cover
Contact Name
Aris Martono
Contact Email
aris.martono@raharja.info
Phone
+6287879163970
Journal Mail Official
sensi@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 24611409     EISSN : 26555298     DOI : https://doi.org/10.33050/sensi
Riset Soft Computing dengan penelitian dari yang berfokus pada Data Mining, Neural Network, Swarm Intelligence, Decision Tree, Data Clustering, Data Classification, Rough Set, Pattern Recognition, Image Processing. Software Engineering yang fokus pada software Requirement and Specification, Software Design, Software Management, Software Testing, Formal Method, Distributed Database dan Information System, bidang riset Business Intelligence dengan penelitian yang berfokus pada information and knowledge discovery (OLAP), Ad hoc queries and reports, text mining, web mining, search engines, Decision Support and Intelligent Systems serta Visualization. dan bidang riset Teknologi Information dan Komunikasi.
Articles 180 Documents
PERANCANGAN SISTEM MANAJEMAN ADMINISTRASI DAN PENGINGAT KONTRAK KARYAWAN PADA PT. PUTRA DUMAS LESTARI Harfizar Harfizar; Janu Ilham Saputro; Agus Sofyan
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.606 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.73

Abstract

Karyawan kontrak atau sering juga disebut karyawan tidak tetap, umumnya terikat hubungan kerja dengan perusahaan untuk pekerjaan dengan keahlian tertentu, atau jangka waktu tertentu. Sistem kontrak karyawan yang berjalan saat ini pada PT Putra Dumas lestari masih terdapat kekurangan diantaranya perpanjang kontrak kerja karyawan, karena untuk membuat surat perpanjang kontrak harus merekap data karyawan kontrak secara satu persatu, belum adanya program pengingat masa kontrak karyawan sehingga HRD terlambat dalam memperbaharui kontrak karyawan. Sehingga diperlukan adanya perancangan sistem informasi kontrak kerja khusus untuk menunjang kegiatan pembuat kontrak dan perpanjang kontrak. Dalam proses penyusunan laporan. Penelitian ini menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information/Data, Economy, Control, Efficiency, Service), elisitasi kebutuhan sistem, serta pemodelan sistem dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language) untuk menggambarkan secara visualisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dengan basis data MySQL sebagai database yang digunakan. Dengan adanya sistem informasi kontrak kerja dapat mempermudah HRD dalam pembuatan kontrak, perpanjang kontrak dan menghasikan laporan yang akurat dengan waktu yang cepat, sehingga menciptakan kinerja yang efektif dan efisien, serta dapat menunjang pengendalian kontrak kerja bagi pimpinan terhadap laporan yang dihasilkan sebagai bahan pengambilan keputusan kedepannya.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN SISWA TAMAN KANAK-KANAK PADA RA.DARUSSALAM TANGERANG BERBASIS WEB Suwarto Suwarto; Ita Erliyani; Mita Triana Putri
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.053 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.116

Abstract

Dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, maka saran dan prasarana dalam dunia pendidikan harus dikembangkan. Pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, melalui pengajaran, pelatihan, penelitian. Salah satu kegiatan pengajaran yaitu penilaian siswa. Nilai adalah hasil kegiatan belajar selama proses belajar. Sistem penilaian siswa pada RA.DARUSSALAM Tangerang masih sangat manual. Permasalahan yang saat ini berjalan adalah terdapat 35 siswa dan masing-masing siswa memiliki nilai yang berbeda-beda. Selama ini nilai siswa masih manual yang dicatat dibuku raport, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pengerjaannya.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah penilaian raport dengan menggunakan sistem berbasis web pada RA.DARUSSALAM. Dengan adanya sistem pengolahan nilai raport secara terkomputerisasi diharapkan dapat efektif dan efesien. Hal ini guna mempermudah guru kelas dalam penginputan nilai dalam memperoleh nilai dari tiap siswa-siswi yang sudah mengikuti proses kegiatan pembelajaran.
SISTEM UJIAN ONLINE LISENSI UNTUK PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN Aris Martono; Sucipto Sucipto; Ryan Maulana
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.34 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan ujian lisensi PKP-PK berjalan dengan baik dan benar pada PT. Angkasa Pura II (Persero). Ujian lisensi ini masih dilakukan secara manual termasuk dengan sistem koreksi ujian sehingga membutuhkan waktu untuk menilai ujian yang dilakukan oleh instructure / trainer. Adanya kemajuan teknologi informasi dan lalu-lintas penerbangan di udara semakin padat maka risiko kecelakaan penerbangan juga semakin tinggi. Dengan demikian hal ini membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan profesional serta berlisensi PKP-PK untuk mengantisipasi munculnya risiko. Penelitian ini menggunakan metode survey, analisis kebutuhan elisitasi yang menghasilkan 20 kebutuhan fungsional dan 5 kebutuhan non-fungsional, dan melakukan perancangan sistem yang berbasis obyek disertai pembuatan prototype aplikasi system tersebut. Perancangan system ini terdiri dari proses list user, list kategori, list soal, list ujian/tes dan list hasil ujian dan disertai sistem database. Terwujudnya aplikasi system secara on-line ini, proses ujian bisa lebih cepat dan efisien, serta menghindari kecurangan dalam proses ujian bagi perserta pendidikan (karyawan) dan instruktur karena bisa langsung mengetahui nilai tanpa pengecekan jawaban ujian.
APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN INVENTORY STOCK OPNAME BERBASIS WEB PADA PT MAKMUR BERKAT SOLUSI LOGISTIC Sugeng Santoso; Ilamsyah Ilamsyah; Winda Novita
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.232 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.118

Abstract

Sistem ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem inventory barang yang dapat membantu dalam melakukan pengecekan laporan stock pada PT Makmur Berkat Solusi Logistic.karena memiliki beberapa kendala dalam menggunakan sistem yang sudah ada yaitu informasi tidak update dan keterlambatan laporan sehingga pemilik barang tidak dapat melakukan pengecekan laporan stock apabila terjadi nya barang masuk dan keluar secara terupdate untuk itu memerlukan sistem yang dapat membantu dalam pembuatan laporan stock barang agar bisa di pantau oleh pemilik barang dan agar dapat mencegah terjadi nya over load atau kelebihan persedian di dalam gudang.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis value chain dan PIECES dengan Analisis tersebut dilakukan dengan cara berbagai data yang berhasil dikumpulkan perisetdilapangan dimana data yang dikumpulkan, disusun dan diinterpresentasikan, serta dianalisa, sehinggamemberikan keterangan yang lengkap bagi pemecahan masalah. Prosedur sistem yang berjalan menggunakan UML (Unified Modeling Language)dan metode perancangan menggunakan XAMPP,PHP,MySql.dari penelitian ini akan diketahui bagaimana metode yang cocok agar sistem dapat dikembaangkan lagi untuk mempermudah laporan stock pemantauan Selain itu dihasilkan pula perancangan sistem persediaan laporan stock yang diharapkan dapat menampilkan laporan yang aktual dan mudah dipahami.
PERANCANGAN SISTEM KOPERASI KARYAWAN MENGGUNAKAN QRCODE UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA KOPERASI PT. INTIKEMAS PUTRA MAKMUR Nur Azizah; Oleh Soleh; Ning Yuli Astuti
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1302.209 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.130

Abstract

Koperasi karyawan PT Intikemas Putra Makmur merupakan suatu unit layanan karyawan yang tersedia di PT Intikemas Putra Makmur. Koperasi PT Intikemas Putra Makmur diadakan untuk melayani kebutuhann dari karyawan PT Intikemas Putra Makmur itu sendiri. Pendataan pada koperasi karyawan PT Intikemas Putra Makmur saat ini masih menggunakan buku koperasi dan menginputnya ke dalam Microsoft Excel yang diatur secara manual oleh pengurus koperasi. Sistem yang berjalan saaat ini belum berjalan dengan baik dikarenakan masih terdapat beberapa kekurangan, diantara lainnya anggota koperasi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengajukan permohonan pinjaman, karena harus menemui petugas koperasi untuk meminta formulir permohonan pinjaman. Petugas koperasi harus mencatat setiap transaksi anggota ke dalam buku koperasi, kemudian merekap kembali ke dalam Microsoft Excel . Pengadaan buku koperasi membutuhkan dana dan juga rentan hilang, karena hanya di simpan di kardus tempat petugas koperasi, kemudian untuk karyawan yang sudah resign, buku anggota koperasinya menjadi sampah dokumen. Rekapan laporan transaksi kurang aman, karena disimpan di dalam Microsoft Excel yang rentan akan kesalahan penginputan ataupun manipulasi data karena tidak ada menu login untuk mengakses laporan. Pelayanan koperasi karyawan berbasis web, menggunakan metode analisa PIECES. Perancangan sistem menggunakan Notepad++ untuk Text editor, Framework Yii, bahasa pemrogaman menggunakan bahasa PHP, dan metode transaksi menggunakan scan QR Code. Sistem ini dapat memudahkan petugas dalam pelayanan, dan mengurangi terjadinya human error. Sistem yang diusulkan dapat membuat format laporan transaksi dengan lebih rinci dan rapi. Keamanan data terjamin karena terdapat hak akses dari masing-masing devisi, mengefisiensikan waktu petugas koperasi dalam pelayanan transaksi dan pembuatan laporan.
PENERAPAN VIEWBOARD PENILAIAN PEMBIMBING PADA PESSTA+ S2 BERBASIS YII FRAMEWORK SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI Nurlaila Suci Rahayu Rais; Yulianto Yulianto; Egi Wijatriana Bachri
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.809 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.131

Abstract

Teknologi informasi dalam bidang komunikasi memiliki peran yang sangat penting, karena dengan adanya informasi yang mendukung akan tercipta komunikasi yang baik dan efektif. Di era pesatnya perkembangan teknologi ini, sangat dibutuhkan sebuah fitur yang dapat memudahkan dalam mendapatkan sebuah informasi dengan cepat. Viewboard merupakan sebuah fitur yang dapat menampilkan informasi dengan tampilan yang menarik berupa grafik. Di Universitas Raharja terdapat sebuah sistem yang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa secara online dan mandiri sebagai media untuk memenuhi poin penilaian sidang thesis yaitu PESSTA+ (Penilaian Sidang Thesis Plus). Pada PESSTA+ terdapat sebuah menu untuk Dosen Pembimbing dalam melakukan submit Penilaian Pembimbing mahasiswa yang menjadi bimbingannya masing-masing. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu: Identifikasi Kebutuhan, perancangan, Perancangan Prototype dan juga Review. Oleh karena itu, peneliti berharap dengan dibuatnya sebuah fitur Viewboard pada Penilaian Pembimbing akan dapat menyajikan sebuah informasi yang lebih informatif dan juga akurat kepada para user PESSTA+.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA LAPORAN HASIL PRODUKSI PADA PT.CENTRAL SARANA PANCING Achmad Rachmat; Rasyid Tarmizi; Firdaus Abdulrakhman Saputra
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.575 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.134

Abstract

Central Sarana Pancing seringkali menghadapi permasalahan pada pengolahan data laporan hasil produksi. Dalam pengolahan data laporan hasil produksi yang dilakukan,masih ada beberapa kekurangan yaitu proses pencatatan laporan hasil produksi yang dilakukan masih menggunakan kertas dan tidak bisa melakukan penginputan laporan hasil produksi di hari yang sama karena laporan hasil produksi dicatat di form hasil produksi menggunakan kertas sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dalam mengolah data dan penyimpanan data-datanya masih kurang aman dan kurang tertata dengan baik karena tidak adanya tempat penyimpanan data yang baik seperti kertas laporan hasil produksi bertumpuk diatas meja sehingga laporan hasil produksi bisa hilang ataupun bisa tercampur dengan laporan hasil produksi yang sudah di input. Berdasarkan masalah-masalah tersebut maka penulis mengusulkan pembuatan aplikasi pengolahan data laporan hasil produksi yang mudah dioperasikan dengan cepat, membuat sistem yang mudah di akses oleh bagian produksi dan mempunyai tempat penyimpanan data yang aman sehingga data-data yang ada tidak mudah hilang dan juga penyimpanan data menjadi lebih terintegrasi.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKRUTMEN KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA BENTENG KOTA TANGERANG Erna Astriyani; Mulyati Mulyati; Feni Setiawati
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.291 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.136

Abstract

Pada suatu perusahaan pasti membutuhkan informasi yang cepat dan akurat, salah satunya adalah informasi mengenai aset. Aset merupakan barang atau benda yang terdiri dari Aset tetap dan Aset yang dapat bergeak. PT Arbunco Wira Pandega adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pada saat ini dalam proses pencatatan data aset masih menggunakan aplikasi Ms. Excel, dimana masih dapat terjadinya salah input data aset dan data dapat hilang dari penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pada sistem yang berjalan untuk mengetahui penerapan sistem informasi monitoring aset pada PT Arbunco Wira Pandega . Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, and Efficiency, Service). kemudian menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan prosedur sistem yang berjalan. Hasil dari analisa ini adalah dibutuhkannya sistem informasi manajemen aset berbasis website yang akan mengurangi kendala-kendala yang terjadi, sehingga akan mempermudah dalam proses pendataan agar suatu data manajemen menjadi jelas dan rapi.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENUNJANG KEPUTUSAN REKAM JEJAK PEMELIHARAAN SARANA OPERASIONAL BERBASIS WEB PADA BLUD PUSKESMAS KECAMATAN CENGKARENG Sri Rahayu; Handy Januar Permana; Syahrul Mubarok
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (896.622 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.218

Abstract

Rekam jejak pemeliharaan suatu barang atau sarana operasional merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam suatu instansi perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan adanya suatu sistem yang terkomputerisasi yang dapat membuat laporan rekam jejak pemeliharaan lebih efektif dan efisien dan diimbangi dengan sumber daya manusia yang memadai. Namun dalam pelaksanaannya, pada BLUD Puskesmas Kecamatan Cengkareng belum memiliki sistem yang dapat mencakup seluruh kegiatan pemeliharaan sarana operasional. Dikarenakan dalam proses pencatatan dan pengolahan data pemeliharaan sarana operasional masih dikerjakan secara semi komputerisasi yang menggunakan Ms. Excel dan catatan dalam sebuah buku sebagai media yang digunakan dan tentunya masih besar kemungkinan terjadinya human error. Sehingga diperlukan perancangan sistem informasi rekam jejak pemeliharaan sarana operasional yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information/Data, Economy, Control, Efficiency, Service), elisitasi kebutuhan sistem, serta pemodelan sistem dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language) untuk menggambarkan secara visualisasi, yang selanjutnya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dengan basis data MySQL sebagai database yang digunakan. Dengan adanya perancangan sistem informasi rekam jejak pemeliharaan sarana operasional, dapat mempermudah bagian pemeliharaan dalam menghasilkan laporan rekam jejak pemeliharaan suatu barang atau sarana yang akurat dengan waktu yang cepat, sehingga menciptakan kinerja yang efektif dan efisien, serta dapat menunjang di dalam melakukan perencanaan kedepannya.
RANCANG BANGUN PENGAMAN MESIN ATM MENGGUNAKAN RFID BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega8535 Freddy Artadima Silaban; Lussiana ETP
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 5 No 2 (2019): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.145 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v5i2.223

Abstract

Brankas uang merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan untuk menyimpan uang sehingga lebih aman dari tangan-tangan yang tidak berhak. Mesin ATM hanya memiliki sistem security hanya sebatas sensor. Hal ini kurang efesien dalam keamanan mesin ATM. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem keamanan mesin ATM berbasis mikrokontroler yang dikombinasikan dengan beberapa sensor keamanan dengan tujuan mendapatkan keamanan yang lebih optimal dan mengimplementasikan RFID sebagai pendukung keamanan ATM. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan RFID Reader sebagai media input, website sebagai media informasi secara online sekaligus pengendali, dan mikrokontroler ATMega8535 sebagai pusat pemrosesan. Dari hasil perancangan dan pengujian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa alat bekerja sesuai dengan program yang sudah ditanamkan pada mikrokontroler ATMega 8535 dan rancangan alat ini dapat dikendalikan melalui website, serta setiap kondisi mesin ATM baik yang membuka menggunakan ID tag dan membongkar mesin ATM ditampilkan di LCD dan website.

Page 1 of 18 | Total Record : 180