cover
Contact Name
Lukmanulhakim
Contact Email
ukmanulhakim@fkip.untan.ac.id
Phone
+6281345635378
Journal Mail Official
jurnalvisi@untan.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124 Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
ISSN : 20859848     EISSN : 2579552X     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jvip.vi.id
Core Subject : Education,
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant activities. The journal welcomes submissions from around the world Focus and Scope: 1. Research in education, 2. Teaching and learning, 3. Theory and practice in education, 4. Education policy, 5. Curriculum and materials development, 6. Education on culture and characters of nation, 7. Teacher education,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2017): Januari 2017" : 3 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif) Martono Martono
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.384 KB) | DOI: 10.26418/jvip.v9i1.22856

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pen­didikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Efisiensi dan keefektifan mengajar dalam pro­ses interaksi belajar yang baik adalah segala daya upaya guru un­tuk membantu para siswa agar bisa belajar dengan baik. Satu diantara perubahan paradigma pembelajaran tersebut adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru beralih berpusat pada murid.Me­tode yang semula lebih didominasi ekspositoriberganti ke partisipatori,dan pendekatan yang semula lebih banyak bersifat tekstualberubah menjadi kontekstual. Semua perubahan tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki mutu pendidikan, baik dari segi proses maupun hasil pendidikan. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan tes, sebab hasil tes dapat dipakai untuk mengevaluasi berbagai aspek proses pengajaran. 
KESULITAN BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN MATEMATIKA (RANGKUMAN DENGAN PENDEKATAN META-ETHNOGRAPHY) Edy Yusmin
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v9i1.24806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas bagaimana rangkuman laporan hasil-hasil penelitian tentang kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika di sekolah dan bentuk kesulitan yang dominan bagi siswa mempelajari matematika dalam enam tahun terakhir. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu menganalisis gejala yang ada berdasarkan data yang sudah diperoleh dari berbagai penelitan sebelumnya dan dirangkum dengan pendekatan meta-ethnography. Objek penelitiannya adalah laporan hasil-hasil penelitian guru maupun alumni mahasiswa pendidikan matematika yang memuat masalah kesulitan belajar matematika. Hasil rangkuman menunjukkan bentuk-bentuk kesulitan siswa adalah kesulitan representasi matematis pada materi tertentu atau merepresentasikan informasi dari soal cerita ke dalam kalimat matematika; kesulitan memahami definisi, menerapkan konsep, prinsip, dan algoritma; kesulitan menentukan hubungan dua garis dan menentukan sudut yang terbentuk dalam geometri; kesulitan aspek pengetahuan, pemahaman, dan penerapan soal cerita; kesulitan pemahaman konseptual materi tertentu, tidak memahami hubungan antar konsep, dan tidak memahami arti simbol; kesulitan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar; dan kesulitan dalam menyimpulkan hasil penyelesaian soal.
SIKAP MAHASISWATERHADAP PERKULIAHAN DALAM MENDUKUNG KOMPETENSI PROFESIONAL (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM S 1 KEPENDIDIKAN GURU DALAM JABATAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TAHUN AKADEMIK 2011/2012) Eni Rosnija
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1 (2017): Januari 2017
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jvip.v9i1.25765

Abstract

Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap  perkulihan pada Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan dalam mendukung kompetensi profesional.Bentuk penelitian ini adalah penelitan survey. Penelitian ini menggunakan total populasi.Pengumpulan data dilakukan melalui kuisoner. Hasil penelitian menunjukan bahhwa mahasiswa mempunyai sikap yang positif terhadap  perkulihan pada Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan dalam mendukung kompetensi profesional.

Page 1 of 1 | Total Record : 3