cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
ISSN : 22526269     EISSN : 27214222     DOI : https://doi.org/10.15294/la
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2013)" : 10 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM DHOMIR PADA MUHADATSAH FILM TUGAS AKHIR MATA KULIAH TAFA’UL ITTISHALIY MAHASISWA BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2010
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2547

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang kesalahan pemakaian isim dhomir pada muhadatsah dalam film berbahasa Arab Unnes tahun 2010 yang dibuat oleh para mahasiswa bahasa Arab Unnes. Penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran para dosen untuk memberikan perhatian lebih terhadap para mahasiswanya terkait pemakaian dhomir yang salah dalam bermuhadatsah dan sebagai masukan bagi para mahasiswa dan para pembelajar bahasa Arab yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mereka dengan menerapkan kaidah dhomir yang benar saat bermuhadatsah. Melalui penelitian ini, peneliti akan memaparkan jenis-jenis isim dhomir yang salah dalam pemakaiannya pada muhadtsah film berbahasa Arab para mahasiswa prodi pendidikan bahasa Arab Unnes yang dibuat sebagai tugas akhir mata kuliah tafa’ul ittishaly pada tahun 2010 beserta analisis dan pembenarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan purposive sampling. Instrumen yang dipergunakan berupa kartu data. Sementara teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik PUP (Pilah unsur penentu). Hasilnya ditemukan 121 kesalahan pemakaian isim dhomir yang tersebar pada tujuh film yang diteliti yang terdiri dari 7 dhomir rofa’ munfashil, 7 dhomir rofa’ muttashil, 8 dhomir nashob muttashil, 22 dhomir jar muttashil, 73 dhomir mustatir wujuban, dan 4 dhomir mustatir jawazan. Adapun kesalahan pemakaian dhomir nashob munfashil tidak terdapat dalam tujuh film tersebut. Sementara berdasarkan analisisnya terdapat sebanyak 121 kesalalahan pemakaian isim dhomir yang terdiri dari 120 kesalahan pemakaian isim dhomir yang tidak sesuai dengan isim yang digantikannya. Dan 1 kesalahan pemakaian dhomir yang tidak sesuai dengan kaidah dhomir terkait. Adapun saran pembenarannya disertai dengan pembenaran jumlah (kalimat) yang dilafadhkan pula agar dapat menjadi mafhum (dapat dimengerti)
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2548

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Purwodadi Grobogan terutama kelas X1 dan X3 masih rendah. Oleh karena itu, perlu ada alternatif media pembelajaran yaitu media Macromedia flash interaktif yang menyenangkan. Masalah penelitian ini (1) Apakah media pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8 efektif untuk meningkatan berbicara siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektifitas peningkatan berbicara siswa setelah memanfaatkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8. Desain penelitian ini adalah eksperimen, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Pada pre-test kelas kontrol nilai rata-rata 66.79 dan post-test nilai rata-rata 76.42. Pada pre-test kelas eksperimen nilai rata-rata 68.66 dan post-test nilai rata-rata 84.74. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yaitu pembelajaran dengan menggunakan media macromedia flash efektif pada keterampilan berbicara bahasa Arab.
PENGOPTIMALAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII H MTS NEGERI KENDAL TAHUN 2012/2013
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2549

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013”. Perbedaan kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada kemahiran membaca bacaan berbahasa Arab, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang diterima kurang optimal. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal? (2) bagaimana pengoptimalan keterampilan membaca di kelas VII H MTs Negeri Kendal dengan model pembelajaran tutor sebaya? (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik pada keterampilan membaca dengan model pembelajaran tutor sebaya?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran bahasa Arab pada kelas VII H. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2012/2013.
ARABIC STORYBOOK SERIES: MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS IV MI MIFTAHUL HIDAYAH VISUALISASI TIGA DIMENSI
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2558

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca. Pada umumnya membaca bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataanya sering kali jarang di praktekkan oleh siswa, utamanya para siswa SD/MI. Hal ini terjadi karena faktor internal dari siswa tersebut maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan adanya fenomena tersebut penulis memberikan solusi konkret yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan dan minat membaca bahasa Arab, yaitu dengan penggunaan Arabic Storybook Series. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar membaca bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana gambaran profil Arabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum? 2) bagaimana analisis penilaian guru dan ahli terhadap Arabic Storybook Series? 3) bagaimana uji coba media pembelajaran Arabic Storybook Series terhadap siswa?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui gambaran profil Arabic Storybook series yang sesuai dengan siswa, guru, dan kurikulum, 2) mengetahui analisis penilaian guru dan ahli terhadap Arabic Storybook Series, 3) uji coba media pembelajaran Arabic Storybook Series terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrument kebutuhan guru maupun siswa yang dilakukan sebelum prototipe Arabic Storybook Series disusun dan instrument uji ahli setelah Arabic Storybook Series selesai disusun untuk kemudian dinilai. Alat data non tes yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan, t hitung -15,82 jatuh pada daerah menerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Sedangkan t Tabel 1,316 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk produk baru lebih efektif dari produk lama.
NA’AT MAN’UT DALAM BUKU AL AKHLAQ LI AL BANIN JUZ 1 KARYA UMAR BIN AHMAD BARAJA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2559

Abstract

Skripsi ini berjudul Na’at Man’ut dalam buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 Karya Umar bin Ahmad Baraja (Studi Analisis Sintaksis). Dalam bahasa arab ilmu nahwu (sintaksis) adalah ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya baik secara i’rab (berubah) atau bina’ (tetap). Unsur-unsur kalimat dalam bahasa arab akan mempunyai makna, jabatan, dan harakat akhir yang berbeda sesuai konteks kalimat. Sehingga dalam bahasa arab dikenal adanya tawabi’. Tawabi’ adalah ism yang mengikuti ism sebelumnya baik dalam rafa’, nashab, jar, dan jazm, ma’rifat dan nakirah dan lainnya. Ada empat goolongan tawabi’ yaitu na’at, athaf, taukid dan badal. Sedangkan dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah na’at. Na’at adalah lafadz yang menjelaskan tentang sifat ism sebelumnya yang disebut man’ut atau yang disifati. Na’at man’ut banyak digunakan dalam bahasa lisan ataupun tulisan, seperti pada buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 Karya Umar bin Ahmad Baraja yang merupakan buku pembelajaran akhlaq bagi anak. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian tentang Na’at Man’ut dalam buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja jenis na’at pada frasa na’at man’ut dalam kalimat yang terdapat di buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 ? (2) Apa saja macam na’at haqiqi pada frase na’at man’ut dalam kalimat yang terdapat di buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengklasifikasi jenis na’at pada frasa na’at man’ut pada kalimat yang terdapat dalam buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1. (2) Mengklasifikasi macam na’at haqiqi pada frase na’at man’ut pada kalimat yang terdapat dalam buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan desain penelitian library research. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah na’at man’ut yang terdapat pada buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1. Data dianalisis menggunakan instrument berupa kartu data yang kemudian dikelompokkan pada lembar rekapitulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa na’at yang terdapat pada buku Al Akhlaq Li Al Banin Juz 1 berjenis na’at haqiqi dengan jumlah 124 data, yang terdiri dari 104 data yang menunjukkan jenis na’at haqiqi “mufrod”, 19 data yang menunjukkan jenis na’at haqiqi “jumlah”, serta 1 data yang menunjukkan jenis na’at haqiqi “syibhul jumlah”.
KASUS GENETIF (MAJRUROT AL-ASMA) DALAM SURAT YASIN (Studi Analisis Sintaksis)
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2560

Abstract

Sintaksis membicarakan tentang kata dalam hubungannya dengan kata lain, atau unsur-unsur lain sebagai suatu satuan tujuan ujaran. Untuk memperdalam isim yang dibaca jar (nomina berkasus genetif) dilakukan penelitian yang bertujuan untuk dapat mendeskripsikan dan menjelaskan isim yang dibaca jar yang ada pada surat Yasin. Masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Apa elemen aktif kasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin? 2. Apa saja konstruksi nomina berkasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin? 3. Apa bentuk desinen nomina berkasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin?. Tujuan penelitian ini ialah 1. Untuk mengetahui elemen aktif kasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin? 2. Untuk mengetahui konstruksi nomina berkasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin? 3. Untuk mengetahui desinen nomina berkasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat di surat Yasin?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian library research. Data dalam penelitian ini adalah majrurat al-asma dalam Al-Qur'an surat Yasin. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-Qur'an surat Yasin. Hasil penelitian ini adalah kasus genetif (majrurat al-asma) yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Yasin partikel kasus genetif berjumlah 164 data yang terdiri dari: Isim dibaca jar karena terinjuksi huruf jar 108 yaitu 37 huruf jar min, 11 huruf jar illa, 2 huruf jar ‘an, 12 huruf jar ’alla, 14 huruf jar fii, 11 huruf jar ba’, 1 huruf kaaf, 19 huruf jar laam dan 1 huruf qosam. Isim dibaca jar (nomina berkasus genetif) karena berpola annexation (idhofah) 42 data. Berkasus genetif (Isim dibaca jar) karena menjadi bagian konstruksi sintaksis tertentu (followers/tawabi’) 14 data. Desinen kasus genetif (tanda-tanda i’rob jar) dalam Al-Qur’an surat Yasin meliputi: Kasroh, yang terdiri dari nomina tunggal (isim mufrod) 69 data, regular plural (jama’ taksir) 13 data dan 1 feminin regular plural (jama’ muannas salim). Ya, berjumlah 3 data. Fathah, berjumlah 1 data. Berupa interfeted original (masdar muawwal) 1 data, nomina konjugtor (isim mausul) 7 data dan 69 data nomina parmanent (mabni).
ANALISIS ISTILAH PERBANKAN SYARIAH DARI BAHASA ARAB (TINJAUAN MORFOLOGI DAN SEMANTIS)
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2561

Abstract

Pada dunia perbankan saat ini, di kenal satu produk yang di sebut Perbankan Syariah yang lahir berdasarkan prinsip ekonomi syariah. Pada dunia perbankan syariah tersebut terdapat istilah yang menggunakan bahasa Arab. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk menganalisis istilah-istilah tersebut dalam bidang morfologi dan semantik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mengetahui istilah perbankan syariah dalam tinjauan morfologi Arab. (2) mengetahui perubahan makna dari makna leksikal ke makna istilah pada istilah perbankan syariah. (3)mengetahui hubungan makna leksikal dan makna istilah pada istilah perbankan syariah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian library research. Data dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang berupa istilah bahasa Arab yang digunakan dalam perbankan syariah, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah buku “ Kamus Perbankan Syariah” karya Isriani Hardini, S. S, M. A dan Muh. H. Giharto sejumlah 191 istilah. Peneliti menggunakan metode distribusional teknik bagi unsur langsung.
ENSIKLOPEDIA SEBAGAI PENUNJANG MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI R.A PLUS QIRAATI IQBAL JEPARA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2562

Abstract

Bahasa sebagai alat yang sangat penting, memiliki fungsi yang signifikan bagi manusia (Djamarah 2008:46). Paling tidak, ada dua fungsi bahasa, yaitu: pertama, bahasa sebagai sarana pembangkit dan pembangun perhubungan yang memperluas pikiran seseorang sehingga kehidupan mental seorang individu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mental kelompok. Kedua, bahasa sebgai sarana yang mempengaruhi kepribadian. Ensiklopedia bahasa Arab merupakan kumpulan informasi yang memuat materi pelajaran bahasa Arab untuk menggambarkan lebih jelas mengenai arti dari sebuah kosakata. Ensiklopedia bahasa Arab ini memuat materi-materi pelajaran bahasa Arab untuk tingkat R.A yang disusun sesuai dengan kurikulum R.A. Berdasarkan penjelasan tersebut perlu diadakannya pengembangan bahan ajar untuk membantu meningkatkan kualitas belajar bahasa Arab anak di tingkat R.A, oleh karena itu penelitian ini akan mengembangkan Ensiklopedi sebagai penunjang materi pembelajaran bahasa Arab di R.A.Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and developnment). Penelitian dan pengembangan adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono 2010:407).
ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU PAKET TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH KARANGAN Dr. D HIDAYAT KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KOTA MAGELANG TAHUN 2013
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2563

Abstract

Rendahnya mutu pembelajaran bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar bisa berupa buku paket/buku ajar dan lembar kerja siswa (LKS). Kualitas buku paket yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran.Banyak sekolah yang menggunakan buku paket sebagai bahan ajar untuk masing-masing mata pelajaran. Di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah” karangan Dr. D. Hidayat. Buku paket tersebut belum pernah dianalisis kualitas soalnya, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal pada buku paket tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan soal-soal latihan, lembar jawaban siswa, kunci jawaban buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah” karangan Dr. D. Hidayat kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, silabus dan RPP mata pelajaran bahasa Arab kelas X, daftar nama siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang untuk dijadikan sampel penelitian. Variabel diskrit dalam penelitian ini angka-angka yang digunakan dalam menghitung banyaknya siswa yang menjawab butir soal dari kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan Variabel kontinumnya adalah hasil dari analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal.
PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v2i1.2564

Abstract

Kemahiran menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Mengingat pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, maka pembelajaran menulis bahasa Arab menjadi sangat penting. Karena menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena kebanyakan dari siswa berasal dari SD yang belum mengecap Bahasa Arab dan belum pernah mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran melalui tulisan. Salah satunya adalah penerapan metode Imla’. guru berperan sebagai fasilitator serta motivator. Pembelajaran didesain menarik melalui variasi teknik pembelajaran. Sehingga siswa mudah dalam pembelajaran menulis bahasa Arab.

Page 1 of 1 | Total Record : 10