cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Nirmana
ISSN : -     EISSN : 02150905     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
NIRMANA Jurnal Deskomvis aims to: Promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different diciplines Strenghten academic exchange with other institution. Encourage designer, practicing, academic and others to conduct research and other similar activities.
Arjuna Subject : -
Articles 177 Documents
ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN-IKLAN TV BERTEMA LOCAL CONTENT DI INDONESIA TAHUN 2004 Maer, Bernadette Dian Arini; Tanudjaja, Bing Bedjo; Banindro, Baskoro Suryo
Nirmana Vol 9, No 2 (2007): JULI 2007
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.42 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.9.2.pp. 57-68

Abstract

In the globalization era, local content TV commercials are considered to be more and more important. This thesis aims to analyze how far the local content TV commercials can be accepted by the Indonesian audience, who are culturally diverse; moreover, this thesis would analyze how these commercials contribute positively to the advertisers. Abstract in Bahasa Indoensia: Dalam era globalisasi, iklan bertema local content semakin dianggap penting. Karya tulis ini menganalisis sejauh mana iklan televisi bertema local content dapat diterima oleh masyarakat Indonesia yang memiliki kemajemukan budaya tinggi, serta memberikan kontribusi bagi pengiklan. Kata kunci: Efektivitas, iklan televisi, local content, Indonesia
CORPORATE IDENTITY SEJARAH DAN APLIKASINYA Suharto Cenadi, Christine
Nirmana Vol 1, No 2 (1999): JULY 1999
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.974 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.1.2.

Abstract

In the recent globalization era%2C and the developed market%2C many companies compete to attract consumers to buy their products. One of the keys to compete and survive in this developing market is by creating an image and graphic identity. This paper will discuss about corporate identity%2C image%2C its purpose and applications. Abstract in Bahasa Indonesia : Dalam era globalisasi dewasa ini%2C dan dengan berkembangnya pasar (market)%2C banyak perusahaan bersaing untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya. Salah satu cara untuk bersaing dan dapat bertahan di dalam pasar yang terus berkembang ini adalah dengan menciptakan suatu image dan identitas graphic. Tulisan ini akan membahas tentang corporate identity%2C image%2C fungsi dan aplikasinya
Studi Pengaruh Visual Merchandise untuk Anak Terhadap Perilaku Pembelian Paket HappyMeal di Restoran McDonald’s Surabaya Natadjaja, Listia; Dewi F., Rosaline; Setyawan, Deddy
Nirmana Vol 11, No 1 (2009): JANUARY 2009
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.426 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.11.1.pp. 41-59

Abstract

In sales promotion context, premium offers such as toy merchandizes for kids are free incentives or discounted price to encourage sales. A common finding that toys on merchandize offered in Happy Meal packets influence their consumer behavior which are kids, besides kids are known as potential target market nowadays. This thesis is not only giving descriptive explanation about the visual influence on merchandise towards kid’s buying behavior on the purchase of Happy Meal packets, but also about correlation and simple linear regression analysis. The result indicates that visual elements on merchandises have strong and significant impact to kid’s buying behavior on Happy Meal packets. Abstract in Bahasa Indonesia: Dalam konteks promosi penjualan, penawaran premi seperti merchandise mainan untuk anak, merupakan penawaran item gratis atau dalam harga yang lebih murah yang bertujuan menimbulkan suatu respons. Dalam kelanjutannya, diketahui bahwa visual merchandise mainan dalam paket HappyMeal mempengaruhi perilaku konsumen anak-anak. Disamping itu, anak-anak adalah pasar yang potensial dewasa ini. Skripsi ini tidak hanya memberikan pemaparan deskriptif mengenai pengaruh visual merchandise terhadap perilaku pembelian paket HappyMeal pada anak, tetapi juga mengenai analisis hubungan korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian mengidikasikan adanya pengaruh yang kuat dan signifikan antara visual merchandise terhadap perilaku pembelian paket HappyMeal pada anak. Kata kunci: Pengaruh visual, Merchandise, Perilaku pembelian, McDonald’s.
KARIKATUR SEBAGAI KARYA KOMUNIKASI VISUAL DALAM PENYAMPAIAN KRITIK SOSIAL Dwi Waluyanto, Heru
Nirmana Vol 2, No 2 (2000): JULY 2000
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.752 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.2.2.

Abstract

Caricature is one effective form of visual communications in delivering social criticisms. In good caricatures there are combined elements of intelligence%2C sharpness and critical thinking as well as expressiveness in response to public living. These social criticism are packed in humorous style. Abstract in Bahasa Indonesia : Karikatur merupakan salah satu bentuk karya komunikasi visual yang efektif dalam penyampaian pesan kritik sosial. Dalam karikatur yang baik ada perpaduan unsur-unsur kecerdasan%2C ketajaman dan ketepatan berpikir kritis serta ekspresif dalam menanggapi fenomena kehidupan masyarakat%2C kritik sosial tersebut dikemas secara humoris. caricature%2C visual communication%2C social criticism
Isu-Isu Multikulturalisme dalam Film “cin(T)a-God is a Director” dalam Konteks Keindonesiaan Sekarang Yuwono, Elisabeth Christine
Nirmana Vol 13, No 1 (2011): JANUARY 2011
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.145 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.13.1.12-19

Abstract

“cin(T)a – GODIS A DIRECTOR” is a love story indie movie which is wrapped by Indonesian social issues, such as ethnic group, religion, race, and social status. This article uses qualitative based research method, which describes and explains scene by scene along with its dialogues as to situations or events and how the different views of social issues are explained in the context of multiculturalism of recent Indonesianity.
JURNAL ILMIAH TAK PENTING: KONTROVERSI PENERBITAN JURNAL SENI DAN DESAIN H Istanto, Freddy
Nirmana Vol 4, No 1 (2002): JANUARY 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.21 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.4.1.

Abstract

There have been several controversies on the management and publication of scientific journal in the scope of arts and designs. Scientific trial and application can be presented through these articles. Nevertheless, most of them who deals in arts and designs would prefer to devote their skills to enhance their practiced quality rather than the theoretical. Several approaches on journal s management and publication have been issued in order to motivate its continual (constant) publication. Some classical but significant aspects still appear to restrain this continuity, for example financial, operational, administration and management. Yet, the major obstacle is the lack of people s interest to write. Abstract in Bahasa Indonesia : Pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah di lingkup seni dan desain menghadirkan beberapa kontroversi. Lewat artikel-artikel ilmiah pengujian dan aplikasi keilmuan dapat dihadirkan. Namun banyak dari mereka yang bergelut di bidang seni dan desain, lebih memilih berkarya (seni dan desain) untuk meningkatkan kualitas dirinya dibandingkan berolahtulis. Beberapa pendekatan-pendekatan dipaparkan dalam pengelolaan dan penerbitan jurnal agar sebuah jurnal di lingkup seni dan desain dapat secara ajeg terbit. Aspek-aspek klasik seperti pendanaan, operasional administrasi dan manajemen tetap menjadi masalah. Problematika utama adalah pengadaan artikel yang sangat sulit diharapkan. scientific journal, controversies, the management of the arts and designs journal.
Analisis Semiotika Film Janur Kuning sebagai Representasi Ideologi Kekuasaan Soeharto Dwi Ashrianto, Panji
Nirmana Vol 16, No 1 (2016): JANUARY 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.159 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.16.1.1-11

Abstract

Penelitan ini berjudul “Analisis Semiotika Film Janur Kuning sebagai Representasi Ideologi Kekuasaan Soeharto ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ideologi politik Soeharto yang disampaikan dalam simbol-simbol adegan film Janur Kuning dan menganalisa makna pencitraan karakter yang digambarkan dalam adegan-adegan yang dapat mewakili ideologi kekuasaan Soeharto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika yang mengkaji kepada tanda-tanda dalam sebuah film. Dari hasil penelitian dan analisis, dijelaskan bahwa film dijadikan media yang efektif untuk melakukan propaganda. Film Janur Kuning digunakan Soeharto sebagai alat untuk melegitimasikan kekuasaannya, dengan menampilkan dirinya sebagai tokoh sentral yang digambarkan sebagai figur yang paling benar dan sosok yang penting dalam sejarah. Film Janur Kuning merupakan representasi ideologi kekuasaan yang mencoba membengkokkan sejarah dengan klaim-klaim pembenaran diri, dengan meniadakan peran tokoh lain yang sebenarnya mempunyai andil besar dalam perjuangan.
EFEK SEDUKTIF-REDUNDANSI DESAIN PESAN MULTIMEDIA Pranata, Moeljadi
Nirmana Vol 5, No 1 (2003): JANUARY 2003
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.534 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.5.1.

Abstract

Multimedia%2C dual-modality instructions are beneficial only under some%2C well-defined%2C circumstances and have negative consequences under other circumstances. This article analyse the cognitive consequences of adding seductive elements involving scientific explanation. In conclusion%2C when giving a multimedia explanation%2C use few rather than many extraneous words and pictures. The most straightforward practical implication is that instructional software designers should carefully limit the amount of auditory/visual elements for reasons of appeal or entertainment. Abstract in Bahasa Indonesia : Multimedia%2C instruksi-instruksi dual-modalitas%2C bisa menguntungkan hanya di bawah keadaan-keadaan yang ditentukan dengan baik dan memiliki konsekuensi-konsekuensi negatif di bawah keadaan-keadaan lain. Artikel ini mengkaji konsekuensi-konsekuensi kognitif dari penambahan elemen-elemen seduktif pada penjelasan ilmiah. Disimpulkan%2C saat memberikan penjelasan multimedia%2C gunakanlah lebih sedikit (daripada banyak) kata-kata dan gambar-gambar yang tidak ada hubungannya. Implikasi praktikal dari ide tulisan ini ialah desainer-desainer software instruksional seharusnya secara hati-hati membatasi jumlah materi auditori/visual dalam pendesainan multimedia daripada menambah materi-materi tersebut untuk alasan-alasan daya tarik atau entertainment. multimedia%2C instructional%2C seductive%2C redundancy.
Reartikulasi Makna Citra Yesus: Analisis Visual “Yesus Naik Harley Davidson” Setyawan, P. Benny; Natadjaja, Listia
Nirmana Vol 17, No 2 (2017): JULY 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.654 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.17.2.78-86

Abstract

Dalam  perspektif  agama  Kristen,  paling  tidak  pada  beberapa  dekade  masa  terakhir  ini,  muncul  seni visual citra Yesus “yang baru”. Jika pada masa pertengahan Yesus sering dicitrakan sebagai sosok dan figur  yang  sederhana,  pada  seni  visual  yang  baru  atas  citra  Yesus  ini,  Dia  ditampilkan  lebih  stylish. Artikel  ini  akan  memfokuskan  analisis  pada  seni  visual  citra  Yesus  yang  digambarkan  sedang mengendarai Harley Davidson. Citra Yesus kontemporer melalui seni visual, yang menggambarkan Dia sedang mengendarai motor Harley Davidson, seakan-akan hendak meneguhkan manusia yang hidup di abad modern ini, bahwa kehidupan dalam ruang dan dimensi apapun dapat dinikmati dan memberikan kebahagiaan.  Citra  Yesus  dengan  mengendarai  Harley  Davidson  secara  implisit  dan  eksplisit  telah menenggelamkan Yesus tidak lagi memiliki citra sebagai Putera Allah, tetapi meletakkan Yesus seperti kita, manusia yang “imago dei”, hanya pada tataran “mirip dengan Tuhan”. Ketika kemudian citra Yesus dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat politis maka akan menimbulkan reartikulasi makna yang paradoks dan ironik.
RELASI PARADIGMATIK IKON KRISTIANI DALAM POSTER PROPAGANDA KUBA Bima Wicandra, Obed
Nirmana Vol 6, No 1 (2004): JANUARY 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.086 KB) | DOI: 10.9744/nirmana.6.1.

Abstract

Posters which are entitled Guerrilla Christ and Foreign Debt/IMF created by designers from Cuba contain many Christianity icons. Guerrilla Christ agitative poster with black and red colour background described Jesus Christ constricting a gun just looks like guerrillas. Foreign Debt/IMF poster described someone was crossed on the icon of US dollar as a symbol of IMF. As we know Cuba is one of the glorious communist socialist country. Writer is interested in investigating paradigm aspects related to the poster creating process include ideological aspect%2C community life%2C also narration or message extended. Abstract in Bahasa Indonesia : Poster yang berjudul Guerrilla Christ dan Foreign Debt/IMF karya desainer Alfredo Rostgaard dan Rafael Enriquez asal Kuba memasukkan ikon-ikon kristiani di dalamnya. Poster agitatif Guerrilla Christ dengan warna dasar hitam dan merah melukiskan gambar Yesus Kristus memanggul senjata layaknya seorang gerilyawan. Sedangkan poster Foreign Debt/IMF menggambarkan seorang yang disalib di atas ikon dollar AS sebagai simbol. Kuba merupakan salah satu negara sosialis komunis yang masih berjaya. Penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai unsur paradigmatik yang ada di sekeliling proses penciptaan poster tersebut%2C yaitu dari ideologi%2C kehidupan masyarakatnya hingga narasi atau pesan yang hendak disampaikan. Cuban Poster%2C Christianity Icons%2C Paradigm Relation.

Page 1 of 18 | Total Record : 177