cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): October" : 5 Documents clear
Peluang Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbantu Media Whatsapp bagi Mahasiswa di Masa Daring Halimatus Sa'diyah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v4i1.12255

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisa peluang dan tantangan pembelajaran Maharah al-Kitabah berbantu media Whatsapp berdasarkan presepsi mahasiswa Psikologi di PKPBA (Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab) UIN Maliki Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari pengamatan, angket dan wawancara pada 37 informan dengan menggunakan purposive sampling. Data dianalisa dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peluang terdapat pada: penjelasan materi dapat diterima mahasiswa (95%), berlatih pada Maharah al-Kitabah berbantu Whatsapp dapat diberikan pada semua ragam al-kitabah (33%), respon terhadap materi langsung dibuka dan dipelajari oleh mahasiswa (73%), dan pembelajaran Maharah al-Kitabah dengan menggunakan media Whatsapp dapat digunakan pada pembelajaran jarak jauh (70%). (2) Tantangan meliputi: kendala yang terkadang dihadapi mahasiswa dalam membuka file atau video (49%), mahasiswa merasa kurang yakin dengan tulisannya pada materi menulis cerita yang dikirim di Whatsapp (30%) dan mahasiswa kurang bersemangat untuk menunggu materi Maharah al-Kitabah yang disampaikan melalui Whatsapp (51%).
Pendekatan Humanistik Melalui Permainan Edukatif Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam Terpadu Erni Wahyuningsih; Syindi Oktaviani Tolinggi; R. Umi Baroroh
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v4i1.12437

Abstract

Ada empat keterampilan berbahasa (مهارةاللغة) dalam pembelajaran bahasa Arab yang wajib dikuasai agar tercapai proses pembelajaran bahasa Arab yang sesuai. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan beberapa pendekatan salah satunya ialah pendekatan humanistik. Pendekatan humanistik melalui permainan edukatif bahasa akan memberikan kesan yang menyenangkan sehingga siswa bisa mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab dengan hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab melalui permainan edukatif bahasa di Sekolah Islam Terpadu yang nantinya dapat dijadikan acuan bagi sekolah-sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yakni kepustakaan (library research). Adapun sumber datanya ialah data primer dan data sekunder yang berupa buku-buku, artikel jurnal, dan lainnya terkait pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab melalui permainan edukatif bahasa di Sekolah Islam Terpadu. Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang memiliki sistem belajar secara full day sehingga dengan menggunakan pendekatan humanistik melalui permainan edukatif bahasa, peserta didik dapat mengaktualisasikan dirinya dalam pembelajaran bahasa Arab dengan lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan.
Al-Manhaj Al-Muqtarah Lita’lÎmillughah Al-‘Arabiyyah Lil Madâris Al-I’dâdiyyah Al-Islâmiyyah Al-Mukatsafah Bi Indûnîsiya Khaulah Ishomuddin
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v4i1.11532

Abstract

The objective of this research is to design a proposed curriculum of Arabic teaching for Integrated Islamic Junior High School (SMPIT) in Indonesia. This research was conducted in SMPIT Al-Muchtar Bekasi, West Java. Meanwhile, the method employed in this research is descriptive qualitative analysis with data collection through observation, interviews, documentation, and field notes. The outcomes of this research entailed: 1) Lack of subject content, 2) Variation of teaching methods, 3) Lack of Arabic language coercion on students, 4) Weaknesses of students in Arabic grammatical learning.
Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Ujian Nahwu Siswa Kelas VII MBS Ar Fachruddin Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 Wahidah, Aliyatul
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v4i1.11885

Abstract

Ujian akhir semester merupakan salah satu tolak ukur pemahaman siswa terhadap suatu materi, dan tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahan-kesalahan seringkali terjadi ketika menjawab soal-soal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kesalahan berbahasa dengan lingkup kesalahan penulisan dalam tipe soal pembuatan jumlah mufidah dengan studi kasus pada siswa kelas VII MBS Ar Fachruddin pada soal ujian akhir semester mata pelajaran nahwu guna memberi evaluasi untuk pembelajaran nahwu yang di semester selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyertakan angka-angka sebagai penguat dalam kesimpulan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan metode Rusydi Ahmad Tha’imah yang meliputi tiga langkah: identifikasi kesalahan, deskripsi, dan klasifikasi kesalahan serta penafsiran dan penjelasan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantara kesalahan-kesalahan yang sering terjadi antara lain: kesalahan struktural, kesalahan semantik, dan kesalahan dalam penulisan.
Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen Andita Aprilia Fridayanti
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 4, No 1 (2021): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v4i1.12950

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek, dan guru dituntut agar dapat mengimplementasikan iptek pada proses pembelajaran untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang memerlukan sarana interaktif untuk mempermudah pelaksanaan pengkajian mengenai bahasa Arab. Salah satu sarana yang digunakan yaitu media audio visual channel Youtube yang mempelajari mengenai kosakata bahasa Arab-Indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual channel youtube di MTs NU Mranggen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual channel Youtube di MTs NU Mranggen. Pendekatan yang di dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang dilakukan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai kejadian yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil pada penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan media audio visual channel Youtube pada proses belajar bahasa Arab di MTs NU Mranggen dapat merangsang siswa untuk mengikuti pembelajaran dan memperhatikan guru dalam menerangkan materi sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih aktif, afektif, dan kreatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5