cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 179 Documents
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 AMPEK ANGKEK Ayu, Citra
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.28 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA yang belajar dengan metode Problem Solving lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA N 1 Ampek Angkek.
PERHITUNGAN EROSI TANAH DAN ALIRAN PERMUKAA NMENGGUNAKAN PLOT TERHADAP PENGGUNAAN LAHAN DI KANAGARIAN AIE BATUMBUAK KABUPATEN SOLOK Andini, Nisye Frisca
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.145 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mendeskripsikan serta membahas tentang : 1) jumlah sedimen dan volume air yang tertampung pada plot 2) untuk mengetahui tekstur tanah 3) untuk mengetahui struktur tanah 4) untuk mengetahui pengaruh permeabilitas erosi tanah dan aliran permukaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode survey, penelitian ini menggunakan plot (petak kecil) yang digunakan untuk mendapatatkan besarnya erosi yang tejadi, dengan penggunaan lahan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Jumlah sedimen dan volume air tertampung pada beberapa penggunaan lahan diantaranya hutan, semak belukar, ladang, dan lahan terbuka dalam kurun waktu 5 kali hujan hasilnya berbedabeda. 2)Tekstur tanah berdasarkan hasil pengukuran dan pengamatan tanah pada plot-plot yang telah ditentukan tidak jauh berbeda, pada plot 1 dan plot 2 tekturnya lempung berdebu, sedangkan pada plot 3 dan 4 tekturnya lempung berpasir. 3) Struktur tanah di daerah penelitian adalah strukutur remah (kaya akan bahan organik). 4) dilihat dari hasil penelitian permeabilitas dengan kriteria agak lambat (plot 1 dan 2), sedangkan permeabilitas dengan kriteria sedang terdapat pada plot (3dan4).
PENTINGNYA KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn Rahmi, Tysa Sufia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.977 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih ada guru Pkn yang belum melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan baik, padahal keterampilan mengelola kelas sangatlah penting, agar pembelajaran di kelas terselenggara secara kondusif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru PKN di SMPN 1 IV Koto, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru. Halis penelitian menunjukan pelaksanaan keterampilan mengelola kelas oleh guru PKn belum maksimal, karena belum semua indikator  keterampilan mengelola kelas dilaksanakan oleh guru secara utuh. hal ini disebabkan karena keterampilan mengelola kelas guru masih belum berkembang sebagaimana mestinya, karena kurangnya pelatihan tentang keterampilan mengajar yang diperoleh oleh guru PKn.
DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING susanti, herlina apri; Ponoharjo, Ponoharjo; Oktavian, Dian Nataria
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.73 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pesertadidik kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Teknikpengambilan sampel menggunakan purposive sample.Sampel yang diambil sebanyak 1 kelaseksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Metode pengumpulan data yang digunakanadalah tes, observasi dan dokumentasi.Instrumen penelitian berupa tes dengan taraf signifikansi5%.Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkankemampuan komunikasi yang diajar menggunakan model pembelajaran problem basedlearning lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar menggunakan model problembased learning dari pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model langsung, yaitu denganrata-rata kelas eksperimen 74,000 dan kelas kontrol 62,205.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ILMU ALAM DASAR (IAD) MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI POKOK BUMI DAN TATA SURYA Zainudin, Zainudin
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.068 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur?an pada materi pokok bumi dan tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran IAD menggunakan Modul berbasis Al-Qur?an rata-rata skala penilaian antara 3,0 dan 4,0 kategori baik. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas A yaitu 89 % dengan reliabilitas 92% dan kelas B 93% dengan reliabilitas 86%. Persentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi pada kelas A 88,5% tuntas dan 11,5% tidak tuntas dan pada kelas B 96,4% tuntas dan 3,6 % tidak tuntas. Respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis al-qur?an pada materi pokok bumi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur?an pada materi pokok materi pokok bumi tata surya dikatakan efektif.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII.1 SMPN 9 PAYAKUMBUH Retti, Sufia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.629 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan siswa menulis ringkasan.Selain itu kurangnya minat, motivasi dalam pembelajaran menulis.Hal ini dikarenakan oleh strategi dan pendekatan yang digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis ringkasan menggunakan pembelajaran tipe jigsaw siswa kelas VIII.I SMPN 9 Payakumbuh.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahapan, yaituperncanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatn lapangan, dan data kuantitatif diperoleh melalui ter unjuk kerja dan angket respon siswa.Temuan penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis ringkasan siswa meningkat menggunakan pembelajaran tipe jigsau. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes siklus 1 dengan rata-rata 69,5 yang berada pada klasifikasi lebih dari cukup dan siklus 2 dengan rata-rata 79,5 berada pada klaifikasi baik. Faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut pemilihan metode yang sesuai dengan materi, rencana dan tindakan guru yang tepat.
PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS Banat, azizatul
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.295 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa. Sumber belajar yang digunakan pada kelas eksperimen adalah modul, pada kelas kontrol adalah non modul (buku teks). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 orang mahasiswa dari 102 orang populasi penelitian mahasiswa S1 Penjaskesrek FKIP Unived Bengkulu. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians (anava dua jalur) pada taraf signifikansi ?:0,05.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi daripada prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (2) ada pengaruh interaksi antara penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, (3) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (4) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi rendah yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks).
PERSEPSI GURU BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Sudirman, Destaria; Rahmi, Ennike Gusti
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.793 KB)

Abstract

Indonesia selalu mengalami perubahan kurikulum yang salah satunya yaitu kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini dilakukan pemerintah dengan tujuan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia, dimana dalam kurikulum 2013 ini muncul berbagai pendapat atau tanggapan serta terjadi pro dan kotra dari berbagai pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji Persepsi dari setiap guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan terhadap pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam kurikulum 2013.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini semua guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan yang menjadi sampel adalahgurubidang studi Ilmu Pengatahuan Alam yang sudah melaksanakan kurikulum 2013. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan angket.Selanjutnya, dianalisis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang tentang pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 tergolong cukupuntuk penerapannya, namun masih terdapat kekurangan yaitu pelaksanaannya masih cukup rumit karena siswa belum memahami betul langkah-langkah pembelajaran saintifik karena terbiasanya menggunakan pembelajaran konvensional, sarana prasarana penunjang pada sekolah belum memadai seperti kurangnya buku pembelajaran yang tersedia disekolah, dan peralatan laboratorium yang kurang lengkap.
RESPON PEMBACA TERHADAP KARYA SASTRA (NOVEL) PRESPEKTIF NILAI MORAL ORANG MINANGKABAU KAJIAN DEKONSTRUKSI Aprisa, Rico
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.064 KB)

Abstract

Komunitas Minangkabau, yang saat ini berada di provinsi Sumatera Barat, adalah masyarakat yang tidak pernah lepas dari tradisi sastra, hal ini terlihat dari budaya yang mereka miliki hingga saat ini, seperti, berpantun, sambah-tambah, saluang, kaba dan lainnya Tradisi sastra Minangkabau tidak lepas dari nilai budaya setempat, yang tentunya memiliki metode dan norma menurut prespektip masyarakat Minangkabau. Karya sastra yang merupakan cerminan fakta atau fakta sosial, adalah tanggapan seorang penulis, penulis menanggapi fakta sosial, dan dengan kreativitasnya, penulis menghasilkan karya sastra, yang kembali direspon oleh pembacanya. Tentu respon pembaca ini akan bervariasi, menurut pengalaman empiris, area, jenis kelamin, waktu dan lain-lain. Apalagi pembaca orang Minangkabau pasti akan melakukan respon pembaca menurut prespektip orang Minangkabau.
HUBUNGAN KEMAMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PARIAMAN Yanti, Zherry Putria
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.207 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, (2) kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 2 Pariaman, dan (3) hubungan kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berikut, yaitu tes kecepatan membaca, tes objektif, pilihan ganda, tes unjuk kerja. Tes kecepatan membaca digunakan untuk mengukur kemampuan membaca cepat siswa dan dilanjutkan dengan tes objektif pilihan ganda untuk mengukur pemahaman bacaan siswa. Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,  kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi cukup (65,3).Kedua, kemampuan  menulis karangan eksposisi siwa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,08). Ketiga, terdapat hubungan antara kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman,  dengan thitung yang diperoleh 6,53 dan ttabel 1,701 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan membaca khususnya membaca cepat berhubungan dengan kemampuan menulis eksposisi siswa. Semakin baik kemampuan siswa dalam membaca cepat,  semakin baik pula kemampuan siswa dalam menulis sebuah tulisan eksposisi..

Page 1 of 18 | Total Record : 179