cover
Contact Name
Al Qari'ah
Contact Email
qori.diraz@gmail.com
Phone
+6281913645350
Journal Mail Official
alpenfkip@wiraraja.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Wiraraja Sumenep, Jl. Sumenep - Pamekasan Km. 5 Patean Sumenep 69451
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 25806890     EISSN : 25809075     DOI : https://doi.org/10.24929
Core Subject : Education,
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of scientific publications to pour conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. To achieve this, ALPEN will selectively disseminate ideas and studies complemented by quality research results related to education that can generate innovative, creative and original work and be tested in the field of primary school education and learning, disseminated and implemented to improve the quality of education at the regional level , national, and international.
Articles 98 Documents
PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA MI AT-TAUFIQIYAH Faiqoh, Elok; Hidayat, Jefri Nur; Nurbudi Prijambodo, Raden Firman
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.04 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v2i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap literasi sains siswa MI At-Taufiqiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan rumus persen keterlaksanaan pada target guru dan siswa sebesar 81% dan 74% dan hasil rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada tiap tahap meliputi tahap pendahuluan sebesar 69%, inti sebesar 80%, dan penutup sebesar 80% berkategori baik. Hasil literasi sains siswa yang diperoleh dari pengisisan pretest posttest uraian dianalisis menggunakan uji t secara statistik menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai gainscore literasi sains siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi TTW dan pembelajaran secara konvensional, dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran adalah berkategori baik dan tidak terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap literasi sains siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SAINS INTERAKTIF UNTUK SISWA SLB TUNARUNGU Zahroh, Fatimatus; Habibi, Habibi; Herowati, Herowati
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.804 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v1i2.7

Abstract

Keterbatasan siswa tunarungu dalam proses pembelajaran membuat siswa kurang memahami pelajaran dengan baik sehingga diperlukannya media pembelajaran yang dapat membantu siswa tunarungu memahami materi pelajaran khususnya pembelajaran IPA. Salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran, yaitu video sains interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media, mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media video sains interaktif dan juga respon guru terhadap media yang dipergunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research & Developmet dengan memodifikasi model dari Sugiyono. Teknik pengumpulan data dari aspek kelayakan media diperoleh dari penilaian validator, aktivitas siswa diperoleh dari observasi pada saat produk di implementasikan, dan aspek respon guru dari angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) aspek kelayakan media dari penilaian validator  ialah dari dosen IPA sebesar 94,23% kategori sangat baik dan guru IPA SLB sebesar 92,30% kategori sangat baik dan layak untuk digunakan; (2) aktivitas siswa tunarungu dalam penggunaan media video sains interaktif  dengan persentase 82,9%  kategori baik, aktivitas tertinggi siswa ialah mengerjakan soal dengan persentase 100% dan menurun pada aspek menyimpulkan dengan persentase 93,33%; dan (3) respon guru terhadap video sains interaktif dengan persentase 90% kategori sangat baik.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD KELAS V MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK Wardani, Rizki Putri
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.226 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v3i1.24

Abstract

The objective of this study was to develop a learning material with scientific approach to practice science attainment concept at grade fifth elementary school. This kind of research was developing research that use 4D model with one group test pretest-postest design. Subject of research was learning material that would be tested in the student of Kebonsari I Tuban elementary school. Data would be analyzed by using qualitative and quantitative. This research consisted of lesson plan, student work sheet, hand book, and science attainment concept test.  The result showed that learning material was valid, 3,5 for RPP, 3,4 for LKS, and 3,4 for Booksheet. Learning process was done well by 87,6 %. Student activity by using scientifich approach get well too. The result of science attainment concept showed that clasical studying completeness 80%. Based on the research, it can be concluded that learning material was valid, practical, and effective. So it can be apply in the class.
PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM Puniman, Ach.; Kadarisman, Kadarisman
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2017): Januari-Juni 2017
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3035.751 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v1i1.1

Abstract

?Pendidikan Islam atau pendidikan Islami adalah pendidikan yang dipahami dan dikembangkan dari ajaran dan nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam sumber dasarnya, yaitu Al-Qur?an dan As- sunnah?. Dalam pengertian yang pertama ini, pendidikan Islam dapat berupa pemikiran dan teori pendidikan yang berdasarkan diri atau dikembangkan dan dibangun dari sumber- sumber dasar tersebut. Keberhasilan pendidikan masa balita dipengaruhi pihak keluarga, karena banyak dilakukan dalam lingkungan keluarga. Anak belajar dalam keluarga terjadi secara alami, tanpa disadari oleh orang tua, tetapi pengaruh buruk yang kadang dilakukan oleh orang tua, akan berakibat sangat besar, terutama pada tahun pertama dari kehidupan anak (dibawah lima tahun). ?Pada umur tersebut pertumbuhan kecerdasan anak masih terkait dengan panca inderanya dan belum bertumbuh pemikiran logis atau maknawi abstrak atau dapat dikatakan bahwa anak masih berpikir inderawi?.Sedangkan saat masa pertengahan kanak-kanak, anak memperoleh pendidikan di sekolah sehingga strategi pendidikan negaralah yang dapat menentukan capaian tujuan pendidikan yang sesuai dengan syariat Islam. Pihak lain yang juga berperan dalam pendidikan anak ialah masyarakat.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP WILAYAH DAN PERWILAYAHAN PADA MAPEL GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN STAD Djahjadi, Mochammad
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.227 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.18

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam PBM didalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode Diskusi Kelompok dan Pengukuran Hasil Pre-Post Tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan yang dilaksanakan ke dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit). Subjek penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu siswa Kelas XII IPS 2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 SMA Negeri 2 Sumenep yang berjumlah 40 siswa, terdiri 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan dari hasil pengamatan teman sejawat. Kategori keberhasilan aktivitas belajar siswa didasarkan pada parameter adanya peningkatan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa dan taraf penguasaan tindakan. Sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan materi belajar disetiap siklus. Temuan atau hasil dari penelitian ini selain diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Sumenep juga ditemukan adanya kecenderungan pada akhir siklus II, siswa mulai terlihat bosan dengan pembelajaran yang diterapkan. Dengan temuan ini disarankan peran guru untuk selalu melakukan diversifikasi metode pembelajaran dalam setiap kegitan Proses Belajar Mengajar.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH INTEGRATED ENGLISH UNTUK MAHASISWA SASTRA INGGRIS Fatmawati, Nor Laili
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.276 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v2i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Integrated English untuk mahasiswa semester empat Sastra Inggris IAIN Surakarta. Integrated English adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Sastra Inggris yang diberikan untuk membimbing mahasiswa dalam mengaplikasikan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris yang telah diajarkan kepada mereka di semester-semester sebelumnya. Pada Mata Kuliah ini, para mahasiswa diberi dua proyek untuk diselesaikan dengan tim mereka selama satu semester. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan data yang diambil peneliti lewat silabus mata kuliah, jurnal mengajar, observasi kelas, jurnal mahasiswa dan wawancara. Penelitian pada proses belajar mengajar ini mengungkapkan adanya peningkatan perilaku belajar positif mahasiswa setelah mengikuti pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa proyek yang mereka kerjakan benar-benar bermakna dan memperkaya pengalaman positif mereka dalam mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris.
CARD SORT MELALUI ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU Syarifah, Habibah Asy; Azizah, Lutfiana Fazat; Meita, Nisfil Maghfiroh
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.832 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-Unggulan MTs Sumber Payung dengan penerapan Card sort melalui Active Learning. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. masing-masing siklus dengan dua pertemuan. Siklus penelitian diadopsi dari Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keaktifandianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian munujukkan data sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran meningkat setiap siklusnya dengan persentase pada siklus I91,33% dan siklus II 93,88% dengan kategori sangat sesuai RPP/Sangat baik; 2) Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dengan persentase siklus I 58% dan siklus II 66,5% dengan kategori keaktifan sedang.
PENGARUH PERAN AYAH DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS IVA DI MIN 2 SUMENEP Miftah, Mohammad Fadhilul; Sari, Tita Tanjung; Meita, Nisfil Maghfiroh
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019): Januari-Juni 2019
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.99 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v3i1.25

Abstract

Peran ayah dalam keluarga dapat mempengaruhi hasil belajar afektif siswa di sekolah. Peran yang dilakukan oleh ayah yaitu memberikan kebutuhan afeksi, pengasuhan dan dukungan finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran ayah dalam keluarga siswa kelas IVA, 2) pengaruh peran ayah dalam keluarga terhadap hasil belajar afektif siswa kelas IVA, dan 3) faktor peran ayah manakah yang paling dominan tehadap hasil belajar afektif siswa kelas IVA di MIN 2 Sumenep tahun 2019. Penelitian dilakukan di MIN 2 Sumenep Tahun Ajaran 2018/2019 dikelas IVA dengan jumlah responden sebanyak (9 laki-laki dan 16 perempuan). Alat ukur yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket dan observasi. Pengolahan data mengunakanan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan terdapat tiga indikator yang dilakukan sebagai peran ayah yaitu; (1) memberikan kebututuhan afeksi sebesar 31,57%; (2) memberikan pengasuhan 29,85%; (3) memberikan dukungan finansial 27,31%. Sisanya 11,3%  adalah faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Hasil penelitian yang  didapatkan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel kebutuhan afeksi, pengasuhan dan dukungan finansial sedangkan pengaruh peran ayah yang paling dominan adalah peran ayah dalam memberikan kebutuhan afeksi.
MEMBANGUN MODAL SOSIAL PADA MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI Prijambodo, Raden Firman Nurbudi; Mahatmaharti, Agung Kesna
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2017): Januari-Juni 2017
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3038.048 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v1i1.4

Abstract

Saat ini perkembangan kemajuan jaman mempengaruhi roda perkembangan pembangunan bangsa Indonesia. Era globalisasi tidak dapat dipungkiri telah sedikit banyak menggeser tatanan perilaku warga negara di dalam pergaulan bermasyarakat. Masyarakat Indonesia yang plural dengan kenyataan dimasukkannya Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa, membuat bangsa ini harus menjaga rasa sosial yang tinggi. Kenyataannya pada kehidupan sehari-hari telah berlaku sikap toleransi tersebut.Keragaman bangsa Indonesia perlu dijaga keberadaannya dengan menjaga nilai-nilai etika sosial yang selama ini dijalankan. Kehidupan sosial bermasyarakat dapat dituangkan dalam berbagai macam bentuk sikap dan kegiatan. Setiap kegiatan kemasyarakatan, tidal terlepas dari modal sosial. Modal sosial diperlukan untuk menguatkan terbentuknya nilai-nilai bermasyarakat.Masyarakat yang menghargai keberadaan modal sosial sebagai pembentuk ikatan tersebut akan menyadari betapa pentingnya peran modal sosial. Melalui modal sosial yang terjalin di antara mereka maka akan melancarkan terwujudnya keinginan-keinginan mereka dalam bentuk kegiatan yang positif bagi masyarakat dan negara.
PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS PESISIR Damayanti WR, Reny Puji; Hidayat, Jefri Nur; Kadarisman, Kadarisman
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.642 KB) | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.19

Abstract

Permasalahan siswa kelas VIII SMPN 2 Kalianget yang alami yaitu petunjuk praktikum IPA belum memuat komponen secara jelas dan lengkap. Hal tersebut membuat siswa tidak memahami kegiatan praktikum yang dilakukan. SMPN 2 Kalianget memiliki potensi daerah pesisir sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Petunjuk Praktikum IPA berbasis pesisir, mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum tersebut. Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan desimenate. Instrumen pengambilan data yang digunakan terdiri dari instrumen kelayakan materi, tampilan dan format serta Instrumen respon yang berupa angket respon siswa. Uji coba awal (Initial Testing) dilakukan kepada 5 siswa dan uji coba kuantitatif (Quantitative Testing) dilakukan kepada 24 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, (1) kelayakan petunjuk praktikum mendapat nilai sebesar 89,60% dengan kategori sangat layak (2) respon siswa sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik. Jadi, petunjuk praktikum berbasis pesisir sudah dinyatakan sangat layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pendukung saat kegiatan praktikum.

Page 1 of 10 | Total Record : 98