cover
Contact Name
Khairuddin Tampubolon
Contact Email
khoir.tb@gmail.com
Phone
+6281219737675
Journal Mail Official
lemkomindo.jlas@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seser, Perumahan Citra Mulia Sejahtera, Blok D, No. 11 Medan Amplas.
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
ISSN : 27989267     EISSN : 27762408     DOI : https://doi.org/10.58939/afosj-las
Jurnal All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety menerima naskah ilmiah untuk bidang ilmu: - Adminitrasi dan rumpun ilmunya - Hukum dan rumpun ilmu lainnya - Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Akuntansi dan rumpun ilmu lainnya - Pendidikan, olahraga dan rumpun ilmu lainnya - Teknik dan ilmu keteknisan lainnya - Agama dan Kebudayaan - Kesehatan dan Farmasi - Bahasa, Ilmu Komunkasi dan rumpun ilmu lainnya - Komputer dan rumpun ilmu komputer - Pertanian, Agroteknologi dan rumpun ilmu pertanian lainnya - Dan disiplin keilmuan lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: Maret 2023" : 37 Documents clear
Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru PAI di MTs Al-Washliyah Perdagangan Fachri Husaini Hasibuan
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.515

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan. Pokok pemasalah dalam tulisan ini adalah bagaimana penerapan perencanaan pembelajaran guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan, bagaimana kualitas mengajar guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, yakni sebuah upaya yang dilakukan untuk melihat objek penelitian dan sumber data dengan melihat langsung peristiwa yang terjadi, kemudian memformulasikannya menjadi sebuah kajian fokus penelitian Pelaksanaan perencanaan pembelajaran guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan pada umumnya terlaksana dengan baik, hal ini dapat kita lihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 45,9 % guru dalam melakukan proses pembelajaran dan menyusun rencana bahan ajar yang ditunjang oleh acuan atau bahan ajar berupa buku dan media pembelajaran.hal ini sebagai upaya membantu siswa untuk belajar dan lebih mudah memahami apa yang dijelaskan.Hasil penelitian menggambarkan bahwa Profesionalisme guru MTs Al-Washliyah Perdagangan dalam mengajar tergolong sangat baik dan telah mencapai tujuan pembelajaran sesuai harapan sebagaimana hasil penelitian menunjukkan bahwa 49,60% keberhasilan ditunjang oleh guru yang mempunyai kompetensi yang berkualitas dan menguasaimateri sesuai kurikulum kualitas ini pula tercermin pada hasil evaluasi ujian semester nilai objektivitasnya berada dalam kategori pada sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan bahwa Perencanaan pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas mengajar guru di MTs Al-Washliyah Perdagangan.Kata Kunci : Perencanaan, Guru, Pembelajaran PAI.
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Materi Ajar RPP K-13 di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Muhammad Azhar
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.538

Abstract

guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dalam sebuah institusi pendidikan supaya pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang biasa dikenal dengan RPP, adalah pedoman seorang guru dalam melakukan kegiatan mengajar di dalam kelas. Proses belajar-mengajar yang berkualitas sangat tergantung dari kualitas seorang pengajar dan juga peserta didik. Kegiatan belajar-mengajar juga harus ditunjang dengan materi ajar yang mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik. Tingkat keberhasilan kegiatan belajar-mengajar bisa diukur melalui hasil yang dicapai oleh siswa setelah selesainya proses kegiatan belajar-mengajar, maka dari itu rancangan Pembelajaran yang baik sangat membantu seorang guru dalam mencapai hasil yang maksimal dalam proses belajar-mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang meneliti kemampuan guru kelas VIII dalam merancang RPP. Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai standar yang ditetapkan pemerintah pusat. Hal tersebut bisa dilihat dari komponen dalam RPP yang disusun oleh guru kelas VIII sudah terstruktur dengan baik dan guru sudah memahami setiap komponen dalam yang terdapat pada RPP yang disusun.Kata Kunci : Analisis, Materi Ajar
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication (ICT) Abdul Hafizh Azizi Batubara
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.529

Abstract

Artikel ini mengatakan bahwasannya permasalahan media pembelajaran dapat mendukung dalam meningkatan mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia, perihal ini menyadarkan pengaruhnya yang sedemikian itu besar dari Pembelajaran yang berbasis ICT pada hasil( Outputnya). Oleh karenanya, Lembaga- lembaga Pendidikan Islam bersaingan dalam mempraktikkan sistem pembelajaran yang berbasis ICT pada konsep untuk memperhatikan dan menaikkan urusan derajat dan relevansi pendidikan. Hasilnya berbagai macam metode dicoba guna menjaga serta meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan itu. Hasilnya inginan besarnya ialah mampu menjawab semua tantangan dan keinginan orang beriringan dengan kemajuan masa. Pemanfaatan ICT yakni salah satu jalan keluar pengganti buat menyikapi problematika terkait mutu dan relevansi pendidikan, yang untuk sebagian hasil studi dapat membagikan keuntungan- profit buat alam pendidikan. Walaupun begitu, tidak bisa dibantah dalam tataran praktisnya banyak sekali masalah yang terjalin terkait pemakaian ICT pada pendidikan, spesialnya di Instansi Pendidikan Islam baik yang berkaitan dengan finansial, infrastruktur, apalagi basis tenaga manusianya itu sendiri. Setelah itu , Pendidikan berbasis ICT hanya akan berhasil apabila diatur dan ditanganidengan terencana, analitis serta berintegrasi.Keyword : ICT, Pembelajaran, Pendidikan Islam.
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Swasta Generasi Bangsa Medan Ahmad Maulana
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.520

Abstract

Dalam dunia pendidikan penyusunan perencanaan pembelajaran dibutuhkan sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Swasta Generasi Bangsa Medan dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Swasta Generasi Bangsa Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP sudah sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah hal ini dapat dilihat dari komponen RPP yang disusun guru sudah sesuai standar pemerintah. Dimana hal ini dapat dilihat dari komponen dalam RPP yang disusun guru sudah lengkap dan guru sudah memahami setiap komponen dalam RPP. Seperti dalam menetapkan KI dan KD guru berpedoman pada silabus, dan guru PAI di SMP Swasta Generasi Bangsa Medan cukup mampu dalam mengimplementasikan pendekatan sistem dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun mereka masih belum mampu dalam merumuskan tujuan secara operasional, mendeskripsikan tugas-tugas secara lengkap dan akurat, dan melaksanakan analisis tugas-tugas.Kata kunci : Ketrampilan Guru, Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran.
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Stabat Langkat Raden Fadli Daulay; Siti Halimah
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.511

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Stabat Kabupaten Langkat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana penelitian digunakan untuk menjelaskan dan menganalisis gap, peristiwa, sikap, aktivitas sosial, persepsi, dan orang secara individual maupun kelompok, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemampuan guru PAI dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Stabat Kabupaten Langkat dikategorikan “sangat baik” dengan 4 tahapan observasi yang telah dilakukan penulis, dengan skor 85 % ketercapaian kemampuan guru, ini terlihat dengan adanya kelengkapan RPP yang dibuat oleh guru itu sendiri.Kata Kunci : Kurikulum 2013, RPP, Kemampuan Guru PAI.
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital Lidra Agustina Tanjung
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.543

Abstract

Guru merupakan tonggak utama terjadinya proses belajar mengajar yang baik di sekolah, sehingga perlu bagi guru memiliki kemampuan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar mulai dari merancang materi, bahan ajar, media, metode dan lain sebagainya. Apa saja yang harus diperhatikan dalam merancang pembelajaran, bagaimana merancang media pembelajaran yang sesuai dan bagaimana kemampuan guru dalam merancang media pemeblajaran berbasis digital. Dalam penelitian sebelumnya dilakukan analisis mengenai kemampuan guru dalam merancang bahan ajar dan hasilnya diketahui bahwa sebagian guru dikatakan kurang mampu merancang proses pembelajaran disekolah. Tujuan penelitian ini unutk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis media digtal. Hasil penelitian ini berupa penjelasan bahwa kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis digital mendapat skor 52 dan berada pada tingkat C. dan berdasarkan hasil wawancara bersama guru, kemampuan mereka juga tidak mendapatkan charger atau pengalaman baru melalui pelatihan baik dari dinas pendidikan maupaun sekolah terkait untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru.Kata Kunci: Guru PAI; Media Digital
Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Fikih di MAS Al-Washliyah 30 Binjai Fahri Agung Nasution
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.534

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui kemampuan guru dalam pengembangan materi ajar, Mengetahui prinsip-prinsip, pola dan langkah-langkah pengembangan materi ajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI sudah baik, hanya saja dalam pemahaman soal teori dalam mengembangkan materi pembelajaran masih terdapat kesenjangan karena kurangnya penjelasan dan bimbingan. Kaitannya dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa guru PAI masih kurang memahami dan penerapannya dalam mengembangkan bahan ajar, yang disebabkan oleh ketidakhadiran guru itu sendiri Demikian pula mengenai model pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa guru sudah memahami model pengembangan bahan ajar, hal ini dikarenakan kesadaran guru untuk mencoba menggunakan model yang sesuai dengan jenis bahannya. diajari dan terkait dengan tahapan pengembangan materi pendidikan menunjukkan bahwa guru masih dalam kategori tepat dalam memahami tahapan pengembangan materi pendidikan, hal ini dikarenakan guru kurang memiliki prosedur untuk mengembangkan materi pendidikan.Kata kunci: Kemampuan Guru; Materi Ajar; Fikih.
Analisis Kemampuan Guru PAI Menyusun RPP K-13 di SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal Siti Nurhalizah
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.525

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaranatau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, silabus merupakan instrumen pembelajaran yang wajib guru miliki karena silabus berperan penting 6 dalam penyusunan RPP yaitu sebagai patokan penentuan KI dan KD. Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) di SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal sudah sesuai standar pemerintah. Dimana hal ini dapat dilihat dari komponen dalam RPP yang disusun 2 guru sudah lengkap dan guru sudah memahami setiap komponen dalam RPPKata Kunci: Kemampuan; Guru; RPP.
Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun RPP di SMP Swasta Nurul Hadina Patumbak Aqiel Mutawalli
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.516

Abstract

Abstrak Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah RPP merupakan suatu bentuk perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kemampuan guru PAI dalam penyusunan RPP K13 di SMP Swasta Nurul Hadina Patumbak serta factor apa saja yang dapat mempengaruhi kemampuan guru dalam menyusun RPP K13. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan guru PAI dalam penyusunan RPP K13 di SMP Swasta Nurul Hadina Patumbak sudah menunjukan hasil yang baik, 2) Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan guru PAI dalam menysusn RPP terbagi menjadi dua yaitu factor internal dan eksternal.Kata Kunci: Faktor; Kemampuan guru PAI; RPP.
Analisis Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Nur Atika
All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety Vol 3, No 1: Maret 2023
Publisher : Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58939/afosj-las.v3i1.539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 3 Medan dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP sudah sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah hal ini dapat dilihat dari komponen RPP yang disusun guru sudah sesuai standar pemerintah. Dimana hal ini dapat dilihat dari komponen dalam RPP yang disusun guru sudah lengkap dan guru sudah memahami setiap komponen dalam RPP. Seperti dalam menetapkan KI dan KD guru berpedoman pada silabus, dan guru PAI di SMP Negeri 3 Medan cukup mampu dalam mengimplementasikan pendekatan sistem dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun mereka masih belum mampu dalam merumuskan tujuan secara operasional, mendeskripsikan tugas-tugas secara lengkap dan akurat, dan melaksanakan analisis tugas-tugas.Kata Kunci: Kemampuan Guru, RPP, Pendidikan Agama Islam.

Page 1 of 4 | Total Record : 37