cover
Contact Name
Ika Chastanti
Contact Email
Chastanti.ika@gmail.com
Phone
+628116511986
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 219 Documents
Pengaruh Model Pembelajaran dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Hasmi Syahputra Harahap; Herawati Dongoran
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v5i1.1487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi model pembelajaran dan self efficacy terhadap: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di MAN 1 Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas dari 6 kelas XI IPA yang diambil dengan menggunakan metode  purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa dalam bentuk tes uraian, dan nontes berupa angket self efficacy. Teknik analisis menggunakan statistik deksriptif dan Statistic Inferensial Parametric atau Multivariate Analysis of Variance (MANAVA) dengan taraf signifikan 5% dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,024<0,05); (2) Ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,000<0,05); (3) Ada interaksi yang signifikaan antara model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah (p=0,004<0,05). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dan self efficacy pada materi sistem ekskresi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan proses sains siswa di sekolah
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BILAH HULU AEK NABARA Maharani Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap aktifitas dan belajar siswa pada pokok bahasan pelestarian keanekaragaman hayati siswa
ANALISIS ION Fe DALAM AIR SUMUR MENGGUNAKAN ZEOLIT/TIO2 SECARA KOLOM ADSORBSI DENGAN METODE SPEKTROSKOPI SERAPAN ATOM (SSA) Dini Hariyati Adam
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i2.1122

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai analisis ion Fe dalam air sumur menggunakan spektroskopi serapan atom (SSA). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kondisi optimum (waktu dan bobot adsorben) menggunakan zeolit/TiO2, dan efisiensi adsorbsi ion Fe. Metode yang digunakan yaitu kolom adsorbsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap zeolit/TiO2 terhadap ion logam Fe cukup baik. Waktu kontak optimum dari hasil penelitian yaitu pada waktu 75 menit dengan nilai efisiensi adsorbsi hingga 99,04%.
Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan Nurhakima Ritonga; Novi Fitriandika Sari; Halimah Sakdiah Boru Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v5i2.1329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Pembelajaran berbasis masalah pada Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA-1 SMAN 1 Panai Tengah sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu kelas XI. Pengambilan sampel dipilih secara Random/Acak. Hasil penelitian diperoleh rata-rata ketuntasan belajar siswa setelah ujian  pre-tes 44.82 % Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa rendah. Berdasarkan hasil uji post tes nilai hasil belajar siswa diperoleh sebesar 89.65%. Hal ini menunjukkan bahwa kelas adanya peningkatan Rata-rata keaktifan siswa sebesar 44.83 %, Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih dapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah dengan menggunakan metode Pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya kompetensi dasar materi Mengindentifikasi Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan pada siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Panai  Tengah Saran yang diberikan adalah penerapan metode Pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan pada konsep lain yang mempunyai permasalahan yang sama
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SILANGKITANG Nurhakima Ritonga
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i2.1206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan Media Torso dan Media Gambar Pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silangkitang. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda masing-masing berjumlah 35 orang sehingga total sampel 70 orang. Pada kelas pertama permbelajaran dilakukan dengan cara menggunakan media torso sedangkan pada kelas yang kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media gambar, untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan digunakan uji statistic t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media torso dan media gambar, nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media torso ( 1=6,423; SD=1,92) lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan media gambar ( 2=5,52; SD=1,59). Uji hipotesis menunjukkan (thitung=2,1591 > ttabel=1,9974). Dengan taraf α=0,05 diterima Ha jika ttabel terletak diantara -1,9974 sampai dengan +1,9974, dan Ha jika harga ttabel diluar dari harga-harga tersebut. Karena ttabel = 2,1591 terletak diluar -1,9974 sampai dengan +1,9974, maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan sekaligus menerima Ha. Hal ini membuktikan hasil belajar siswa yang diajar dengan media torso lebih tinggi dari pada media gambar Pada materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silangkitang.
PENGARUH STRATEGI, INQUIRING MINDS WHAT TO KNOW TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEMDI KELAS X SMA NEGERI 2 TORGAMBATAHUN PEMBELAJARAN2017/2018 Siti Suharni Simamora
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v4i2.1112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan Strategi Inquiring Minds What to Know di kelas X SMA Negeri 2 Torgamba Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Torgamba yang jumlahnya 106 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sample terdiri dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-3 sebagai kelas eksperimen. Terdapat peningkatan yang signifikan teradap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi inquiring minds what to know. Sebelummenggunakanstrategi inquiring minds what to know memiliki nilai rata-rata 38,78 kategori
PENENTUAN ANTOSIANIN DARI DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss.) SERTA ALIKASINYA SEBAGAI PEWARNA MINUMAN Dini Hariyati Adam
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v3i1.1197

Abstract

Penelitian tentang penentuan antosianin dari daun bayam merah dan aplikasinya sebagai pewarna dalam minuman telah dilakukan. Daun segar bayam merah ekstrak etanol ditambahkan 0,1 M HCl dan CH3COOH 25% dan etanol tanpa penambahan asam. Ekstraksi di tempatkan pada tempat gelap selama 24 jam. Ekstrak diuji stabilitas terhadap pengaruh konsentrasi, pH, suhu, dan kondisi penyimpanan. Kemudian diidentifikasi oleh spektrofotometer UV-Vis dan lapisan tipis chromatografi (TLC). Hasil dari pengaruh konsentrasi menunjukkan bahwa jenis antosianin bayam merah cyanidin, yang didasarkan pada nilai absorbansi maksimum pada 290 nm (UV) dan 536 nm (terlihat). Hasil dari efek asam tipe menunjukkan bahwa konsentrasi tertinggi antosianin. Monomer dan total antosianin berada di 0,1 M HCl, yang memiliki nilai 43,08 mg / L dan 132,76 mg / L. Hasil dari efek pH menunjukkan ekstrak antosianin stabil pada pH 1-3, karena pada pH antosianin ini dalam bentuk kation flavilium. Suhu Efek menunjukkan bahwa antosianin berada di stabil pada suhu 60oC, karena pada suhu ini, degradasi pewarna adalah 25,14%. Kondisi pengaruh penyimpanan, antosianin stabil dalam penyimpanan pada suhu lemari es (
Perbedaan Pemberian Kapur Dan Dolomit Terhadap Pertumbuhan Miselium Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus (Jacq. Ex. Fr) Kummer) || Differences of Giving Calcite And Dolomite To The Myselium Growth White Oyster Mushroom (Pleurotus ostreatus (Jacq. Ex. Fr) Kummer) Mei Awbina Berutu; Risky Hadi Wibowo; Alfredi Anis Fadhila Ginting Sinisuka; Welly Darwis; Sipriyadi Sipriyadi; Ali Sadikin Berutu
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v6i2.1799

Abstract

Jamur Tiram putih (Pleurotus Ostreatus (Jacq. Ex. Fr) Kummer) adalah jenis jamur kayu yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan jenis jamur lainnya dan banyak diminati di Indonesia. Untuk pertumbuhan miselium jamur tiram dan di gunakan kapur dan dolomit. Dolomit dan kapur memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan jamur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemberian dosis kapur dan dolomit yang tepat terhadap pertumbuhan miselium jamur tiram putih. Penelitian ini dilakukan di Usaha Bersama Jamur Tiram Medan, Sumatera Utara dengan menggunakan bibit F2 dari jamur tiram yang diperoleh dari lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 2 penelitian dengan penelitian I (yaitu pengaruh perlakuan kapur) dan penelitian II (pengaruh perlakuan dolomit) dengan masing-masing 4 perlakuan dan 6 ulangan. 10 gram kapur dan 30 gram dolomit merupakan dosis yang optimum pada pertumbuhan miselium jamur tiram putih.White Oyster Mushroom (Pleurotus ostreatus (Jacq. Ex. Fr) Kummer) is a type of wood fungus that has a higher nutrient content than other types of mushrooms and is in great demand in Indonesia. For the growth of oyster mushroom mycelium, Calcite and dolomite are used. Dolomite and Calcite have the ability to accelerate mold growth. The purpose of this study was to determine the differences in the correct dose of Calcite and dolomite for the growth of mycelium white oyster mushrooms. This research was conducted at the Medan Oyster Mushroom Joint Venture, North Sumatra using F2 seeds from oyster mushrooms obtained from the research location. This study used an experimental method with 2 studies with research I (namely the effect of lime treatment) and research II (the effect of dolomite treatment) with 4 treatments and 6 replications respectively.10 grams of Calcite and 30 grams of dolomite is the optimum dose for the growth of white oyster mushroom mycelium
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK HUBUNGAN KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN Halimah Sakdiah Boru Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i1.1229

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1. (2) Pengaruh media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada Mei di semester genap kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol X-2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar yang dilakukan di kelas eksperimen, maka didapatkan hasil rata-rata perhitungan pretes kelas nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40, untuk postes nilai tertinggi 90 dan terendah 55. Peningkatan rata-rata pretes dan postes adalh 11,33, itu membuktikan bahwa kelas eksperimen yang dikenai penggunaan media gambar, hasil belajar yang diperoleh lebih baik dibanding dengan yang tidak dikenai penggunaan media gambar. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Pired sampel T-Test) diketahui bahwa nilai t adalah -8,973 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan media gambar dari pada pembelajaran dengan konvensional. Berdasarkan selisih hasil rata-rata nilai postest (sesudah perlakuan) dan pretest (sebelum perlakuan), serta hasil analisis dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired sampel T-Test) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Kampung Rakyat semester genap.
Kelulusan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) Terhadap Pemberian Probiotik Effective Microorganism-4 (EM-4) Pada Pakan || Survival Rate and Growth juvenile of African Catfish (Clarias gariepinus) Against the Probiotic Effective Microorganism-4 (EM-4) on the Contain Feed Helentina Mariance Manullang
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v6i1.1503

Abstract

Pemanfaatan probiotik disinyalir dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan memperbaiki kualitas air, tentunya memperbaiki tingkat kelulusan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan probiotik EM-4 (Effective Microorganisme-4) pada pakan terhadap terhadap tebar yang berbeda dalam peningkatan kelulusan hidup dan pertumbuhan ikan lele dumbo. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai bulan Oktober 2019. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan berupa jumlah kepadatan penebaran yang berbeda (P1: 50 ekor/48 liter air), (P2 : 65 ekor/48 liter air), (P3 : 80 ekor/48 liter air) dan (P4 : 95 ekor/ 48 liter air). Data dianalisis dengan Analisis Variansi (ANAVA) setelah memenuhi persyaratan, selanjutnya dilakukan uji homogenitas ragam galat dan menggunakan sebaran chi-kuadrat dengan rumus Steel dan Torries (2003). Hasil menunjukkan jumlah kepadatan penebaran yang berbeda berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelulusan hidup benih ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Kepadatan penebaran yang optimal terhadap pertumbuhan dan kelulusan hidup benih ikan lele dumbo kepadatan penebaran 50 ekor/48 liter air, dengan rata-rata kelulusan hidup 90,66 %, rata-rata pertumbuhan berat mutlak 19,10 gram dan rata-rata pertumbuhan panjang tubuh 9 cm.This study aimed to determine the effect of the use of EM-4 probiotics (effective microorganisms-4) in feed on different stockings in increasing the survival rate and growth of African catfish. This research was conducted by the Faculty of Fisheries Laboratory of the Dharmawangsa University Medan from September to October 2019. The design used in this study was a completely randomized design,  with 4 treatments 3 replications. The treatment consists of the different amounts of stocking density (P1: 50 fish / 48 liters of water), (P2: 65 fish / 48 liters of water), (P3: 80 fish / 48 liters of water) and (P4: 95 fish / 48 liters of water). The observation result Data is analyzed by variance analysis (ANAVA) after meeting the requirements,  Subsequently conducted a variety of error test homogenized and use a chi-squared spread with the formula Steel and Torries (2003). The results showed that the different amounts of stocking density affected the growth and graduation of African catfish (Clarias gariepinus) seeds. The optimal density of stocking on the growth and graduation of live African catfish is the density of 50 fish/ 48 liters of water, with an average survival rate of 90.66%, average growth of absolute weight of 19.10 grams and average growth length of 9 cm

Page 1 of 22 | Total Record : 219


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue