cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
fsd@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Imajinasi
ISSN : 16933990     EISSN : 2550102X     DOI : 10.26858
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Imajinasi FSD UNM diterbitkan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Artikel dikelola dengan proses Double Blind Peer Review dengan akses terbuka atau dapat didowload secara fullpaper. Jurnal Imajinasi menerbitkan artikel pada bidang Seni, Pendidikan Seni dan Desain, diterbitkan dua kali dalam setahun. Kami menerima naskah melalui online system. Penulis dapat mengunggah file naskah (teks, gambar, dan informasi tambahan, termasuk video) dan memeriksa proses peninjauan naskah yang telah dikirimkan.
Arjuna Subject : -
Articles 108 Documents
PERANCANGAN ILUSTRASI FOTO: BUKU KUMPULAN CERPEN METAMORFOSIS KURA-KURA Humaerah, Andi Fatimah; Said, Abdul Azis; Cahyadi, Dian
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.84 KB) | DOI: 10.26858/i.v1i1.9882

Abstract

Tujuan penelitin adalah membuat desain ilustrasi yang mampu menghubungkan tulisan dengan kreativitas manusia dalam mengkomunikasikan sebuah cerita melalui visualisasi ilustrasi kreatif untuk menyampaikan pesan atau inti dari setiap cerpen dengan teknik fotografi secara kreatif pada buku kumpulan cerpen Metamorfosis Kura-Kura karya Edi Sutarto. Metode Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada penulis cerpen sebagai narasumber utama untuk informasi terkait setiap cerpen, kemudian menganalisis tema setiap judul dalam buku cerpen Metamorfosis Kura-Kura dan buku-buku menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengolah data menjadi informasi agar karakteristik data untuk keperluan pengolahan ilustras mudah dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan. Selanjutnya dilakukan dokumentasi dengan mengumpulkan dokumen-dokumen terkait isi cerpen dan foto-foto buku cerpen pembanding, serta Studi kepustakaan untuk kepentingan berbagai informasi, tulisan, gambar atau ilustrasi dari berbagai sumber. Hasil dari perancangan ini menghasilkan gambar ilustrasi dalam bentuk fotografi desain yang diolah secara kreatif sebagai ilustrasi cerpen dari buku kumpulan cerpen Metamorfosis Kura-Kura karya Edi Sutarto yang kemduain dikemas dalam bentuk buku.
MENGGAMBAR BAGAN (Studi terhadap Mahasiswa Seni Rupa FBS UNM) Jalil, Jalil
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 6 (2005)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v3i6.9524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kemampuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNM, Makassar dalam Menggambar Bagan. Data dan informasi ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi jurusan dalam pembinaan dan pengembangan mata kuliah Menggambar Bagan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui pengamatan dengan menggunakan format observasi, dokumentasi, dan wawancara bebas. Analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif-kuantitatif melalui ragam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam Menggambar Bagan relatif rendah, yang antara lain disebabkan oleh kurangnya motivasi mereka dalam belajar/latihan menggambar. Sedangkan motivasi mahasiswa dalam Menggambar Bagan, erat hubungannya dengan potensi bakat dasar menggambar yang dimiliki. 
OPINI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA TERHADAP PELAKSANAAN KKN PPL TERPADU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ANGKATAN XV TAHUN 2017 Fitria, Rizki
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.112 KB) | DOI: 10.26858/i.v3i1.14114

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini adalah opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain tentang pelaksanaan KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar angatan XV tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mengamati pelaksanaan KKN-PPL Terpadu. Variabel dalam penelitian ini adalah opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain tentang pelaksanaan KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar terhadap: (1) pelaksanaan pembimbingan mahasiswa KKN-PPL Terpadu oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan; (2) Pelaksanaan pengelolaan KKN-PPL Terpadu oleh panitia pelaksanaan; (3) Permasalah yang dihadapi mahasiswa peserta KKN-PPL Terpadu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang telah mengikuti KKN-PPL Terpadu pada semester ganjil tahun 2017 yang berjumlah 49 0rang. Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara, data tersebut diolah dan disajikan melalui tabel persentase. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni tentang pelaksanaan pembimbingan memperlihatkan hasil yang bervariasi, yakni sebanyak 73,34% responden menyatakan sudah efektif dan 26,66% menyatakan tidak efektif; (2) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain manajemen pengelolaan sebanyak 73,34% responden menyatakan sudah baik, dan 26,66% responden menyatakan tidak baik, sebanyak dari segi layanan pelaksanaan sebanyak 66,67% responden manyatakan sudah baik, dan 33,33% responden menyatakan tidak baik. Data hasil wawancara terhadap, (3) opini mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa tentang permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan KKN-PPL Universitas Negeri Makassar tahun 2017, meliputi: rendahnya  partisipasi masyarakat, dukungan pihak sekolah dan siswa, masalah akademik, masalah pondokan dan masalah keterbatasan dana.
FENOMENA KEBUDAYAAN POP DI INDONESIA (Sebuah catatan) Yabu M, Yabu; Husain, Saleh
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 4 (2004)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v1i4.216

Abstract

Abstrak Masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai masyarakat yang hetrogen, yang juga seleranya bermacam-macam, berpeluang tumbuhkembangnya kebudayaan pop secara luas. Bahkan budaya pop sebagai simbol-simbol modernitas, dipandang sebagai salah satu sarana efektif untuk menyebarluaskan cita-cita dan gaya hidup kota ke tempat-tempat lainnya, mempromosikan gaya hidup industrial, serta mengubah pola-pola komsumsi masyarakat. Kata kunci: fenomena kebudayaan, kebudayaan pop, kebudayaan pop di Indonesia.
STUDI TENTANG PEMBUATAN DESAIN MOTIF BATIKLONTARA.COM Patappa, Maghfira Maulani
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.688 KB) | DOI: 10.26858/i.v3i2.13038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan desain motif dan penerapan unsur dan prinsip desain dalam pembuatan desain motif Batiklontara.com. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif tentang pembuatan desain motif Batiklontara.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Penelitian ini berfokus pada proses pembuatan desain Batiklontara.com dengan memperhatikan unsur dan prinsip desain dalam proses pembuatannya, dengan memperoleh informasi dari Rachmat Nurfansyah, pemilik Batiklontara.com, dan desainer Batiklontara.com, Mustakim dan Darmadi. Adapun data yang dihasilkan adalah proses pembuatan desain motif Batiklontara.com memiliki 2 proses, yaitu dengan metode manual dan metode desain grafis. Proses pembuatan dengan menggunakan metode manual diawali dengan proses pembuatan sketsa awal, kemudian sketsa di scan menjadi bentuk file gambar, lalu digambar kembali menggunakan pen tablet melalui software Adobe Illustrator CC. setelah file diubah ke dalam bentuk vektor, ekspor file gambar tersebut ke dalam software Coreldraw X8 untuk penyusunan komposisi gambar pada kain batik. Setelah itu, desain yang sudah dikomposisikan kemudian memasuki proses pewarnaan. Desain yang telah jadi kemudian diaplikasikan ke dalam bentuk mockup menggunakan software Adobe Photoshop CC. Adapun proses pembuatan menggunakan metode desain grafis memiliki perbedaan hanya di bagian pembuatan sketsa awal. Selebihnya cara dan prosesnya sama saja. Unsur desain yang diterapkan dalam proses pembuatan desain motif Batiklontara.com yaitu garis, contohnya seperti garis lengkung, garis lurus, garis diagonal, garis gradasi, garis putus-putus, garis diagonal, garis zigzag dan garis vertikal. bidang, dan warna. Sedangkan prinsip desain yang diterapkan dalam proses pembuatan desain yaitu prinsip keseimbangan, tekanan, irama, dan kesatuan.
MEMAHAMI SENI KONSEPTUAL DI INDONESIA Yabu M, Yabu; Alimuddin, Alimuddin
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 3 (2004)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v1i3.146

Abstract

Abstrak Seni konseptual telah menjadi gerakan yang memayungi berbagai bentuk kesenian akhir-akhir ini. Seni konseptual, juga banyak berhubungan dengan persoalan abstraksi dari ide (gagasan) sebagai perkembangan baru dalam berkesenian. Bahkan telah menumbuhkan beragam seni baru yang lazim disebut-sebut sebagai karya konseptualisme. Diantaranya adalah performance art, process art, eart atau land art, environment art, dan happening art.. Dari segi perwujudannya, seni konseptual merupakan sebuah gerakan dalam seni rupa yang lebih mementingkan konsep - yang dalam praktiknya menggunakan beragam media untuk merealisasikan kompleksitas konsepnya. Kata kunci: Seni konseptual, seniman konseptual, refleksi seni konseptual.
ILUSTRASI KREATIF PAPER QUILLING TENTANG CERITA RAKYAT GOA MAMPU Nurul Hidayah; Sukarman Bachtiar; Agussalim Djirong
JURNAL IMAJINASI Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.105 KB) | DOI: 10.26858/i.v1i2.9917

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk membuat buku cerita bergambar rakyat goa mampu yang komunikatif agar dapat di senangi oleh anak-anak dengan paper quilling. Metode penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui riset lapangan, mendatangi goa mampu tempat asal cerita rakyat tersebut, riset tentang cara busana keluarga kerajaan pada zaman dahulu yang kemudian data dianalisa sesuai kaidah desain komunikasi visual. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan buku cerita dengan teknik paper quilling dengan ukuran buku 23 x 20 cm. Ilustrasi karakter dalam buku cerita menggunakan gaya kartun anak dalam bentuk manual menggunakan teknik paper quilling, untuk latar belakang objek, suasana dalam cerita menggunakan teknik digitalisasi. Ilustrasi gambar dengan teknik paper quilling menghasilkan gambar timbul, berdimensi denban kesan lebih nyata sehingga diharapkan anak-anak lebih tertarik dengan buku bacaan terutama cerita rakyat negeri sendiri. kendala dalam proses perancangan yaitu ukuran bidang yang kecil sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tiap-tiap karakter.
EKSPRESI DALAM SENI TARI Suharniati, Suharniati
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 6 (2005)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v3i6.334

Abstract

ABSTRAK   Aktivitas berkesenian dapat dilihat dari dua dimensi, yakni dimensi budaya dan  proses kebudayaan yang erat kaitannya dengan dunia orang-orang penganut atau pendukung kebudayaan tersebut. Seni tari sebagaimana halnya dengan seni lainnya adalah salah satu bentuk kesenian yang dapat dilihat dari dimensi budaya dan dimensi fungsional. Tari adalah aktivitas kesenian yang memiliki fungsi ritual dan fungsi hiburan. Kata Kunci: Kesenian, Ekspresi, Kreativitas, Seni Tari, Seniman, Estetis.
ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK SISWA SMP NEGERI 3 SINJAI TENGAH Majid, Arham
JURNAL IMAJINASI Vol 4, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/i.v4i1.13083

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat mengenai analisis hasil karya gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sinjai Tengah, serta bagaimana teknik penilaian guru terhadap karya gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barru. Jenis penelitian ini adalah evaluatif. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. analisis karya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sinjai Tengah dan teknik penilaian guru terhadap karya siswa, kriteria dalam menganalisis karya gambar siswa yaitu dari aspek proporsi, aspek komposisi, aspek terang gelap, perspektif, kebersihan/kerapihan, dan finishing. karya siswa  berjumlah 25 karya yang mandapat kategori sangat baik yaitu berjumlah 1 karya (4%), yang mendapat kategori baik yaitu berjumlah 2 karya (8%), yang mendapat kategori sedang yaitu berjumlah 14 karya (56%). Dan yang mendapat kategori kurang yaitu berjumlah 8 karya (32%).Teknik penilaian guru mata pelajaran seni budaya dalam menilai karya gambar bentuk siswa menggunakan tiga poin penilaian yaitu dari segi bentuk, kebersihan, dan kerapian karya. Guru mata pelajaran tidak menggunakan banyak aspek-aspek dalam menggambar bentuk ketika menilai karya siswa.
METODE KARYAWISATA: Suatu Metode Pembelajaran pada Siswa SLTA Arsyad, Muhammad Zakariah
JURNAL IMAJINASI Vol 3, No 5 (2005)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.464 KB) | DOI: 10.26858/i.v3i5.9520

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendekripsikan tingkat pemahaman siswa SLTA terhadap makna isi pesan peninggalan prasejarah dengan menggunakan metode karyawisata, (2) mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa SLTA terhadap makna isi pesan peninggalan sejarah dengan menggunakan metode ceramah, dan 3) mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman siswa antara siswa yang diajar melalui metode karyawisata dengan siswa yang diajar melalui metode ceramah terhadap makna isi pesan peninggalan prasejarah. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas I SLTA di Kabupaten Maros. Sedangkan sampel dipilih secara random terhadap sekolah dari 24 sekolah. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Data hasil penelitian dianalisis melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis inferensial diperoleh data bahwa ada perbedaan pemahaman siswa terhadap makna isi pesan peninggalan prasejarah antara siswa yang diajar melalui metode karyawisata dengan siswa yang diajar melalui metode ceramah. Nilai rata-rata kelompok ekseperimen sebesar 86,12 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 80,18. Sedangkan perhitungan dengan uji-t diperoleh bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan, µ = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode karyawisata lebih baik daripada pembelajaran melalui metode ceramah. 

Page 1 of 11 | Total Record : 108