cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 208 Documents
ANALISIS MOTIVASI BELANJA HEDONIK DAN UTILITARIAN PADA PROFIL KONSUMEN DALAM KOTA Elizabeth Tika Kristina Hartuti
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.371 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i2.857

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan pasar ritel yang semakin berkembang dipengaruhi oleh perkembangan demografi (usia, gender, pendapatan, dll), bidang sosial budaya, bidang teknologi (globalisasi), dan gaya hidup. Jumlah penduduk yang terus bertambah menyebabkan persaingan bisnis bidang shopping center ini semakin ketat. Konsumen memiliki beberapa motivasi dalam berbelanja, yaitu yang terdiri dari motivasi belanja hedonik dan Utilitarian. Motivasi Hedonik terdiri dari Adventure Shopping, Gratification Shopping, Role Shopping, Value Shopping, Social Shopping, dan Idea Shopping. Motivasi Utilitarian terdiri dari Achievement dan Effeciency. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis Frequency untuk mengetahui gambaran karakteristik responden dan metode Independent Sample T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin (wanita dan pria) terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Sampel yang digunakan adalah 150 responden. Lokasi penyebaran kuesioner yaitu di pusat perbelanjaan Moro Purwokerto. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan pertama yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan jenis kelamin (wanita dan pria) terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Kesimpulan kedua dinyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan status domisili baik konsumen dalam kota maupun konsumen luar kota terhadap motivasi belanja hedonik dan utilitarian. Kata kunci : motivasi belanja hedonik dan utilitarian, konsumen dalam kota, konsumen luar kota.
PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE VIVO Di KOTA TANGSEL Roby Irzal Maulana
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.986 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i1.2002

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli menggunakan smartphone Vivo dengan menggunakan variabel kredibilitas celebrity endorser dan varibel mediasi yakni citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 110 orang dengan metode purposivesampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu path analysisserta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kredibilitas celebrityendorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk menggunakansmartphone Vivo. Citra merek secara signifikansi mampu memediasi hubungan antara kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli smartphone Vivo. Saran yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dan pemasar ialah diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari kredibilitas celebrity endorser dengan pemilihan celebrity yang baik akanmembuat citra produk yang semakin dikenal..Kata kunci: kredibilitas celebrity endorser, citra merek, niat beli.  ABSTRACTAlong with the development of smartphone technology in Indonesia the higher competition among companies. Vivo smartphones are now on the market until one hundred percent in Indonesia and are being intensively promoted using celebrity endorser. This study aims to determine the intention to buy using Vivo smartphones by using the credibility variable of endorser celebrities and variables of mediation. This research was conducted in South Tangerang City by using sample size of 110 people with purposive sampling method. Data analysis technique used in this research is path analysis and test of sobel. The results showed. Significantly significant positive recruits to purchase intentions to use Vivo smartphones. The brand image is significantly capable of mediating the relationship between the celebrity endorser's credibility with the intention of buying an Vivo smartphone. Suggestions that can be used as a reference for companies and marketers who are expected to pay attention to the quality of well-prepared celebrities.  Keywords: credibility of celebrity endorser, brand image, buying intention.
PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PANEL LISTRIK PADA PT. CAKRA RAYA TEKNOLOGI DI TANGERANG KOTA Cornelia Dumarya Manik; Edih - -
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.823 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i01.678

Abstract

ABSTRAK            Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui harga yang diberikan oleh PT. Cakra Raya Teknologi, 2) Untuk mengetahui keputusan pembelian pada PT. Cakra Raya Teknologi, dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian.            Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Populaasi pelanggan PT. Cakra Raya Teknologi dengan jumlah populasi sebanyak 79 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari harga sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ skala Likert. Analisis data menggunakan analisis uji koefisien product moment, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi (KD), uji signifikasi.            Berdasarkan hasil analisis koefisien kolerasi sebesar r = 0,7236, maka dilihat dari tabel termasuk kedalam interval 0,60-0,799 dengan tingkat pengaruh KUAT, regresi linier sederhana diperoleh Y = 15,7 + 0,626 X. Uji koefisien determinasi KD = 52,35% menunjukan bahwa kontribusi penetapan harga panel listrik terhadap keputusan pembelian pada PT. Cakra Raya Teknologi 52,35% sedangkan selebihnya yaitu sebesar 47,65% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji signifikasi diketahui bahwa > atau 9,20 > 1,6649 yang artinya bahwa  ditolak dan  diterima. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah  terdapat pengaruh yang signifikan antara Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian Panel Listrik pada PT. Cakra Raya Teknologi di Tangerang Kota. Kata Kunci : Penetapan Harga, Keputusan Pembelian
ANALISIS FAKTOR NORMATIF DAN INFORMATIF PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SUPERMARKET YOGYA KOTA KUNINGAN JAWA BARAT Zaenuddin Thahira Bukhani; Rosa Lesmana
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 4 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.197 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i4.1554

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mencermati  faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat dari segi normatif dan informatif pemasaran yang selalu berubah dan berkembang pada supermarket Yogya di Kabupaten Kuningan Jawa-Barat Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara dan kuisioner pada sampel responden langganan pembeli di supermarket Yogya Kuningan Jawa Barat. Bentuk analisisnya memusatkan pada penjagaan bersifat relatif terkait faktor normatif dan informatif serta gabungan keduanya dalam proses keputusan pembelian di supermarket terkait produk- produk berupa barang-barang konsumsi. .   Dari hasil pengamatan  Keputusan pembelian  masyarakat dan konsumen supermarket Yogya di Kuningan, Jawa Barat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:  masyarakat akan peduli terhadap kualitas dan mulai memperhatikan sisi moralitas dan tanggung jawab sosial perusahaan, perubahan gaya hidup karena peningkatan jumlah pendapatan yang diterima, pendidikan yang semakin baik, dan juga karena perubahan nilai-nilai budaya serta lokasi supermarket yang tidak jauh dari tempat tinggal dan fasilitas fisik supermarket. Kata Kunci : Faktor Normatif dan Informatif Pemasaran, Keputusan Pembelian
PELAKSANAAN QUALITY CONTROL PRODUKSI UNTUK MENCAPAI KUALITAS PRODUK YANG MENINGKAT (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang) Fikron Al Choir
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 4 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.197 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i4.1545

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk menganalisis bagaimana Quality Control produksi yang dilakukan, bagaimana kualitas produk sebuah perusahaan, dan seberapa besar pelaksanaan Quality Control dalam upaya mencapai kualitas produk yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu; (1) Check Sheet, (2) histogram, (3) Control chart, (4) diagram pareto, (5) diagam sebab akibat, (6) scatter diagram,dan diagram proses.Hasil penelitian ini adalah satu, perusahaan menetapkan standar pengendalian sebesar 0.03. Hal ini artinya perusahaan hanya menetapkan berdasarkan barang yang diproduksi. Kecacatan yang terjadi melebihi 14 proses produksi, dan kondisi ini diangggap wajar oleh perusahaan. Dua, pengendalian kualitas produk berdasarkan metoda kendali c berkisar 0.03. Kecacatan yang terjadi dan dapat terdeteksi hanya sekitar 14 proses produksi. Dengan kata lain masih dalam batas normal. Tiga, jika dibandingkan metode perusahaan dengan metode c-chart, maka lebih efektif menggunakan metoda  dibandingkan dengan perusahaan. Hal ini terlihat dari sedikitnya barang yang cacat dan dapat digunakan sebanyak 14 proses produksi dibandingkan metode perusahaan yang melebihi 14 proses. Hal ini tentunya akan dapat merugikan perusahaan dari segi waktu dan dana yang telah dikeluarkan Kata Kunci:  Quality Control, Kualitas Produk
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI KCM JAKARTA RAYA KOSAMBI JAKARTA BARAT Ali Mubarok; Abdullah Syafi’ie
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 3 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.752 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i3.2829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Mandiri KCM Jakarta Raya Kosambi Jakarta Barat. Sampel penelitian sejumlah 85 orang nasabah, sample diambil dengan teknik random sampling.Data primer diperoleh dengan metode survey menggunakan quesioner. Data dianalisis dengan analisis uji koefisien determinasi, uji hipotesis, deskriptif, korelasi, dan regresi sederhana. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan adalah baik dengan total jawaban setuju dan sangat setuju sebesar 70,7%. Begitu pula untuk kepuasan nasabah dalam kategori baik dengan mayoritas 78,1% membrikan jawaban setuju dan sangan setuju. Di sisi lain pada hasil uji hipotesis menghasilkan nilai 11,34. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif dan berkategori kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dengan nilai koefisien korelasi 0,7796. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisiensi regresi 0,38. Sedangkan tingkat kontribusi koefisien determinasi pada kualitas pelayanan menghasilkan nilai 60,78%. Sisanya sebesar 39,22% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneliti ini. 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND EQUITY DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi kasus pada PT. Immortal Cosmedika Indonesia Wilayah Tangerang Selatan) Ali Mubarok
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.625 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i3.1141

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand equity dan kualitas produk baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT. Immortal Cosmedika Indonesia wilayah Tangerang Selatan periode tahun 2015.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu penyebaran kuesioner dengan mengambil responden pelanggan PT. Immortal Cosmedika Indonesia wilayah Tangerang Selatan tahun 2015. Penelitian ini menggunakan sampel acak dengan jumlah responden sebanyak 104 pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana pengaruh secara simultan diuji dengan menggunakan uji F dan pengaruh secara parsial diuji dengan menggunakan uji t.Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan parsial kualitas pelayanan, brand equity dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan. Koefisien multiplier (R2)  sebesar  0.427 atau 42,70% sedangkan sisanya sebesar 57,30% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.Kata kunci : kualitas pelayanan, brand equity kualitas produk, kepuasan pelanggan
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA AGEN ANUGRAH MANDIRI JAKARTA) Ugeng Budi Haryoko Budi Haryoko; Punguan Sinaga
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.131 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2458

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi, biaya promosi, tingkat penjualan dan untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh biaya promosi (X) terhadap tingkat penjualan (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi dan mengenai alat promosi yang digunakan. Sedangkan pengolahan data bersifat kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik. Dengan jumlah sampel biaya promosi dan hasil penjualan selama 6 tahun (20102015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam tahun tingkat penjualan agen Anugerah Mandiri adalah rata-rata 89,68% dari target yang ditetapkan. Pada tahun 2010 sebesar 87,05%, tahun 2011 sebesar 90,38%, tahun 2012 sebesar 93,84%, tahun 2013 sebesar 86,14%, tahun 2014 sebesar 88,38%, dan pada tahun 2015 sebesar 92,28%. Berdasarkan analisis korelasi dapat disimpulkan bahwa r = 0,85 hal ini mempunyai arti bahwa pengaruh biaya promosi terhadap tingkat penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 72,25% hasil penjualan dipengaruhi biaya promosi dan 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan n = 6 pada taraf signifikan α = 5% dan nilai t hitung > t tabel yaitu diketahui bahwa t hitung 3,23 sedangkan t tabel 2,132 maka dapat dikatakan 3,23 > 2,132. Ho ditolak, H1 diterima yang artinya, terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap tingkat penjualan pada agen Anugerah Mandiri Kata kunci: Biaya Promosi, Tingkat Penjualan
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU UMROH ESQ TOUR TRAVEL PT. FAJRUL IKHSAN WISATA Ela Hulasoh
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.513 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v1i2.853

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengeksplorasi dan menggambarkan tentang penerapan dan pengintegrasian aktivitas komunikasi pemasaran terpadu pada produk umroh ESQ Tours Travel yang merupakan brand dari PT. Fajrul Ikhsan Wisata. Menggunakan teori-teori yang relevan dengan tema riset, yaitu teori komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, dan teori komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan paradigma fenomenologi. Berlokasi di kantor pusat ESQ Tours travel, Jakarta Selatan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. dan sumber data dikategorikan menjadi dua, 3 orang staff marketing dan 1 orang staff bagian advertising dan promosi perusahaan sebagai sumber data primer, dan dilengkapi dari sumber data sekunder berupa dokumentasi wawancara, foto, majalah, flier, iklan, dan brosur, dan lain-lain. Data tersebut dianalisa menggunakan model interaktif, diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber sehingga diperoleh derajat kepercayaan suatu informasi dan data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa ESQ Tours Travel terhadap produk umrohnya telah menggunakan dan mengintegrasikan bauran  komunikasi pemasaran terpadunya baik secara personal, kelompok dan massal, berdasarkan model 3 yang dikemukan dalam teori  George dan Michael Belch. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa eksistensi dan brand equity yang diraih oleh produk umroh ESQ tours karena faktor keberhasilan dalam melakukan pengintegrasian bauran komunikasi pemasarannya terhadap produk di atas. Dari hasil analisis, disarankan bahwa manajemen ESQ Tours Travel berani beriklan di media massa elektronik, menjadi sponsor berbagai acara religi, dan memiliki staff khusus kehumasan/PR agar lebih terorganisir dan efektif dalam kegiatannya.Kata kunci: komunikasi pemasaran terpadu, marketing, umroh, dan tours travel
PENGARUH MEDIA IKLAN TELEVISI, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA Rio Setiawan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.246 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i1.1988

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa pengaruh penggunaan media iklan televisi, citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode kuantitatif. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner menggunakan metode accidental sampling dengan kriteria (1) mahasiswa pasca sarjana universitas pamulang, (2) pengguna sepeda motor, (3) pernah melihat iklan yamaha.Hasil penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa media iklan televisi, citra merek dan kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 27,1% sedangkan sebesar 72,9% dipengruhi oleh factor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Secara parsial media iklan televisi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 22,4% dan 53,6%. Sedangkan kesadaran merek tidak berpengaruh secara positif keputusan pembelian dengan angka t penelitian sebesar -1,744. Besarnya pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian sebesar -23,1%. Kata kunci: Media Iklan Televisi, Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian ABSTRACTThis study aims to determine the influence of the television advertising media, brand image and brand awareness to the purchasing decisions.The research method used a quantitative method, and data collected by distributing questionnaires to the pamulang university postgraduate students, who is  (2) motorcycle users, and  having seen Yamaha advertisements.The results of this study simultaneously show that television advertising media, brand image and brand awareness affect purchasing decisions by 27.1% while 72.9% is influenced by other factors not explained in this study. Partially, television advertising media and brand image significantly influence purchasing decisions by 22.4% and 53.6%. While brand awareness does not positively influence purchasing decisions with the research t value of -1.744. The magnitude of the effect of brand awareness on purchasing decisions is -23.1%.by Keywords: Media Television Advertising, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Decision

Page 1 of 21 | Total Record : 208