cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 301 Documents
ATRIBUT DIMENSI KUALITAS LAYANAN BANK SYARIAH MANDIRI PADA NASABAH MAHASISWA UNMUH JEMBER Sanosra, Abadi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.497 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i2.1221

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mahasiswa tentang atribut-atribut kualitas layanan Bank Syariah Mandiri (BSM) ranting UNMUH Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode focus gruop discussion (FGD) atau fokus diskusi kelompok. Partisipan yang atau subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa unmuh jember yang memiliki tabungan/pengguna jasaBank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Kas UNMUH Jember. Para partisipan di bagi dala 4 kelompok (group) dimana peneliti akan merekam seluruh hasil diskusi yang dilakukan para partisipan dari masing-masing kelompok diskusi. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi bagi perbankan syariah untuk meningkatkan kinerja layananan yang berkualitas.Kata kunci : Attribut, Services Quality, Mahasiswa, Nasabah                                   ABSTRACT This study aims to explore students' perceptions about the attributes of service quality dimensions of Bank Syariah Mandiri ( BSM ) UNMUH Jember branch . The method used is a qualitative research method by using techniques of data collection methods focus gruop discussion ( FGD ) or focus group discussions. Participant or subjects used in this study are students unmuh jember have savings / service user Bank Syariah Mandiri ( BSM ) Cash Office UNMUH Jember . The participants in the dala 4 groups ( group) where researchers will record all the results of the discussion the participants of each group discussion . Results are expected to be used as a reference for the Islamic banking to improve performance services quality .Keywords : Attributes , Services Quality , Students, Customer
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPRIBADIAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Setyanti, Sri Wahyu L H; Herlambang, Dedikasi; Prajitiasari, Ema Desia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.355 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sosial dengan mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Jember. Fenomena penelitian ini adalah semakin meningkatnya minat mahasiswa untuk berwirausaha dengan adanya program kewirausahaan dari Universitas Jember seperti program mahasiswa wirausaha, pelatihan kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 105 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh melalui mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Kata Kunci: lingkungan keluarga, lingkungan sosial, minat berwirausaha, kepribadian
ANALISIS PERSEPSI KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN (Studi Kasus Pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo) PERDAGANGAN IKAN M. Naely Azhad**, Sa’dullah*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.021 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabelyaitu kulitas layanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terhadap keputusanperdagangan ikan (Y) pada saat membeli di Pendaratan Pelelangan Ikan PesisirBesuki Situbondo. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantuberupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 47 responden dengan tekniksensus, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (ujivaliditas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik(uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (ujiF, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapatdiketahui bahwa variabel kualitas layanan, harga dan lokasi, semuanyaberpengaruh positif terhadap keputusan perdagangan ikan di PendaratanPelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo. Dari uji t diperoleh hasil kualitaslayanan (0,001), harga (0,008) dan lokasi (0,000), semuanya berpengaruhsignifikan terhadap keputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan IkanPesisir Besuki Situbondo. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, harga danlokasi (0,000), semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadapkeputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir BesukiSitubondo. Ketiga variabel ini berpengaruh sebesar 75,3%, terhadap keputusanperdagangan ikan sedangkan sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh variabellain.
PENGARUH FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA TOKO ONLINE “PULCHRAGALLERY” Zakiyyah, Amalina Maryam
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.431 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penawaran flash sale yang dilakukan toko online “Pulchragallery” mengarah pada terjadinya pembelian impulsif serta untuk mengetahui motif konsumen dalam melakukan pembelian impulsif, motif hedonis atau motif utilitarian konsumen atau keduanya. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan isntrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dengan bantuan google form. Setelah link kuisioner disebar kemudian dilakukan analisis data menggunakan statistic deskriptif terhadap hasil jawaban 32 responden. Dan disimpulkan bahwa pembelian impulsif terjadi saat penawaran flash sales. Pembelian impulsif yang dilakukan saat flash sale dimotivasi baik oleh motif hedonis dan motif utilitarian. Dan terdapat korelasi yang tidak signifikan antara lama waktu mengakses instagram dengan perilaku pembelian impulsif saat flash sales.Kata Kunci: flash sales, motif hedonis, motif utilitarian, pembelian impulsive
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROTI CERIA DI JEMBER Hermawan*, Haris
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.343 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i2.21

Abstract

Roti Ceria is sweet bakery products sold in Jember district. On business development, management will expand the sales area in each district. The Company choose the low end segment which is realized at low cost, and determine product positioning in the market sweet bread alone. Management of Roti Ceria has conducted the marketing mix of product strategy, pricing, distribution, and promotion, but do not know the effectiveness, problems for the expansion of sales areas need to be scientifically conducted studies to measure the marketing mix and its influence on the decision, satisfaction and customer loyalty as a Roti Ceria ideas for follow-up. This study shows the overall hypothesis is acceptable, in this case there is a significant influence of the product, distribution, and promotion of the decision; there is a significant influence on satisfaction of products and pricing; there is a significant influence on decision satisfaction, and there is the influence significant decisions and satisfaction to loyalty.
PENGARUH LOKASI, CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MIE AYAM SOLO BANGSAL JEMBER Husen, Akhmad; Sumowo, Seno; Rozi, Akhmad Fahrur
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.69 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i2.1757

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 90 responden dengan teknik purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel lokasi, citra merek dan word of mouth, semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari uji t diperoleh hasil lokasi, citra merek dan word of mouth, semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
KINERJA KEUANGAN BERBASIS PENCIPTAAN NILAI, MAKRO EKONOMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP RETURN SAHAM SEKTOR PERTAMBANGAN Robiatul Adawiyah**, Retno Endah Supeni*
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.966 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v1i2.28

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of partially and simultaneously influence between financeratios (ROA and ROE) and variable macroeconomic (inflation and exchange rate) to return mining stocks listed on the Indonesian stock exchange for period of 2012 – 2014. This study uses multiple linear regression analysis. From the selection of the sample can be obtained 14 mining companies. the results of multiple linear regression is found that the partial with the alpha (α) 0,05 ROA positive and significant effect on stock returns and inflation and has a significant positive effect on stock returns. While Return on Equity(ROE) and exchange rates and no significant negative impact on stock returns mining sector on the stock exchange in Indonesia 2012 – 2014. While simultaneously independent have a significant impact on the mining sector stock returns in the stock exchanges in Indonesia 2012 – 2014.
PENGARUH HARGA LOKASI DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Aminullah, Rois; Suharto, Akhmad; Diansari, Tatit
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.306 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i2.1762

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Telah banyak dilakukan penelitian tentang pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian-penelitian tersebut walaupun sama-sama menggunakan harga, lokasi, dan kelengkapan produk dan keputusan pembelian, namun didapatkan hasil yang berbeda-beda. Maka dari pada itu perlu diadakan penelitian lagi sebagai pembanding dengan penelitian yang sudah-sudah. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 96 orang responden. Adapun sifat dari penelitian adalah penjelasan (explanatory). Hasil uji kecocokan yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan kelengkapan produk mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada keputusan pembelian di toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember. Masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA SMK BERDIKARI JEMBER Syahier, Syahier; Supeni, Retno Endah; Rozzaid, Yusron
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.501 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Objek penelitian ini adalah smk berdikari jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi dengan populasi 40 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan populasi (sensus) yaitu dengan meneliti seluruh populasi, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil penelitian kuisioner dan wawancara. Sumber data skunder berasal dari artikel, jurnal dan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Serta metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa : 1. Terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 0,447 dan tingkat signifikan 0,035. Sedangkan secara parsial iklim organisasi  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 0,460 dan tingkat signifikan 0,025; 2. Terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 25,617 dan tingkat signifikan 0,000. Variabel yang paling dominan adalah variabel iklim organisasi dengan nilai koefisien beta sebesar 0,460 dan tingkat signifikan 0,025.
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL TANJUNG ASRI BANYUWANGI Santoso, Budi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.567 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i2.448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan para konsumen Hotel Tanjung asri Banyuwangi. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Hotel Tanjung asri Banyuwangi. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 100 orang dan metode yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dimana Y1 menunjuk pada variabel kepuasan konsumen dan Y2 menunjuk pada variabel loyalitas konsumen, X1 variabel tangible, X2 variabel reliability, X3 variabel responsiveness, X4 variabel assurance, dan X5 variabel empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Hasil ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Wujud fisik, Kehandalan dalam menangani konsumen, Daya Tanggap, Jaminan yang diberikan dan Empati terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.

Page 1 of 31 | Total Record : 301