cover
Contact Name
Chairun Nas
Contact Email
chairun.nas@cic.ac.id
Phone
+62231-220250
Journal Mail Official
lppm@cic.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesambi 202, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133, Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digit : Digital of Information Technology
ISSN : 2088589X     EISSN : 27209636     DOI : -
Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon. Jurnal DIGIT di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Mei dan November Jurnal DIGIT berfokus pada makalah dan penelitian yang memuat Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Desain Basis Data, Penambangan Data, Teknologi Layanan Web, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Visi Komputer, Sistem Tertanam, Robotika, Sistem Pakar, Pembelajaran Mesin, E-Commerce, Digital dan Keamanan Jaringan, Neuro Fuzzy, E-Government, Bioinformatika, Sistem Informasi Geografis, Aplikasi Seluler, Teknologi Game, Jaringan Komputer, Cloud Computing.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE ACCRUAL BASIS PADA CV. SINAR ABADI Yulia Indah Pratiwi; Linda Norhan; Aan Kanivia; Giovanny Bangun; Viar Dwi Kartika
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.214

Abstract

ABSTRAKCV. Sinar Abadi merupakan perusahaan dagang yang berperan sebagai distributor makanan dari suplier di beberapa kota. Produk yang dijual adalah berbagai varian saus Mc Lewis, dan berbagai varian minyak goreng tropical. Perancangan sistem informasi akuntansi sangat diperlukan dalam perusahaan ini mengingat pencatatan yang dilakukan masih secara manual dinilai tidak efektif dan efisien karena rawan terjadi human error sehingga informasi yang dihasilkan kurang akurat.Tahap analisa dan perancangan digambarkan menggunakan Flowchart, lalu dibuat secara komputerisasi ke dalam diagram konteks dan diagram aliran data level 0 dan level 1 disertai dengan hubungan entitas data dan relasi antar tabel-tabel yang digunakan. Tahap selanjutnya adalah perancangan sistem perangkat lunak. Perancangan tersebut menggunakan PHP (Hypertext Pre Processor) sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai manajemen database. Dengan permasalahan yang ada pada perusahaan ini, tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi akuntansi penjualan kredit menggunakan metode accrual basis pada CV. Sinar Abadi. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui pengolahan data penjualan kredit dan dapat menghasilkan laporan berupa jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan faktur penjualan, yang dapat digunakan perusahaan untuk pengambilan keputusan.Kata kunci: Penjualan, Kredit, Accrual Basis, Akuntansi
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN PELAPORAN E–ASSESMENT PERNYATAAN MANDIRI RISIKO COVID–19 KARYAWAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS CV JAKA) Nurrohmah Nurrohmah; Gustomi Gustomi; Lena Magdalena; Muhammad Hatta; Reza Ilyasa
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.219

Abstract

ABSTRAKCV Jaka memiliki sistem monitoring risiko covid-19 dengan melakukan self assessment. Namun dalam pelaksanaan self assessment CV Jaka belum melibatkan teknologi, karena pengisian self assessment masih dengan cara membagikan formulir kepada setiap karyawan secara berkala setiap 14 hari sekali dan untuk monitoring risiko covid-19 pada karyawan dari hasil assessment yang diperoleh harus direkap menggunakan microsoft excel. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem monitoring dan pelaporan e-assessment pernyataan mandiri risiko covid-19 yang diharapkan dapat membantu karyawan yang tidak hadir pada saat hari assessment tetap dapat mengikuti kegiatan assessment, laporan hasil assessment dapat diperoleh dengan cepat sehingga membantu proses monitoring tingkat risiko covid-19 karyawan lebih efektif dan efisien, dapat mengurangi pemborosan kertas, dan memiliki back up untuk hasil self assessment sehingga tidak akan terjadinya kehilangan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Dan sistem yang akan dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dan PHP sebagai webservice dengan database MySQL. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa didalam hasil assessment memiliki tiga tingkatan risiko yang ditentukan dengan skor penilaian sebagai berikut 1). Nilai 0 adalah risiko kecil, 2). Nilai 1-4 adalah risiko sedang, 3). Nilai ≥5 adalah risiko besar dengan masing-masing tingkatan risiko memiliki tindak lanjut. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu karyawan yang tidak hadir tetap dapat mengikuti kegiatan assessment, laporan hasil assessment dapat dikelola secara tersistem, mengurangi pemborosan kertas dan memiliki backup data sehingga mencegah terjadinya kehilangan data.Kata Kunci : Monitoring, Pelaporan, E-assessment, Pernyataan Mandiri, Covid-19.
RANCANG BANGUN SISTEM PENYEMPROT DISINFEKTAN OTOMATIS BERBASIS IOT UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA Herni Hartati; Lia Dahlia; Kusnadi Kusnadi; Victor Asih; Petrus Sokibi; Suhadi Parman
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.215

Abstract

ABSTRAKPandemi COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) yang disebabkan oleh virus corona yang dinamakan dengan SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. WHO (World Health Organization) menyampaikan bahwa penularan virus dapat melalui permukaan benda-benda, sehingga disarankan membersihkannya secara rutin salah satunya membersihkan dengan disinfektan. Pesatnya perkembangan berbagai perangkat teknologi saat ini sebisa mungkin dapat dimaksimalkan. Salah satu cara yang bisa diimplementasikan dalam rangka memutus mata rantai pandemi Covid-19 khususnya di area publik adalah dengan penyemprotan cairan desinfektan yang bisa dilakukan secara terus menerus. Apalagi jika kegiatan penyemprotan itu dilakukan secara massal dan berkala, sudah tentu akan menimbulkan permasalahan baru yakni kebutuhan tenaga atau operator disinfektan. Optimalisasi penyemprotan cairan desinfektan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang dapat bekerja secara otomatis yang berbasis IoT (Internet of Things). Maka dari itu dibuatnya sebuah alat untuk melakukan disinfektanisasi secara otomatis yang dapat bekerja secara otomatis, dan melakukan monitoring terhadap cairan disinfektan dengan menggunakan microcontroller yang terkoneksi ke aplikasi blynk melalui internet, sehingga dapat membantu proses monitoring pada cairan disinfektan. Untuk dapat membuat alat tersebut juga harus melalui beberapa tahap perancangan yang matang seperti menggunakan flowchart untuk menjelaskan proses-proses yang diinginkan agar terciptanya sebuah alat yang berguna seperti tujuan awal. Selain itu, terdapat beberapa alat yang dapat digunakan guna terciptanya alat ini adalah mikrokontroler Arduino Uno yang menggunakan bahasa pemrograman C, sensor Ultrasonik HC-SR04 dan Node Mcu Esp8266. Kemudian, untuk memudahkan proses monitoring pada cairan disinfektan dapat menggunakan platform aplikasi blynk. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan sebuah alat yang berfungsi sebagai penyemprot disinfektan otomatis yang didalamnya mencakup pengukuran, dan analisa yang dapat berkerja secara otomatis dan dapat dimonitor melalui aplikasi blynk yang terhubung langsung ke alat melalui jaringan internet.Kata Kunci : Covid-19, Disinfektan, Blynk, Otomatis, WHO, IoT.
PENERAPAN FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI PUPUK DOLOMITE PADA PT. NURMAN SEJAHTERA BERBASIS WEB Wanda Ilham
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.220

Abstract

ABSTRAKSuatu hal yang sangat penting pada perusahaan adalah penentuan jumlah produksi sebelum memulai proses produksi. Sehingga diperlukannya suatu sistem yang dapat membantu manajer dalam mengambill keputusan. Pemutusan produksi pupuk dolomite pada PT. Nurman Sejahtera pada saat ini masih mengandalkan perkiraan dari manager saja, dimana dengan cara tersebut masih banyak ditemui kekurangan mengakibatkan kerugian bagi pihak perusahaan. Logika fuzzy merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis sesuatu yang mengandung ketidakpastian. Metode tsukamoto adalah salah satu metode fuzzy yang dapat digunakan dalam menentukan jumlah produksi yang optimal berdasarkan data permintaan dan persediaan. Digunakan tiga variabel yang dimodelkan, yaitu: permintaan, produksi dan jumlah persediaan. Variabel permintaan terdiri dari dua himpunan fuzzy, yaitu: turun dan naik, variabel produksi terdiri dari dua himpunan fuzzy, yaitu: berkurang dan bertambah, dan variabel jumlah persediaan terdiri dari dua himpunanafuzzy, yaitu: sedikit dan banyak.Kata kunci: MetodeFuzzy Tsukamoto, PHP MySQL, Permintaan, Persediaan, Produksi
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGUNJUNG MENGGUNAKAN METODE SERVICE PERFORMANCE (STUDI KASUS : TAMAN AIR GUA SUNYARAGI) Rangga Maulana; Ilwan Syafrinal; Ridho Taufiq Subagio; Rinaldi Adam; Abdun Wijaya
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.216

Abstract

ABSTRAKTaman Air Gua Sunyaragi adalah suatu objek wisata bersejarah yang ada di kota cirebon dibawah pengelolaan pemerintah. Dalam menjalanakan visi maupun misinya untuk memberikan memberikan kualitas pelayanan prima yang terbaik. Adanya saran atau kritik dari pengunjung merupakan tantangan bagi pihak Taman Air Gua Sunyaragi untuk terus bergiat meningkatkan mutu kualitas layanannya. Kualitas telah terbukti menjadi strategi bersaing yang baik, karena kepuasan merupakan sesuatu yang dirasakan pelanggan terhadap produk atau jasa tertentu. Kualitas layanan adalah ketidaksesuaian antara harapan konsumen dan persepsi konsumen. Dengan demikian, suatu citra kualitas yang baik bukanlah berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia jasa, melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi konsumen. Pelanggan maupun pengunjung yang mengkonsumsi dan menikmati jasa perusahaan sehingga merekalah yang biasanya menentukan kualitas jasa yang salah satunya menggunakan metode (servperf) service performance. dengan 16 atribut dari lima dimensi kualitas yaitu tangibles, responsiveness, assurance, emphaty, dan reliability. Diharapkan dengan menggunakan metode ini, dapat memberikan peningkatan kualitas pelayanan yang lebih fokus pada tingkat kepentingan kinerja dari konsumen. Berdasar metode servperf, diharapkan atribut terpenting dengan kinerja yang rendah dapat lebih diutamakan untuk dilakukan perbaikan.Kata Kunci: Kualitas jasa layanan, Servperf, Lima dimensi kualitas.
PERANCANGAN DESAIN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE KREATIF SEBAGAI PROMOSI BRAND PRODUK (STUDI KASUS : GIFA GROUP) Gina Pahira; Ricky Perdana Kusuma; Heri Suhendar
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.221

Abstract

ABSTRAKInovasi di era digital business sekarang membuat perusahaan berlomba melakukan promosi produk untuk bisa meningkatkan target penjualan. Produk merchandise menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen sebagai strategi promosi brand serta menjadi pembeda dari pesaing di pasaran. Dalam proses perancangan desain merchandise peneliti menggunakan Metode Kreatif. Terdapat 7 tahap penelitian yaitu (1) Identifikasi Kebutuhan didapat melalui wawancara dengan pemilik, dimana teridentifikasi kebutuhan media promosi apa yang tepat untuk memperkuat branding perusahaan dan menjangkau pasar lebih luas, (2) Identifikasi Tujuan menentukan media promosi yang dipilih yaitu merchandise karena mampu membangun branding perusahaan, (3) Identifikasi Masalah ini menemukan kendala yang mungkin bisa muncul ketika membuat desain produk merchandise yaitu Hardware dan Software, (4) Pengembangan Konsep pada produk merchandise menggunakan data visi dan misi perusahaan agar memiliki branding yang kuat sesuai kebutuhan perusahaan, (5) Perancangan Konsep yaitu mendesain produk merchandise melalui sketsa manual yang nanti akan diolah menjadi bentuk desain digital, (6) Pemilihan Konsep dilakukan diskusi antara desainer dan pemilik untuk memilih desain yang akan dibawa ke tahap produksi dengan pilihan desain merchandise pada Totebag dan Kaos, dan (7) Pengujian dilakukan metode voting melalui sosial media. Hasil voting dari 100 followers didapatkan 80 followers menyukai hasil desain merchandise sehingga media promosi ini dapat menyakinkan konsumen akan hasil kualitas produk yang akan dipasarkan.Kata kunci: Promosi, Produk, Merchandise, Metode Kreatif, Branding
PENGEMBANGAN UI/UX APLIKASI QAYIM MASJID UNTUK PENGELOLAAN KEGIATAN MASJID MENGGUNAKAN HUMAN-CENTERED DESIGN Endang Habinuddin; Waway Qodratulloh; Ida Suhartini; Zulkifli Arsyad
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.211

Abstract

ABSTRAKPengurus (Qayyim) Masjid memiliki tugas untuk mengelola berbagai macam data. Data yang diolah biasanya berupa data kegiatan serta keuangan. Selain mengelola, Qayyim Masjid juga harus menginformasikan kegiatan dan keuangan kepada jamaah. Pengelolaan data serta informasi tersebut masih banyak dilakukan dengan cara konvensional. Sehingga, menyebabkan Qayyim Masjid cukup kesulitan dalam mengelolanya. Selain itu, penginformasian data tersebut kepada jamaah membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga memungkinkan informasi tidak menyeluruh sampai ke semua jamaah. Sistem Informasi saat ini dapat membantu pengelolaan serta penginformasian data-data tersebut. Pada tahun 2020, aplikasi QayimMasjid pun dibangun untuk membantu Qayyim Masjid Riyadhushsholihin mengatasi permasalahan tersebut. Namun, setelah diuji dengan uji heuristik didapatkan bahwa UI/UX aplikasi tersebut masih perlu perbaikan minor dan kosmetik. Sehingga, UI/UX aplikasi tersebut dikembangkan dengan menggunakan metode Human-Centered Design dengan Scrum pada tahap pengembangan aplikasinya. Aplikasi yang juga dapat digunakan oleh Qayyim Masjid lain membuat aplikasi ini selain membutuhkan perbaikan UI/UX, dibutuhkan pula pengunggahan aplikasi ke playstore. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk dapat menjelaskan situasi aplikasi terbaru yang dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Jumlah pengguna yang melkukan uji heuristik awal dan akhir berjumlah 6 pengguna dan merupakan pengguna yang sama. Setelah pengguna tersebut menguji aplikasi, didapatkan hasil bahwa seluruh UI/UX telah semakin baik dan hanya perlu penyesuaian kosmetik saja.Kata kunci: UI/UX, Mobile Application, Human-Centered Design, Uji Heuristik, Desain Ulang
PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN BANNER SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUNABEE FASHION UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS Wiwiek Nurkomala Dewi; Agus Sevtiana; Suwandi Suwandi; Tenten Siti Julaeha
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.217

Abstract

ABSTRAKBunabee fashion merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang bisnis pakaian. Dalam persaingan pasar yang ketat menuntut bunabee fashion bersaing secara kompetetif maka dibutuhkan sebuah identitas dan media promosi yang digunakan. Oleh itu, penulis bertujuan merancang sebuah brand identity dan banner dengan menggunakan desain yang menarik. Dalam proses perancangan desain sebuah brand identity dan banner ini yang pertama pengumpulan informasi dari pihak bunabee fashion kemudian peneliti merancang desain dengan menggunakan Adobe Ilustrator. Lalu selanjutnya proses penilaian kepada pihak bunabee fashion apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika desain sudah siap lalu peneliti analisis desain dengan uji coba kuesioner menggunakan Metode Split Half (genap ganjil) dengan korelasi spearman. Penulis juga melakukan survei kepada beberapa responden menggunakan uji statistik dengan analisa statistik kuantitatif terhadap calon konsumen/responden konsumen dan uji 2 (dua) pihak. Yang mana hasilnya mencapai 80% untuk menarik perhatian konsumen. Maka dapat disimpulkan bahwa penulis telah menyelesaikan sesuai dengan tujuan dari tugas akhir yaitu dengan membuat produk brand identity dan banner yang digunakan sebagai media promosi bunabee fashion. Hal yang diharapkan dari perancangan ini adalah bunabee fashion dapat bersaing di tengah persaingan pasar yang menjamur dan kompetitif.Kata kunci: Perancangan, Brand identity, Media promosi, Logo, Uji Statistik.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PADA PT PELINDO I MENGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Yanti Yusman; Sri Nadriati; Nursaka Putra
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.213

Abstract

ABSTRAKBanyak cara dalam menyelesaiakan suatu permasalahan yang terjadi di sebuah PT didalam penyeksian karywan salah satunya bisa mengunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) karna didalam metode SAW adalah sebuah metode yang mengunakan pemberian bobot pada setiap alternative dan melakukan perkalian jumlah bobot alternatif terhadap keriteria. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan adanya wawancara langsung ke PT Pelindo I terdapat permasalahan dimana Pihak PT Pelindo terkedala didalam penyeleksian karyawan. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk memberikan solusi terhadap permasalah yang terjadi sehingga bisa memberikan manfaat bagi penguna.Kata kunci: Sistem Penunjang Keputusan , SAW, Seleksi Karyawan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BEDASARKAN DIMENSI TERRA (TANGIBLE, EMPATHY, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, DAN ASSURANCE) PADA PD. BPR ASTANAJAPURA CABANG CIREBON SELATAN Christine Agustina; Sudadi Pranata; Chandra Lukita
Jurnal Digit Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v12i1.218

Abstract

ABSTRAKPD. BPR Astanajapura Cabang Cirebon Selatan adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang per bbank an, yang berlokasi di Bukepin II Ruko Blok A No. 12 A Jl. Pangeran Cakrabuana Talun. Terjadi penurunan jumlah nasabah sejumlah 1.250 orang pada tahun 2019 dan 2020, pada tahun yang sama terjadi pula penurunan pada jumlah produk tabungan sejumlah 3.553.750.927. Hal ini lah yang mendasari peneliti tertarik melakukan penelitian pada PD. BPR Asstanajapura Cabang Cirebon Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kualitas Pelayanan (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance) pada Kepuasan Nasabah pada PD. BPR Astanajapura Cabang Cirebon Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, Uji Korelasi, dan Uji Koefisiensi Determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance berpengaruh secara simultan pada Kepuasan Nasabah dengan nilai Fhitung (59,160) > Ftabel (2,31).Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Tangible; Empathy; Reliability; Responsiveness; dan Assurance; Kepuasan Nasabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10