknik tambah. Hasil yang didapatkan adalah terjadinya gangguan dalam  melafalkan fonem,  gangguan yang paling dominan terdapat pada saat melafalkan fonem /s/ yang  berubah menjadi /c/ pergantian itu terjadi hanya pada lingkungan antepenultima dan penultima gangguan pelafalan fonem /s/ itu tidak terjadi pada akhir morfem.peristiwa ini adalah pergantian pada area yang sama atau satu lingkungan yang sama yaitu pada posisi alveolar voiceless. Kemudian pada saat melafalkan fonem /r/ juga terjadi pergantian dan pelesapan, kalau dia berganti posisi, pergantian itu tetap berada pada satu lingkungan atau area yang sama yaitu  liquid plain dan tidak pernah terjadi pada posisi lain. Pelesapan fonem juga terjadi pada saat melafalkan morfem /murni/ menjadi /muni/ sedangkan pada saat menuturkan morfem /magrib/ menjadi /magib/ hal ini juga terjadi pelesapan fonem /r/. Kata Kunci: Neurolinguistik, Morfologi, Morfem

Page 1 of 1 | Total Record : 10