cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
ISSN : 22526269     EISSN : 27214222     DOI : https://doi.org/10.15294/la
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2015)" : 11 Documents clear
INTERFERENSI FONOLOGIS JAWA-SUNDA MASYARAKAT KEDUNGREJA CILACAP PADA PENUTURAN BAHASA ARAB
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.6129

Abstract

Penuturan kata bahasa Arab oleh penutur lain (Jawa dan Sunda) menimbulkan adanya Penyimpangan bunyi dan kaidah. Hal itu karena kata tersebut terpengaruh oleh abjad dan kaidah bahasa penutur tersebut. Penyimpangan ini menyebabkan interferensi fonologis Jawa-Sunda terhadap bahasa Arab. Masyarakat Kedungreja merupakan paduan antara orang Jawa dan Sunda dan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan masyarakat Kedungreja dan sumber datanya adalah masyarakat Kedungreja. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode simak beserta teknik yang ada di dalamnya. Metode analisis datanya adalah mencatat, mengumpulkan dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 69 kata yang mengalami interferensi fonologis bahasa Jawa-Sunda terhadap bahasa Arab dan 12 penyimpangan huruf. Terdapat 4 faktor penyebab terjadinya interferensi tersebut yaitu 1) perbedaan abjad 2) tidak adanya satu sifat huruf atau lebih pada bahasa ibu 3) kesamaan sifat huruf 4) letak makhroj yang berdekatan.
WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7355

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Salah satu keterampilan berbahasa adalah berbicara. Pada umumnya berbicara bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataannya sering kali jarang dipraktekkan oleh siswa, terutama para siswa SMP/MTs. Hal ini terjadi karena faktor internal maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan demikian, peneliti memberikan solusi yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, yaitu dengan memanfaatkan wayang edukatif. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar berbicara bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media wayang edukatif yang sesuai kurikulum? 2) bagaimana prototipe media wayang edukatif? 3) bagaimana penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif?. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan angket kebutuhan yang disebar kepada guru dan siswa sebelum penyusunan prototipe media wayang edukatif, serta angket penilaian ahli, guru, dan dosen pembimbing terhadap prototipe media wayang edukatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) semua responden atau guru dan siswa sangat membutuhkan media keterampilan berbicara bahasa Arab. 2) prototipe wayang edukatif dikemas dalam satu paket yang berisi tokoh wayang, panggung, background, kosakata, dan dialog dengan tema Al ‘Unwan, Baitiy, Usrotiy, 3) penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif dengan jumlah nilai rata-rata 3,83 termasuk kategori sangat baik. Abstract ___________________________________________________________________One of language skills is to talk. Generally speaking not a difficult thing, but in reality is often less practiced by the students, especially students of SMP / MTs. This happens because of internal factors and external factors students. Thus, the researchers provide a solution that is expected to assist students in improving skills speak Arabic, that is by utilizing the educational puppet. A new innovation attractively packaged, with the aim to make students love to speak Arabic. Issues raised in this research: 1) how the needs of teachers and students of the puppet media appropriate educational curriculum? 2) how prototyping media educative puppet? 3) how the assessment of experts, teachers and lecturers to educational puppet prototype ?. This study design is the design of Research and Development (R & D). The data is taken from interviews, observations, and questionnaires were distributed to the needs of teachers and students prior to the preparation of prototype educational puppet media, as well as expert assessment questionnaire, teachers, and lecturers of the prototype educational puppet media. It is concluded that 1) all of the respondents, or teachers and students desperately need to speak Arabic media skills. 2) prototype puppet educative packed in one package containing puppet characters, stage, background, vocabulary, and dialogue with the theme Al 'Unwan, Baitiy, Usrotiy, 3) assessment experts, teachers and lecturers of the prototype puppet educative the number of average value -rata 3.83 including the excellent category.
KÄ€NA WA AKHAWÄ€TUHÄ€ DALAM SURAT AL-MÄ€IDAH (ANALISIS SINTAKSIS)
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7358

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Sintaksis sangat diperlukan dalam memahami teks-teks berbahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang salah satu ‘amil yang dapat merubah atau menghilangkan hukumnya mubtadā’ khabar dan menetapkan hukum yang lain, yaitu kāna wa akhawātuhā yang merupakan salah satu ‘amil nawāsikh yang berupa fi’il. Pengamalan kāna wa akhawātuhā adalah merafa’kan mubtadā’ dan menashabkan khabar. Mubtadā’ setelah dimasuki kāna disebut ismnya kāna dan khabar setelah dimasuki kāna disebut khabarnya kāna.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa kāna wa akhawātuhā dalam surat Al-Māidah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik bagi unsur langsung. Abstract ___________________________________________________________________Syntax is indispensable in understanding the texts in Arabic. In this study, the researchers discuss about one 'amil that can alter or eliminate legal mubtada' Coeurs and set another law, namely Kana wa akhawātuhā which is one of the 'amil ficil nawāsikh form. Akhawātuhā wa kana practice is merafa'kan mubtada 'and menashabkan Khabar. Mubtada 'after referred ismnya entered kana kana and khabar after entered kana called kāna.Penelitian khabarnya This is a qualitative research study design research library. Data in the form of kana wa akhawātuhā in the Al-Maidah. The instrument used in this study a data card. Data collection techniques using the method of documentation. Data were analyzed using the technique of direct element.
KEEFEKTIFAN MEDIA BULBAR (BULETIN BAHASA ARAB) PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA MAN DEMAK
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7589

Abstract

AbstrakTeks/bahan bacaan yang kurang bervariatif dan tidak adanya media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman membuat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak  tergolong masih sangat rendah. Oleh karena itu peneliti menawarkan media buletin dalam penelitian ini. Karena buletin berisi bahan bacaan dengan berbagai ragam topik yang menarik, juga didukung penyajiannya yang lebih menarik dibandingkan buku ajar biasa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak. Untuk mengetahui apakah penggunaan media tersebut efektif dalam pembelajaran, maka penulis melakukan penelitian dengan cara turun langsung mengamati proses belajar mengajar di kelas dan bertindak sebagai pengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain quasi experimental. Instrumen penelitian adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Dari hasil perhitungan, rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh  = 4,846 dan =1,671. Karena > maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja. Yaitu pembelajaran menggunakan media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) efektif pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Demak. AbstractText / reading materials that are less varied and the absence of learning media interest in learning reading comprehension skills makes reading comprehension class XI IPA MAN Demak is still relatively very low. Therefore, researchers offer a media bulletin in this study. Because bulletin contains reading materials with a wide range of topics of interest, also supported the presentation more interesting than the usual textbook. The issues discussed in this research is how the effectiveness of media bulbar (Bulletin Arabic) on the reading comprehension skills of students of class XI IPA MAN Demak. To determine whether the effective use of media in learning, the authors conducted research in a way down directly observe teaching and learning in the classroom and act as a teacher. This study uses the approach / quantitative method with quasi-experimental designs. The research instrument is a test instrument. Data collection techniques such as testing, documentation, and interviews. Data analysis technique is hypothesis testing. From the calculation, the average post-test experimental class better than the control class. From the calculation using the formula t-test, obtained T_ (count) = 4.846 and T_ (table) = 1.671. Because T_ (count)> T_ (table) then accepted hypothesis is a working hypothesis. Ie learning to use media bulbar (Bulletin Arabic) effective on students' reading comprehension skills of grade XI MAN Demak.
KASUS NOMINA BERUNSURKAN KONSONAN AKHIR SEMIVOKAL (ISM MU’TALL AKHIR) DALAM AL-QURAN JUZ 29 DAN 30 (ANALISIS SINTAKSIS)
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7590

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Ism mu’tall akhir adalah ism yang konsonan akhirnya berupa konsonan semivokal atau illat (alif, waw dan ya’).  Ism ini terdiri atas ism maqshu>r, ism manqu>sh dan ism mamdu>d. Ism maqshu>r adalah ism mu’rab yang huruf akhirnya adalah alif permanen, baik dilambangkan dengan huruf alif tegak atau mirip huruf ya’ . Adapun ism manqu>sh adalah ism mu’rab yang diakhiri dengan huruf ya’permanen asli dan huruf sebelumnya bercharakat kasrah. Sedangkan Ism Mamdu>d adalah ism mu’rab yang huruf akhirnya adalah hamzah dan didahului oleh Alif tambahan.Dalam penelitian ini,peneliti membahas I’rab dari nomina berunsurkan konsonan akhir semivokal dalam Al-Quran Juz 29 dan 30 karena pada Juz 29 dan 30 terdapat banyak sekali nomina-nomina berunsurkan konsonan akhir semivokal.   Abstract ___________________________________________________________________Ism mu’tall akhir is a semivocal ended noun. The noun consist of ism maqshu>r, manqu>sh and mamdu>d. ism maqshu>r is a derivated noun that be ended by permanent alif,  symbolized by  upright one or similar with ya’. As ism manqu>sh is a derivated noun that be ended by  permanent ya’ and ism mamdu>d is a derivated noun that be ended by  hamzah and added alif before. The research is about semivocal ended noun in 29th and 30th juz of Al-Quran. The amount of data is much there.The purpose of the research is to describe types, functions and gramatical signs of semivocal ended noun. It used qualitative approach with descriptive type. The data is semivocal ended noun and the source is 29th and 30th juz of Al-Quran.  The data collecting technique is documentary and the instruments are data card and data recapitulation table.The results of the research are: the researcher found four of six semivocal ended noun. Beside that, he also found 7 nominative functions, 7 accusative functions and 5 genetive functions. From the grammatical side, he also found 10 nominative  nouns with real vocal /u sign, 15 nominative nouns with unreal vocal /u sign and a noun with /w/ sign. He also found 10 accusative nouns with real vocal /a sign and 25 accsative nouns with unreal vocal /a sign and 13 genetive nouns with real vocal/ i sign and 23 genetive nouns with unreal vocal/ i sign.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB (QAWAID) KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7628

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru kelas VII MTS Negeri 1 Semarang terhadap buku penunjang tarakib, (2) Mendeskripsikan penilaian ahli dan guru bahasa Arab MTS Negeri 1 Semarang terhadap prototipe buku penunjang tarakib bahasa Arab kelas VII, (3) Mendeskripsikan prototipe buku penunjang tarakib bahasa Arab kelas VII, dan (4) Mengetahui hasil uji coba buku ajar penunjang pembelajaran tarakib terhadap siswa kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) sampai pada tahapan ke enam yaitu tahap
MAF‘ŪLĀT (KOMPLEMEN) DALAM KITAB MATAN AL-BUKHĀRĪ MASYKŪL JUZ 1 (Analisis Sintaksis)
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7630

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Maf‘ūlāt terdiri dari lima jenis yaitu maf‘ūl bih, maf‘ūl muṭlaq, maf‘ūl liajlih, maf‘ūl ma’ah, dan maf‘ūl fih. Beberapa pembelajar bahasa Arab terkadang merasa kesulitan dalam menentukan maf‘ūlāt dalam kalimat bahasa Arab. Beberapa pembelajar juga kesulitan dalam membedakan antara maf‘ūl yang satu dengan maf‘ūl lainnya. Oleh karena itu perlu adanya penelitian dan penjelasan lagi agar para pembelajar dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang maf‘ūlāt. Salah satunya adalah dengan melakukan penelitian tentang maf‘ūlāt (komplemen) dalam kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl juz 1. Masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja maf‘ūlāt dan bagaimana desinennya dalam kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl Juz 1. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja maf‘ūlāt dan bagaimana desinennya dalam kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl Juz 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Objek formal berupa maf‘ūlāt sedangkan objek materialnya kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl Juz 1. Data dalam penelitian ini adalah maf‘ūlāt dalam kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl Juz 1 serta sumber datanya adalah paper yakni kitab Matan Al-Bukhārī Masykūl Juz 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan instrumennya kartu data dan tabel rekapitulasi data.   Abstract ___________________________________________________________________Maf'ūlāt consists of five types of bih maf'ul, maf'ul Mutlaq, maf'ul liajlih, maf'ul ma'ah, and maf'ul fih. Some Arabic language learners sometimes feel difficulty in determining the sentence maf'ūlāt in Arabic. Some learners also the difficulty in distinguishing between maf'ul maf'ul with each other. Hence the need for further research and clarification so that the learners can gain a deeper understanding about maf'ūlāt. One way is to conduct research on maf'ūlāt (complement) in the book Matan Al-Bukhari Masykūl juz 1. The problem in this research is anything maf'ūlāt and how desinennya in the book Matan Al-Bukhari Masykūl Juz 1. The purpose of this study is to find out what and how desinennya maf'ūlāt in the book Matan Al-Bukhari Masykūl Juz 1. This research includes qualitative research study design research library. Maf'ūlāt formal object while the object material in the form of the book Matan Al-Bukhari Masykūl Juz 1. The data in this study is maf'ūlāt in the book Matan Al-Bukhari Masykūl Juz 1 and the data source is the book Matan paper Al-Bukhari Masykūl Juz 1. Data collection techniques in this study is documentation technique and instrument data cards and data summary tables.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE EKLEKTIK PERMAINAN “TEBAK TEPAT PASANGANMU” PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA-2 MAN KENDAL
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7631

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Latar belakang diadakannya penelitian di kelas XI IPA-2 MAN Kendal adalah metode pembelajaran keterampilan berbicara yang monoton, adanya karakteristik peserta didik yang berbeda sehingga mempengaruhi penerimaan mata pelajaran Bahasa Arab, adanya faktor lingkungan sekolah yang kurang mendukung dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Arab, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas tersebut. Oleh karena itu perlu adanya metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan metode eklektik permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” untuk mendukung penguasaan kosakata pada keterampilan berbicara bahasa Arab. Masalah  dalam  penelitian  ini  yaitu  (1)  bagaimana  penerapan  permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik dalam pusat kegiatan belajar? (2) bagaimana peningkatan kemampuan berbicara peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Kendal setelah penerapan permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik? (3) bagaimana perubahan perilaku, minat serta respon peserta didik setelah penerapan permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” melalui metode eklektik? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA-2 MAN Kendal yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data, analisis data, dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.   Abstract ___________________________________________________________________The background of research in class XI-2 MAN Kendal is a method of learning conversational skills monotonous, their characteristics different learners that affect the acceptance of subjects Arabic, the environmental factors schools that lack support in the learning process subjects Arabic, and lack of instructional media used in improving the skills of Arabic speakers in the class. Hence the need for methods and media interesting learning so that students can be motivated to learn with active and fun. One of them is the method of eclectic game "Guess Your partner Right" to support the mastery of vocabulary in Arabic speaking skills. Problems in this study are (1) how the application of the game "Guess Right Your partner" through the eclectic method in learning centers?(2) how to increase the ability to speak the students grade XI-2 MAN Kendal after application of the game "Guess Your partner Right" through eclectic method? (3) how a change of behavior, interests and responses of learners after the application of the game "Guess Your partner Right" through eclectic method? This study uses a classroom action research conducted in two cycles. The subjects were students of class XI IPA-2 MAN Kendal totaling 32 learners. Data collection instruments, data analysis, and data collection techniques using the test and nontes.
EFEKTIVITAS MEDIA KARTU GAMBAR REKA CERITA BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANJARNEGARA
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7632

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media kartu gambar reka cerita bagi peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami penurunan dari pre-test dengan rata-rata 64,23 dan pada post-test dengan rata-rata 63,08. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 63,85 dan  pada post-test dengan rata-rata 79,42. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media kartu gambar reka cerita efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas XI di MAN 1 Banjarnegara.   Abstract ___________________________________________________________________The purpose of this research to determine the effectiveness of the media picture card maker story writing in learning the skills of writing Arabic students of Class  MAN 1 Banjarnegara. This research is kind of experiments with quantitative design. The instruments used in this research is a test (pre test and post test). The results of this research on the control class has decreased from pre-test with an average 64,23 and at post-test with an average of 63,08. On a class of experiments has increased from pre-test with an average 63,85 and at post-test with an average of 79,42. Experimental class better than the class of the control. The accepted hypotheses are alternative hypothesis which States that the the media picture card maker story effective in learning the skills of writing Arabic in class XI in MAN 1 Banjarnegara.
EFEKTIVITAS METODE EXPERT GROUP DAN MODEL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KENDAL
Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching Vol 4 No 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/la.v4i1.7633

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Latar belakang diadakannya penelitian di MAN Kendal adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan kuantitatif, Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini pada kelas kontrol mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,93 dan pada post-test dengan rata-rata 85,83. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre-test dengan rata-rata 70,82 dan pada post-test dengan rata-rata 89,65. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa metode expert group dan model Lomba Cerdas Cermat (LCC) efektif bagi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab kelas XI IPA MAN Kendal.   Abstract ___________________________________________________________________The reason why the researcher hold the research in MAN Kendal is the low reading skill of the students in that class. The kind of this research is experiment. By comparing between the result of experiment group whose given an action and the result of controll group whose not given an action. With quantitative approach, instrumen and  technique for collecting the data is test. data analysis use hypothesis test.The research result in controll group got increase from the average score in the pre test which is 70,93 and post- test  is 85,83. While the everage score in the experiment group get increase in the pre test which is 70,82 and post-test 89,65. So, experiment group is better than controll group. The received hypothesis is hypothesis work which state that expert group methode and LCC type effective for increasing reading skill arabic language in XI Natural science class MAN Kendal.

Page 1 of 2 | Total Record : 11