cover
Contact Name
Karyadi
Contact Email
agromediastipf@gmail.com
Phone
+6224-8316051
Journal Mail Official
agromediastipf@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur IV/15 Bendan Duwur Semarang 50235
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian
ISSN : 27213153     EISSN : 27213080     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
The articles published are the results of research on the theory and practice of the application of agricultural science which includes: 1. Plant Science 2. Agronomics 3. Agro-technology 4. Agro-Ecosystems and the Environment 5. fisheries and livestock 6. Food Science 7. Agricultural Business 8. Agricultural Socio-Economy, 9. Agricultural Information
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 41, No. 2 September 2023" : 12 Documents clear
Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Daging Ayam Broiler Di Gelael Supermarket Semarang Intan Ayuningtyas, Titik Ekowati dan Agus Setiadi
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.437

Abstract

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, konsumsi daging ayam broiler di Indonesia juga mengalami peningkatan. Masyarakat mulai menyadari pentingnya hidup bersih dan sehat setelah masa pandemi ini, sehingga berbelanja di pasar modern menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian. Bauran pemasaran yang tepat diberikan oleh perusahaan akan membawa kepuasan terhadap konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan menganalisis kinerja Gelael Supermarket Semarang terhadap atribut bauran pemasaran berdasarkan harapan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada 11 Juli – 9 September 2022 di Gelael Supermarket cabang Mal Ciputra dan Sultan Agung. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kepuasan konsumen Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan konsumen Gelael Supermarket Semarang sebesar 83,65% yang menunjukkan bahwa konsumen sangat puas. Atribut yang dapat dipertahankan adalah warna daging, kebersihan daging, kemasan daging, aksesibilitas lokasi, lahan parkir, sikap pelayanan, kerapian pelayan, kecepatan dan ketepatan pelayanan, kemampuan penanganan keluhan, kerapian layout, dan kondisi kelayakan bangunan. Atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah kesesuaian harga dan potongan harga.
Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Buah Merek Sunpride di Kota Semarang Ayu Tantia Arafah, Kustopo Budiraharjo, dan Siswanto Imam Santoso
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.432

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis karakteristik konsumen buah merek Sunpride di Kota Semarang dan menganalisis pengaruh brand image serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian buah merek Sunpride di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling sejumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden didominasi oleh kelompok usia 17 – 26 tahun, konsumen berjenis kelamin perempuan, berstatus pelajar/mahasiswa, memiliki penghasilan Rp. 1.000.000/bulan dengan pengeluaran pembelian buah sebesar Rp. 50.000 – Rp. 100.000/bulan, frekuensi pembelian dilakukan lebih dari tiga kali dalam sebulan dan jenis buah yang paling sering dibeli adalah pisang cavendish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image dan kualitas produk secara simultan maupun parsial berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian buah merek Sunpride di Kota Semarang.
Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Jamur Tiram CV. Jati Nikmat Di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Jawa Tengah Yaumil Arahman, Kustopo Budiraharjo, dan Agus Setiadi
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.438

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Jati Nikmat (Jaka Makmur) Kota Semarang. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis secara parsial maupun serempak adanya pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen jamur tiram Jati Nikmat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data dengan wawarncara dan observasi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel dengan responden yang kebetulan dijumpai pada saat membeli jamur tiram di CV. Jati Nikmat. Jumlah responden yang dibutuhkan adalah 100 konsumen. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan program SPSS 25. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yang dilengkapi dengan pengujian seperti uji kelayakan instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil bahwa secara serempak harga dan promosi berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial harga dan promosi berpengaruh nyata sedangkan produk tidak berpengaruh. Koefisien Determinasi sebesar 0,627 artinya variabel produk harga dan promosi menjelaskan nilai variabel kepuasan sebesar 62,7 %, sisanya sebesar 37,3 % dijelaskan variabel lain di luar model.
Analisis Kepuasan Pelanggan Kaitannya Dengan Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan di Raja Bunga Anggrek Bandungan, Kabupaten Semarang Windi Ayu Eka Ratri, Kustopo Budiraharjo, dan Mukson
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.433

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan, menganalisis kinerja atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan menganalisis faktor kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian di Raja Bunga Anggrek Bandungan, Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengambilan sampel dengan non-probability sampling menggunakan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis regresi linear berganda. Penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan di Raja Bunga Anggrek mayoritas berusia 41-50 tahun. Mayoritas pernah membeli sebanyak dua sampai lima kali. Pelanggan Raja Bunga Anggrek memiliki rata-rata penghasilan antara Rp2.000.000-Rp4.000.000 per bulan dengan pengeluaran setiap kali membeli antara Rp150.000-Rp500.000. Jenis bunga Anggrek yang sering dibeli yaitu jenis Vanda. Alasan utama pelanggan membeli bunga anggrek di Raja Bunga Anggrek karena harga yang terjangkau menurut pandangan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pelanggan Raja Bunga Anggrek tergolong sangat puas pada nilai 80,41. Adapun kinerja atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dibagi menjadi empat kuadran dimana kuadran I terdapat sebanyak satu atribut, kuadran II sebanyak 10 atribut, kuadran III sebanyak tiga atribut dan kuadran IV sebanyak satu atribut. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan harga kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan.
Analisis Pemasaran Ikan Lele Masamo Pada Kelompok Pembudidaya Ikan “Sukas Fish Farm” Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Anggit Ribowo, Sulistyowati dan Karyadi
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.439

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, besarnya margin dan farmer’s share dan efisiensi pemasaran ikan lele masamo di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm yang dilakukan pada bulan Pebuari- April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang didapat dalam penelitian diketahui bahwa pemasaran ikan lele masamo yang ada di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm. Hal ini berdasarkan analisis harga beli, harga jual dan keuntungan yang diperoleh lembaga pemasaran yang terlibat. Nilai efisiensi tiap lembaga pemasarannya yaitu, pedagang pengumpul 0,051 dan pedagang pengecer 0,038. Terdapat tiga saluran pemasaran ikan lele masamo di kelompok pembudidaya ikan sukas fish farm. Saluran 1: pembudidaya dan konsumen akhir. Saluran 2: pembudidaya, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Saluran 3:pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecerdan konsumen akhir. Besarnya nilai margin pembudidaya (Rp.2.000), pedagang pengumpul (Rp.3.500) dan pedagang pengecer (Rp.4.500). Nilai farmer’s share pada saluran 1 (100%), saluran 2 (82,05%) dan saluran 3 (81,25%).
Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang Devinta Ayuningtyas, Kustopo Budiraharjo, dan Wiludjeng Roessali
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.434

Abstract

Agroindustri kopi memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan di Indonesia karena memiliki prospek besar baik nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi prioritas yang tepat untuk pengembangan pemasaran produk Java Coffee Tlogo pada Perkebunan Tlogo Tuntang di Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan wawancara pengisian kuesioner oleh key informant dari internal dan eksternal perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan SuperDecisions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan terletak pada Kuadran I, sehingga strategi SO (Strength-Opportunity) yang diterapkan adalah mengoptimalkan pemanfaatan lahan perkebunan dan dukungan pemerintah serta organisasi terkait untuk meningkatkan produksi kopi, memanfaatkan keunggulan kualitas dan rasa kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas, dan memperkuat merek Java Coffee Tlogo  dengan memanfaatkan lokasi sebagai tempat wisata dan edukasi tentang kopi. Prioritas strategi utama adalah memanfaatkan keunggulan kualitas kopi untuk memperkenalkan Java Coffee Tlogo pada pasar yang lebih luas dengan meningkatkan promosi produk secara tidak langsung.
Pengaruh Marketing Mix 4p Terhadap Loyalitas Konsumen Madu Pramuka Di Kota Semarang Nabilah Inas Saraswati, Kustopo Budiraharjo, dan Mukson
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.440

Abstract

Loyalitas konsumen adalah kesetiaan konsumen terhadap suatu merek yang ditunjukkan dengan sikap positif dan komitmen untuk terus menggunakan produk tersebut serta berniat untuk melakukan pembelian di masa mendatang. Ketatnya persaingan antar kompetitor madu, membuat produsen harus mampu mempertahakan loyalitas konsumen agar perusahaan tetap dapat mempertahankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan pengaruh marketing mix (product, price, promotion, dan place) terhadap loyalitas konsumen Madu Pramuka di Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2023 di Kota Semarang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling, yaitu accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang pada lima outlet Madu Pramuka di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis deksriptif, responden didominasi oleh 54% laki-laki, 39% berusia 31- 40 tahun, 56% sudah menikah, 28% karyawan swasta, 35% berpenghasilan Rp 3.000.000-Rp 5.000.000, dan  41% 2 hingga 3 kali frekuensi pembelian madu pramuka dalam sebulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (product) Madu Pramuka sudah memiliki variasi rasa dan ukuran, harga (price) Madu Pramuka bersaing dan sudah sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen, tempat (place) penjualan Madu Pramuka strategis dan mudah dijangkau, dan promosi (promotion) Madu Pramuka dilakukan melalui website, Instagram, dan brosur. Berdasarkan hasil regresi linear berganda didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 61%, secara simultan produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Madu Pramuka di Kota Semarang. Secara parsial produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan, sedangkan tempat tidak berpengaruh signifikan.
Analisis Pendapatan Usahatani Tebu Anggota Gapoktan Tambah Makmur Di Desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Ivanda Aliffiano, Kustopo Budiraharjo, dan Migie Handayani
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pendapatan petani tebu anggota Gapoktan Tambah Makmur serta menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi pendapatan petani tebu anggota Gapoktan Tambah Makmur di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan pada 12 Oktober – 2 Desember 2022 di Desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan penghasil tebu terbesar di Kecamatan Bae. Metode yang digunakan yaitu survei. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan kuesioner. Metode penentuan sampel menggunakan sensus yaitu sebanyak 74 petani tebu. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif menggunakan analisis pendapatan usahatani, one sample t-test dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya produksi rata–rata yang dikeluakan Rp  23.529.770,-/MT , penerimaan rata–rata sebesar Rp 36.027.568,-/MT , dan pendapatan rata – rata sebesar Rp 12.497.798,-/MT dengan luas lahan rata – rata sebesar 1,57 ha. Berdasarkan hasil uji one sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa pendapatan petani tebu Desa Bae lebih rendah jika dibandingkan dengan UMK Kabupaten Kudus. Secara serempak faktor-faktor produksi luas lahan, biaya tenaga kerja, biaya bibit, biaya pestisida, dan jumlah produksi berpengaruh terhadap pendapatan. Secara parsial yaitu terdapat dua variabel faktor produksi yang berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan petani tebu di Desa Bae Kabupaten Kudus, yaitu biaya bibit dan biaya pupuk. Sedangkan variabel lain biaya tenaga kerja,biaya pestisida, biaya bibit dan biaya produksi berpengaruh nyata dan signifikan terhadap pendapatan petani tebu.
Analisis Pendapatan Usahatani Padi (oryza sativa) Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Mawar Brigita Lawrencia Turnip, Siswanto Imam Santoso , dan Edy Prasetyo
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.436

Abstract

Pendapatan petani dapat dilihat melalui selisih antara penerimaan beserta total biaya produksi yang dipergunakan sepanjang tahapan produksi. Kecamatan Ungaran Timur menjadi satu diantara kecamatan di Kabupaten Semarang dengan dikenal selaku wilayah dengan produksi padi tinggi. Produksi padi terjadi fluktuasi dengan terus turun juga naik dengan hasil produksi pada Tahun 2020 sejumlah 5,95 ton beserta luas lahan 1158ha juga pada tahun 2021 hasil produksi padi 5,92 ton dengan luas lahan sebesar 1222ha. Tujuan melalui penelitian ini ialah menganalisis pendapatan usahatani dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang terhadap pendapatan usahatani di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini sudahd ilakukan pada bulan Februari-Maret 2023 di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Metode peneltian yang dipergunakan melalui metode survei yakni melalui cara wawancara mempergunakan kuisioner. Penentuan jumlah responden mempergunakan teori Arikunto sedangkan pengambilan sampel mempergunakan simple random sampling. Penentuan jumlah responden sejumlah jumlah 83 petani padi sawah. Data penelitian ini ialah data primer melalui hasil wawancara kepada petani juga data sekunder. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya rata-rata produksi padi 2.310 GKP/mt beserta rata-rata untuk skala 0,38ha. Rata-rata pengeluaran biaya produksi petani ialah Rp. 1.277.702 mt/0,38ha. Rata-rata penerimaan petani padi ialah Rp. 11.018.350 mt/0,38ha juga Rata-rata pendapatan petani Rp. 9.992.250 mt/,38ha di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Sejumlah faktor yang memberikan pengaruh nyata pada pendapatan usahatani padi sawah ialah luas lahan, modal juga umur kemudian faktor tenaga kerja tak memberikan pengaruh nyata pada pendapatan usahatani di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.
Model PBL (Problem Based Learning) Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN) Dalam Meningkatkan Anti Korupsi Di Kampus Andi Indrawan Andi Indrawan
AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian Volume 41, No. 2 September 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Farming Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47728/ag.v41i2.444

Abstract

Latar belakangi dari penelitian ini adalah adanya mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran di kampus dan juga ada di berbagai perguruan tinggi lainnya yang sifatnya hanya materi ingatan saja, sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kebutuhan bahan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan memasukan materi anti korupsi. 2) mengembangkan bahan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dan 3) untuk mengetahui kelayakan pengembangan bahan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Problem Based Learning (PBL) adalah suatu pendekatan pengajaran yang cocok untuk digunakan pada masalah dunia nyata sebagai konteks bagi mahasiswa dalam belajar berpikir kritis dan keterampilan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Sebagai responden adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan sks 3(3-0). Renponden diambil secara sensus atau semua sehingga berjumlah 17 responden/mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan analisis dokumentasi pada saat perkuliahan berlangsung. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bawa skor aspek Kelayakan isi = 90,59 %, skor aspek, skor aspek Kelayakan Penyajian = 90,00 %, dan skor aspek Kebahasaan dengan angka = 91,67 %.  Kesimpulan secara keseluruhan dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil analisis kelayakan modul pembelajaran anti korupsi layak dapat digunakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12