cover
Contact Name
MS Khabibur Rahman
Contact Email
khabib_ynwa@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
khabib_ynwa@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Pendidikan
ISSN : 25491725     EISSN : 25494163     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of scientific study: theory and practice. Theories that have been found by the founding fathers of communication science is continue to grow and develop. This is what will be the first study in the journal of communication science. The second study on the elements of scientific practice or practitioners in the field of communication science is the development of science in the field of public relations, advertising, broadcasting, and journalists.
Arjuna Subject : -
Articles 99 Documents
Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi Soepri Tjahjono Moedji Widodo; Vio Nita
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.673 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v3i1.256

Abstract

Fenomena bullying telah lama menjadi bagian dari dinamika sekolah. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sepanjang tahun 2014, sangat miris melihat adanya 19 kasus bullying di sekolah. Jumlah ini berdasarkan pengaduan langsung melalui media dan melalui surat elektronik. Mulai dari ejekan hingga perlakuan kasar yang menyebabkan luka fisik (Syarifah, 2014). Jika perilaku bullying terjadi secara terus menerus maka sekolah akan menjadi tempat yang tidak aman bagi anak yang bersekolah, banyak siswa yang bolos sekolah karena ketidaknyamanan dengan teman temannya di sekolah. Usulan pendidikan kesehatan reproduksi diberikan melalui sekolah merupakan fenomena yang menarik. Sekolah sebagai tempat mempersiapkan anak-anak menjadi anggota masyarakat, kini juga dituntut memberikan pendidikan kesehatan reproduksi yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku (Tukiran, 2010). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan reproduksi dalam pencegahan bullying di Sekolah Dasar, Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment  dengan populasi siswa kelas V SD Muhammadiyah Macanan, Ngemplak, Sleman.  Sampel diambil  quota sampling Data dianalisis univariat untuk melihat karakteristik responden dan masing-masing variabel. Untuk melihat pengaruh  pendidikan kesehatan reproduksi digunakan  analisis paired t-test. Hasil yang didapat bahwa perilaku rata-rata mean sebelum pendidikan (pretest) sebesar 34,33 dan sesudah sesudah (posttest)  24,41. Nilai p: 0,000 atau < 0,05 sehingga perbedaan ini dikatakan signifikan (efektif). Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh efektif pendidikan kesehatan reproduksi terhadap perilaku bullying.
UPAYA PENINGKATAN APRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN UNJUK KARYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Tri Andayani
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.122 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk (1) meningkatkan apresiasi puisi, (2) meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi, (3) meningkatkan kemampuan membaca puisi, (4) meningkatkan kemampuan menanggapi cara pembacaan puisi, dan (5) meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Mojosongo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 2 Mojosongo. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel terikat (Y1) berupa apresiasi puisi, variabel tindakan yang pertama (X1) berupa pendekatan kontekstual, dan variabel tindakan yang kedua (X2) adalah unjuk karya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dinyatakan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dan unjuk karya dapat meningkatkan apresiasi puisi. Rerata nilai kemampuan apresiasi puisi untuk menulis puisi meningkat semula rerata 69 menjadi 78,74. Ketuntasan klasikal semula 3,1% meningkat menjadi 96,87%. Kemampuan apresiasi puisi untuk membaca puisi meningkat semula rerata 69,43 menjadi 78,53. Ketuntasan klasikal semula 31,25% meningkat menjadi 100%. Pemerolehan nilai hasil menanggapi cara pembacaan puisi juga mengalami peningkatan yaitu siklus I rerata 80,30 menjadi 81,87 saat siklus II. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan. Proses pembelajaran berupa keaktifan dan motivasi belajar siswa jug mengalami peningkatan.Kata Kunci : Apresiasi Puisi, Pendekatan Kontekstual, Unjuk Karya Siswa
STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI Ahmad Syafi&#039;i; Tri Marfiyanto; Siti Kholidatur Rodiyah
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.91 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v2i2.114

Abstract

Artikel ini adalah hasil kajian pustaka melalui metode diskriftif kualitatif yang mengkaji tentang gambaran umum prestasi belajar siswa dari berbagai aspek dan faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa terdapat tiga aspek prestasi dalam belajar siswa yaitu aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik dengan dua faktor yang mempengaruhi sebuah hasil dari prestasi tersebut diantaranya adalah faktor internal seperti pertama faktor fisiologi kedua faktor psikologi ketiga faktor kematangan fisik maupun psikis sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah pertama faktor sosial kedua faktor budaya dan ketiga faktor lingkungan.Kata Kunci: prestasi belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi
ANALISIS SPASIAL PERBANDINGAN JUMLAH ANAK USIA SD DAN RUANG KELAS KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO MS Khabibur Rahman; Bambang Partono
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.61 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v1i1.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui persebaran sekolah dasar di Kecamatan Bulu serta, dan (2) mengetahui perbandingan jumlah anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2015. Dalam usaha mengetahui persebaran dan kecukupan ruang sekolah dan ruang kelas yang ada di Kecamatan Bulu, digunakan metode penelitian pemetaan serta penggunaan rumus APM (Angka Partisipasi Murni) yang telah dimodifikasi berdasarkan Permendiknas No. 15 Tahun 2010. Data lokasi sekolah diperoleh dengan cara Ploting menggunakan GPS, sedangkan jumlah anak usia sekolah dasar diperoleh dengan pengambilan data ke masing-masing kelurahan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengolah data hasil ploting dan peletakannya pada peta dasar menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sehingga menghasilkan peta persebaran SD di kecamatan Bulu, serta hasil perhitungan perbandingan jumlah anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas. Hasil penelitian menunjukkan sekolah dasar di Desa di Kecamatan Bulu berjumlah 24 sekolah, yang paling banyak di Desa Bulu dengan 4 sekolah terdiri dari 3 sekolah negri dan 1 sekolah swasta. Jumlah ruang kelas sekolah dasar di Kecamatan Bulu mengalami kelebihan berdasarkan perhitungan perbandingan anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas yang tersediaKata Kunci: Pemetaan, Ruang Kelas
PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS OLEH SISWA DAN GURU SD DI KOTA SURAKARTA Jumanto Jumanto; Ari Widodo
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.756 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v2i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman tentang hakikat sains (NOS) oleh siswa dan guru di kota Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah 3 guru dan 20 siswa kelas 5 SD di daerah perbatasan Kota Surakarta, 3 guru dan 26 siswa kelas 5 SD di daerah pinggiran Kota Surakarta, serta 4 guru dan 36 siswa kelas 5 SD di daerah pusat Kota Surakarta. Instumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang berisi 30 item pernyataan yang disusun oleh peneliti dengan berkonsultasi pada guru SD dan kepala sekolah serta dengan berdasarkan literatur yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sains oleh siswa dan guru SD di Kota Surakarta keduanya pada kriteria cukup dengan skor 66,27  dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Tetapi dengan uji korelasi pada α = 0,05 pada setiap aspek tingkat pemahaman sains oleh siswa dan guru SD di Kota Surakarta tidak ditemukan korelasi. Implikasi dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang aspek NOS seharusnya mulai diperhatikan dan dikaji oleh semua civitas pendidikan sehingga siswa dan guru memahami NOS dengan sangat baik.Kata kunci: hakikat sains, pemahaman siswa dan guru
Penerapan Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Memperbaiki Mesin Diesel Heru Setyoko
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.73 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v3i1.297

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui model Discovery Learning pada pelajaran memperbaiki sistem bahan bakar Diesel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran Discovery, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.  Peningkatan ditunjukkan pada keaktifan dan hasil belajar siswa dalam memperbaiki system bahan bakar diesel. Keaktifan belajar siswa dari prasiklus ke siklus I, meningkat dari 56,25% menjadi 69,44%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 91.67%. Peningkatan lainnya terjadi pada hasil belajar aspek pengetahuan dari prasiklus meningkat dari nilai rata-rata sebesar 72,85 meningkat menjadi 77,54 pada siklus I dan menjadi 85.14 pada akhir siklus II.  Jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 17 siswa meningkat pada siklus I menjadi 26 siswa, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 36 siswa, dengan hasil belajar aspek pengetahuan prasiklus ke siklus II meningkat sebanyak 19 siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Discovery, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada  mata pelajaran ”Memperbaiki sistem bahan bakar diesel” siswa SMK di Sragen.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA Broto Apriliyanto
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.225 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v1i2.25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (2) Apakah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes, sedangkan untuk aktifitas belajar menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa semakin aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (nilai rata-rata aktifitas belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 77, 80, dan 82, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 59, 75, dan 84). (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. (nilai rata-rata hasil belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 73, 75, dan 77, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 53, 66, dan 81).Kata-kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar
PENGGUNAAN STRATEGI TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Zainun Zainun
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.969 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v2i2.130

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai Sosiologi siswa di SMA Negeri 7 Sarolanun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian di ambil secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan lembar penilaian. Sedangkan data kuantitatif  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian, peningkatan hasil belajar siswa  dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus yaitu, 62,95 siklus I menjadi 67,86,untuk siklus II dan 75,00  untuk siklus III, untuk hasil belajar siswa yang dinilai dari aspek sikap setiap siklus yaitu 46,43 % untuk siklus I menjadi 64,29 %  untuk siklus II dan 76,58 % untuk siklus III dan penilaian dari aspek keterampilan setiap siklus yaitu, 32,14 % untuk siklus I 53,57 % untuk siklus II dan 82,15 % untuk siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Integrasi dan Reintegrasi. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran
METODE MARIA MONTESSORI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN Muhammad Irsad
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.669 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v1i1.16

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang masih memiliki pekerjaan rumah (home work) yang banyak yang harus di selesaikan, salah satunya tentang perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu yang paling berperan dalam menunjang kesuksesan penyelenggaraan pendidikan ialah metode pendidikan yang diterapkan. Maria Montessori sebagai seorang ilmuwan, dokter dan juga seorang pendidik, menciptakan sebuah metode pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didiknya. Penyatu-paduan antara kebebasan dan kedisiplinan dalam metode Maria ini akan penulis analisa dari perspektif Filsafat Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dalam menganalisa topik pembahasan menggunakan metode analisa isi (analysis content) dengan menerapkan pendekatan filosofis. Sumber primer dalam tulisan ini merupakan tulisan Maria yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah; Maria dalam praktik metode pendidikannya menerapkan beberapa hal sebagai berikut; mempertimbangkan aspek antropologis peserta didiknya, penyiapan lingkungan belajar perlengkapan ruang kelas, disiplin dalam kebebasan, serta penghapusan hadiah-hadiah dan bentuk-bentuk hukuman.Kata Kunci: Maria, Montessori, Filsafat Pendidikan
PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH Endra Yuafanedi Arifianto; Mochammad Coiri
Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.939 KB) | DOI: 10.32585/jkp.v2i1.67

Abstract

Penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran dikelas manajemen usaha kecil dan menengah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa. Pemberian materi yang sebelumnya hanya berdasarkan konsep dan teori dirubah dengan terobosan tugas praktik lapangan dengan bekerja sama dengan pelaku usaha komunitas UKM Kota Malang. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini memiliki kesimpulan penerapan teknologi informasi khususnya e-commerce dalam pembelajaran di kelas manajemen usaha kecil dan menengah memberikan dampak nyata kepada kemampuan dan tingkat pemahaman mahasiswa tentang materi perkuliahan, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan langsung secara nyata tentang bisnis, mahasiswa mampu merancang dan menguji e-commerce prototype, mahasiswa terlibat secara langsung dalam membantu menyelesaikan permasalahan pelaku usaha khususnya bidang promosi dan komunikasi pelanggan, kelas manajemen usaha kecil dan menengah mampu menghasilkan media promosi yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh pelaku usaha.Kata kunci: E-commerce, Manajemen Usaha Kecil dan Menengah

Page 1 of 10 | Total Record : 99