cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): October" : 5 Documents clear
Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019 Salimatul Fuadah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i1.10125

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya hasil observasi dan wawancara dari mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah Al-Tarjamah Al-Fauriyah, bahwa pembelajaran ini sangatlah dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan Maharah Al-Qira’ah beserta banyak menambah wawasan dalam segi mufradat dan gramatika Qira’ah bagi mahasiswa. Adanya proses pembelajaran ini dapat meningkatkan kemauan dan dorongan untuk bisa menguasai bacaan maupun teks berbahasa Arab yang disediakan oleh dosen pengampu. Karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan tujuan penelitian mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah serta keefektivitasan pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah dengan adanya peningkatan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji Paired-Samples Test melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerima materi. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 76,52 sedangkan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 83,81. Hasil nilai rata-rata terakhir sebesar 83,81 yang menyatakan bahwa pembelajaran ini berjalan sangat efektif, hasil N gain sebesar 0,9 yang menyatakan efektif, karena N gain 0,7, dan diperkuat dengan tanggapan beberapa mahasiswa berjalan secara efektif. Sedangkan hasil Uji “t” nilai pre-test dan post-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 kurang dari 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa mata kuliah pilihan Al-Tarjamah Al-Fauriyah bukan mata kuliah pilihan semata, tetapi mata kuliah ini layak untuk ditempuh bagi mahasiswa semester 6 karena berjalan dengan cukup efektif dan dapat meningkatkan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga.
Al-‘Alaqah Baina Nasyathi Hifzhil Qur’an Wa Maharatil Qira’ah Al-‘Arabiyyah A. Syahid Robbani; Ahmad Muzayyan Haqqy
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i1.10323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah tersebut ialah aktivitas menghafal Al-Qur’an memudahkan mahasiswa dalam melafalkan, menerjemahkan, dan memahami isi bacaan berbahasa Arab serta menambah kosakata bahasa Arab mahasiswa. Dengan demikian, aktivitas menghafal Al-Qur’an bisa membantu mahasiswa membaca teks berbahasa Arab dengan fasih dan benar. Begitu pula dengan kemampuan qira’ah yang baik akan memudahkan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an dan memahami ayat Al-Qur’an.
Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Hikmah Rahmasari
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i1.11362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Youtube sebagai solusi media pembelajaran bahasa Arab yang tepat di masa pandemi dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan random probability sampling, adapun analisis data pada penelitian ini dengan data reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek Penelitian pada peserta didik kelas XI di SMAIT Al  Huda Wonogiri. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa media Youtube adalah solusi yang tepat untuk media pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi, dengan presentase hasil survei (80,4%) peserta didik sangat setuju, sehingga menunjukkan hasil yang positif.
Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah ‘Ala Dlau al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak Li Ta’lim al-Lughat fi al-Jami’at al-Muhammadiyah Bi Indunisia: al-Furash wa al-Tahadiiyat Nurdianto, Talqis
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i1.9772

Abstract

Pengajaran bahasa Arab di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, baik metodologis maupun media pembelajaran. Persoalan pengajaran bahasa Arab kepada non-native speaker membutuhkan pengembangan kurikulum dan topik budaya yang sesuai, terutama dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia sangat membutuhkan perkembangan dan penyesuaian ini. Penelitian ini mencoba untuk menemukan peluang dan tantangan bagi universitas Muhammadiyah di Indonesia dalam pengajaran bahasa Arab dalam kerangka CEFR. Peneliti memilih empat universitas besar Muhammadiyah yang mengajarkan Bahasa Arab yaitu; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah (Uhamka) Jakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Penelitian deskriptif ini di samping pada wawancara dan observasi dengan dosen dan ketua program studi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang CEFR untuk pengajaran Bahasa Arab. Hasilnya, empat universitas tidak menerapkan kurikulum CEFR dalam pengajaran dan penilaian bahasa Arab karena tidak mengenalnya. Diantara tantangan yang datang dari dalam dan luar perguruan tinggi, dengan unsur-unsurnya dan dari luarnya diperlukan solusi, dan karena peluang penggunaan kerangka kurikulum adalah untuk mengetahui kompetensi bahasa Arab serta cara mengajar dan mengevaluasinya.
Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Komunikatif untuk Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Eka Dewi Rahmawati
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2020): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i1.11352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis Komunikatif yang ditujukan pada mahasiswa Ekonomi Syariah. Bahan ajar ini dikembangkan demi terpenuhinya tujuan utama dalam berbahasa menurut pendekatan komunikatif, yaitu untuk berkomunikasi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan sebelumnya belum berbasis Komunikatif. Pengembangan bahan ajar ini juga bertujuan mengembangkan kompetensi komunikasi berbahasa Arab mahasiswa yang disesuaikan dengan bidangnya, dalam penelitian ini pengembangan bahan Ajar komunikatif disesuaikan dengan bidang perekonomian. Kesimpulan yang dapat diambil setelah dilakukannya penelitiani adalah bahan ajar Bahasa Arab berbasis Komunikatif ini layak digunakan untuk pembelajaran mata kuliah bahasa Arab Program Studi Ekonomi Syari’ah berdasarkan pada  hasil rata-rata penilaian validator ahli materi Ekonomi Syariaah, ahli bahasa dan ahli desain. Produk bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami bahasa Arab dan menggunakannya dalam berkomunikasi khususnya pada bidang Ekonomi Syariah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5