cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL PENA EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 24070769     EISSN : 25494694     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 117 Documents
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Khadijah Ray
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.038 KB) | DOI: 10.54314/jpe.v5i2.128

Abstract

Abstract: This study aims to improve students' mathematics learning outcomes of grade V SD Negeri 204 Tamiang Kotanopan subdistrict on the material properties bahngun flat through the application of learning models Teams Games Tournaments. Subjects of this study amounted to 20 people. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of learning models Teams Games Tournaments can improve students' mathematics learning outcomes on the material properties wake flat. This can be seen from the results obtained by students in each cycle. In the learning cycle I obtained 14 students from 20 students who scored 70 and on the second cycle student learning outcomes have increased, it can be seen from all students who score 70. Keywords: Teams Games Tournaments, flat wake properties Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 204 Tamiang kecamatan Kotanopan pada materi sifat-sifat bahngun datar melalui peenerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sifat-sifat bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada tiap siklusnyanya. Pada pembelajaran siklus I diperoleh 14 siswa dari 20 siswa yang memperoleh nilai 70 dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari seluruh siswa yang memperoleh nilai 70 . Kata kunci: Teams Games Tournaments, sifat-sifat bangun datar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI Masnarita Girsang
JURNAL PENA EDUKASI Vol 6, No 1 (2019): April 2019
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.056 KB) | DOI: 10.54314/jpe.v6i1.280

Abstract

Abstract: The level of student mastery learning has increased quite encouraging, before the action was taken only 18 people (37.50%) only students who completed, but in the first cycle the level of completeness became 66.67% (32 people completed from 48 students). Furthermore, in the second cycle the level of student mastery learning rose to 87.50%. The activeness of students in following Biology learning after good action in the first cycle and second cycle increased. There was an encouraging change in the activities of students, after the frequency of students' attendance was done well. The percentage of attendance in the first cycle is 90% and in the second cycle increases to 98.25%. Students are motivated to learn independently and do research work in the field (laboratory). Keywords: Learning Achievement, Inquiry Method Abstrak: Tingkat ketuntasan belajar siswa pun telah terjadi peningkatan yang cukup menggembirakan, sebelum dilakukan tindakan hanya 18 orang (37,50 %) saja siswa yang tuntas, tetapi pada siklus I tingkat ketuntasan menjadi 66,67 % (32 orang yang tuntas dari 48 siswa). Selanjutnya pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa naik menjadi 87,50%.Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Biologi setelah dilakukan tindakan baik pada siklus I dan siklus II semakin meningkat. Terjadi perubahan yang menggembirakan terhadap aktifitas siswa, setelah dilakukan tindakan frekuensi kehadiran siswa samakin baik. Prosentase kehadiran pada siklus I adaalah 90 % dan pada siklus II naik menjadi 98,25%. Para siswa termotivasi untuk belajar secara mandiri dan melakukan kerja penelitian di lapangan (laboratorium). Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Inkuiri
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMBACA DAN MENULIS CEPAT MELALUI METODE CIRC Sitorus, Hotmauli
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.229 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research in general aims to improve the quality of learning for third grade students of SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu. Specifically aimed at: (1) Increasing Learning Achievement in Fast Reading and Writing Through the CIRC Method On Thematic Lessons for Class III Students SDN 010047 Sei Alim Ulu distric Air Batu academic year 2017/2018; (2) Describe the management of thematic learning by the teacher; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. This classroom action research was conducted in class III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, which amounted to 34 students. The subjects of this study were class III teachers and third grade students SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Learning Achievement, CIRC Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu. secara khusus bertujuan untuk : 1. Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Membaca dan Menulis Cepat Melalui Metode CIRC Pada Pelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN 010047 Sei Alim Ulu Kec. Air Batu TP. 2017/2018 ; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu yang berjumlah 34 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Prestasi Belajar, CIRC
UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN Zuraidah, Zuraidah
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 4 (2018): Juli 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.605 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research in general aims to improve the quality of learning for third grade students of SD Negeri 010083 Kisaran. specifically aims to: 1. Efforts to Overcome Learning Difficulties in Reading on Thematic Lessons on Theme Material Experiences Through Learning Methods in Playing Class III Students SD Negeri 010083 Kisaran dictrict Kota Kisaran Barat academic year 2017/2018; 2. Describe the management of thematic learning by the teacher; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. Classroom action research was conducted in class III SD Negeri 010083 Kisaran which numbered 25 students. The subjects of this study were class III teachers and third grade students SD Negeri 010083 Kisaran, data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Play Learning Method, Difficulty Learning Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas III SDN 010083 Kisaran. secara khusus bertujuan untuk : 1. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Pelajaran Tematik Materi Tema Pengalaman Melalui Metode Pembelajaran Bermain Siswa Kelas III SDN 010083 Kisaran Kec. Kota Kisaran Barat TP. 2017/2018; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas III SDN 010083 Kisaran yang berjumlah 25 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III SDN 010083 Kisaran, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Metode Pembelajaran Bermain, Kesulitan Belajar
Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Menentukan Sumber Belajar Melalui Diskusi KKG Suparno, Slamat
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.336 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to improve students' learning outcomes of Integrated Science lessons on the material life of Indonesian society in pre-Hindu Buddhist and Islamic times through discussion methods. Subjects in this study are students of class VII SMP Negeri 1 Sei Dadap kab. Asahan TP. 2016/2017. The result of pre-research process about life material of Indonesian society during pre-Hindu Buddhist and Moslem period through discussion method and work of IPS Integrated learning group reach learning completeness classical 56,91%. after being motivated, the research through cycle I and cycle II of reflection and recommendation of average value reach 85.17% means there is an increase of 28.26%. Learning outcomes in cycle I obtained an average value of 68.06 after cycle I and done reflection and recommendation average value reached 84.31 means an increase of 16.25. Can be concluded the application of discussion method can improve student learning outcomes class VII SMP Negeri 1 Sei Dadap kab. Asahan TP. 2016/2017. Keywords: discussion, pre-mass, Hindu, Buddhist, Islam Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPA Terpadu pada materi kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara Hindu Budha dan Islam melalui metode diskusi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Dadap kab. Asahan TP. 2016/2017. Hasil proses belajar sebelum penelitian tentang materi kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara Hindu Budha dan Islam melalui metode diskusi dan kerja kelompok pelajaran IPS Terpadu mencapai ketuntasan belajar klasikal 56,91%. setelah termotivasi dilakukan penelitian melalui siklus I dan siklus II refleksi dan rekomendasi nilai rata-rata mencapai 85,17% berarti ada peningkatan sebesar 28,26%. Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,06 setelah siklus I dan dilakukan refleksi serta rekomendasi nilai rata-rata mencapai 84,31 berarti terjadi peningkatan sebesar 16,25. Dapat disimpulkan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Dadap kab. Asahan TP. 2016/2017. Kata kunci: diskusi, masa praaksara, Hindu, Budha, Islam
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kasmin, Kasmin
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.298 KB)

Abstract

Abstract: This researcher is done with the aim to know the improvement of learning result of student history through Mind Mapping learning model. Subjects in this study were students of class IX.6 with a total of 36 students. The instrument used is a test in the form of a matter of reflection. the instrument used is a test in the form of multiple problems. The results obtained on the initial test there are 10 complete students (classical completeness 27.78%) with an average test score of 55.83 with low ability category. After the cycle 1 of the results of the test cycle 1 total number of students who completed there are 20 students (55.56% classical completeness) with average test scores 68.06 medium category. In cycle 2 of test result of cycle 2, there were 31 students who have obtained learning completeness (75%) with average test score of 75 high category. Thus it can be concluded that Mind Mapping strategy can improve the learning result of Art Art Culture of Pure Fine Art of Nusantara in Class IX.6 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2016/2017. Keywords: mind mapping, Fine Art Nusantara Abstrak: Peneliti ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.6 dengan jumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa soal refleksi. intrument yang digunakan adalah tes yang berupa soal berganda. Hasil penelitian diperoleh pada tes awal terdapat 10 orang siswa yang tuntas (ketuntasan klasikal 27,78%) dengan rata-rata nilai tes 55,83 dengan kategori kemampuan rendah. Setelah dilakukan siklus 1 dari hasil tes siklus 1 jumlah siswa yang tuntas ada 20 siswa (ketuntasan klasikal 55,56%) dengan rata-rata nilai tes 68,06 kategori sedang. Pada siklus 2 dari hasil tes siklus 2 terdapat 31 siswa yang telah memperoleh ketuntasan belajar (75%) dengan rata-rata nilai tes 75 kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya Materi Seni Rupa Murni Nusantara di Kelas IX.6 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: mind mapping, reni rupa murni nusantara
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Zebua, Gantinur
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.559 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to find out whether the application of the investigation group learning model can improve learning outcomes in the subject matter of building space for students in Class IX-B of SMP Negeri 3 Gunungsitoli. This research is a classroom action research which in its implementation is divided into three stages, namely pre cycle, cycle I and cycle II. In the pre cycle, the learning outcomes and learning activeness of students are obtained from 1 year ago. In cycles I and II consists of planning, implementation, observation and reflection. The results of observation and reflection will be used as reference material for the implementation of the next cycle. So that the process and results of the implementation of the next cycle are expected to be better than the previous cycle. The results showed that the pre-cycle obtained the average learning outcomes and learning completeness in the pre-cycle were 52.97 and 26.32%. After doing the first cycle the average learning outcomes and learning completeness experienced an increase of 57.89 and 52.63%. In the second cycle after a reflection of the implementation of the action in the second cycle has increased, the average learning outcomes and learning completeness is 74.90 and 91.89%. Keywords: Learning Outcomes, Group Investigation Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok bangun ruang bagi peserta didik Kelas IX-B SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dalam pelaksanaannya dibagi dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari 1 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 52.97 dan 26.32%. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 57.89 dan 52.63%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 74.90 dan 91.89%. Kata kunci: Hasil Belajar, Group Investigation
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA Suyatni, Suyatni
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 4 (2018): Juli 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.414 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research generally aims to improve the quality of learning for first grade students of SD Negeri 017141 Perk. Gunung Melayu district Rahuning. specifically aimed at: 1. Efforts to Increase Interest in Learning by Maximizing the Use of Teaching Aids on Mathematics Lessons on Theme Material Experiences of Class I Students of SDN 017141 Perk. Gunung Melayu district Rahuning academic year 2016/2017; 2. Describe the management of Mathematics learning. This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. Classroom action research was conducted in class I SD Negeri 017141 Perk. Gunung Melayu district Rahuning which amounted to 20 students. The subjects of this study were first grade Mathematics teachers and first grade students of SD Negeri 017141 Perk. Gunung Melayu district Rahuning, data is collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Interest in Learning, Teaching Aids Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas I SDN 017141 Perk. Gunung Melayu Kec. Rahuning. secara khusus bertujuan untuk : 1. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dengan Memaksimalkan Penggunaan Alat Peraga Pada Pelajaran Matematika Materi Tema Pengalaman Siswa Kelas I SDN 017141 Perk. Gunung Melayu Kec. Rahuning TP. 2016/2017; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas I SDN 017141 Perk. Gunung Melayu Kec. Rahuning yang berjumlah 20 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika kelas I dan siswa kelas I SDN 017141 Perk. Gunung Melayu Kec. Rahuning, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Minat Belajar, Alat Peraga
Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Ratdriani, Ratdriani
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.069 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to determine the improvement of learning outcomes of Art Culture students on the material Simple Musical Instruments in class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2017/2018. The subjects of this study are students of class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran as many as 32 people. The object of this research is the result of student learning using Picture and Picture learning model in Simple Music Material material. The research instrument used is multiple choice test and observation. Based on the research results obtained pretest average value of 48.33. After giving the action on the first cycle there were 15 people (46.88%) of the 32 students who achieved the minimum mastery criteria with an average score of 69.37. In cycle II there were 30 people (93.75%) who achieved the minimum mastery criteria with an average score of 85.27. Increased student learning outcomes by 41.66%. Student learning activities during the learning process show a better improvement. Because it has fulfilled classical learning completeness and increased from cycle I to cycle II it can be concluded that with the use of Picture and Picture learning model can improve students' learning achievement of Art Culture on Simple Musical Instrument material in class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2017/2018. Keywords: picture and picture, simple musical instruments. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Seni Budaya siswa pada materi Alat Musik Sederhana di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi Alat Musik Sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 48,33. Setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat 15 orang (46,88%) dari 32 orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 69,37. Pada siklus II terdapat 30 orang (93,75%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 85,27. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 41,66%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Karena telah memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkam bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa pada materi Alat Musik Sederhana di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: picture and picture, alat musik sederhana.
MENERAPKAN MODEL PORTOFOLIO BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL MENGAJAR GURU Erlinda Erlinda
JURNAL PENA EDUKASI Vol 6, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.859 KB) | DOI: 10.54314/jpe.v6i2.286

Abstract

Abstract: The level of mastery of teacher teaching results before the action was carried out was 82.5% (Of the 40 teachers 33 people who completed study). Then in the first (first) cycle, the teacher's completeness rate became 77.5% (out of 40 teachers who completed 31 people). Then in the second cycle (two) after further action is taken as a result of reflection on the first cycle the percentage of teacher completeness level becomes 100%. The teacher's activities in learning Biology after school actions in the first cycle and second cycle increased. In the first cycle the average teacher attendance was 90% and in the second cycle 97.5%. Likewise in conducting learning activities Teachers have a large responsibility, especially in the collection of assignment documents. Teachers with a portfolio learning model have conducted independent learning. Keywords: Portofolio Based Learning, Abstrak: Tingkat ketuntasan hasil mengajar guru sebelum dilaksanakan tindakan adalah 82,5 % (Dari 40 orang guru 33 orang yang tuntas belajar). Kemudian pada siklus I (pertama), tingkat ketuntasan guru menjadi 77,5 % (dari 40 jumlah guru yang tuntas 31 orang). Selanjutnya pada siklus ke II (dua) setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut sebagai hasil dari refleksi pada siklus I presentase tingkat ketuntasan guru menjadi 100 %. Aktivitas guru dalam belajar Biologi setelah dilakukan tindakan sekolah pada siklus I dan siklus II semakin meningkat. Pada siklus I rata-rata kehadiran guru 90 % dan pada siklus II menjadi 97,5 %. Demikian pula dalam melakukan aktivitas pembelajaran Para guru mempunyai tanggung jawab yang besar, khususnya dalam pengumpulan dokumen tugas. Para guru dengan model pembelajaran portofolio telah melakukan pembelajaran secara mandiri. Kata kunci: Portofolio Based Learning, Hasil Mengajar Guru

Page 1 of 12 | Total Record : 117