cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): April" : 5 Documents clear
The Implementation of Audiolingual Methods on Ta'diyah Salam Material Faizetul Ukhrawiyah; Dian Fajariyah Damayanti
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i2.10955

Abstract

The objective of this research is to determine how the implementation of the Audiolingual method in Ta’diyah Salam material for the seventh grade students of MTS Darussalam Al-Qurani (Darussalam Al-Qurani Islamic Boarding School), Indramayu, what are the obstacles faced by teachers in implementing the method and how the efforts in overcoming these obstacles. The method the descriptive qualitative method with the data collection techniques used the observation, interviews, and documentation. From the results of the research, it is found that the audiolingual method used in the ta'diyah salam material uses the technique of dialog memorization, backward build up, and repetition drill. The obstacles faced by teachers in using the method are the limited time available for a well-implemented drilling system, the conditions of students who are not familiar with Arabic, as well as the fatigue and boredom experienced by students during the learning. However, as many obstacles appear, the teacher continues to strive to be able to overcome these obstacles by organizing the best possible time so that the learning can run well, conveying conversation texts as clearly as possible to the students, and providing learning media that are interesting for students so that they do not get bored quickly and tired.
Evaluasi Program E-Learning pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Model CIPP Ainikke Zakiyyatul Fitriani
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i2.10481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi komponen konteks pelaksanaan program e-learning yaitu kesesuaian pelaksanaan program e-learning terhadap kebutuhan mahasiswa berdasarkan tujuan pelaksanaan program pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan menggunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Proccess dan Output). Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif, yaitu untuk meninjau serta melihat objek penelitian dengan apa adanya sesuai fenomena yang terlihat pada saat penelitian dilaksanakan dan menggambarkannya dengan angka sebagai kesimpulan akhir penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi e-learning pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilihat dari komponen Context pada metode evaluasi CIIP (Context, Input, Proccess dan Output) termasuk dalam kategori baik dengan presentase Tingkat Capaian Responden 74,57%.
Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020 Fikriyah, Nurul
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i2.10501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan butir soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena seluruh informasi yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk angka. Data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi yang berupa soal ulangan tengah semester, kunci jawaban, dan respon jawaban siswa. Pada penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang terdiri dari seluruh soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa Arab kelas VII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 25 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) validitas soal valid berjumlah 31 butir (89%) dan tidak valid berjumlah 4 butir (11%), (2) tingkat kesukaran soal mudah berjumlah 3 butir (10%) sedang berjumlah 25 butir (80%) sukar 3 butir (10%), (3) daya pembeda soal layak berjumlah 25 butir (81%) dan tidak layak berjumlah (19%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas dan kelayakan butir soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 sudah termasuk ke dalam kategori cukup.
Efektivitas Penggunaan Fun Arabic Student Sheet (FARASSHEE) sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Ulangan Harian Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarbinangun Tahun Ajaran 2019/2020 Amalina, Eza Alhaniah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i2.10539

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Ambarbinangun yaitu siswa masih membutuhkan bantuan guru dalam mengerjakan ulangan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Fun Arabic Student Sheet (FARASSHEE) sebagai alat evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan ulangan harian bahasa Arab kelas 5 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model pre-eksperimen one shot case study. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 B yang berjumlah 29 orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas konten dan seluruh butir soal pada FARASSHEE terbukti valid. Hasil uji realibilitas menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,617 dan dinyatakan realiabel. Penelitian ini menggunakan uji paired samples t test dalam menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: Setelah menggunakan FARASSHEE total nilai rata-rata ulangan harian  siswa kelas 5 B meningkat menjadi 67.41. Kemudian menggunakan uji paired sample t test dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Perolehan nilai korelasi antara kedua sampel adalah 0,516 dengan nilai signifikansi 0,004 (kurang dari 0,005). Hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan dan peningkatan hasil antara nilai ulangan harian sebelum menggunakan FARASSHEE dan setelah menggunakannya.
Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok M. Pakihun; Mahyudin Ritonga; Bambang Bambang
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v3i2.10883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah dalam membaca bahasa Arab, tujuan didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan lemahnya kemampuan peserta didik dalam membaca bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif, informan utama dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab, dan untuk informan tambahan kepala madrasah dan beberapa peserta didik yang dipilih secara purposive sampling. Untuk mendapatkan data dari sumber yang ditentukan dalam penelitian ini digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, semua data dianalisis dengan pendekatan interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesulitan mempelajari materi qiro’ah yang dihadapi peserta didik ialah mulai dari aspek makharij al-huruf, shifat al-huruf, tajwid, dan gramatika, data menunjukkan secara umum peserta didik tidak memiliki ilmu dasar yakni gramatika bahasa Arab, sementara pada aspek makharij al-huruf, shifat al-huruf dan tajwid banyak di antara peserta didik yang telah memiliki kemampuan yang baik. Hasil penelitian merekomendasikan agar pembelajaran makharij al-huruf, shifat al-huruf dan tajwid dilakukan secara intensif di luar jadwal formal. Di samping itu, penguatan gramatika dalam bentuk aplikasinya menjadi semakin penting, untuk itu sinkronisasi materi pada kurikulum pesantren dengan materi bahasa Arab sebagai kurikulum Kemenag dapat menjadi alternatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5