cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra@stmik-im.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan jakarta No.79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
ISSN : 20858795     EISSN : 27157040     DOI : 10.37424
Core Subject : Science,
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) terbit pertama kali pada tahun 2009. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian di bidang teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi. Jurnal Informatika terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 79 Documents
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) Hendra Gunawan
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1310.942 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.7

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi swasta di Jawa Barat khususnya Kota Bandung dan sekitarnya yang membuka berbagai jurusan yang ditawarkan kepada masyarakat dengan berbagai informasi yang menarik, baik itu dari segi biaya maupun prospek setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Hal tersebut membuat calon mahasiswa bingung mau memilih jurusan dan kampus mana yang cocok dan tepat. Dari Permasalahan tersebut muncul sebuah gagasan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan memilih jurusan yang dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Sistem ini menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk membantu perhitungan pendukung keputusannya, serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk implementasinya. Hasil penelitian ini berupa Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang memudahkan bagian calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang sesuai harapan.
PERANCANGAN APLIKASI ANDROID AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN DO’A SEHARI-HARI Yudhi W. Arthana; Asep Nurman Ismail
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.415 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.8

Abstract

Dalam proses pembelajaran do’a sehari-hari, pada umumnya para guru menerapkan metode membaca berulang-ulang melalui media cetak sebagai sarana pembelajaran yang kemudian dihafalkan oleh para peserta didik. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika metode tersebut dapat menimbulkan kebosanan terhadap peserta didik yang pada umumnya merupakan golongan anak-anak, mengingat saat ini perkembangan teknologi telah mempengaruhi perilaku dan gaya belajar dari para peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran do’a sehari-hari yang efektif dan menarik yaitu dengan menggunakan teknologi augmented reality. Teknologi augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan objek dua dan tiga dimensi kedalam suatu lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikannya secara real-time. Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode pengembangan perangkat lunak model waterfall. Aplikasi ini mampu menampilkan suara dan animasi tiga dimensi dengan bantuan marker yang diintegrasikan dengan augmented reality yang diharapkan akan mampu membuat para peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mempelajari do’a sehari-hari.
REMOTE CONTROLLED LIGHT BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC Nisa Hanum Harani; Chalifa Chazar; Herlin Restusari
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.809 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.9

Abstract

Tujuan dari berkembangnya teknologi adalah untuk membantu manusia. Dengan teknologi pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah dalam implementasinya. Saat ini berbagai teknologi telah dikembangkan, salah satunya adalah konsep objek untuk mengirim data tanpa melalui interaksi antara manusia, hal ini sangat berguna untuk membantu kaum disabilitas dalam melakukan aktifitas seperti menyalakan lampu dan aktifitas lainnya yang sulit dilakukan bagi kaum disabilitas. Penelitian yang dilakukan ini adalah menciptakan sebuah aplikasi pengendalian jarak jauh untuk pengontrolan lampu dengan menggunakan remote control. Remote dikendalikan dengan aplikasi arduino dan inframerah. Alat ini yang dibangun menggunakan metode kecerdasan buatan yaitu logika fuzzy dengan mengunakan dua parameter yaitu suhu dan keadaan tingkat cahaya sekitar untuk mengatur intensitas lampu. Hasil penelitian ini akan memberikan solusi tepat guna bagi berbagai pihak yang akan menimplementasikan sistem kendali jarak jauh.
APLIKASI SISTEM PAKAR PENGOPERASIAN DAN TROUBLESHOOTING PADA MESIN HEIDELBERG GTO V 52 Pahlawan Sagala; Muluk Dharmayana
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.562 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.10

Abstract

Industri percetakan dengan nilai aset yang sangat tinggi dan biaya perawatan yang tidak sedikit membutuhkan tenaga ahli yang menguasai teknik cetak serta perawatan mesin yang memadai. Kurangnya pendidikan dan pelatihan di bidang percetakan, khususnya dalam teknik cetak grafika menjadi salah satu masalah bagi karyawan untuk mengoperasikan dan menyelesaikan permasalahan mesin cetak pada teknik cetak grafika. Penelitian ini memberikan solusi sistem pembelajaran dengan menggunakan sistem pakar yang bertujuan untuk memecahkan masalah penggunaan mesin cetak offset Heidelberg bagi operator. Software yang dibangun dengan basis website menyajikan solusi yang tepat, akurat, efesien dan menunjukan langkah-langkah operasionalnya sehingga dapat mempermudah operator dan menghemat waktu perbaikan.
SISTEM INFORMASI PROMOSI DAN PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA DI STMIK “AMIKBANDUNG” Taofik Anugrah Putra; Hermawaty Hermawaty
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.133 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.11

Abstract

STMIK “AMIKBANDUNG” adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer di daerah Jalan Jakarta, Bandung yang setiap harinya melakukan proses kegitan akademik belajar mengajar untuk mendidik mahasiswa mahasiswi di bidang IT. Permasalahan yang di hadapi STMIK “AMIKBANDUNG” adalah sistem informasi pendaftaran mahasiswa baru jurusan Program Studi Manajemen Informatika masih menggunakan proses pencatatan dengan cara mengisi form kertas dan promosi jurusan Program Studi Manajemen Informatika pun masih menggunakan brosur. Kekurangan pada proses tersebut yaitu sering kali kehilangan histori pendaftaran, proses pendaftaran terkesan lama, laporan yang dirasa kurang detail, jangkauan promosi pun terbatas , dan masih sering terjadi kesalahan data. Penelitian yang dilakukan yaitu membuat sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah promosi dan pendaftaran mahasiswa baru di STMIK ”AMIKBANDUNG” berbasis website. Dalam proses perancangannya, sistem ini menggunakan UML dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Penulis juga menggunakan phpMyAdmin untuk mengelola database di MySQL dan Sublime Text untuk menuliskan teks/kode program. Dengan adanya sistem ini pada bagian pendaftaran dan registrasi Program Studi Manajemen Informatika STMIK “AMIKBANDUNG”, diharapkan dapat memperluas jangkauan promosi, mengurangi presentase kesalahan, dan kehilangan data, serta memperlancar proses pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Manajemen Informatika STMIK “AMIKBANDUNG”.
APLIKASI MOBILE KOMUNITAS GERAKAN BANTU SERIBU ANAK ASUH (GBSA) DENGAN CLIENT SERVER BERBASIS ANDROID Amras Mauluddin; Uray Yufikar
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 1 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.791 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i1.12

Abstract

Currently education and poverty is a problem as it gives an enormous impact on people's lives. As we can see, the number of school dropouts has increased every day. Seeing this condition, Gerakan Bantu Seribu Anak Asuh (GBSA) is present to participate to help children who are less fortunate, to be able to stay in school. Gerakan Bantu Seribu Anak Asuh (GBSA) is a social community that bridges donors and children who are less fortunate to get help. In reality this donation management faced several obstacles both in terms of data management to the confirmation process donations made by donors each donating. Therefore, by presenting the android-based mobile applications is expected to be a solution to help officers GBSA share information and manage the donations were mandated as well as for donors could further facilitate the process of sharing and confirmation. Applications software development methods that will be used the method of Rapid Application Development (RAD). This method is one method used to develop apalikasi android with short cycles thereby enabling much faster. After testing with a method black box can be concluded that the system is in conformity with the expected goals.
Perancangan Konten Video Untuk Pembelajaran E-Learning, Studi Kasus Mata Kuliah Statistik 2 Haryoso Wicaksono
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.983 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.13

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang berbasis e-Learning bisa dibagi 2 (dua) macam, yaitu yang full e-Learning dimana pembelajaran dilakukan hanya melalui perantara konten di website, dan Blended-Learning yaitu perpaduan antara Tatap Muka di kelas dengan kehadiran mahasiswa & dosen, serta sebagian lagi pengaksesan materi kuliah melalui page e-Learning yang berbasis internet dengan aplikasi Moodle. Untuk meningkatkan kesetaraan antara Tatap Muka dengan e-Learning khususnya penjelasan detail materi dari Dosen, maka konten video pembelajaran diharapkan bisa meningkatkan pemahamam mahasiswa peserta e-Learning. Konten video materi pembelajaran e-Learning diharapkan menjadi standar konten e-Learning melengkapi tipe file teks/dokumen yang telah ada.
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemain Terbaik Dalam Satu Musim Kompetisi Sepakbola Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Hendra Gunawan; Sugih Alamsyah
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.468 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.14

Abstract

Pemain merupakan salah satu kunci penting demi berjalannya kompetisi sepakbola yang kompetitif dan berkualitas. Klub yang mengikuti kompetisi sepak bola harus cerdas dalam menentukan pemain-pemainnya, tidak mudah dalam menentukan pemain yang akan direkrut, harus melalui penilaian yang sistematis guna meminimalisir kesalahan. Untuk mendukung pihak pengambil keputusan, dirancang sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer (Computer Based Decision Support System) untuk mengurangi subjektifitas dalam menentukan pemain terbaik, sehingga keputusan yang dihasilkan lebih tepat, dan akurat. Sistem pendukung keputusan ini akan dibangun dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk implementasinya. Hasil penelitian ini dapat membantu, penyelenggara dalam menentukan pemain maupun klub terbaik dalam suatu kompetisi.
Perancangan Sistem Proyek Pertunjukan Berbasis Web Menggunakan Metode Rad (Studi Kasus Di Trans Studio Bandung) Moch. Ali Ramdhani; Rifki Rusmana
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.126 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.15

Abstract

Trans Studio Bandung sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan tempat rekreasi turut merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Hal ini sangat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk lebih mengoptimalkan dalam pengembangan produksi pembuatan pertunjukan. Namun, sistem yang berjalan sekarang dalam pembuatan proyek pertunjukan masih dilakukan secara konvensional dan dianggap kurang efektif, rawan mengalami keterlambatan dalam waktu perilisan disebabkan oleh beberapa kesalahan. Tujuan dari perancangan sistem pertunjukan yang dibangun adalah untuk memudahkan user dalam mengelola data–data dan progress pengelolaan proyek pertunjukan. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai Database untuk pengembangan sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) pemodelan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan permodelan Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk analisis sistem. Hasil penelitian pembangunan aplikasi sistem pertunjukan diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu dan kinerja perusahaan, sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama.
Perbandingan Kecepatan Konvergensi Akar Persamaan Non Linier Metode Titik Tetap dengan Metode Newton Raphson Menggunakan Matlab Januari Ritonga; Dede Suryana
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.842 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.17

Abstract

Metode Numerik adalah suatu teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika, sains dan rekayasa sedemikian sehingga dapat diselesaikan dengan cara operasi perhitungan aritmatika biasa. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kecepatan konvergensi penentuan akar persamaan atau fungsi non linier metode Titik Tetap dengan metode Newton Raphson menggunakan Matlab. Hasil perhitungan dengan program aplikasi Matlab menunjukkan bahwa, kecepatan konvergensi menuju akar dengan metode Newton Raphson lebih cepat dibanding metode Titik Tetap. Kecepatan rata-rata iterasi dengan tingkat kesalahan atau galat pada 0,00001, sebesar 64% lebih cepat.