cover
Contact Name
Jurnal altaujih
Contact Email
altaujih@uinib.ac.id
Phone
+6281266784647
Journal Mail Official
altaujih@uinib.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
ISSN : 25020625     EISSN : 27157571     DOI : -
Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016" : 8 Documents clear
Peran Guru BK dalam Upaya Menangani Penyimpangan Seksual Siswa Ahmad Masrur Firosad
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.940

Abstract

The entire high school students is a teenager in which at his age he experienced the transition from kids, teens to adulthood. Many things that make teenagers irregularities, in particular is a sexual perversion, namely teenage sexual behavior before marriage dilakuakan. Teachers Counseling as a counselor at the school in existence has a strategic role in addressing these problems can fulfill their role by conducting orientrasi services, information, and guidance and counseling groups. Teacher guidance and counseling can not perform its own role but must involve all parties in addressing this issue, including school parties as the principal subject teacher and homeroom teacher, parents, the community, and the students themselves.
Decision Making Sebagai Model dalam Konseling Karir di SMA untuk Pembuatan Keputusan Karir yang Tepat Rahmi, Alfi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.935

Abstract

Pengambilan keputusan karir telah mulai direncanakan sejak siswa memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa tingkat SMA mulai mengembangkan kesadaran diri dan eksplorasi karir.Namun tidak semua siswa SMA memiliki kesadaran diri dan kemampuan mengeksplorasi  kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat berakibat tidak mampu membuat keputusan karir yang tepat dengan mempertimbangkan potensi-potensi yang dimilikinya. Menyikapi kondisi ini terdapat suatu model dalam konseling karir yang dapat membatu siswa mengambil keputusan karir yang tepat yaitu Decision Making Model.Decision Makin Model memuat delapan  langkah dalam pengambilan keputusan karir. Melalui penerapan model ini diharapkan masalah-masalah karir yang dihadapi oleh siswa tingkat SMA dapat diatasi.
Konformitas Teman Sebaya Sebagai Pembentuk Perilaku Individu Mardison, Safri
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.941

Abstract

Konformitas merupakan perubahan perilaku remaja sebagai usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok dengan acuan baik ada maupun tidak ada tekanan secara langsung yang berupa  suatu tuntutan tidak tertulis dari kelompok sebaya terhadap anggotanya namun memiliki pangaruh yang kuat dan dapat menyebabkan munculnya perilaku-perilaku tertentu pada remaja anggota pada kelompok tersebut. Hasil dar proses konformitas bisa posistif dan bisa juga negatif. Dalam proses perkembangannya remaja yang melakukan konformitas mempunyai masalah dalam hal pergaulan dan penyesuaian diri. Dengan adanya kegiatan bimbingan dan konseling diharapkan bisa membantu pengembangan konformitas positif terutama untuk layanan bimbingan dan konseling kelompok.
Model Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa Melalui Infusi dalam Pembelajaran Psikologi Belajar Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang Anidar, Jum
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.936

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  banyak sekali mahasiswa yang belum menunjukkan karakter  sesuai dengan yang diharapkan, masih banyak ditemui mahasiswa yang pintar tapi sombong, dan sebaliknya. Banyak mahasiswa yang tidak menghargai dosen bahkan ada mahasiswa yang justru menjelek-jelekkan dosen. Sering juga ditemui mahasiswa yang coumloude tapi susah mencari pekerjaan, itu karena hanya mementingkan kognitif saja tanpa memikirkan karakter yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan MPI semester III. Instrumen penelitiannya angket, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pre test dan pos test. Pengolahan dan analisis data ini dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Uji t. Diperoleh t hitung = 2.584  dan t table  =  2,16  pada taraf Alpha =  0,05 Oleh karna, t hitung lebih besar dari  t table ,maka disimpulkan bahwa karakter cerdas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pengembangan karakter cerdas melalui infusi dalam pembelajaran Psikologi belajar lebih tinggi dari pada karakter cerdas mahasiswa  yang tidak diberikan perlakuan. Dilihat dari hasil rata-rata pos test kelas eksperimen 201,76 dan post test kelas kontrol 193.00. maka terjadi peningkatan karakter cerdas mahasiswa kelompok eksperimen sebanyak sebanyak 8,76 %.
Kepribadian Konselor dalam Perspektif Islam Marta Suhendra
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.942

Abstract

Counseling in Islam is a comprehensive concept for life. The concept that can help happiness, tranquility and contentment for humans. The concept is capable of directing man towards the best path, the path of self actualization to deliver a perfect human being. Achieve it all counselors need to equip themselves to have at least four competencies in themselves, such as: 1) pedagogic competence, 2) personal competence, 3) social competences and 4) professional competence. Personal competence special attention in the Islamic counseling. This is because in Islam counseling counselor's personality will become a role model for students who will be guiding learners in actualize himself.
Tinjauan tentang Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah dan Madrasah Mulyadi Mulyadi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.937

Abstract

BK Services is one of education has an important role in efforts to achieve national education goals. Assistance provided through BK directed at mastery of the competencies required to face the challenges and problems faced by learners. So it is necessary that the professional educators who are able to guide and train their students. Guidance and counseling for the alleged wisdom of guidance and counseling widely available in a variety of good business to humanize or glorify man. In Islam the use of the word counseling has two characteristics, namely counseling Islam and Islamic counseling. The second term has its own path of thinking, associated with the existence of scientific counseling in Islam. Therefore, the general pattern of BK in the school known as "BK pattern 17 at school 'which consists of 4 field guidance, 7 types of services, and 5 supporting activities and is supported by extensive knowledge and solid understanding with regard to the guidance and counseling itself is expected to complete the achievement of national education.
NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MENSUKSESKAN PROSES DAN MENGOPTIMALKAN HASIL LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Ahmad Syarqawi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.938

Abstract

Development and cultural shift has helped bring guidance and counseling services to a direction that more exist. Since 1900 guidance and counseling have been there, and the current guidance and counseling services is not the same applied to the services provided at the beginning of 1900. Guidance and counseling are always adjusting studies and models of service based on the demands of the times and the people who lived in his time.This time is a period that is always changing very fast, so for those who can not follow this change will be left behind and become a problem to be solved. Based on this phenomenon, it is important to integrate the values of Islam into the guidance and counseling services. This approach is an alternative to help clients who need guidance and counseling services.
Perencanaan dan Pengorganisasian Program Bimbingan dan Konseling Ali Daud
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 2, No 1 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v2i1.939

Abstract

Planning and Organizing guidance and counseling programs in schools involving people inside the organization Guidance and Counselling in schools and the division of labor among member organizations in school guidance. In order that all guidance and counseling services running properly. Administration covers administrative guidance and counseling to people (personnel guidance) and administration of the activities performed by the person. Mechanism of action of each Teacher of Guidance and Counseling in gathering information, data, or facts, pathways administrative mechanism different path, but still converge the specific purpose of solving the problems faced by students.

Page 1 of 1 | Total Record : 8