cover
Contact Name
Abdul Aziz
Contact Email
abdulazizrbg@gmail.com
Phone
+6285225053968
Journal Mail Official
jkpm@unimus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Karya Pendidikan Matematika
ISSN : 23392444     EISSN : 25498401     DOI : https://dx.doi.org/10.26714/jkpm
Core Subject : Education,
JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in the learning process. JKPM published twice a year, every April and September.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika" : 14 Documents clear
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK KIDUL 01 MARGOYOSO PATI Wara Istanti Dwi W
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.581 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Berdasarkan obeservasi di lapangan, masih banyak pembelajaran matematika yang berpusat pada guru. Selain itu metode yang digunakan kurang menarik. Hal tersebut menyebabkan minat siswa  kurang, sehingga berimbas rendahnya prestasi belajar siswa. Tindakan yang dapat memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat siswa, serta dapat meningkatkan motivasi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat siswa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam 4 tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak Kidul 01 Kec. Margoyoso Kab. Pati, jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase Pra tindakan sebesar 41,18%, siklus I sebesar 70,59% dan pada siklus II sebesar 94,12%. Nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 74,00 siklus I sebesar 75,91, sedangkan pada siklus II sebesar 81,44. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, pecahan
UpayaMeningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Sri Handayani; Sumarno Sumarno; Yuli Haryati
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.077 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Kemampuan anak dalam mengenal konsep pengukuran di TK Tunas Putra masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan mengenal konsep pengukuran untuk anak usia dini diTK Tunas Putra.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakankelas yang mengadopsi model Kurt Levin, dengan subjek penelitian anak-anakkelompokTKBdiTK Tunas Putra yangberjumlah14 orang terdiri dari l0 orang laki dan 4 orang perempuan. Metode pembelajaran   yang   digunakan   untuk   meningkatkan   kemampuan   mengenal   konsep pengukuran pada anak – anak kelompok TK B di TK Tunas Putra adalah metode bermain peran dengan jenis drama terpimpin, artinya   skenario cerita sudah dibuat disiapkan sebelumnya. Dan anak tinggal memainkan sesuai peran dan cerita yang ada didalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus dengan satu tindakan dalam setiap siklusnya.   Hasil   penelitian   menunjukkan   adanya   peningkatan   pada   setiap   siklusnya. Presentase awal padas saat observasi awal sebelum di terapkannya metode bermain peran (pra siklus) dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) sebesar 0% meningkat pada akhir siklus ketiga menjadi 21,43%. Pda kategori berkembang sesuai harapan (BSH) ketika observasi awal sebesar 0% meningkat di akhir siklus ketiga menjadi 78,75%. Kategori mulai terlihat (MB) dari observasi awal sebesar 42,86% menurun pada akhir siklus ketiga menjadi0%. Kategori belum terlihat (BB) ketika observasi awal sebesar 57,14% menurun pada akhir siklus ketiga menjadi 0%. Berdasarkan hasil peningkatan pada setiap siklus membuktikan bahwa metode bermain peran memberikan pengaruh pada peningkatan kemmapuan mengenal konsep pengukuran pada anak – anak kelompok TK B di TK Tunas Putra Rembang. Rekomendari   yang  diajukan  bagi  peneliti  selanjutnya  adalah  dapat   mengembangkan penelitian pengukuran lebih lanjut dengan menggunakan metode pembelajaran lainnya yang melibatkan anak – anak aktif secara langsung dan nyata. Kata kunci : Pengukuran Anak Usia Dini, Metode Bermain Peran. 
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT _, Gunawan
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pokok bahasan himpunan kompak matakuliah analisis real lanjut kelas VI B pendidikan matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 20 mahasiswa kelas VI B matakuliah analisis real lanjut yang mengikuti tes masing-masing diambil dua mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah menunjukkan bahwa: 1) mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi maksimal memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) Mahasiswa yang memiliki kemampuan sedang maksimal memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) Mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah belum memenuhi semua indiktor kemampuan pemecahan masalah matematis, karena beberapa soal yang mereka kerjakan masih salah dalam merencanakan penyelesaian dari suatu soal. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis 
KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR Wahyuni, Arie
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan sekarang telah maju pesat, hal ini bisa dilihat banyaknya yang melanjutkan ke perguruan tinggi, meskipun ada yang gagal melanjutkan ke perguruan tinggi negeri tetapi masih banyak pula yang melanjutkan ke perguruan tinggi swasta dikarenakan tingkat semangat memperoleh pendidikan untuk mencapai cita-cita sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I tahun 2016/2017 Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang yang menempuh mata kuliah Kalkulus Dasar. Subjek dalam instrumen penelitian untuk mengamati gaya belajar mahasiswa berupa angket, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, data yang digunakan berupa nilai ujian akhir semester mahasiswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan mahasiswa kebanyakan memiliki gaya belajar auditorial yakni sebanyak 50%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar secara statistik tidak memiliki korelasi positif yang signifikan dengan variabel hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Hasil ini diperoleh berdasarkan perolehan hasil uji korelasi Product Moment yang dilakukan menunjukkan bahwa rxy = 0,0967 sedangkan tobs = 0,194311 yang mengidikasikan tidak terdapat korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar.Keywords: Korelasi, gaya belajar, hasil belajar, kalkulus dasar
SYSTEM BIMBINGAN TEMAN SEJAWAT PADA PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM KELAS XI SEMESTER GASAL DI SMA N 1 WATES TAHUN 2016 Sri Wahyuni Purbowati
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.189 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, melalui penerapan metode/ systim bimbingan teman sejawat, mempersiapkan kelompok belajar yang terdiri dari campuran siswa yang berasal dari SMP Negeri dan SMP Swasta. Metode yang dipakai adalah menggunakan penelitian tindakan kelas dengan variable ; input, proses dan out-put serta dengan subjek penelitian siswa program matematika dan ilmu alam kelas XI SMA N 1 Wates.. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP Negeri dengan siswa yang berasal dari SMP Swasta. Harapan dalam penelitian tindakan kelas prestasi belajar siswa jadi meningkat, metode ini layak untuk diterapkan, terutama mengenai pola pembagian kelompok tetap memperhatikan dan mempertimbangkan latar belakang pendidikan masing-masing siswa.Kata kunci: metode/systim, bimbingan, teman sejawat dan kelompok
KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR Arie Wahyuni
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.5 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

AbstrakPerkembangan dunia pendidikan sekarang telah maju pesat, hal ini bisa dilihat banyaknya yang melanjutkan ke perguruan tinggi, meskipun ada yang gagal melanjutkan ke perguruan tinggi negeri tetapi masih banyak pula yang melanjutkan ke perguruan tinggi swasta dikarenakan tingkat semangat memperoleh pendidikan untuk mencapai cita-cita sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I tahun 2016/2017 Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang yang menempuh mata kuliah Kalkulus Dasar. Subjek dalam instrumen penelitian untuk mengamati gaya belajar mahasiswa berupa angket, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, data yang digunakan berupa nilai ujian akhir semester mahasiswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan mahasiswa kebanyakan memiliki gaya belajar auditorial yakni sebanyak 50%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar secara statistik tidak memiliki korelasi positif yang signifikan dengan variabel hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar. Hasil ini diperoleh berdasarkan perolehan hasil uji korelasi Product Moment yang dilakukan menunjukkan bahwa rxy = 0,0967 sedangkan tobs = 0,194311 yang mengidikasikan tidak terdapat korelasi positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dasar.Keywords:  Korelasi, gaya belajar, hasil belajar, kalkulus dasar
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT Gunawan _ _
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pokok bahasan himpunan kompak matakuliah analisis real lanjut kelas VI B pendidikan matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 20 mahasiswa kelas VI B matakuliah analisis real lanjut yang mengikuti tes masing-masing diambil dua mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah menunjukkan bahwa: 1) mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi maksimal memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) Mahasiswa yang memiliki kemampuan sedang maksimal memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) Mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah belum memenuhi semua indiktor kemampuan pemecahan masalah matematis, karena beberapa soal yang mereka kerjakan masih salah dalam merencanakan penyelesaian dari suatu soal. 
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN MELALUI REKREASI MATEMATIKA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR Ismartoyo _ _; Yuli _ Haryati
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.384 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

AbstrakPengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan melalui Rekreasi Matematika di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ) dan Sekolah Dasar (SD) dalam makalah ini bertujuan  memberikan gambaran tentang salah satu upaya peningkatan pembelajaran ditingkat mendasar.  Gagasan ini dilatar belakangi (1) keprihatinan masih adanya fenomena pelajaran matematika sulit dan menakutkan  dan (2) himbauan mendikbud untuk meningkatkan pendidikan secara fundamental diantaranya menghasilan individu yang gemar belajar sehingga siap dalam persaingan global MEA.Pembahasan terfokus pada rekreasi matematika yang jelas teridentifikasi memiliki aktivitas menarik dan mendatangkan kepuasan jiwa. Karakteristik rekreasi matematika dikaitkan dengan kesesuaian perkembangan anak, memungkinkan dapat dimanfaatkan guru sebagai alternative pemenuhan/melengkapi tugas perkembangan yang  selayaknya dilakukan guru kelas secara optimal.Aktivitas rekreasi matematika berfungsi(1) Mengasah logika; (2) Mengetahui indahnya matematika (3) Melacak kebenaran hasil matematika dan kebetulannya; (4) Ketelitian; diuraikan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Kedudukan rekreasi matematika dapat dikaitkan sebagai alat peraga, aktivitas pengayaan, aktivitas remedial, atau diprogram untuk tujuan yang lain. Gambaran aktivitas rekreasi matematika yang terlibat dan terkait pembahasannya dari berbagai segi diberikan masing-masing contoh /uraian abstraksi secara singkat.Terakhir ditutup dengan saran perlunya Laboratorium Matematika yang dapat mendukung terlaksananya rekreasi matematika dalam pembelajaran yang menyenangkan di Sekolah DasaKata Kunci:  pengembangan pembelajaran matematika yang menyenangkan,  aktvitas rekreasi matematika, pendidikan PAUD dan SD 
EVALUASI PELAKSANAAN TUTORIAL TATAP MUKA MATAKULIAH MATEMATIKA PADA UPBJJ-UT SEMARANG Eko Andy Purnomo; hascaryo pramudibyanto; Enny Dwi Lestariningsih
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.682 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Pembelajaran di Universitas Terbuka (UT) menganut Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) yang mengedepankan kemandirian dan pembelajaran orang dewasa. Ciri utama sistem SBJJ antara mahasiswa dan dosen tidak bisa berinteraksi fisik secara langsung, yang menjadi jembatan adalah tutor. Melalui kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang ada. Kualitas tutor dan pelaksanaan TTM menjadi kunci utama dalam keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Salah satu kegiatan TTM adalah pada matakuliah Matematika. Pada matakuliah Matematika mahasiswa dituntut dapat menguasai materi dengan pokok bahasan yang banyak dan cukup sulit. Matakuliah Matematika ini mempunyai bobot 4 sks dan tersebar dalam 12 modul. Sehingga diperlukan evaluasi pelaksanan TTM pada matakuliah Matematika untuk meningkatkan kualitas tutor dan TTM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan TTM pada matakuliah Matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif, dengan sampel sebanyak 100 orang yang tersebar setiap kabupaten pada UPBJJ UT Semarang. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan TTM pada matakuliah Matematika diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1). evaluasi pelaksanaan TTM rata-rata skor yang diperoleh pada tahap awal sebesar 3,48, tahap inti 3,41 dan tahap akhir 3,46. Secara keseluruhan rata-rata skor adalah 3,44, 2). evaluasi pelaksanaan TTM secara keseluruhan dalam kategori sangat baik. Melalui penelitian ini diharapkan untuk pelasanaan TTM pada matakuliah Matematika lebih baik sehingga hasil belajar mahasiswa semakin meningkat.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT Gunawan _ _
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.749 KB) | DOI: 10.26714/jkpm.4.1.2017.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pokok bahasan himpunan kompak matakuliah analisis real lanjut kelas VI B pendidikan matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 20 mahasiswa kelas VI B matakuliah analisis real lanjut yang mengikuti tes masing-masing diambil dua mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah menunjukkan bahwa: 1) mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi maksimal memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) Mahasiswa yang memiliki kemampuan sedang maksimal memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) Mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah belum memenuhi semua indiktor kemampuan pemecahan masalah matematis, karena beberapa soal yang mereka kerjakan masih salah dalam merencanakan penyelesaian dari suatu soal.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 10 Nomor 2 Tahun 2023 Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023 Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2022 Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 1 Tahun 2022 Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2021 Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1 Tahun 2021 Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2020 Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2020 Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019 Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018 Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018 Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2018 Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika More Issue