cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285223443950
Journal Mail Official
Jurnaledukasiunigal@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Published by Universitas Galuh
ISSN : 2355357X     EISSN : 25808818     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi.
Articles 170 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 CIASEM MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) Dedi Sugianto
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 5, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.99 KB) | DOI: 10.25157/je.v5i1.264

Abstract

Hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ciasem terhadap mata pelajaran IPS selama ini masih kurang dari 60% siswa yang dapat mencapai KKM. Berdasarkan keadaan tersebut, guru melakukan upaya agar hasil belajar siswa dapat meningkat, yaitu dengan melakukan tindakan berupa penggunaan media Teka-teki Silang (TTS) dalam kegiatan pembelajaran, sebagai media siswa dalam mengerjakan latihan soal-soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS yang dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan non test, dengan alat pengumpul data berupa lembar tugas, lembar post test, dan lembar pengamatan baik oleh guru terhadap siswa maupun terhadap guru oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII C setelah diadakan tindakan, bila dibandingan dengan hasil belajarnya sebelum diadaakan tindakan. Penggunaan Media Pembelajaran berupa TTS dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Ciasem. Karena melalui media TTS sebagai sarana dalam mengerjakan latihan soal-soal, siswa akan berusaha untuk menemukan jawaban soal-soal dalam mengisi TTS, sehungga siswa akan lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. mereka tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran dan akan lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari.
ANALISIS SWOT PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN EMAS DI BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANTAR KALONG Joni Ahmad Mughni
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 7, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.386 KB) | DOI: 10.25157/je.v7i1.2669

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis SWOT pemasaran produk pembiayaan kepemilikan emas di BJB Syariah KCP Bantarkalong. Dengan latar belakang masalah yakni secara umum berdasarkan data BJB Syariah KCP Bantarkalong ditemukan fakta bahwa minat masyarakat terhadap produk pembiayaan emas masih rendah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis berbagai dokumen yang berkaitan dengan judul yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary) dan IFAS (Internal Factors Analysis Summary) analisis SWOT pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong ini memiliki total nilai skor masing-masing 1,75 dan 2,45. Berdasarkan Matriks Grand Strategy maka diketahui skor EFAS dan IFAS bertemu di kuadran I. Sehingga tampak bahwa strategi yang sesuai bagi pemasaran produk PKE BJBS KCP Bantarkalong adalah strategi pertumbuhan. Artinya, perusahaan atau lembaga dapat melakukan perluasan usaha dengan menambah SDM yang berkualitas untuk dapat fokus melakukan pemasaran PKE di BJBS KCP Bantarkalong.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI INDIHIANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJRAN 2015/2016 WAWAN KURNIAWAN
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 4 (2016): Desember (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.418 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i4.1021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, maupun oleh teman sejawat. siswa yang mendapat nilai diatas 75 sebanyak 17 siswa, atau 44,7 % sedangkan nilai kurang dari 75 sebanyak 21 siswa atau 55,3% dari 38 siswa. Setelah peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui pembelajaran siklus I dan siklus II dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia dikelas V semester I tahun pelajaran 2015/2016 di SD Negeri Indihiang Kota Tasikmalaya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan metode bermain peran melalui pendekatan model cooperative learning dengan mengefektifkan alat peraga kebudayaan dan globe telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terjadi pada siklus I maupun siklus II dengan bukti adanya peningkatan pada :1) Menggunakan media pembelajaran kebudayaan dan globe dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2)Model pembelajaran cooperative learning melalui penerapan metode bermain peran untuk dengan mengefektifkan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3)Prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada evaluasi, sebelum perbaikan pembelajaran ada 17 siswa atau 44,7% dari 38 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, siswa yang nilainya 75 keatas menjadi 26 atau 68,42% dari jumlah 38 siswa dan pada perbaikan siklus II menjadi 37siswa atau 97,3%.Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Cooperative Learning
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-F DI SMP NEGERI 1 CIAMPEL KABUPATEN KARAWANG PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DANA SURYAATMAJA
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 2 (2016): April (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.724 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i2.988

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Kemudian penelitian ini bertujuan agar peserta didik mengetahui adanya peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel Kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Adapun manfaat bagi peserta didik menjadi terbiasa disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti dengan perkembangan yang dipaparkan dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Perubahan tersebut berupa perubahan prilaku positif dan pada siklus ke dua dan ketiga terdapat perubahan prilaku yang lebih positif lagi. Diharapkan dengan penelitian ini guru memiliki kebiasaan menamakan kedisiplinan kepada peserta didik dalam rangka meningkakan hasil belajar siswa secara keseluruhan.Kata Kunci: Disiplin, Pendekatan Konseling Kelompok Behavioristik, Kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIAH HURIAH
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.305 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII A SMP Negeri 2 Blanakan Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2014-2015. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata-rata hasil tes formatif siklus I adalah 66,75 dan rata-rata hasil tes formatif siklus II adalah 78. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Blanakan Subang kelas VIII A semester genap tahun pelajaran 2014-2015 pada materi sistem persamaan linier dua variabel.Kata kunci : hasil belajar, Cooperative Learning, STAD
PROSES PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PENDEKATAN PARAGMETIK DALAM MENINGKAATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XII SMP NEGERI 2 CIKONENG-CIAMIS LILIS SUNDAWATI
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 1 (2016): Januari (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.91 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i1.978

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada Proses dalam Penggunaan Pendekatan pendekatan paragmetik guna meningkaatkan keterampilan berbicara bagi siswa yang dijadikan suatu acuan dalam kurikulum berbasis kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum satuan pendidikan. Aspek penilaian proses pembelajaran yaitu aspek afaktif antara lain; komunikatif, jelas, runtut, dan mudah dipahami, mengekspresikan pikiran, dan keterampilan berbicara. Sedangkan di akhir pembelajaran menggunakan ranah psikomotor, antara lain; ide pokok, tanggapan dan ringkasan, semua data diolah dan disimpulkan hasilnya, kemampuan siswa dalam keterampilan keterampilan berbicara mengalami peningkatan, kesimpulan penelitian tindakan kelas ini berlaku untuk kelas VII di SMP Negeri 2 Cikoneng-Ciamis, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai jadwal dan perencanaan yang telah ditentukan yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015.Kata Kunci: Keterampilan berbicara dan pendekatan pragmatik
Peran Kegitan Ekstrakulikuler Paskibra dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Bakti Fatwa Anbiya
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 6, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7669.267 KB) | DOI: 10.25157/je.v6i1.1700

Abstract

Kedisiplinan merupakan fakor determinan dalam keberadaban manusia. Sebagai perwujudan tata aturan prilaku merupakan bagian yang amat penting dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami dan menegeskan urgensi penguatan pembentukan karakter disiplin melalui kegitan ekstrakulikuler Paskibra yang diselengarakan di SMK Negeri 6 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan kegitan ekstrakulikuler paskibra memberikan determinasi dalam membentuk karakter disiplin siswa siswi SMK Negeri 6 Semarang, temuan dalam penelitian ini, kegitan ekstrakulikuler Paskibra berperan determinan dalam membentuk sikap tegas, tangung jawab, sigap dalam mengambil keputusan dan ketaatan siswa siswi SMK Negeri 6 Semarang melaui serangkaian kegiatan Paskibra.Kata Kunci: Karakter disiplin, Paskibra
ANALISIS AKUNTANSI YANG DITERAPKAN UMKM Dendy Syaiful Akbar; Nana Darna; Benny Prawiranegara
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 4, No 3 (2016): Agustus (Media Cetak)
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.071 KB) | DOI: 10.25157/je.v4i3.1002

Abstract

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu masalah yang seringkali terabaikan oleh para pelaku bisnis UMKM, khususnya berkaitan dengan penerapan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan dan akuntansi yang benar. Masalah ini biasanya timbul dikarenakan pengetahuan dan informasi pelaku UMKM mengenai akuntansi sangat terbatas, latar belakang pendidikan para pelaku UMKM juga mempengaruhi pengetahuan para pelaku usaha. Padahal sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat potensial dikembangkan. Karena sektor ini terbukti memberikan kontribusi 57,12% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kementrian Koperasi dan UMKM menyatakan, bahwa UMKM di Indonesia kini mencapai 55,2 juta unit atau sebesar 99,98 persen dari pelaku usaha nasional. Bhakan sektor ini telah menyerap 101,72 juta orang tenaga kerja atau sebesar 97,3 persen dari total tenaga kerja di Indonesia. Sektor UMKM ini telah berkontribusi sebesar 57 persen dari Produk Domestik Brtuo (PDB) pada tahun 2013, sedangkan sebanyak 43 persen merupakan kontribusi dari usaha besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis penerapan siklus akuntansi pada UMKM di Kecamatan Cikoneng apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah siklus akuntansi yang benar; (2) menganalisis sektor UMKM manakah di Kecamatan Cikoneng yang memilliki pengelolaan keuangan yang baik dengan menerapkan siklus akuntansi; (3) menganalisis jalan keluar yang dapat ditempuh dalam upaya mendorong dan membantu para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng dalam menerapkan pengelolaan keuangan yang baik dengan menerapkan siklus akuntansi. Metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Cikoneng yang berjumlah 178 UMKM, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 UMKM di Kecamatan Cikoneng. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah: (1) Analisis Deskriptif; (2) Analisis Statistik Inferensial, dan; (3) Analisis Komparatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng masih kurang dalam menerapkan siklus akuntansi pada pengelolaan keuangan usahanya; (2) Dari tiga sektor UMKM di Kecamatan Cikoneng, sektor home industry merupakan sektor UMKM yang pengelolaan keuangannya lebih baik dibandingkan dengan sektor dagang dan jasa; (3) Para pelaku UMKM di Kecamatan Cikoneng memerlukan sosialisasi maupun pelatihan pengelolaan keuangan dengan menerapkan siklus akuntansi dari pihak-pihak terkait, sehingga diharapkan mereka akan mampu untuk melakukan pengelolaan keuangan usahanya dengan baik dan mengetahui perkembangan usahanya yang didapat dari informasi akuntansi nantinya.Kata Kunci: siklus akuntansi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh) Faizal Haris Eko Prabowo
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 5, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.571 KB) | DOI: 10.25157/je.v5i2.965

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop/notebook. Permasalahan pada penlitian ini adalah mengkaji faktor manakah yang sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor individu, faktor psikologi dan faktor ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor psikologi dan faktor ekonomi yang memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor psikologi memiliki pengaruh sebesar 0,311 sedangkan faktor ekonomi memiliki pengaruh sebesar 0,323 terhadap perilaku konsumen. Mengingat faktor psikologi dan ekonomi memiliki pengaruh yang baik disarankan bagi perusahaan produsen laptop/notebook untuk memproduksi produk dengan harga yang cukup kompetitif, fitur modern dan desain yang cocok berdasarkan segmentasi pasar.Kata Kunci: Perilaku konsumen, Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor individu, Faktor psikologi, Faktor ekonomi
FLYPAPER EFFECT PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DANDANA ALOKASI UMUM (DAU) TERHADAP BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAMBI Rita Friyani
Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Vol 5, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.996 KB) | DOI: 10.25157/je.v5i2.956

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah. Variabel independen yang digunakan adalah PAD dan DAU sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah Belanja Daerah. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk tahun 2013. Data diperoleh melalui situs Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (www.djpkpd.go.id). Data yang dianalisis dalam penelitian ini dioleh dari Laporan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Metode statistik yang digunakan adalah statistik inferensial dengan analisis regresi sederhana. Kemudian akan diuji pengaruh pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap belanja daerah secara simultan dan parsial dengan uji F dan uji t. Dimana akan diuji apakah muncul flypaper effect terhadap pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap belanja daerah di 11 kabupaten/kota di provinsi Jambi untuk tahun 2013.Kata Kunci: Pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, belanja daerah, flypaper effect

Page 1 of 17 | Total Record : 170