cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 133 Documents
Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta) Nurfadlliah Nurfadlliah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art5

Abstract

Pemimpin merupakan orang yang sangat berpengaruh di lembaga organisasi. Perpustakaan juga termasuk organisasi yang membutuhkan pemimpin yang mengatur alur kerja perpustakaan. Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta merupakan salah satu perpustakaan umum kota yang dipimpin oleh seorang kepala perpustakaan. Tulisan ini menganalisis gaya kepemimpinan Perpustakaan Grahatama Pustaka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjukakkan bahwa pimpinan grahatama termasuk kedalam pemimpin yang suprotif, partisipatif, dan berorintasi pada prestasi
Perpustakaan Sekolah Sebagai Rumah Kedua Bagi Warga Sekolah Venti Wanti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 5 No. 1 2014
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rutinitas serta tanggung jawab yang disandang oleh masing-masing warga sekolah sering memicu stress bahkan depresi. Kondisi ini membuat mereka merindukan rumah sebagai tempat beristirahat yang nyaman, penuh kehangatan dan kekeluargaan yang mampu mengurangi beban, kepenatan badan dan pikiran serta memberikan energi baru untuk melanjutkan aktifi tas. Perpustakaan SMA Negeri 1 Kejobong, Purbalingga memahami fenomena ini sebagai peluang untuk mengembangkan perpustakaan sekolah sebagai rumah kedua yang nyaman, penuh kehangatan, inspiratif, yang dapat memunculkan ide segar dan kreatif bagi warga sekolah. Agar tercipta perpustakaan yang senyaman rumah, perlu diciptakan suasana, kultur, dan kondisi yang penuh kekeluargaan. Keramahan, perhatian, kehangatan, dan komunikasi yang baik dari petugas sangat berpengaruh terhadap psikologi pengguna perpustakaan yang selanjutnya turut menentukan kenyamanan warga sekolah sebagai pengguna perpustakaan saat berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan. Selain layanan yang baik, keramahan dan perhatian dari petugas, sarana dan prasarana seperti toilet, penambahan unit komputer dengan akses internet untuk pemustaka, serta kipas angin untuk menjaga kesejukan ruang perpustakaan memegang peranan yang penting dalam memberikan rasa nyaman bagi pemustaka perpustakaan.
Strategi Kecepatan Proses Koleksi Buku Sampai ke Pemustaka Admiko Suharto; gaib Suwasana
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 2 No. 1 2009
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Data dengan menggunakan Analisis MS Project dan perhitungan-perhitungan menggunakan estimasi waktu, akan dapat diketahui bahwa dari seluruh koleksi yang menjadi populasi yang berjumlah 1056 judul yang berada di ruang pengolahan bahan pustaka, bisa diselesaikan dalam waktu 54 hari. Pada network diagram pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu 46 hari. Sehingga waktu penyelesaian pekerjaan pengolahan bisa dipersingkat selama 8 hari. Produktivitas kerja pada kegiatan kerja pengolahan hanya bisa menyelesaikan pekerjaan 19 dan 20 judul setiap hari. Perhitungan berdasarkan waktu normal penyelesaian pekerjaan hasil penelitian kerja, setiap jam (per jam), setiap harinya (per hari) dengan ketentuan jam kerja yang ada yaitu; 5 hari kerja dengan 7 jam per hari. Maka per hari harus bisa menyelesaikart kerja pengolahan minimal 19 judul, hasil perhitungan dari volume pekerjaan dibagi waktu rata-rata pencapaian kegiatan penyelesaian pekerjaan, dibagi jumlah hari. Upaya untuk menambah kecepatan informasi sampai kepada pemakai dapat dipercepat menjadi 15 hari dengan menambah sumberdaya dua atau tiga orang, yang masing-masing berjumlah 5 orang pada tiap bagian kegiatan kerja. Rekomendasi untuk percepatan kerja yang dilakukan tidak harus menambah sejumlah orang tenaga (ahli), akan tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan dan menerapkan cara_kerja tim. Yaitu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk melakukan tugas sesuai dengan manajemen proyek, hal ini juga untuk menekan biaya operasional yang akan dikeluarkan perpustakaan
Analisis Elemen Kunci Website Berdasar Konsep Shedroff Pada Website Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Hana Isnaini Al Husna; Syifaun Nafisah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 1 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Website perpustakaan harus dapat menyampaikan informasi kepada pemustaka dengan cara yang mudah, cepat, menarik dan informatif. Penelitian ini menganalisis website perpustakaan Universitas Islam Indonesia, dengan metode kualitatif dengan jenis field research. Hasil analisis website berdasarkan konsep 6 (enam) elemen kunci Shedroff (1997) adalah : 1) Content (isi) website telah memenuhi standar sebuah web, tetapi statistik web tidak update, tidak online dan bahasa yang tidak konsisten. 2) Information Design (organisasi dan navigasi), disusun teratur sesuai kategori, mudah ditemukan, tidak banyak scroll, tetapi terdapat dua tombol search yang membingungkan. 3) Performance, web didesain untuk sivitas akademika, tidak memiliki suara, tidak banyak desain dinamis dan tidak banyak desain interaktif, sehingga waktu download tidak lama. Traffic pengunjung mengalami penurunan pada tahun 2017 (pages 787.070) dan 2018 (pages 435.844). 4) Compatibility, website sesuai dengan judul pada URL. 5) Visual Design, menggunakan theme enfold telah disesuaikan dengan Branding Guidelines UII. 6) Interaction Design, sudah adaptif desain, belum memiliki feed back, live comment, replay, dan belum dapat diakses oleh kaum difabel.
Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan “Puspa Cendekia” SD Negeri Pakis 1 Husnatun Inabah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 1 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss1.art2

Abstract

Jantung dari pendidikan sekolah adalah perpustakaan. Pendidikan yang berkualitas senantiasa ditumbuhkembangkan melalui perpustakaan. Perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal apabila perpustakaan menyediakan berbagai informasi dari bahan pustaka yang dimiliki baik dalam bentuk cetak maupun terekam. Kelengkapan koleksi dan fasilitas yang tersedia sangat mempengaruhi daya tarik pemustaka untuk mengunjungi perpustakaan. Peningkatan jumlah pengunjung menunjukkan bahwa perpustakaan dapat memberikan pelayanan prima. Penggunaan software SLIMS memberikan kemudahan dalam pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Penelitian ini bertujuan untuk memahami unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa ke pe perpustakaan Puspa Cendekia. Metode penelitian yang digunakan observasi dan wawancara. Mengamati dan mencatat secara sistematik keadaan perpustakaan Puspa Cendekia dari berbagai sudut pandang seperti ruangan, koleksi yang dimiliki, fasilitas, pelayanan. Selain itu penulis juga melakukan wawancara dengan pustakawan dan beberapa siswa pengunjung perpustakaan. Penelitian ini membuktikan bahwa unsur yang menyebabkan minat kunjung siswa karena pelayanan ramah, ruang perpustakan yang nyaman dengan adanya fasilitas AC, koleksi yang cukup lengkap, serta fasilitas yang memadai. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh minat kunjung pemustaka dipengaruhi oleh beberapa unsur, antara lain tersedianya koleksi yang cukup lengkap, ruangan yang nyaman, pelayanan pengguna sangat memuaskan. Namun ada juga kendala yang dihadapi pustakawan yaitu belum tersedianya jaringan internet, dana anggaran BOS sebesar 5% untuk perpustakaan belum terealisasi sepenuhnya, kurangnya kesadaran pengguna untuk mengembalikan buku ke rak sesuai dengan nomor klasifikasinya setelah mereka selesai membaca.
Implementasi Prinsip Educational Role Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries Rom Ubaidillah Muhammad; Sukirno Sukirno
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art1

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsip educational role/prinsip peran pendidikan yang di terapkan oleh Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries. Teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Metode Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Deskripsi hasil penelitian menggunakan teori tahapan implementasi dari Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti dalam buku implementasi kebijakan publik. Tahapan tersebut yaitu: kebijakan: tujuan dan sasaran, keluaran dan kebijakan, implementor, kelompok sasaran, dampak jangka pendek, menengah dan jangka panjang, dan kinerja implementasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peran pendidikan di Perpustakaan FK UGM di implementasikan dengan program kerja pelatihan literatur searching, update modul literatur searching, bedah buku karya dosen FK, dan penyediaan fasilitas teknologi informasi untuk pembelajaran berupa fasilitas wifi, koleksi referensi online dan teknologi RFID Circulation Assistant.
Model Pengembangan Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Di Indonesia sungadi sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 4 No. 1 2013
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas model pengembangan perpustakaan digital perguruan tinggi di Indonesia yang masing-masing mewakili institusi yang berbeda. Dengan mengambil lima (5) contoh antara lain : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Islam Indonesia (UII). Dari beberapa perguruan tinggi tersebut dapat diketahui bahwa perguruan tinggi itu telah mengembangkan Perpustakaan Digital dan telah beroperasi secara lokal maupun dengan memanfaatkan internet. Kelima Perguruan Tinggi tersebut mengembangkan koleksi digitalnya dengan memulai digitalisasi koleksi lokal (local content), berupa skripsi, tesis, disertasi, dan hasil penelitian. Kelima Perpustakaan Digital tersebut secara teknis memakai model pengembangan OAIS, dengan ciri-ciri kegiatannya lebih menekankan pada proses kerja yakni bagaimana cara mereka mengelola paket informasi.
Membangun Kepuasan Pemustaka Melalui Kualitas Layanan Umum Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Suwardi Suwardi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 2 No. 1 2009
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas layanan yang berfungsi untuk membangun kepuasan pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia FE UII Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden. Variabel yang digunakan adalah lima dimensi kualitas /ayanan menurut Parasuraman et. al. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, terdiri atas 20 butir pertanyaan. Berdasarkan analisis antara kinerja layanan dengan harapan pemustaka secara keseluruhan diperoleh tingkat kesesuaian sebesar 85, 05% yang berarti bahwa pemustaka belum merasa puas atas layanan Perpustakaan FE UII Yogyakarta. Tingkat kesesuaian untuk masing-masing dimensi adalah tangible sebesar 85, 00%, reliability 78,39%, responsiveness 83,89%, assurance 85,96%, dan empathy 93, 71 %. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada satupun dimensi kualitas layanan yang memiliki tingkat kesesuaian sebesar 100% atau lebih, sehingga pemustaka belum merasa puas atas pengelolaan dimensi kualitas layanan tersebut oleh pihak Perpustakaan FE UII. Analisis menggunakan diagram Kartesius menempatkan masing-masing dimensi kualitas layanan pada kuadran yang ada dan menuntun pihak pengelola kepada kebijakan yang perlu dilakukan yaitu prioritas utama, pertahankan prestasi, prioritas rendah dan abaikan. Analisisis ini menempatkan dimensi kehandalan (reliability) dan daya tanggap pada kuadran A, yang berarti bahwa dimensi tersebut harus menjadi prioritas utama bagi pihak Perpustakaan FE UII dalam pengelolaan dimensi kualitas layanan yang akan memberikan kepuasan bagi pemustaka.
Pengaruh Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Terhadap Prestasi Siswa MAN Tambakberas Muhammad Zainal Asrori
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 7 No. 1 2016
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol7.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpustakaan sebagai pusat belajar terhadap prestasi siswa MAN Tambakberas. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif semi kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur dan kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 90 panelis yang terdiri dari dari 45 siswa yang sering mengunjungi perpustakaan MAN Tambakberas dan 45 siswa yang jarang ke perpustakaan MAN Tambakberas Jombang. Parameter yang diujikan meliputi nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan, nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan, dan kegiatan siswa selama di perpustakaan. Adapun hasil penelitian tentang nilai rata-rata siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan cukup tinggi dengan prosentase 18% siswa yang sering mengunjungi perpustakaan mampu mendapatkan nilai diatas 90. 82% siswa mendapatkan nilai di atas 75 dan 0% siswa yang mendapatkan nilai dibawah 75. Dari responden diperoleh nilai rata-rata siswa jarang berkunjung ke perpustakaan dengan persentase 0% siswa mendapatkan nilai di atas 90, 88, 9% siswa mendapatkan nilai di atas 75, dan 11, 1% siswa mendapatkan nilai di bawah 75. Tidak semua siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi akan tetapi ada siswa yang hanya bermain/ bersantai dengan prosentase 44,4% siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk belajarlmencari informasi, 22,2% siswa yang berkunjung ke perpustakaan berkonsultasi tentang tugas, dan 33,3% hanya bersantai/ bermain ke perpustakaan. Dapat disimpulkan perpustakaan MAN Tambakberas sebagai pusat belajar berpengaruh terhapat prestasi siswa yang berkunjung.
Analisis Gaya Kepemimpinan Partisipatif di Perpustakaan Universitas Bunghatta Sumatera Barat Septevan Nanda Yudisman
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 10 No. 2 2019
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol10.iss2.art6

Abstract

Pemimpin adalah perekat dalam organisasi, ia harus mampu berpikir holistik serta mampu memegang kendali organisasi, keberhasilan sebuah organisasi seperti perpustakaan dipengaruhi oleh dua fakor yaitu cara memimpinnya dan kebijakan dalam memimpin. Organisasi yang tidak maju disebabkan akan gaya kepemimpinan yang tidak efektif. Mereka tidak mampu memimpin bawahannya. Gaya kepemimpinan partisipatif lebih menekankan pada tingginya dukungan dalam pembuatan keputusan dan kebijakan dengan sedikit pengarahan. Faktor kepemimpinan yang bagus akan menjadi kontrolitas pemecahan masalah dalam sebuah organisasi. Kepemimpinan demokrasi di Universitas BungHatta bisa mendorong kinerja pustakawan dan memotivasi meraka untuk berprestasi dengan mendengarkan masukan dari segala pihak baik itu pimpinan dan bawahan.

Page 1 of 14 | Total Record : 133